Jumat 15 Jul 2022 09:30 WIB

Bersama Lazismu Turki Berqurban di Luar Negeri - Suara Muhammadiyah

ISTANBUL, Suara Muhammadiyah – Lembaga...

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Bersama Lazismu Turki Berqurban di Luar Negeri - Suara Muhammadiyah
Foto: suara muhammadiyah
Bersama Lazismu Turki Berqurban di Luar Negeri - Suara Muhammadiyah

ISTANBUL, Suara Muhammadiyah – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah Turki atau biasa disingkat Lazismu Turki merupakan lembaga otonom PCIM Turki yang baru saja terbentuk pada Bulan April 2022. Dalam masa kerja selama tiga bulan kebelakang Lembaga Lazis Muhammadiyah Turki sudah menjalakan tiga program kerja.

Salah satu program kerja yang baru saja terlaksana adalah Program Qurban. Program yang dinamai QurbanMU adalah Program Qurban yang pertama kali dilakukan oleh Lazismu Turki. Sekaligus menjadi wadah perkenalan Lazismu Turki kepada seluruh lapisan masyarakat yang berada di Turki maupun di Indonesia.

Pada program ini, Lazismu Turki menghimpun dana qurban tidak sendirian melainkan juga menggandeng PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Turki sebagai partnership kegiatan. Pada Program QurbanMu ini adalah program kerjasama antara Lazismu Turki dengan PPI Turki.

Untuk penyaluran hewan Qurban Lazismu Turki bekerja sama dengan Lazismu Sudan untuk penyaluran hewan qurban sapi dan Dernek (Perkumpulan untuk para pendatang di Turki) yang bernama Darul Funun Vakfı untuk penyaluran hewan qurban domba.

Alhamdulilah QurbanMu mendapatkan banyak antusias serta sambutan hangat dari warga Indonesia yang berdomisili di Turki maupun di Indonesia. Hal ini terbukti dengan 20 sohibul Qurban yang mempercayai Lazismu Turki dalam meyalurkan qurban mereka.

20 sohibul qurban ini memberikan qurban domba dan sapi. Terdapat 18 ekor domba dan 2 bagian sapi yang berhasil dikumpulkan oleh Lazismu Turki. Untuk Qurban sapi yang disalurkan oleh rekan-rekan di Lazismu Sudan diberikan kepada kurang lebih 50 orang penerima manfaat per satu ekor hewan qurban sapi. Sedangkan untuk qurban domba yang disaluran oleh Dernek Funul Vaktı ini, satu ekor domba disalurkan kepada 7 orang penerima, yang jika ditotal berarti terdapat 126 orang penerima manfaat qruban domba ini.

Sejauh ini dapat disimpulkan bahwa terdapat kurang lebih 176 penerima manfaat QurbanMu yang tersebar di Afrika, Mali dan Tanzaniya yang berhasil dijangkau oleh Program kali ini.

Dalam rapat rutin yang dilakukan oleh PCIM pada Rabu, 13 Juli 2022 juga, Ahmad Dhiyaul Haq, B.A., M.Sos. yang merupakan Ketua Kantor Wilayah Lazismu Turki menyampaikan terimakasih kepada seluruh lapisan wraga Muhammadiyah Turki serta menghimbau rekan-rekan PCIM dan seluruh warga Muhammadiyah untuk jangan bosan untuk terus mensyiarkan dan menyukseskan program-program Lazismu yang lainnya.

Sebagaimana yang sudah dilakukan selama ini pada dua program Lazismu Turki yang lainnya yaitu Pengumpulan Zakat Fitrah pada Ramadhan 1443 H kemaren serta program Jum’at berkah yang akan dilaksanakan secara berkala di seluruh wilayah Turki.

Karena besar harapan dari seluruh lapisan agar Lazismu Turki ini dapat berkembang secara maksimal dan menjadi lembaga yang dapat membantu saudara-saudara sebangsa dan setanah air serta orang-orang yang membutuhkan diluar negeri salah satunya adalah Turki. (Julia)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement