Sindikasi Republika

Kampus UMKM Shopee Dorong UMKM Naik Kelas

Sabtu , 13 Aug 2022, 15:35 WIB Rep: Sri Niken Handayani (swa.co.id)/ Red: Sri Niken Handayani (swa.co.id)
Shope UMKM
Shope UMKM | Foto:

Sejak Mei 2021, Shopee menghadirkan Kampus UMKM yang memberikan pelatihan dan pembinaan gratis untuk meningkatkan kecakapan penggunaan teknologi digital dalam berbisnis.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja berharap kehadiran Kampus UMKM Shopee memberikan dampak yang besar bagi para pelaku usaha kecil dan menengah khususnya dalam meningkatkan kecakapan penggunaan teknologi digital. “Selama satu tahun terakhir, banyak hal yang telah dihasilkan dalam upaya menjadikan UMKM lokal lebih berdaya,” ujarnya.

Menurutnya, pelatihan yang diberikan di Kampus UMKM Shopee juga sangat komprehensif.

Jam pelatihan ini tentunya menjadi sangat penting bagi UMKM untuk mendapatkan pengetahuan keterampilan digital dan juga bertanya pada pelatih terdedikasi. Kampus UMKM Shopee juga memiliki fasilitas Ruang Foto untuk UMKM membuat foto produk untuk tujuan promosi. "Untuk memotrek seluruh produk UMKM yang pernah difoto di Kampus kami, dibutuhkan waktu selama 2.000 jam," terangnya.

Salah satu peserta dari Solo adalah Natalia Dewi Puspita Sari pemilik pemilik jenama Gallery Fashion 123. Dia mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee untuk semakin memaksimalkan strategi bisnis digital. Di kampus, itu mempelajari cara meningkatkan performa toko dan cara mengoptimalkan fitur-fitur promosi. “Hasilnya, omzet penjualan dari usaha fesyen naik hingga 49%,” ungkapnya.

Tak hanya Natalia, peserta Kampus UMKM Shopee Ekspor asal Bandung, Agus Ardian, Pemilik Gudang Barang Bandung juga mengikuti pelatihan untuk memahami strategi ekspor agar dapat mengoptimalkan Program Ekspor Shopee. Saat ini, lebih dari 300 ribu produk tas kanvasnya terjual ke seluruh Indonesia bahkan hingga beberapa negara Asia, seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. Karena kesuksesannya, kini Agus telah memiliki lebih dari 15 karyawan. Handhika berharap peserta UMKM yang berpartisipasi dalam Kampus Shopee bisa mendorong UMKM lokal dapat naik kelas dan berdaya melalui teknologi.

Untuk diketahui, Kampus UMKM Shopee telah hadir di 9 kota di Indonesia, Solo, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Medan, Samarinda, Balikpapan, Malang dan Makassar. Dua di antaranya merupakan Kampus Ekspor yang berada di Solo dan Bandung. Setiap pembukaan kampus diresmikan langsung oleh pemerintah kota/provinsi.

Kampus-kampus ini memberikan pelatihan bisnis digital dan pendampingan untuk UMKM lokal. Sesi pelatihan dibawakan oleh trainer Shopee yang telah tersertifikasi, meliputi edukasi, pemasaran, transaksi, penyediaan sistem inventori dan pengiriman hingga membuka akses bagi UMKM lokal untuk menjadi eksportir yang berdaya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark