Jumat 23 Sep 2022 00:00 WIB

5 Tips Makan Hemat di Mall

Kamu juga bisa melakukannya, bahkan dengan budget yang murah sekaligus. Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk makan murah di mall:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Jalan-jalan di mall menjadi hobi banyak orang, barangkali kamu salah satunya? Aktivitas yang satu ini kerap dibarengi dengan belanja dan pada akhirnya makan. Meski kerap dianggap sepele, budget untuk makan di mall seperti ini tentu tidak bisa dibilang murah. 

Untuk satu kali makan saja, kamu mungkin harus mengeluarkan uang minimal Rp 50-100 ribuan. Bayangkan, berapa banyak uang yang habis jika melakukan ini setiap pekan?

Makan di mall tidak selalu mahal dan menghabiskan banyak uang, kamu mungkin tidak akan percaya hal ini. Namun pada kenyataannya, bisa saja makan dengan hemat di mall, asal tahu caranya. 

Tidak semua pekerja mall atau orang yang suka ke mall menghabiskan uang banyak untuk makan di lokasi tersebut. Kamu juga bisa melakukannya, bahkan dengan budget yang murah sekaligus. 

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk makan murah di mall: 

 

1. Makan di Kantin Mall

kantin mall 

Jika selama ini kamu beranggapan bahwa mall hanya memiliki deretan restoran mahal atau food court saja, maka segera ubah pemikiran tersebut. Kamu tidak lagi perlu mengeluarkan uang banyak untuk makan di kedua jenis tempat makan tersebut, sebab mall juga memiliki kantin. 

Kamu belum pernah melihat kantin yang lokasinya di mall? Tentu sangat wajar, sebab biasanya lokasi kantin ini biasanya sedikit tidak terekspos atau berada di sekitar area parkiran. 

Kantin ini tidak hanya diperuntukkan bagi karyawan saja, sehingga kamu juga bisa leluasa untuk makan di sana. Harga makanannya pada umumnya sangat wajar dan masuk akal. Kamu bisa menemukan banyak menu yang berbeda, sehingga bisa leluasa untuk makan sesuai dengan seleramu. 

Berbagai menu yang dijual di kantin ini biasanya sangat terjangkau, bahkan bisa saja separuh harga satu menu makanan di dalam mall itu sendiri. Jadi jika ingin makan di mall, tak ada salahnya mencoba makan di kantin seperti ini. 

Baca Juga: 7 Tips Memenuhi Asupan Gizi dengan Budget Minim

2. Manfaatkan Program Diskon dan Promo

promo dan diskon

Saat sudah benar-benar ingin makan di mall, maka cara yang satu ini akan menghemat uangmu. Jangan buru-buru memilih tempat makan, agar kamu bisa makan dengan hemat. 

Cobalah cek terlebih dahulu restoran mana saja yang menyediakan promo atau diskon makan pada hari itu. Biasanya banyak restoran yang menyediakan penawaran menarik dalam bentuk diskon tertentu dan ini akan membuatmu tidak perlu keluar uang banyak. 

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan diskon yang disediakan oleh aplikasi online. Berbagai aplikasi online juga kerap menawarkan diskon makan di berbagai restoran, jadi pastikan kamu tahu informasi tersebut lebih dulu. Pilih diskon yang paling menguntungkan di restoran favoritmu, agar bisa makan kenyang dengan budget yang minim.

3. Makan Tengah Bareng Teman-Teman

Makan Tengah

Makan tengah juga bisa menjadi solusi makan hemat di mall, ini jika pergi bersama dengan teman-teman. Kalian bisa memesan makanan bermacam-macam untuk dinikmati bersama, jadi harganya jauh lebih hemat. 

Makan “Patungan” seperti ini memang seru, apalagi jika kamu dan teman-teman menemukan tempat makan yang tepat. Jangan lupa untuk memilih menu yang disukai semua orang, agar semua teman-teman bisa makan. Selain seru, makan tengah juga akan membuat kantong tetap aman setelah makan di mall.

Baca Juga: Tips Hemat Pengeluaran Tanpa Harus Mengesampingkan Kehidupan Sosial

4. Bawa Air Minum Sendiri 

Botol minum

Banyak restoran di mall yang jual minuman dengan harga cukup mahal. Bayangkan jika untuk minum saja harus mengeluarkan uang belasan hingga dua puluh ribuan, sayang kan uangnya. 

Daripada mengeluarkan uang untuk beli minuman, akan sangat baik jika bawa sendiri air minum dari rumah. Jika dari kantor, maka isi tumbler mu saat akan keluar kantor, jadi aman. Kamu tinggal beli makanannya saja, tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membeli minuman lagi saat makan di mall. 

5. Bawa Pulang Makanan yang Tidak Habis

take away 

Jika makanan yang dipesan tidak habis, maka tak ada salahnya untuk dibawa pulang. Kamu bisa minta tolong untuk membungkusnya. Makanan yang dipesan terlalu banyak kerap tidak dimakan habis, hal seperti ini akan sering terjadi saat makan bareng teman-teman. 

Gak usah gengsi, daripada terbuang percuma, kan lebih baik dibawa pulang, makanannya toh masih bisa dimakan nanti di rumah.  Kan sayang kamu sudah keluar uang untuk membelinya, apalagi kalau sisanya masih banyak. 

Nikmati Makan Hemat di Mall

Makan di mall memang menyenangkan, namun ini akan menghabiskan cukup banyak uang. Jika kamu termasuk orang yang suka ke mall, maka pastikan memahami dengan baik bagaimana cara menghemat uang ketika makan di sana. Gunakan cara yang tepat dan menikmati makan hemat di mall, agar tak lagi perlu keluar uang banyak saat ngemall.

Baca Juga: Anti Tekor, Coba 7 Trik Ini untuk Menghemat Belanja Kebutuhan Rumah Tangga

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement