Jumat 19 Aug 2022 13:41 WIB

Orang Indonesia Suka Makan, Apa Saja Tren Makanan dan Minumannya?

Bisnis makanan dan minuman terus berjalan dan bertumbuh karena orang Indonesia selalu ingin mencoba hal-hal yang baru setiap harinya.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
makanan tradisional (Istimewa)
Foto: Warta ekonomi
makanan tradisional (Istimewa)

Indonesia memiliki banyak sekali ragam makanan dan minuman yang unik dan berbeda. Dengan banyaknya keragaman makanan nusantara ini, masyarakat Indonesia senantiasa dapat mencoba makanan dan minuman yang berbeda setiap harinya.

Oleh karena itulah, bisnis makanan dan minuman terus berjalan dan bertumbuh karena orang Indonesia selalu ingin mencoba hal-hal yang baru setiap harinya.

Dalam konferensi pers virtual pada Kamis (18/8/2022), Pengamat dan Penulis Kuliner, Kevindra Soemantri menjelaskan bahwa keragaman makanan yang ada di Indonesia ini bisa ada karena beberapa faktor, antara lain faktor keberagaman budaya, sosial, dan geografis.

Baca Juga: GoFood Luncurkan Inovasi Baru dalam Bentuk Fitur Koleksi

“Kenapa makanan Indonesia banyak dan punya ciri khas unik? Itu karena kita berada di negara yang budaya dan etnisnya sangat banyak. Ada banyak budaya artinya ada banyak makanan. Apalagi di zaman sekarang ini, migrasi telah turut membawa budaya kuliner menyebar ke berbagai wilayah. Orang-orang membawa budaya kuliner mereka ke tempat-tempat lain,” tutur Kevindra.

“Makanan di Indonesia juga erat kaitannya dengan hubungan antarmanusia. Kita [punya] banyak budaya, ada upacara, ada budaya hantaran, arisan, dan masih banyak lagi. Di antara semua itu selalu ada budaya makannya,” lanjutnya.

Selain faktor budaya dan sosial, Kevindra juga menjelaskan bahwa keberagaman makanan terjadi karena kondisi geografis Indonesia yang sangat luar biasa, dari laut sampai gunung dan tanah yang subur membuat Indonesia memiliki banyak bahan baku untuk membuat makanan.

Namun, itu semua tentu membutuhkan kreativitas, dan masyarakat Indonesia termasuk masyarakat yang kreatif dalam mengolah bahan baku hingga menjadi makanan yang unik, khas, dan enak.

Berkaitan dengan ragam makanan dan minuman yang disukai masyarakat, dalam keragaman masyarakat sekarang, Kevindra berkolaborasi dengan GoFood telah mengeluarkan tren-tren makanan dan minuman yang paling banyak dinikmati oleh masyarakat berdasarkan analisis dari konsumen GoFood.

Dalam sebuah e-book berjudul Sajian Cita Rasa GoFood: Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia, ada daftar makanan dan minuman terfavorit yang dipesan masyarakat melalui GoFood. Minuman terlaris pilihan pelanggan antara lain didominasi oleh kopi susu, es jeruk, dan es teh.

Sedangkan untuk jajanan terlaris, GoFoodies menempatkan siomay, tempe mendoan, dan variasi makaroni kering sebagai jajanan favorit. Sedangkan untuk makanan berat masih didominasi dengan nasi-nasian, seperti nasi ayam geprek, nasi goreng, dan masih banyak lagi.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement