Sindikasi Republika

Modal 11 Ribu, Muhammadiyah NSW Australia Siap Dirikan Sekolah

Jumat , 12 Aug 2022, 05:45 WIB Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Modal 11 Ribu, Muhammadiyah NSW Australia Siap Dirikan Sekolah - Suara Muhammadiyah
Modal 11 Ribu, Muhammadiyah NSW Australia Siap Dirikan Sekolah - Suara Muhammadiyah | Foto:

NSW, Suara Muhammadiyah – Persyarikatan Muhammadiyah yang didirikan KH Ahmad Dahlan satu abad silam, dikenal sebagai organisasi yang memiliki amal usaha. Ini sudah menjadi ciri khas yang menjadi komitmen bagi pengurus di seluruh jenjang kepemimpinan. Tidak afdol rasanya bagi organisasi jika tidak memiliki amal usaha, baik yang ada di dalam maupun yang ada di luar negeri.

Demikian pula halnya dengan Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) New South Wales Australia, sudah sejak awal periode ini membuat program kerja mendirikan amal usaha Muhammadiyah. Keseriusan warga Muhammadiyah NSW mendirikan amal usaha ini telah diwujudkan dengan mengumpulkan dana awal. Meski baru dalam tahap penjajakan dalam lingkup terbatas telah berhasil mengumpul dana sebesar $11.000 atau sekitar seratus sepuluh juta Rupiah. Itu ditambah dengan sumbangan dari seorang warga berupa sepuluh gram emas murni.

Demikian dinyatakan Haidir Fitra Siagian, Ketua PRIM NSW Australia, tadi siang di hadapan Pimpinan Pusat Muhammadiyah (Ahad, 07/08/22). Dalam acara yang diadakan diadakan di Leppington NSW bersama keluarga besar Muhammadiyah ini, beliau juga mengatakan niat mendirikan amal usaha berupa sekolah atau lembaga pendidikan ini, sudah melalui pertimbangan yang matang. Selain telah memiliki dana awal, juga sudah membentuk panitia pembangunan yang diketuai oleh Ustad Fathurrahman Syahrie.

Sementara anggota tim perumus, Prof. Salut Muhidin, mengatakan bahwa jumlah umat Islam di New South Wales khususnya di Sydney yang semakin berkembang. Baik diaspora Indonesia maupun dari Timur Tengah. Tentu keturunan mereka sangat memerlukan sekolah yang bernuansa keagamaan Islam. Demikian halnya dukungan pemerintah Australia terhadap program pendidikan yang tentunya akan merasakan manfaat dari lembaga pendidikan swasta.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, H. Ahmad Dahlan Rais, menyambut gembira atas niat PRIM NSW mendirikan amal usaha. Dikatakan bahwa mendirikan amal usaha dapat dilakukan meski jumlah anggota sedikit, tetapi memiliki semangat atau tekad juga komitmen yang kuat. Beliau juga menilai bahwa PRIM NSW sudah cukup layak mendirikan amal usaha.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah ini mengatakan, bahwa sekolah Muhammadiyah yang ada di Melbourne sudah beroperasi dengan baik. Bahwa pemerintah setempat memberikan apresiasi kepada Muhammadiyah karena mendirikan sekolah di Negara Bagian Victoria.

Beliau juga mengatakan bahwa pada prinsipnya Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendukung niat yang mulia ini. Beliau bahkan meminta kepada panitia untuk mencari lokasi yang cocok untuk menjadi sekolah Muhammadiyah. Di sekolah tersebut sudah termasuk adanya pusat dakwah Muhammadiyah, masjid dan sekretariat.

Selain Dahlan Rais, turut hadir dalam kunjungan ke Sydney ini beberapa anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yakni Dadang Kahmad, Marpuji Ali, dan Agung Danarta. Sedangkan dari unsur Ranting Muhammadiyah, hadir pula penasihat yakni Eddi Iskandar, Jamil Misbac, Irawan Fauzi serta pengurus Muhammadiyah dan Aisyiyah lainnya.***

Wollongong, 07.08.22

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark