Sindikasi Republika

8 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Dunia Metaverse

Selasa , 26 Jul 2022, 11:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Dunia digital mengalami perkembangan yang sangat pesat selama beberapa waktu belakangan. Hal ini ditandai dengan hadirnya berbagai teknologi baru, termasuk  metaverse, dimana pembelian dan penjualan barang virtual  dapat terjadi. 

Dunia  metaverse  membuat banyak perubahan pada berbagai karya digital yang pada akhirnya tidak hanya bisa dinikmati begitu saja, namun juga bisa dikoleksi dan ditransaksikan dengan nilai tertentu.

NFT (Non-fungible Token) menjadi salah satu yang paling populer selama beberapa waktu belakangan ini. NFT sendiri adalah sertifikat digital yang digunakan untuk menjual berbagai karya seni virtual. 

Hal ini memungkinkan seseorang mendapatkan sejumlah uang dari setiap karya yang mereka hasilkan. Ini hanya menjadi salah satu contoh saja, sebab pada kenyataannya metaverse memungkinkan kamu mendapatkan uang dengan banyak cara lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari dunia metaverse:

1. NFT Art

NFT Art

Memanfaatkan NFT merupakan salah satu cara mudah untuk mendapatkan uang dari dunia metaverse. Bukan dalam jumlah sedikit, bahkan peluang untuk mendapatkan jutaan dollar juga terbuka lebar. Penjualan karya seni dalam bentuk NFT ini dilakukan dengan membuat sebuah galeri seni virtual pada metaverse. Hal ini memungkinkan karya seni dilihat oleh banyak orang sekaligus. 

Penjualan karya seni melalui NFT terbilang simpel dan cukup mudah untuk dilakukan. Saat proses pendaftaran sudah selesai dan sistem pembayaran terhubung dengan baik, maka kamu tinggal menunggu pembeli saja. 

Nilai transaksi ini bisa saja beragam, tergantung dari penawaran yang datang pada setiap karya yang dipajang. 

2. Voxel

Voxel merupakan karya seni digital berbentuk 3 Dimensi (3D) yang terbilang populer di dunia metaverse. Pada umumnya, voxel banyak ditemukan dalam video games. Karya digital ini dapat dibentuk menjadi banyak benda metaverse, seperti: gedung, mobil, pakaian dan juga benda lainnya yang dibutuhkan dalam games. 

Berbagai benda inilah yang akhirnya dijual dan bisa menghasilkan uang, baik itu berbentuk NFT maupun yang lainnya. Semakin menarik hasil karyanya, maka akan semakin banyak juga peminat dan uang yang bisa dihasilkan. 

3. Konstruksi

Fokus pada berbagai konstruksi digital juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang dari dunia metaverse. Saat ini bukan hanya berupa konstruksi fisik saja, konstruksi digital juga sangat banyak diminati dan bisa dijual. 

Hal inilah yang dilakukan oleh Voxel Architects, sebuah perusahaan yang fokus menjual berbagai konstruksi digital. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan ini bahkan bisa mendapatkan keuntungan hingga US$ 300 ribu. 

Baca Juga: NFT (Non-Fungible Token): Pengertian, Cara Buat Hingga Tips Cepat Laku

4. Real Estate

Masih berkaitan dengan dunia bangunan, metaverse juga memungkinkan kamu menjalankan bisnis real estate secara virtual. Dalam bisnis ini, perusahaan akan fokus untuk menyediakan jasa penyediaan tanah virtual bagi kalangan yang membutuhkan. 

Dari transaksi inilah perusahaan akan mendapatkan sejumlah komisi atau penghasilan. Bisnis yang satu ini berjalan sebagaimana layaknya bisnis real estate pada umumnya. 

5. Games

Games Metaverse

Jika berbicara tentang dunia digital, game merupakan salah satu yang paling banyak peminatnya. Ini juga cukup menjanjikan di dalam dunia metaverse selama beberapa waktu belakangan. Ada banyak games seru dan unik yang bisa ditemukan di sini, salah satunya Sandbox. 

Games yang populer di metaverse ini memungkinkan pengguna membangun kotanya sendiri dan menata segala sesuatu di dalamnya, termasuk membuat avatar. Selanjutnya, pengguna bisa menjual karyanya tersebut dalam bentuk NFT. 

6. Iklan

Iklan juga bisa menjadi sumber uang dari dunia metaverse. Hampir sama dengan iklan pada umumnya, iklan di metaverse juga fokus untuk menjual barang atau jasa tertentu milik klien. 

Ini bahkan termasuk bisnis yang terbilang besar dan sangat menjanjikan, sebab ada banyak perusahaan besar yang mulai merambah untuk mengiklankan produk mereka secara virtual melalui metaverse. 

7. Karaoke

Bukan hanya di dunia nyata, saat ini karaoke juga bisa dilakukan dengan cara virtual. Kamu bisa membangun tempat karaoke sendiri dalam bentuk bar unik dan menarik, sehingga banyak orang menyukainya. Selain menjual bar karaoke tersebut, menjual berbagai musik dalam bentuk NFT juga bisa dilakukan dalam metaverse. 

Semua ini bisa jadi cara mudah untuk menghasilkan banyak uang, apalagi jika bisa menciptakan lagu atau musik yang unik. 

Baca Juga: Manfaat dan Resiko yang Bisa Didapatkan dari NFT

8. Pakaian

Bagi yang hobi desain, bisnis yang satu ini juga bisa menjadi pilihan di dunia metaverse. Berbagai pakaian ini pada umumnya banyak dibeli untuk melengkapi avatar, sehingga karakternya lebih “hidup” dan sesuai dengan yang diharapkan. 

Hal ini biasanya banyak dibutuhkan dalam permainan games yang bisa menghadirkan avatar para pemain games itu sendiri. Bukan hanya pakaian, berbagai aksesoris yang digunakan ini juga bisa dijual dalam bentuk NFT. 

Dapatkan Lebih Banyak Uang dari Dunia Metaverse

Dunia metaverse semakin populer dan banyak diminati belakangan ini. Bukan hanya sekedar menyalurkan hobi, metaverse juga memungkinkan kamu mendapatkan sejumlah uang dengan cara yang mudah. Asah keterampilan dan kembangkan bakat di dunia metaverse, agar bisa mendapatkan lebih banyak uang dari bidang tersebut. 

Baca Juga: NFT: Cara Bayar Pajak dan Cara Lapornya di SPT Tahunan

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark