Sindikasi Republika

Mengenal Apa Itu Synthetix atau SNX dalam Dunia Cryptocurrency dan Decentralized Financial

Rabu , 10 Aug 2022, 01:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Ketika berbicara tentang mata uang kripto atau cryptocurrency, kebanyakan orang pasti akan langsung terpikir Bitcoin atau mungkin Ethereum. Padahal, selain kedua jenis koin kripto tersebut, ada belasan atau bahkan puluhan jenis koin kripto lainnya yang hampir setiap harinya diperjualbelikan oleh investor atau trader. 

Salah satu contohnya yang layak untuk diketahui adalah Synthetix atau bisa juga disebut sebagai SNX. Jika dibandingkan dengan produk koin kripto pada umumnya, Synthetix terbilang unik dan menarik untuk dibahas. 

Pasalnya, Synthetix merupakan protokol asuransi aset yang terdistribusi di blockchain dan dibangun pada jaringan Ethereum. Dalam kata lain, proyek tersebut memungkinkan penggunanya untuk menerbitkan dan memperdagangkan aset terdesentralisasi tersebut. 

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apa yang sebenarnya dimaksud dengan Synthetix atau SNX itu? Selain itu, bagaimana cara kerja dari jenis koin kripto ini, cara membeli, dan berbagai hal penting seputarnya? Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan tentang apa itu Synthetix berikut ini.

Pengertian Synthetix

synthetix

Synthetix, bisa juga disebut sebagai Synthetix Network Token atau SNX, adalah protokol finansial yang terdesentralisasi atau Decentralized Financial alias DeFi yang menyediakan eksposur terhadap on-chain ke aset non kripto ataupun kripto. 

Protokol ini dibuat dengan mengacu pada blockchain Ethereum dan menyediakan akses terhadap aset sintesis yang mempunyai likuiditas tinggi atau bisa disebut sebagai synth. 

Synth bakal menelusuri serta melakukan pengembalian terhadap aset yang didapatkan tanpa mengharuskan orang atau pihak yang bersangkutan secara langsung menyimpan maupun memegang aset. Kenapa platform tersebut dibuat? 

Tujuannya tidak lain untuk memperluas ruang dari mata uang kripto atau cryptocurrency via pengenalan dari aset non blockchain. Dengan begitu, hal ini bisa menyediakan akses lebih kuat menuju market keuangan.

Jaringan dari Synthetix sendiri baru diluncurkan oleh Kain Warwick pada bulan September 2017. Awalnya, nama dari jaringan tersebut adalah HAV atau Havven. Berselang satu tahun berjalan, barulah nama HAV tersebut diganti menjadi Synthetix hingga sekarang ini. 

Jajaran direksi atau pimpinan dari Synthetix memiliki jam terbang yang tinggi pada industri mata uang kripto. Para pimpinan tersebut harus selalu siap menghadapi inovasi saat ini yang mampu mendukung serta memperkuat ekosistem dari perdagangan aset kripto. Jadi, tidak mengherankan jika SNX ini bisa langsung mencuri perhatian dari para investor kripto.

Baca Juga:  Mengenal Polygon MATIC, Aset Kripto Asal India yang Sukses Melesat saat Aset Kripto Lain ‘Anjlok’

Cara Kerja dari Synthetix

Secara sederhana, SNX ini dibuat pada jaringan Ethereum yang membuat manfaat dari keuangan desentralisasi atau DeFi bisa dikombinasikan dengan kestabilan aset finansial konvensional. Para penggunanya pun dapat langsung mengonversi Synths secara langsung melalui Smart Contract. 

Dengan adanya protokol dengan basis Smart Contract itu, pengguna bisa lebih mampu untuk memegang serta menukar Synth selayaknya pengguna itulah yang memiliki aset yang mendasari tersebut. 

Melalui cara tersebut, Synth menunjukkan eksposur kepada aset yang tak dapat diakses investor kripto biasa, khususnya yang berinvestasi pada instrumen emas atau perak. Dengan begitu, aktivitas perdagangan yang dilakukan menjadi lebih cepat dan efisien. 

Berhubung diterbitkan melalui jaringan Ethereum, kamu dapat mengatur penyimpanan Synth pada platform DeFi, contohnya adalah Curve atau Uniswap. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengatur stok atau persediaan likuiditas serta mendapatkan bunga.

Namun, pahami jika derivatif dan sintetis memiliki peran penting pada pembangunan pasar yang kondusif, yaitu kondisi saat pasar mampu mencapai ekuilibrium. Kedua hal tersebut berperan menjadi fasilitas penentuan harga dan juga memberikan perlindungan terhadap nilai dari aset kripto terhadap volatilitas. 

Cara Membeli Synthetix

cara membeli snx

SNX adalah native token Synthetix yang dapat dibeli ataupun dijual oleh investor kripto. Lantas, bagaimana cara untuk membeli SNX ini di Indonesia? Secara umum, cara bertransaksi SNX ini tidak jauh berbeda dengan aset kripto lainnya.

Tentunya, kamu harus lebih dulu mengunduh aplikasi jual beli kripto atau memasang platformnya pada perangkat komputer. Lalu, ikuti langkah berikut ini untuk membeli token tersebut. 

  • Cari token SNX pada daftar aset kripto melalui aplikasi crypto exchange, bisa melalui halaman beranda ataupun fitur transaksi kripto pada halaman kripto.
  • Pilih opsi jual ataupun beli.
  • Tulis nominal pembelian yang diinginkan, beserta satuan atau alat pembayaran yang dipilih, apakah itu Rupiah ataukah mata uang kripto.
  • Perlu dipahami jika kamu tak harus membeli maupun menjual token SNX ini secara utuh, alias transaksi tersebut bisa dilakukan dengan jumlah pecahan, misalnya, 0,1 SNX atau bahkan di bawahnya.
  • Meski begitu, dalam beberapa platform atau layanan kripto, ada jumlah nominal minimal pembelian dalam mata uang tertentu agar bisa melakukan transaksi penjualan maupun pembelian kripto, misalnya senilai 20 ribu atau semacamnya. 
  • Cek kembali apakah informasi yang ditulis sudah akurat, dan lakukan konfirmasi pembelian atau penjualan token kripto.
  • Kemudian, kamu akan mendapatkan pemberitahuan terkait sukses atau tidaknya transaksi tersebut.  

Beragam Hal Unik Seputar Synthetix

Terdapat berbagai hal yang membuat SNX ini tergolong unik, salah satunya adalah kemampuannya dalam mengonversi Synth tanpa membutuhkan rekanan dan mungkin dilakukan siapa pun. Pada Synthetix Exchange, Synth apa saja bisa diperdagangkan dengan Synth yang lainnya.

Di samping itu, fungsionalitas dari token ini juga menawarkan tingkat likuiditas nyaris tidak terbatas. Jaringan dari SNX juga menyediakan inovasi lainnya, seperti, perdagangan P2C atau Peer to Contract yang bisa dieksekusi dengan mudah dan cepat tanpa order book. 

Para pemilik dari token terdistribusi ini akan bertanggung jawab dalam menyediakan jaminan tersebut pada platform. Tidak hanya itu, pemilik token ini juga bertugas untuk menjaga stabilitas dari semua pertukaran atau exchange. 

Synth bisa dalam bentuk apa saja dan ditandai dengan huruf awalan “s”, sebagai contoh, sUSD, sEUR, dan lain sebagainya. Pengguna tak harus bertransaksi pada jenis Synth sama. Asalkan digunakan pada pembayaran yang mempunyai nilai pasar, Synth pasti akan diterima pihak sistem. 

Baca Juga:  Mengenal Cosmos (ATOM), Pengertian dan Cara Kerja

Nilai dari SNX dalam Pasar Kripto

Pasar Kripto

Ketika ada pengguna mencetak atau minting Synth, mereka akan menjadi bagian dari perkumpulan utang platform atau the platforms debt pool. Jumlah kumpulan utang setara dengan nilai seluruh Synth pada jaringan. 

Utang bisa berkurang atau bertambah terlepas dari harga atau nilai asli dari Synths yang dicetak, serta pengguna memiliki risiko kehilangan nilai sebab adanya volatilitas dari harga. Sistem SNX memiliki syarat jaminan dengan tingkat 750 persen. Jadi, saat pengguna mau mencetak atau minting dengan nilai 100 sUSD, maka uang yang harus disetor adalah 750 USD.

Contoh Kasus Penggunaan SNX atau Synthetix 

Tujuan utama atau alasan pembuatan dari platform SNX atau Synthetix adalah memungkinkan users atau pengguna dalam memperdagangkan Synths. Pemilik token tersebut bisa dengan lebih leluasa menahan atau membeli aset untuk kemudian bertaruh apakah harganya akan berpotensi meningkat ataukah turun. Bisa juga pengguna dari token tersebut bertaruh harganya bakal menurun dan melakukan short aset. 

Melalui staking Synthetix atau SNX, pemilik token tersebut bisa menciptakan Synth yang baru, mengumpulkan hadiah atau rewards, dan juga melihat kepemilikan atau asetnya bertumbuh sebagai hasil atau keuntungannya. Jadi, bisa diketahui jika ada berbagai contoh penggunaan dari SNX atau Synthetix ini oleh pemiliknya sesuai kebutuhan. 

Staking Synthetix Network Token atau SNX

Sempat disebutkan sebelumnya jika ada metode staking pada SNX. Sebagai token yang memberikan kemampuan pada semua ekosistem Synthetix, SNX juga bisa digunakan sebagai penjamin dalam mencetak Synths. 

Caranya dengan melakukan staking atau mempertaruhkan token SNX. 

Tujuan dari melakukan kegiatan tersebut adalah untuk mendapatkan sebagian biaya yang dihasilkan dari pertukaran Synth. Melalui staking tersebut, pemilik token bisa mendapatkan berbagai keuntungan, seperti menciptakan Synths baru, memperoleh rewards, sampai melihat kepemilikan asetnya terus bertumbuh. 

Jadi, Apakah Tertarik untuk Membeli SNX?

Pada dasarnya, SNX atau Synthetix merupakan proyek yang sangat penting pada pergerakan DeFi atau decentralized finance. Dengan adanya token tersebut, pengguna dari seluruh dunia akan mendapatkan akses pada strategi perdagangannya, serta mempunyai potensi dalam menciptakan pasar tokenisasi dalam skala besar terhadap aset dari dunia nyata melalui blockchain Ethereum. 

Jadi, dengan prospek yang menjanjikan tersebut, apakah kamu tertarik untuk membeli koin kripto ini?

Baca Juga: Ethereum - Pengertian, Keuntungan dan Cara Kerja

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark