Ahad 04 Sep 2022 11:44 WIB

Sekolah Muhammadiyah Pelopor Gerakan Toleransi

Sekolah Muhammadiyah Pelopor Gerakan Toleransi

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Sekolah Muhammadiyah Pelopor Gerakan Toleransi  - Suara Muhammadiyah
Sekolah Muhammadiyah Pelopor Gerakan Toleransi  - Suara Muhammadiyah

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah – Sekolah di lingkungan Muhammadiyah diharapkan menjadi pelopor atau percontohan menjadi sekolah rujukan yang terhindar intoleransi, kekerasan seksual dan perundungan. Demikian harapan yang disampaikan oleh Pipit Aidul Fitriyana salah satu fasilitator pelatihan pencegahan intoleransi dan anti perundungan di Sekolah Muhammadiyah selama dua hari dari tanggal 2 s.d 3 September 2022 di Hotel Rodhita Banjarmasin.

“Kita akan belajar bagaimana caranya memperkuat kapasitas sekolah dan mengidentifikasi apa saja faktor yang menjadi ancaman, faktor kerentanan terhadap kekerasan seksual, intoleransi dan perundungan di sekolah agar tidak terjadi di lembaga pendidikan terutama di lingkungan Muhammadiyah” ungkap Pipit Manajer Program Maarif Institute

Guru merupakan garda terdepan untuk menghentikan intoleransi dan perundungan di sekolah. Maka kegiatan pelatihan bertujuan untuk menciptakan ketahanan dari intoleransi, kekerasan seksual dan perundungan berbasis di sekolah muhammadiyah. Guru akan dibekali bagaimana mengenal tanda-tanda gejala perbuatan kekerasan, intoleransi dan perundungan di sekolah agar waspada dan bisa ditumbuhkan sikap baik dan perbuatan negatif itu bisa hilang.

Noor Ali salah satu peserta mengatakan manfaat dari pelatihan guru lebih mudah menyelesaikan masalah misalnya bila terjadi di sekolah kami ada pembullyan, adanya konten media sosial yang tidak bertanggung jawab kita sudah tau solusinya.

“pelatihan ini memberikan tambahan pengetahuan yang tadinya sesuatu dianggap kebenaran ternyata bukan seperti itu harus di klarifikasi kebenarannya sehingga lebih mudah terpecahkan masalahnya”. Ujar Guru SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin.

Sementara itu Fastamik Lima Yuha Kepala SMK 2 Muhammadiyah 2 Banjarmasin mengungkapkan siswa kami mayoritas laki-laki yang rawan bertindak anarkis sehingga hasil ikut pelatihan kami terapkan di sekolah akan lebih mudah mencari solusinya.

Pelatihan ini merupakan aksi nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental dalam pencegahan intoleransi dan anti perundungan bagi tenaga pendidik di sekolah Muhammadiyah. Kegiatan ini program kerja sama Kemenko PMK RI dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Materi utama yang dipaparkan diantaranya bagaiamana kita memahami gejala kekerasan yang terjadi di sekolah, mengenali bibit-bibit kekerasan dan bagaimana menumbuhkan perdamaian, hasutan kebencian di media sosial dan mengidentifikasi faktor yang menjadi ancaman terjadinya intoleransi dan perundungan di sekolah.

Khelmy Kalam tim fasilitator saat penutupan kegiatan ini berpesan kepada Pimpinan Muhammadiyah Kalimantan Selatan terutama DIKDASMEN bahwa apa yang ditulis pada lembar kertas kuis oleh semua peserta merupakan data penting untuk melihat bagaimana situasi sekolah di Muhammadiyah se Kalimantan Selatan terutama masalah yang berkaitan dengan kekerasan dan bullying di sekolah.

“Bapak dan Ibu guru sudah terbuka dan jujur menyampaikan masalah yang dihadapi di sekolah masing-masing di lembar kerta tulisan yang dikumpulan kepada fasilitator sehinga DIKDASMEN wilayah hingga daerah Kalimantan Selatan bisa diberikan solusi yang baik dan cepat” pesannya.

Kegiatan ini melibatkan 80 orang tenaga pendidik seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru di lingkungan sekolah/madrasah Muhammadiyah Kota Banjarmasin. (Riz)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement