Sindikasi Republika

Cara Sukses Jualan Online dengan E-commerce dan Ide Bisnis yang Tepat

Sabtu , 13 Aug 2022, 23:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Mudahnya cara jualan online menjadi angin segar yang membuka banyak peluang usaha baru belakangan ini. Tidak selalu membutuhkan modal yang besar, beberapa orang bahkan bisa sukses jualan online tanpa modal.

Cara jualan online tanpa modal seperti ini sudah semakin mudah, sebab ada banyak e-commerce yang bisa dijadikan sebagai tempat berjualan. 

Menggunakan e-commerce sebagai tempat berjualan online akan memberikan banyak kemudahan, termasuk untuk pebisnis baru. Di sana, kamu bisa menjalankan jualan online yang laku setiap hari dengan lebih mudah dan cepat.

Ada banyak konsumen yang datang dan mencari berbagai produk setiap harinya, terutama pada e-commerce besar yang selalu ramai pengunjung. 

Cara Mudah untuk Memulai Bisnis Jualan Online 

cara jualan online

Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis online, berikut ini adalah di antaranya: 

1. Tentukan Struktur Bisnis dengan Baik

Hal pertama yang yang wajib dilakukan adalah menentukan sistem atau struktur dalam bisnis online terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan menjawab pertanyaan bagaimana bisnis ini akan dijalankan dan di mana? Sistem yang jelas akan mempermudah pengelolaan bisnis tersebut ke depannya.

2. Lakukan Riset Pasar dan Tentukan Target Market

Mulailah langkah ini dengan survei kecil-kecilan untuk melihat kondisi pasar yang akan dituju dalam bisnis. Riset pasar seperti ini akan membantu untuk menentukan target market dengan lebih tepat. Hal ini juga akan sekaligus mempermudah kamu menciptakan jualan online yang laku setiap hari.

3. Tentukan Produk yang akan Dijual 

Langkah selanjutnya adalah menentukan produk yang akan dijual kepada konsumen. Pilih produk yang tepat dan memiliki pangsa pasar yang luas, sehingga angka penjualan bisa lebih mudah didapatkan. 

4. Buka Toko Online di E-commerce

Jika semua poin di atas telah dilakukan, maka segera buka toko online di e-commerce. Pilih nama toko yang tepat dan bisa menarik perhatian pembeli, tentunya yang sesuai dengan produk yang dijual di dalamnya.

5. Kelola Toko dan Keuangan Bisnis dengan Tepat

Jangan lupa untuk selalu mengelola toko online dengan disiplin dan dengan cara yang tepat. Pelajari bagaimana caranya jualan online melalui website yang berkaitan dengan hal tersebut. Selain itu, mengelola keuangan bisnis dengan baik juga tak kalah pentingnya, agar bisnis bisa berkembang dengan pesat. 

Lakukan semua langkah di atas dengan baik sejak awal. Ini berlaku untuk semua jenis bisnis online, termasuk jika ingin jualan online tanpa modal sekalipun.  Cara jualan online tanpa modal bisa kamu lakukan dengan cara menjadi reseller ataupun dropship.

Baca Juga: Cara Membuat Deskripsi Produk agar Jualan Online Diserbu Pembeli

Pilih E-commerce yang Tepat untuk Tempat Jualan Online 

Caranya jualan online masing-masing orang tentu akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun apapun itu, penting untuk memilih e-commerce yang tepat sejak awal. Bukalah toko online yang akan memungkinkan kamu menjalankan jualan online yang laku setiap hari dengan mudah. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan e-commerce dan cara membuka tokonya yang terbilang mudah untuk pemula: 

Nama E-commerce

Cara Registrasi jadi Penjual

Tokopedia

Tokopedia menjadi e-commerce pertama yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. E-commerce ini memiliki banyak pengunjung dan memungkinkan para seller mendapatkan omset besar setiap harinya. Cara jualan online di Tokopedia juga terbilang mudah, cukup buka akun seller dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Buka aplikasi Tokopedia dan klik “Buka Akun”, lalu lengkapi semua data yang dibutuhkan di sana. 
  • Buka halaman akun dan klik “Buka Toko Gratis”.
  • Lengkapi semua informasi toko, lalu klik “Lanjut”.
  • Ketikkan alamat toko, lalu “Pilih Lokasi” pada map.
  • Setelah semua langkah di atas, maka toko sudah aktif dan mulailah menginput produk yang akan dijual di sana.

Shopee

Dikenal sebagai salah satu e-commerce terbesar, Shopee juga bisa dijadikan sebagai pilihan tempat jualan online. Caranya jualan online di Shopee terbilang mudah, bahkan untuk jualan online tanpa modal sekalipun. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk membuka akun jualan di Shopee:

  • Buka aplikasi Shopee dan buka akun dengan cara melengkapi semua data dan informasi yang diminta.
  • Jika akun telah aktif, klik menu “Saya” yang terdapat di bagian kanan bawah, lalu lanjutkan dengan klik menu “Jual” di bagian atasnya.
  • Lengkapi semua profil toko dengan menggunakan menu Seller Centre, lalu lanjutkan dengan meng-klik menu “Simpan”.
  • Klik menu “Alamat Saya”, lalu ketikkan alamat toko dengan lengkap. Lanjutkan dengan meng-klik “Simpan”.
  • Masukkan produk dengan cara mengklik menu “Tambah Produk Baru” dan lengkapi semua data produk dengan baik, lalu klik “Simpan”. Lakukan hal ini sampai semua produk selesai diinput dan toko siap dibuka.

Bukapalak

Cara jualan online di Bukalapak juga bisa dilakukan dengan begitu mudah dan cepat. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk membuka toko online di e-commerce ini:

  • Buka aplikasi Bukalapak, lalu klik menu “Daftar” yang ada di pojok kanan atas.
  • Lengkapi semua data dengan baik, lalu lanjutkan dengan meng-klik menu “Daftar” yang terdapat pada bagian bawah.
  • Konfirmasi pendaftaran dan pastikan akun sudah aktif.
  • Untuk mulai berjualan, klik menu “Lapak Saya”, lalu lanjutkan dengan klik menu “Mulai Jualan”.
  • Masukkan produk satu persatu dan lengkapi semua informasi produk dengan jelas. Lakukan langkah ini sampai semua produk habis dan toko siap dibuka.

Tiktok Shop

Jika kamu sudah memiliki akun Tiktok, maka jualan online tanpa modal bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Buka aplikasi Tiktok dan klik menu “Tiktok Shop”.
  • Pilih menu “Become a Seller”, lalu loginlah dengan menggunakan akun TikTok.
  • Isi semua kolom yang tersedia dengan lengkap, termasuk profil toko yang diinginkan.
  • Lakukan konfirmasi akun seller, maka akun tersebut sudah bisa digunakan untuk mulai jualan online yang laku setiap hari.

Lazada

Caranya jualan online di Lazada hampir sama dengan e-commerce lainnya, yakni dengan membuka akun terlebih dahulu. Simak beberapa langkah mudah untuk membuka akun seller di Lazada berikut ini:

  • Buka aplikasi Lazada, lalu klik menu “Menjadi Seller”.
  • Pilih menu “Daftar Menjadi Penjual Sekarang”.
  • Isi semua data dengan lengkap, lalu lakukan verifikasi untuk mengaktifkan akun seller.
  • Jika akun sudah aktif, masukkan produk satu persatu dan lengkapi informasinya dengan baik, toko online sudah bisa dijalankan.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Memasarkan Produk Jualan Lewat Youtube

Ide Jualan Online yang Cocok untuk Pebisnis Pemula 

jualan online

Tidak perlu kebingungan untuk memulai jualan online yang laku setiap hari. Berikut ini adalah beberapa produk yang bisa dijadikan ide jualan online: 

1. Sembako 

Jualan online produk sembako memang memiliki peluang yang sangat cerah, sebab hampir semua orang selalu membutuhkannya. Permintaan akan produk sembako tidak pernah sepi, bahkan cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ada beberapa jenis produk sembako yang bisa dijadikan pilihan, seperti: mie instan, minyak goreng, beras, gula, dan yang lainnya. 

2. Produk Skin Care dan Kecantikan

Produk skin care dan kecantikan merupakan pilihan lainnya yang cukup menjanjikan. Cara jualan online produk ini juga terbilang mudah, sebab pangsa pasarnya begitu luas. Pilih produk-produk yang tepat dan sedang tren, agar bisa dijual dengan lebih mudah dan cepat.

3. Perabotan Rumah Tangga 

Berbagai produk perlengkapan rumah tangga juga bisa dijadikan sebagai ide bisnis online. Peluangnya terbilang sangat cerah, sebab permintaan akan produk-produk ini juga tak pernah habis. Tentukan perlengkapan rumah tangga apa yang akan dijual, agar kamu lebih mudah mengelompokkan calon konsumen yang disasar. 

4. Produk Kesehatan

Jika ingin jualan online tanpa modal, memilih produk kesehatan bisa jadi pertimbangan. Ada banyak pebisnis yang menyediakan peluang untuk menjadi reseller atau dropshipper berbagai produk ini, mulai dari peralatan kesehatan sampai dengan berbagai suplemen dan obat-obatan. Jangan khawatir, peluang pasar untuk berbagai produk ini sangat luas, sehingga kesuksesan sangat mungkin didapatkan.

5. Frozen Food

Bila tertarik untuk mencoba cara jualan online tanpa modal, maka menjual berbagai frozen food bisa jadi pilihan. Permintaan akan produk ini begitu tinggi, terutama setelah masa pandemi. Cukup hanya dengan menjadi dropshipper saja, maka jualan online produk ini sudah bisa dijalankan dengan mudah dan cepat. 

6. Aneka Gadget 

Gadget sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi banyak orang, sehingga peluang pasarnya begitu besar. Cara jualan online tanpa modal bisa dilakukan dengan menjadi dropshipper smartphone maupun aksesorisnya. Dijamin, bisnis online ini tidak akan pernah sepi pembeli. 

7. Perlengkapan dan Makanan Hewan Peliharaan

Berbagai perlengkapan hewan peliharaan juga bisa dijadikan ide bisnis online, seperti: tempat makan, tempat tidur, aksesoris, mainan dan yang lainnya. Bukan hanya itu saja, bisnis ini juga bisa sekaligus dijalankan dengan menyediakan makanan berbagai hewan peliharaan ini sekaligus.  

8. Peralatan Olahraga 

Memasarkan berbagai peralatan olahraga juga bisa jadi cara jualan online tanpa modal. Kamu bisa jadi reseller atau dropshipper yang menyediakan berbagai peralatan olahraga, baik itu yang berukuran kecil maupun yang besar sekaligus.

Ini akan jadi bisnis yang menjanjikan, sebab setelah masa pandemi kebanyakan orang merasa lebih nyaman untuk berolahraga di rumah dan menghindari pusat kebugaran.

9. Perlengkapan Bayi dan Anak-Anak 

Produk perlengkapan bayi dan anak-anak juga selalu memiliki pangsa pasar yang luas. Caranya jualan online produk ini dengan sukses bisa dilakukan dengan menyediakan beberapa merek yang berbeda sekaligus, sehingga konsumen bisa memilih dan menemukan produk yang tepat untuk mereka. Selain itu, ukuran serta warna pakaian bayi dan anak-anak juga harus dicermati dengan baik. 

10. Pakaian 

Ide jualan online terakhir yang bisa dijadikan pertimbangan adalah pakaian. Pilih segmen yang tepat sejak awal, misalnya pakaian muslim atau bahkan pakaian pria. Selain itu, lakukan cara jualan online yang tepat, agar bisnis pakaian ini bisa berjalan dengan lancar. 

Mulailah Bisnis Jualan Online dengan Rencana dan Cara yang Tepat

Menjalankan bisnis online bisa jadi pilihan untuk kamu yang segera ingin terjun ke dunia bisnis. Ada banyak ide bisnis yang dapat dijadikan pertimbangan, beberapa bahkan tanpa modal sekalipun. Merencanakan dan memulai bisnis online dengan cara yang tepat, agar bisnis ini bisa berkembang dengan maksimal.

Baca Juga:  9 Tips Menjadi Reseller Sukses, Modal Kecil Bisa Untung Besar!

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark