Jumat 22 Jul 2022 16:00 WIB

Miliki Potensi Melejit pada Bisnisnya, Yuk Cari Tahu List Saham Bank Kecil Ini

Menanam di saham bank kecil memang berisiko. Namun, itu dapat diminimalisir jika bank tersebut terdaftar dan berizin OJK. Cari tahu daftar saham bank yang sudah OJK.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Percayakah kamu bahwa bank kecil atau jenis perusahaan perbankan dengan tingkat kapitalisasi pasar yang masih kecil bisa menjadi ladang investasi menjanjikan? Tidak sedikit investor yang melirik jenis perbankan ini karena memang memiliki potensi untuk bertransformasi dan berkembang menjadi sebuah perusahaan perbankan digital sesuai dengan perkembangan zaman. Bagi yang belum tahu, bank kecil merupakan jenis perbankan yang memiliki modal inti mencapai 5 triliun Rupiah. 

Berdasarkan aturan OJK, terdapat ketentuan bank baru harus memiliki modal inti sejumlah 10 triliun paling tidak agar bisa membentuk sebagai bank digital. Sementara itu, untuk bank lama yang ingin beralih menjadi bank digital, syarat dari modal inti yang harus dimiliki hanyalah 3 triliun saja. Karena itu, makin jelas bahwa peluang bank kecil menjadi sebuah bank digital jauh lebih besar ketimbang merintis bank digital yang baru. 

Karena alasan ini pula saham bank kecil memiliki potensi untuk melejit saat memang bertransformasi menjadi sebuah bank digital. Walaupun begitu, belum tentu seluruh bank kecil ini dapat berubah menjadi sebuah bank digital. Nah, agar mengetahui lebih lanjut saham bank kecil apa saja yang ada di Indonesia, Cermati telah merangkum informasinya sebagai berikut.

Baca juga: Kode Bank Mandiri - Kode Transfer Bank Mandiri dan Kode Bank Indonesia Lainnya

18 Rekomendasi Saham Bank Kecil

bank amar

Bank Amar

1. Bank Amar atau AMAR

Sebelumnya bernama Anglomas Internasional Bank, Amar adalah bank yang didirikan di tahun 1991 dan memiliki produk populer bernama Tunaiku. Di tahun 2019, bank ini mendapatkan peningkatan modal hingga menjadi bank BUKU ll dengan modal intinya mencapai 1 triliun. Kini, 30% kepemilikan saham dari Bank Amar adalah Tolaram Group, dan 70% sisanya milik publik. 

2. Bank Jago atau ARTO

Ada pula Bank Jago yang juga merupakan contoh bank digital populer dan pernah mencuri perhatian publik. Dengan prinsip kerja life-centric, salah satu pemilik saham dari perbankan ini adalah Gojek yang masuk di tahun 2020. 

Oleh karena itu, lini bisnis dari Bank Jago dikombinasikan dengan metode pembayaran Gopay. Melalui aksi korporasi perbankan tersebut, saham bank ini, yaitu ARTO sempat melesat hingga 6.000 persen. 

3. Bank MNC International atau BABP

Bank ini lahir pasca induk perusahaannya, MNC Group, melakukan akuisisi pada Bank ICB Bumiputera dan turut memeriahkan kompetisi bank digital dalam negeri. Pada Mei 2021, perbankan ini diberikan izin digital on boarding oleh OJK sehingga membuat nasabahnya mampu membuka rekening tabungan secara online.

4. Bank Capital atau BACA

Mulai melantai pada bursa di tahun 2007, bank ini telah mempunyai setidaknya 82 kantor yang berlokasi di Jakarta, Bandung, Bekasi, Solo, Surabaya, hingga Kupang. Semenjak tahun 2020, bank ini berfokus pada pengembangan sistem teknologi digital dan siap mengikuti industri bank digital. 

5. Bank Net Indonesia Syariah atau BANK

Fokus dari bank ini adalah layanan akses bank syariah dengan basis digital. Perbankan ini juga siap meluncurkan Aladin, yaitu sebuah platform finansial syariah yang menggunakan teknologi digital sepenuhnya. 

6. Bank Harda International atau BBHI

Sejak 7 Mei 2021, bank ini resmi berganti nama menjadi Allo Bank serta melakukan penggantian logo. Perbankan ini baru saja pula mendapatkan proses akuisisi yang dilakukan Chairul Tanjung.

7. Bank Bisnis Internasional atau BBSI

Selanjutnya, Bank Bisnis International adalah perbankan yang didirikan pada tahun 1957. Awalnya, perbankan ini bernama Bank Ekonomi Nasional dan berlokasi di Bandung, serta memiliki beberapa kantor cabang di Surabaya dan Jakarta.

8. Bank JTrust atau BCIC

Perbankan ini merupakan anak perusahaan dari J Trust Co., sebuah grup keuangan paling besar di Jepang serta terdaftar pada Tokyo Stock Exchange. Sektor bisnis dari perusahaan tersebut pun tersebar di banyak negara, seperti Singapura, Kamboja, Mongolia, dan Korea Selatan. Dulu, bank ini dikenal dengan nama Bank Century yang juga sempat disorot akibat kasus pailitnya.  

9. Bank Pembangunan Daerah Banten atau BEKS

Berdiri di tahun 1992, bank ini awalnya bernama Executive International Bank. Pasca melalui sejumlah pergantian nama serta aksi korporasi, BEKS resmi berdiri di tahun 2016. Langkah tersebut terjadi pasca perbankan ini diakuisisi oleh pihak pemerintahan Provinsi Banten via Banten Global Development.

10. Bank Ganesha atau BGTG

Selanjutnya, ada juga Bank Ganesha yang sudah memiliki rekam jejak di industri perbankan semenjak tahun 1990. Kantor pusat dari bank ini berlokasi di Jl. Hayam Wuruk, Kota Jakarta Pusat. Sampai tahun 2020, perusahaan perbankan ini sudah mempunyai kantor cabang yang tersebar di Jakarta, Surabaya, Tangerang, dan juga Medan.

11. Bank QNB atau BKSW

Selain yang telah disebutkan di atas, ada juga bank kecil yang bernama Bank QNB yang merupakan bagian dari grup QNB. QNB Group sendiri adalah bank besar yang berdomisili di Afrika dan Timur Tengah. Menjadi pemegang saham pengendalinya, Bank QNB ini mengalami perkuatan struktur modal di tahun 2011 oleh QNB Group. 

12. Bank Maspion atau BMAS

Ada pula daftar bank kecil lainnya yaitu Bank Maspion yang didirikan di tahun 1989 tepatnya di Surabaya. Di tahun 2013, perusahaan perbankan ini mengambil langkah IPO atau melantai pada bursa untuk pertama kali. Bagi yang belum tahu, Bank Maspion mempunyai setidaknya sepuluh kantor cabang, tujuh kantor kas, dan dua kantor fungsional yang tersebar di 11 kota atau kabupaten. 

13. Bank of India atau BSWD

Pada awalnya, nama dari bank ini adalah Bank Pasar Swadesi dan berdiri di tahun 1968 di Kota Surabaya. Namun, pada tahun 1984, perbankan tersebut diambil alih oleh keluarga Chugani dan pasca sejumlah perkembangan, Bank Swadesi akhirnya melantai pada bursa saham di tahun 2002.

Di tahun 2007, bank ini melakukan kesepakatan akuisisi dengan pihak Bank of India dan menjadikannya sebagai pemilik saham mayoritas. Melalui aksi korporasi itulah bank tersebut berubah nama menjadi BSWD hingga saat ini. 

14. Bank Dinar atau DNAR

Berawal dengan nama Limat International Bank, Bank Oke didirikan di tahun 1990. Lalu, di tahun 2012, bank ini berubah nama lagi menjadi Bank Dinar, dan memutuskan untuk IPO pada tahun 2014. Di tahun 2018, saham dari bank ini diakuisisi APRO Financial dan mengalami penggabungan bisnis bersama Bank Oke di tahun 2019. 

15. Bank Bumi Arta atau BNBA

Bank ini berdiri di tahun 1967, dan mengalami penggabungan bersama Duta Nusantara Bank pada tahun 1976. Semenjak tahun 2006, bank ini mencatatkan bisnisnya pada bursa saham, dan terus berlanjut hingga sampai saat ini. Uniknya, bank ini sempat dikabarkan akan diakuisisi oleh investor ternama asal Singapura di tahun 2021 dan membuat pergerakan nilai sahamnya berfluktuasi. 

16. Bank Nasional Nobu atau NOBU

Nobu merupakan bank umum nasional swasta yang dipunyai oleh grup bisnis Lippo Group. Perlu diketahui bahwa saham Bank Nobu ini terbagi pada sejumlah pihak dengan persentase yang bisa dibilang cukup merata. Namun, bagi investor atau pemilik modal publik, nilai saham Bank Nobu yang tersedia untuk dibeli adalah sekitar 11,6%.  

17. Bank Neo Commerce atau BBYB

Semula menyandang nama Bank Yudha Bhakti, bank ini mulai berganti nama di tahun 2020. Di tahun tersebut pula bank ini bertransformasi dan menjadi sebuah bank digital. Saat ini, mayoritas saham bank Neo Commerce ini dimiliki oleh perusahaan Akulaku Silver Indonesia dengan persentasi sekitar 24,9%5, Gozco Capital sebesar 20%, Asabri sebanyak 16%, lalu Yellow Brick Enterprise sebanyak 11%, dan 27,5%sisanya dimiliki oleh publik. 

18. IBK Indonesia atau AGRS

Didirikan di tahun 1973, awalnya bank ini bernama Finconesia dan berubah menjadi Bank Mitraniaga. Kemudian, setelah diakuisisi Industrial Bank of Korea, bank ini mengubah nama lagi menjadi IBK Indonesia hingga sekarang ini. 

Baca juga: Kode Bank Panin - Kode Transfer Bank Panin dan Kode Bank Indonesia Lainnya

Menanam Modal pada Saham Bank Kecil Bisa Berikan Peluang Untung Menjanjikan

Itulah daftar saham bank kecil yang berpotensi untuk melejit nilainya saat beralih menjadi sebuah bank digital. Walaupun begitu, perlu dipahami jika tak semua bank tersebut mampu beralih menjadi sebuah bank digital dan sukses menggeluti industrinya. Karenanya, tetap diperlukan analisis dan penelitian terhadap kondisi bisnis dan peluang perkembangannya agar kamu bisa membeli saham bank kecil yang paling menjanjikan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement