Jumat 15 Jul 2022 09:45 WIB

Mitra Agree Rasakan Benefit dari Aplikasi Agribisnis Telkom

Mitra petani dan peternak dari aplikasi pertanian super app, Agree, dari PT Telkom terus merasakan benefit berupa peningkatan produktivitas.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Petani menggunakan aplikasi Agree dari Telkom (Telkom)
Foto: Warta ekonomi
Petani menggunakan aplikasi Agree dari Telkom (Telkom)

Mitra petani dan peternak dari aplikasi pertanian super app, Agree, dari PT Telkom terus merasakan benefit berupa peningkatan produktivitas. Beberapa petani di Indramayu, Cianjur, Magelang serta peternak ikan dari OKU Timur membagikan pengalamannya setelah menggunakan aplikasi tersebut.  

Salah satunya datang dari Ketua Gapoktan Tani Mulus Desa Mundakjaya, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Muhaimin mengatakan sebelum menggunakan Agree, produktivitas anggotanya rerata 6 ton per hektar tiap panen. 

Baca Juga: Layanan Digital Video Streaming Telkomsel MAXstream Hadirkan Sekuel ‘Kau dan Dia

"Namun setelah menggunakan Agree, produktivitas panen sekarang naik jadi 7 ton. Kami jadi bisa memprediksi berapa banyak beli benih, beli pupuk, pasokan produksi, kapan panen, berapa banyak yang dijual, dan untungnya berapa," kata Muhaimin dalam keterangan resminya, Jumat (15/7/2022). 

Gapoktan Tani Mulus beranggotakan 2.700 petani yang seluruhnya menggarap komoditas padi. Dengan luas lahan garapan 10.000 hektar, kelompok tani tersebar di Kecamatan Cikedung, Kecamatan Lelea, dan Kecamatan Terisi. 

Sementara itu, salah satu peternak ikan patin dari Pokda Nilam Sari Patin, Desa Triyoso, Kecamatan Belitang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Edi Purwoko mengatakan pihaknya merasakan manfaat utama yakni tercatatnya jadwal tebar pakan sehingga panen menjadi lebih mudah. 

Baca Juga: Biar Petani Sejahtera, Kementan Galakkan Program Kemitraan dan Jaminan Perlindungan

"Banyak sekali manfaat yang kami rasakan, di antaranya kemudahan pencatatan selama budidaya. Manfaat kedua adalah adanya informasi mitra terkait sehingga mempermudah membangun jaringan usaha baik dalam penyediaan sarana produksi maupun pasar," ungkapnya

Menurutnya, peternak ikan mengenal Agree Fishery sejak dua tahun lalu. Awalnya kesulitan dengan aplikasi ini, tapi karena sudah terbiasa, akhirnya tidak mendapati kendala yang berarti dalam mengikuti aplikasi tersebut. "Imbauan saya mari rekan-rekan sebagai sesama pembudidaya mari kita gunakan Agree Fisheries," imbuhnya.

Sementara itu, anggota Mitra Tani Parahyangan asal Cianjur, Fajar mengaku dirinya sudah 1,5 tahun mengenal aplikasi Agree yang memiliki fitur pencatatan hasil panen, jadwal pemupukan dan penanganan penyakit. Menurutnya, aplikasi tersebut juga bisa melihat histori dari sebelumnya apakah produktivitas menurun atau naik. 

"Kita jadi bisa memprediksi semisal menanam di bulan Januari dan panen di Maret, apakah akan cocok menanam suatu komoditas dengan fluktuasi harga yang sedang berlangsung," katanya. 

Baca Juga: Idul Adha, Telkom Salurkan Lebih Dari 900 Ekor Hewan Qurban

Fajar menilai fitur pencatatan itu bermanfaat sekali untuk petani memprediksi berapa bulan mulai dari masa pembibitan untuk panen dan aplikasi itu juga bisa memprediksi harga jual ke depannya. Sekalipun awalnya canggung menggunakan aplikasi tersebut, kata Fajar, tapi lambat laun menjadi terbiasa karena senantiasa didampingi field assistant dari Agree. 

"Awalnya ya masih belum paham, tapi lama-kelamaan karena dibantu sama Agree juga udah mulai paham sampai sekarang dan banyak sekali manfaatnya, khususnya untuk petani milenial karena mereka sudah paham teknologi ya," ungkap Fajar.

Adapun, Tribe Leader Agree Zuhed Nur menjelaskan kehadiran Agree memberikan solusi digital dari hulu ke hilir untuk menghubungkan semua sektor. Agree membantu permodalan bagi petani, proses produksi, dan teknologi. Singkatnya, Agree memiliki visi membangun sektor pertanian, perikanan, dan peternakan dari hulu ke hilir melalui teknologi dan digitalisasi.

Baca Juga: Kebijakan Pembatasan Pupuk Subsidi Sebaiknya Melihat Kebutuhan Petani

"Saat ini di Agree sudah bergabung sekitar 69 ribu petani terdaftar dan sudah dihubungkan dengan 140 off taker serta perusahaan agrobisnis. Semuanya tersebar di 17 provinsi. Sampai sekarang sudah melayani transaksi produksi dan transaksi pembiayaan sekitar Rp200 miliar yang mengikuti sekitar 40 komoditas," jelasnya 

Berkat kolaborasi Agree dan mitranya, terjadi peningkatan produktivitas petani rata-rata 80%. Peningkatan tidak hanya terjadi dalam hal jumlah panen saja, tetapi juga dari sisi keuntungan bersih.

"Kalau panennya lebih dan pupuknya dikasih banyak, bisa jadi ada rugi di pupuk. Belum lagi kalau ternyata kebanyakan kasih pupuk efeknya jelek. Di sini, Alhamdulillah sudah terbukti akan peningkatan keuntungan bersih," pungkasnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement