Sindikasi Republika

Mengenal Marketplace Axie Infinity yang Kian Populer di Kalangan Pegiat Crypto

Kamis , 18 Aug 2022, 18:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Inovasi dalam dunia keuangan digital, khususnya mata uang kripto atau cryptocurrency dan aset digital, memang seakan tidak memiliki batas. Belum surut dengan ketenaran Bitcoin dan beragam jenis token kripto lainnya, kini muncul lagi aset digital yang bisa diperjualbelikan dan termasuk sebagai kategori marketplace NFT, Axie Infinity. 

Bagi yang belum tahu, Axie Infinity merupakan sebuah game yang akhir-akhir ini popularitasnya meningkat cukup signifikan di antara pegiat crypto. Penyebabnya selain karena memang dimainkan, hewan peliharaan digital pada game tersebut yang disebut sebagai Axies bisa ditransaksikan alias diperdagangkan. 

Perdagangan Axies ini dilakukan pada sebuah pasar digital yang disebut dengan Marketplace Axie. Melalui Axie Marketplace tersebut, pegiat crypto dan pemain game bertajuk Axie Infinity bisa mendapatkan platform untuk mewadahi semua aktivitas perdagangan dari jenis aset digital tersebut.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut detail terkait pengertian Axie Marketplace, fungsi, hingga cara transaksinya, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Axie Marketplace?

Axie Marketplace

Seperti yang sempat dibahas sedikit sebelumnya, Axie Marketplace merupakan pasar online yang resmi besutan dari game bertajuk sama, yaitu Axie Infinity. Pada platform tersebut, penggunanya bisa melakukan berbagai aktivitas perdagangan, termasuk penjualan dan pembelian, sejumlah item dari game tersebut. 

Beberapa contoh aset digital yang bisa diperjualbelikan pada marketplace ini, antara lain, Axies atau hewan peliharaan digital, Land, Item, serta bundle yang dipakai di dalam permainan. Dengan cara kerjanya tersebut, Marketplace Axie bisa dimasukkan pada kategori marketplace NFT.

Saat masuk pada laman resmi dari Marketplace Axie, pengguna bisa melihat daftar atau list Axies, lengkap dengan informasi harga, statistik terkait kekuatan Axie, sisa waktu pelelangan, sampai penawaran terbaru. Pengguna juga dapat memantau informasi atau data terkait penjualan Axies, jumlah yang terjual pada kurun waktu tertentu, dan volume penjualannya. 

Sedikit berbeda dengan sejumlah marketplace NFT jenis lain, Marketplace Axie tak mendukung pembayaran menggunakan Paypal, ataupun kartu kredit. Layanan tersebut hanya menerima jenis transaksi yang dilakukan melalui dompet Ronin dan sudah terintegrasi pada jaringan Ethereum maupun pembayaran dari sejumlah platform exchange tertentu yang tersedia. 

Baca Juga:  Mengulik SushiSwap Alias SUSHI, Platform Decentralized Exchange untuk Bertransaksi Cryptocurrency

Fungsi dari Marketplace Axie

marketplace axie

Lantas, apa fungsi dari adanya Marketplace Axie ini? Secara umum, fungsi utama Axie Marketplace adalah untuk melayani sejumlah transaksi penjualan atau pembelian Axies, Item, Land, dan juga bundel atau beragam paket gabungan yang diperlukan oleh pemain dalam permainan tersebut. 

Jika dibandingkan dengan marketplace NFT pada umumnya, Marketplace Axie mempunyai sedikit perbedaan. Sebagai contoh, platform tersebut hanya digunakan untuk menjual atau membeli karakter maupun item di dalam game berjudul Axie Infinity. Dalam kata lain, kamu tak akan bisa menemukan sejumlah koleksi seni, misalnya, lukisan digital, kartu olahraga, musik, ataupun karakter tertentu dalam jenis marketplace ini. 

Marketplace Axie diluncurkan serta dibuka secara presale pada bulan Februari 2018. Semenjak itu, platform tersebut mulai dibanjiri oleh pengguna dan mencatatkan jumlah transaksi yang cukup signifikan per September 2020. Berdasarkan data statistik DApp Radar bisa dilihat jika total transaksi harian yang terjadi pada marketplace tersebut bisa mencapai 2.200 transaksi dan dengan volume transaksi atau perdagangan harian sejumlah lebih dari 87 ribu USD.

Melansir dari situs Coindesk, Marketplace Axie pernah berhasil mencatat rekor harga paling tinggi untuk Axies NFT. Hal tersebut terjadi pada sebuah Land atau properti virtual permainan tersebut yang berhasil terjual dengan harga mencapai 888 ETH atau setara sekitar 1,5 juta USD. Dengan tingkat transaksi, volume perdagangan, dan rekor harga penjualan tertinggi tersebut, tentu Marketplace Axie bisa menjadi salah satu alternatif mendapatkan keuntungan melalui aset digital. 

Baca Juga:  Viral Sejak Ghozali Everyday Jadi Miliarder Dadakan, Apa Sih NFT Marketplace dan Cara Mengaksesnya?

Cara Beli Axies pada Marketplace Axie

Marketplace Axie Infinity

Pada jenis marketplace ini, transaksi pembelian maupun penjualan Axies dan sejumlah item lainnya diwadahi pada aktivitas berbentuk timed auction. Artinya, penjual akan menetapkan nominal harga di awal, harga akhir, serta durasi pelelangan yang biasanya bisa cukup panjang. 

Selama waktu pelelangan tersebut masih tersedia, harga dari Axies dapat terus berfluktuasi atau berubah-ubah. Oleh sebab itu, pihak pembeli harus bisa mengatur strategi dengan tepat dan matang terkait kapan waktu terbaik untuk menjual ataupun membeli Axies. 

Berikut adalah langkah membeli Axies pada Marketplace Axie.

1. Isi ETH Dompet MetaMask

Sebelum membeli Axies, pastikan dulu jika kamu telah memiliki ETH. Pembelian koin kripto tersebut bisa dilakukan via platform exchange yang dapat terhubung pada Metamask, maupun jaringan dari Ronin Ramp. Untuk mengisinya, kamu hanya perlu mengakses laman dari Ronin Chain, ketuk opsi “Purchase” terhadap token atau jenis koin yang mau dibeli, dan ketuk “Proceed”.

2. Tentukan Axies yang Ingin Dibeli

Setelah koin ETH diisi, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menuju halaman marketplace Axie, dan cari Axies yang kamu inginkan. Agar lebih mudah dan praktis, kamu dapat menyaring jenis Axies yang ingin dibeli menggunakan filter seperti level, tipe, hingga statistiknya sehingga bisa mendapatkan yang paling sesuai dengan keinginan.

3. Cara Beli Axies

Jika sudah mengetahui Axies mana yang ingin dibeli, kamu hanya perlu mengeklik “Buy Now” dan lakukan konfirmasi informasi transaksi pembeliannya. Apabila sudah mengetahui detail harga, statistik Axies, serta riwayat penjualannya dan sesuai dengan keinginan, tinggal klik “Confirm” untuk mengonfirmasi pembelian tersebut. Dengan melakukan langkah simpel tersebut, Axies yang kamu beli sudah pasti akan berada di tangan.

Cara Jual Axies pada Marketplace Axie

Tidak hanya mengetahui cara membeli Axies, kamu juga perlu memahami bagaimana cara menjualnya agar bisa mendapatkan keuntungan ataupun pemasukan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara menjual Axies pada Marketplace Axie.

Berikut adalah langkah jual dan beli Axies pada Marketplace Axie.

1. Pilih Axies yang Ingin Dijual

Sama halnya dengan saat akan membeli, kamu juga harus memilih terlebih dahulu Axies mana yang ingin dijual. Caranya dengan masuk ke akun pengguna Axie Infinity pada marketplace. Kemudian, pilih opsi Tab Inventory, setelah itu pilih Axies mana yang ingin dijual. Pastikan jika akun milikmu tersebut telah ditautkan dan sinkron dengan aplikasi dompet digital, Ronin, yang dimiliki.

2. Tentukan Harga Penjualan serta Metodenya

Jika sudah memilih Axies mana yang ingin ditawarkan, di dialog box bertuliskan “Sell Axie”, pengguna dapat memilih pilihan Fixed Price atau penjualan dengan nilai atau harga yang tetap. Ada pula pilihan Auction di mana harga penjualan Axie menjadi tidak tetap karena penjualan menggunakan sistem pelelangan. 

Jika memilih sistem Auction atau pelelangan, pengguna perlu melengkapi sejumlah informasi terlebih dahulu. Beberapa informasi tersebut antara lain, harga awal, harga akhir, dan juga durasi dari pelelangan. 

3. Konfirmasi Informasi Penjualan

Langkah yang selanjutnya, pastikan jika data terkait metode penjualan, harganya, hingga durasi dari penjualan sudah benar dan sesuai keinginan. Apabila sudah dikonfirmasi, ketuk tombol “Confirm”. 

Jika sudah, Axies yang dijual tersebut akan langsung ditampilkan pada laman Marketplace dan menunggu ada pihak yang membelinya. Perlu dipahami jika level dari Axies yang telah berhasil dijual akan dikembalikan ke level 1. 

4. Cara Membatalkan Penjualan

Lalu, bagaimana jika kamu ingin membatalkan penjualan dari Axies yang telah ada di marketplace ataupun sekadar mengubah harganya? Tidak perlu khawatir, penjualan tersebut bisa dengan mudah dibatalkan, kok. 

Caranya dengan mengeklik pada Axies yang penjualannya ingin dibatalkan pada marketplace. Kemudian, pilih menu “Cancel Selling”, dan klik opsi “Confirm” untuk memastikan dan mengonfirmasi jika penjualan dari Axies yang bersangkutan akan dibatalkan. Dengan melakukan hal tersebut, pengguna bisa langsung membatalkan penjualan dari Axies yang telah ditempatkannya pada marketplace sekalipun.

Melalui Axie Marketplace, Bermain Game Bisa Jadi Ladang Cuan yang Menjanjikan

Itulah penjelasan tentang apa itu Marketplace Axie, fungsi, serta cara membeli dan menjual Axies yang telah dimiliki. Pada dasarnya, Marketplace Axie ini hadir agar penggunanya bisa lebih mudah melakukan transaksi Axies, Item, Land, dan beragam hal lainnya dari sebuah game bertajuk Axie Infinity. Nah, setelah memahami penjelasan tersebut, apakah kamu tertarik untuk mencoba game yang berpotensi memberikan cuan menjanjikan tersebut? 

Baca Juga: Ocean Protocol, Proyek Crypto yang Memfasilitasi Pengguna Memonetisasi Data

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark