Kamis 19 Oct 2023 09:07 WIB

Langkah Mudah Mendapatkan Pinjaman Online Terbaik

Butuh dana dan ingin mengajukan pinjaman online? Ikuti langkah-langkah berikut ini agar kamu bisa mendapatkan layanan terbaik.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Jika kondisi keuanganmu memburuk, tidak ada salahnya untuk segera mengajukan pinjaman. Saat ini ada banyak pinjaman online yang bisa diakses dengan lebih mudah, sehingga kamu bisa mendapatkan dana dalam waktu yang cepat. 

Hal seperti ini tentu akan sangat membantu, terutama saat kondisi keuanganmu benar-benar darurat. Namun, pastikan kamu memilih aplikasi pinjaman yang tepat dan merencanakan pengajuan pinjaman ini dengan baik sejak awal.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pinjaman online terbaik.

Baca Juga: Jadi Batas Dana yang Bisa Dipinjam, Ini Pengertian Limit Kredit, Jenis, dan Cara Meningkatkannya

 

5 Langkah Mudah Mendapatkan Pinjaman Online Terbaik

Pinjaman

Pinjaman

1. Pilih Aplikasi Pinjaman Terbaik

Saat berniat mengajukan pinjaman online, maka kamu akan dengan mudah menemukan banyak aplikasi pinjaman. Hal ini akan cukup membantu,  namun sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagimu. Bagaimana tidak, di luar sana masih banyak aplikasi pinjaman online ilegal yang beroperasi. Pastikan kamu memilih aplikasi yang sudah terdaftar resmi di OJK.

Untuk mendapatkan aplikasi terbaik, lakukan perbandingan antara satu aplikasi dengan aplikasi yang lainnya. Ada beberapa hal yang perlu kamu jadikan pertimbangan dalam memilih aplikasi terbaik,  seperti, syarat pengajuan, bunga yang diterapkan,  berbagai biaya,  dan hal penting lainnya.

2. Pahami Semua Syarat dan Ketentuan

Jika sudah menemukan aplikasi yang tepat,  jangan terburu-buru untuk langsung mengajukan permohonan pinjaman online-mu. Penting untuk memahami semua syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan pembiayaan secara detail. Jangan sampai kamu mengajukan pinjaman tanpa memahami semua hal tersebut,  sebab sikap seperti ini berisiko menimbulkan masalah di masa yang akan datang.

Bacalah semua persyaratan dan ketentuan dengan baik dan teliti. Cek setiap poin-poin yang tertera di sana dan pastikan semua poin tersebut memang sesuai dengan aturan dan kebijakan pemerintah. Selain itu, pastikan semua persyaratan dan ketentuan tersebut tidak akan memberatkanmu.

Baca Juga: Punya Cicilan Berjalan dan Berniat Ajukan Pinjaman Lagi? Simak Tips Berikut Agar Keuangan Tetap Sehat

3. Isi Data Diri dan Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Lengkapi semua data diri dengan baik. Cantumkan nomor telepon dan email yang valid, begitu juga dengan kontak darurat yang kamu sertakan di sana. Hal ini penting untuk memastikan proses verifikasi datamu bisa berjalan dengan lancar.

4. Jangan Abaikan Skor Kredit

Proses pengajuan pinjaman online memang terbilang mudah, namun bukan berarti kamu bisa mengajukan pinjaman ini dengan asal-asalan. Perusahaan pembiayaan juga akan melihat riwayat kreditmu sebagai salah satu pertimbangan dalam mengambil keputusan. Jika skor kreditmu buruk, maka sudah jelas pengajuan pinjamanmu tidak akan disetujui.

Pastikan kamu tidak mengabaikan poin penting yang satu ini, apalagi jika ternyata sebelumnya kamu telah memiliki pinjaman lainnya. Cek kembali besaran utang yang dimiliki dan pastikan nilainya tidak lebih dari 30% total penghasilanmu setiap bulannya. Jika ternyata kamu masih memiliki tunggakan cicilan lainnya,  maka lakukan pembayaran terlebih dahulu. Hal ini akan memperbaiki skor kreditmu,  sehingga peluang pengajuan pinjaman disetujui semakin besar.

5. Ajukan Limit dan Cicilan yang Tepat

Saat mengajukan pinjaman online, selalu ada kemungkinan perusahaan pembiayaan menawarkan limit pinjaman yang besar. Jangan terburu-buru untuk mengambil limit yang besar ini, apalagi jika ternyata kamu tidak membutuhkannya.  Penting untuk selalu melihat kemampuan keuanganmu untuk menanggung utang yang baru seperti ini.

Pilih limit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu. Lakukan perhitungan dengan  matang sejak awal. Jangan lupa untuk menyesuaikan limit ini dengan tenor pinjaman yang akan kamu ambil. Hal ini juga sekaligus akan memengaruhi besaran cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Pastikan semua ini sudah sesuai dengan kemampuan keuangan, agar kelak kamu tidak mengalami masalah untuk mencicil dan melunasinya.

Selektif dan Ajukan Pinjaman dalam Jumlah yang Tepat

Pinjaman online adalah solusi bagi orang-orang yang membutuhkan dana cepat. Namun meski begitu,  pastikan kamu selektif dalam memilih aplikasi pinjaman online. Ajukan pinjaman online dalam jumlah yang tepat dan sesuai kebutuhan, sehingga dana tersebut bisa membantumu mengatasi masalah di dalam keuangan dengan baik.

Baca Juga: Daftar Pinjaman Online Resmi Terdaftar dan Berizin OJK di Indonesia

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement