Sindikasi Republika

Ingin di Alam Kubur Selamat? Peluklah Alquran

Selasa , 09 Aug 2022, 06:33 WIB Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Ingin di Alam Kubur Selamat? Peluklah Al-Qur’an - Suara Muhammadiyah
Ingin di Alam Kubur Selamat? Peluklah Al-Qur’an - Suara Muhammadiyah | Foto:

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sabtu, 6 Agustus 2022, SD Muhammadiyah MBS Prambanan mengadakan Kasasi (Kajian Sabtu Siang). Kajian Sabtu siang itu dihadiri oleh jajaran Pimpinan SD Muhammadiyah MBS Prambanan beserta guru SD Muhammadiyah MBS Prambanan.

Kajian dimulai jam 13.00 Wib, dimulai dengan murojaah atau tadarus bersama. Pemateri kajian pada edisi kali ini adalah Ustadz Dimas Ridwan sekaligus pengampu Tahfidz guru SD Muhammadiyah MBS Prambanan.

Kasasi dihadiri oleh sekitar 50 guru SD MBS Prambanan. Guru terlihat antusias dan khusyu’ menyimak Kasasi yang disampaikan Ustadz Dimas Ridwan.

Ustadz Dimas Ridwan menyampaikan pentingnya kita sebagai umat Islam memeluk dan mencintai Al-qur’an. Al-qur’an inilah yang kelak akan menolong kita di saat tidak ada lagi yang bisa menolong kecuali Allah Swt.

Ustadz Dimas menerangkan fadilah atau keutamaan membaca Al-qur’an ada tiga hal. Pertama, setiap hurufnya adalah pahala yang berlimpah bagi yang membacanya. Dalam sebuah hadist diterangkan bahwa setiap huruf Al-qur’an dinilai pahala. Kita tidak bisa menghitung ketika kita membca satu surah saja.

Keutamaan yang kedua adalah Al-qur’an akan menjadi teman dan cahaya yang menerangi kita di alam kubur. Dengan membaca Al-qur’an itulah, kita bisa selamat sampai tiba hari kiamat nanti. Di hari kiamat juga kita akan ditolong dan diselamatkan oleh Al-qur’an. Ketiga, Al-qur’an yang kita baca saat di masjid, maka satu ayat dinilai dengan satu ekor unta.

Itulah fadilah atau keutamaan membaca dan mempelajari Al-qur’an. Sebagai umat Islam, tentu mukjizat Al-qur’an ini harus diamalkan kita semua agar selamat di dunia dan akhirat. Al-qur’an lah yang akan menemani dan menolong kita di alam kubur kelak. Saat kita merindukan cahaya dan ketenangan, Qur’an lah yang menemani dan menolong kita.

Kasasi pun berakhir di jam 14.00, setelah kasasi, siang itu kegiatan dilanjutkan dengan informasi agenda sekolah oleh Ibu Kepala Sekolah, Ustadzah Rizana,S.T. (Arif Yudistira)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark