Sindikasi Republika

Bersinar di Pentas Teater, Begini Perjalanan Karir Aktor Start-Up Kim Seon-Ho

Jumat , 05 Aug 2022, 07:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Di antara banyaknya aktor Korea Selatan, salah satu yang kini tengah bersinar ialah Kim Seon-Ho. Nama aktor ganteng yang satu ini memang tengah naik daun, terutamanya setelah ia sukses membintangi serial Start-Up (2020) yang sukses mendunia.

Sebelum itu, kepiawaiannya berakting dalam Strongest Deliveryman, 100 Days My Prince dan Two Cops juga membuat namanya melambungkan sebagai Hallyu Star. Digandrungi banyak wanita, Kim Seon-Ho yang kini bernaung di bawah agensi Salt Entertainment ini telah terjun ke dunia hiburan sejak tahun 2009.

Pada tahun 2020 kemarin, Kim Seon-Ho boleh bangga karena telah sukses memboyong penghargaan Rookie of the Year dari KBS Entertainment Award. Selain itu, ia juga menyabet trofi Best Emotive dari Asia Artist Awards. Kini, pundi kekayaannya telah menembus angka 1-5 Dolar AS, yang setara dengan Rp13,8 – 69,4 miliar.

Baca juga: Profil dan Perjalanan Karir Aktor Ganteng Taiwan Darren Wang

Aktif di Teater Sejak Lama

Setelah menyelesaikan pendidikan Penyiaran di Institut Seni Seoul, Kim Seon-Ho pun mendalami dunia teater mulai tahun 2009. Kecintaannya pada seni dan akting membuat Kim Seon-Ho senantiasa total dalam menekuni ranah tersebut. Ia pun telah terlibat dengan sejumlah proyek teater, salah satunya bersama New Boeing Boeing.

Selain itu, pria kelahiran Seongbuk-dong, Seoul, pada 8 Mei 1986 ini memang jadi idola bukan hanya karena talentanya berakting. Diberkahi dengan visual yang menawan, Kim Seon-Ho memiliki mata dan rambut berwarna coklat dengan postur tubuh ideal yang tingginya mencapai 183 cm.

Kemunculan di TV Mainstream

Berbekal pengalaman dan hasil belajar selama delapan tahun menekuni akting di ranah teter, Kim Seon-Ho akhirnya merambah industri pertelevisian. Memasuki 2017, Kim Seon-Ho memulai debutnya di saluran TV mainstream.

Kim Seon-Ho saat itu berkesempatan mendapat peran pendukung dalam drama yang tayang di KBS2, Good Manager. Ketika itu, ia berperan sebagai tokoh yang bernama Sun Sang-Tae.

Setelahnya, karir Kim Seon-Ho semakin menanjak dan ia pun hadir dalam Strongest Deliveryman. Serial drama bergenre romantic comedy garapan KBS ini juga tayang di tahun 2017.

Demikian juga dengan Two Cops yang turut ia bintangi pada tahun yang sama. Memerankan tokoh seorang penipu dalam drama tersebut membuat Kim Seon-Ho diganjar dengan award bergengsi.

Makin Naik Daun dan Mendapat Peran Utama

Kim Seon-Ho akhirnya dipercaya untuk memainkan first role alias pemeran utama dalam You Drive Me Crazy di tahun 2018. Dalam drama tersebut ia dipasangkan dengan aktris cantik Lee Yoo Young.

Kabarnya, kiss scene antara Kim Seon-Ho dan lawan mainnya dalam drama pendek ini telah menjadi viral di YouTube. Bahkan, kini penggalan video tersebut telah meraih lebih dari 10 juta viewers di platform berbagi video tersebut.

Di tahun yang sama, ia juga melakoni 100 Days My Prince—sebuah drama saeguk yang menjadi favorit para penggemar. Popularitas sang aktor kian meningkat seiring dengan munculnya Kim Seon-Ho dalam dua buah drama di tahun 2019.

Ketika itu, ia bermain untuk Catch the Ghost dan Eulachacha Waikiki 2. Dalam Catch the Ghost yang tayang di tvN tersebut, ia berperan sebagai Go Ji Seok. Sementara dalam Eulachaha Waikiki 2, Kim Seon-Ho memainkan tokoh bernama Cha Woo Shik dengan apiknya untuk pemirsa jBTC.

Sepak terjangnya terus berlanjut hingga ia mempopulerkan tokoh yang bernama Han Ji Pyeong dalam Start-Up. Drama series ini bahkan juga digandrungi oleh para pemirsa Tanah Air. 

Dengan karir yang kian meroket, Kim Seon-Ho bahkan didapuk menjadi tim tetap dari variety show yang berjudul 2 Days 1 Night. Meningkatnya ketenaran bintang yang satu ini tampak jelas dari membludaknya followers Kim Seon-Ho di Instagram pribadinya. 

Banyak Prestasi dan Mendapat Apresiasi

Berkat konsistensi dan ketekunannya di dunia akting, Kim Seon-Ho memenangkan "Penghargaan Keunggulan (Aktor Drama)" dan "Aktor Pendatang Baru Terbaik" dari MBC Drama Awards 2017. Kim Seon-Ho di tahun 2020 berhasil mengantongi "Penghargaan Aktor Emotif Terbaik" dari Asia Artist Awards. Di tahun kemarin, ia pun mendapatkan penghargaan "Model Star Award" dari Asia Model Festival.

Di tahun 2017, Kim Seon-Ho menjadi nominasi dari "Karakter Terbaik (Karakter Komik)" dalam MBC Drama Awards. Adapun dari KBS Drama Awards, namanya menjadi nominator "Aktor Pendatang Baru Terbaik" dari KBS Drama Awards. Tahun 2020, namanya kembali masuk nominasi "Aktor Populer" dalam Asia Artist Awards.

Banjir Job dan Makin Bersinar

Sekarang, Kim Seon-Ho yang gemar melukis itu telah menduduki posisi teratas untuk brand actor terbaik menurut Institut Penelitian Bisnis Korea. Tak hanya didapuk sebagai modelnya Food Bucket, Kim Seon-Ho juga menjadi bintang iklan berbagai produk—termasuk kolagen kesehatan di Negeri Ginseng tersebut.

Ia pun disibukkan dengan berbagai tawaran job, mulai dari proyek film hingga drama series. Termasuk juga sejumlah kontrak pemotretan dari beragam majalah yang bergengsi. Salah satun di antaranya ialah Esquire hingga Marie Claire.

Dengan visualnya yang menawan dan talenta aktingnya yang memikat, tak heran jika Kim Seon-Ho semakin naik daun. Ia tengah mempersiapkan diri untuk pengambilan gambar dari drama yang akan ia bintangi selanjutnya—Link.

Sedangkan menurut informasi yang diberikan dari Salt Entertainment, Kim Seon-Ho akan kembali melakukan pementasan di panggung teater. Rencananya, aktor tampan tersebut akan tampil dalam drama teater bertajuk Ice tahun ini.

Baca juga: Profil Seo Kang Joon, Member 5urprise dan Aktor Ganteng Pemeran Cheese in the Trap

Bersabar dan Tekun dalam Merintis Karir

Kim Seon-Ho termasuk salah satu aktor yang berhasil menempati posisinya saat ini berkat kesabarannya. Ia juga bertekun selama bertahun-tahun menjalani proses demi perwujudan cita-cita dan impiannya.

Dalam merintis karir, belum tentu jalannya akan mulus tanpa adanya hambatan. Banyak orang yang mendapati, bahwa usaha yang besar masih juga belum membuahkan hasil yang sesuai ekspektasi. Tak ayal, sebagian orang akan berhenti karena satu dan lain hal yang menjadi isu serta hambatan.

Namun adakalanya, bertahan dengan sabar pada akhirnya dapat membawa seseorang meraih kesuksesan. Demikian juga dengan perjalanan karir seorang Kim Seon-Ho. Dengan cerkas, ia bahkan pandai melihat celah peluang dan memanfaatkannya dengan maksimal juga sabar.

Seperti filosofi kura-kura yang berjalan pelan-pelan namun akhirnya akan tiba di garis finish, sabar dan tekun dapat menjadi pilihan yang tepat dalam merintis karir impian.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark