Sindikasi Republika

Definisi, Langkah, dan Rincian Biaya Operasi Hidung di Indonesia

Senin , 03 Oct 2022, 19:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Pada zaman penuh kecanggihan seperti saat ini, banyak hal yang dikira tidak mungkin menjadi mungkin untuk ditempuh. Salah satunya, pengubahan bentuk fisik, baik untuk alasan kecantikan maupun alasan klinis.

Pengubahan tersebut bisa dilakukan dengan cara operasi. Dengan kecanggihan teknologi dan kemahiran ilmu pengetahuan di bidang kedokteran, operasi pengubahan bentuk tubuh bisa dilakukan, meski biayanya tidak sedikit.

Salah satu operasi pengubahan bentuk yang bisa dilakukan, baik untuk alasan medis maupun kecantikan, adalah operasi hidung. Operasi ini tentu merupakan tindakan kompleks yang butuh banyak pertimbangan sehingga terdapat banyak prosedur sebelum dieksekusi.

Hal tersebut karena sebelum melakukan tindakan, dokter bidang terkait harus mempertimbangkan fungsi dan efek samping yang bisa menimpa pasien. Hal terpenting, dokter selalu memberikan upaya terbaik untuk melayani pasien dengan aman. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengubahan, tindakan, dan biaya operasi hidung, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Biaya Operasi Usus Buntu, Metode dan Persiapan Operasi

 

Operasi Hidung

operasi hidung

Operasi Hidung

Operasi hidung atau rhinoplasty  merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk mengubah bentuk hidung. Pengubahan ini, seperti telah dijelaskan sebelumnya, bisa berlkamuskan alasan medis atau kecantikan.

Pada kasus pengubahan bentuk hidung karena alasan medis, biasanya penderita telah mengalami kecelakaan tertentu yang merusak hidung. Penderita bisa juga memiliki urgensi operasi hidung karena alasan genetika yang mengganggu fungsi hidung. 

Hal terpenting, operasi hidung untuk alasan medis dilakukan karena adanya kondisi tertentu yang membuat penderitanya tak bisa merasakan atau menggunakan fungsi hidung dengan benar.

Di sisi lain, operasi hidung karena alasan kecantikan tentu merupakan kebalikan dari operasi hidung karena alasan medis. Operasi hidung untuk alasan kecantikan biasa dilakukan berdasarkan keinginan pribadi seseorang yang ingin tampil lebih cantik dengan bentuk hidung yang baru.

Walaupun tindakan ini dilakukan berdasarkan keinginan pasien, operasi pengubahan hidung yang dilakukan dokter tetap melalui serangkaian pertimbangan tertentu. Hal ini perlu dilakukan karena pengubahan bentuk hidung berpengaruh pada fungsi hidung. Apabila salah langkah, hidung tidak bisa dikembalikan seperti semula.

Untuk melakukan operasi hidung, terdapat sejumlah tindakan yang biasa dilakukan. Tindakan operasi hidung biasanya dilakukan untuk lima hal. Pertama, mengubah ukuran hidung, baik memperbesar atau mengecilkan hidung. Kedua, mengubah bentuk pangkal atau puncak hidung agar memberikan kesan mancung. Ketiga, mengubah sudut antara hidung dengan bibir atas. Keempat, memperbaiki bentuk hidung karena kondisi cacat lahir atau cedera. Kelima, mengubah bentuk hidung untuk memperbaiki masalah pernapasan.

Baca juga: Rincian Biaya Operasi Sinusitis 2022

Langkah Operasi Hidung

Sebelum memutuskan untuk melakukan operasi hidung, pasien perlu berkonsultasi dengan dokter terkait untuk mengetahui prosedur, syarat, dan langkah tertentu. Pasien harus memastikan berkonsultasi dengan dokter dan rumah sakit terpercaya agar tidak terjadi penipuan yang berujung membahayakan nyawa.

Pasien juga harus berada dalam kondisi prima sebelum melakukan tindakan operasi. Terdapat syarat kesehatan tertentu yang harus dipenuhi oleh pasien, seperti sehat secara fisik dan mental, serta tidak pernah melakukan tindakan operasi besar selama setahun terakhir. Akan tetapi, apabila pasien operasi hidung berada dalam kondisi yang harus segera ditangani, operasi dapat dilakukan berdasarkan pertimbangan dokter.

Tindakan operasi hidung dapat dimulai setelah syarat dan ketentuan telah disetujui dokter dan pasien. Untuk memulai langkah tindakan, pasien tentunya akan dibius terlebih dahulu. Bius yang diberikan bisa beragam, sesuai dengan tingkat tindakan dan perhitungan dokter bedah plastik. Setelah dibius, dokter memulai tindakan operasi yang sesuai dengan kesepakatan. Hidung akan dilakukan tindakan, mulai dari membuat struktur hidung, pemotongan tulang apabila dibutuhkan, serta penyesuaian sesuai dengan tujuan operasi.

Apabila seluruh langkah sudah selesai, pasien akan masuk ke ruang pemantauan selama beberapa hari, tergantung kondisi dan anjuran dari dokter. Pada masa pemantauan, dokter akan mengobservasi ada atau tidaknya gejala klinis pascaoperasi yang mengganggu.

Jika pasien sudah dipastikan aman dan tidak mengalami efek samping, pasien bisa melanjutkan perawatan di rumah dengan tetap mengonsumsi obat-obatan pascaoperasi. Selain itu, dilakukan pula sesi pemeriksaan rutin pada kurun waktu tertentu dengan dokter untuk memastikan hidung benar-benar aman.

Biaya Operasi Hidung

Operasi hidung merupakan tindakan bedah yang cukup serius. Oleh karena itu, operasi ini bisa memakan biaya yang cukup tinggi. Di Indonesia, biaya yang dikeluarkan untuk operasi hidung bisa bermacam-macam. Hal ini karena biaya tergantung pada jenis obat, tindakan yang dilakukan, dan kebijakan rumah sakit penyelenggara.

Biaya termurah operasi plastik di Indonesia yang diselenggarakan oleh rumah sakit swasta dibanderol mulai dari Rp7.000.000. Sementara, biaya termahalnya bisa mencapai Rp65.000.000. Kedua harga ini terdapat pada rumah sakit penyelenggara yang ada di wilayah Jakarta.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Di tengah kisaran harga tersebut, kamu masih bisa menemukan harga yang cukup bersahabat. Di Jakarta sendiri, masih ditemukan sejumlah rumah sakit swasta yang menyediakan layanan operasi hidung dengan rata-rata biaya sebesar Rp18.000.000.

Selain menyediakan biaya untuk tindakan, kamu juga harus mempersiapkan biaya tambahan untuk keperluan administrasi, transportasi, dan akomodasi, mulai dari praoperasi hingga pascaoperasi. Agar aman, siapkanlah tambahan uang sebesar 20–30 persen dari total biaya tindakan sebagai dana tak terduga.

Menanggung Biaya Operasi Hidung dengan Asuransi

Pasien juga harus memahami bahwa biaya operasi belum tentu bisa ditanggung oleh asuransi kesehatan dan jaminan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Bagi operasi hidung yang berkaitan dengan urgensi klinis, asuransi kesehatan atau BPJS masih memungkinkan untuk menanggung biaya pengobatan.

Apabila pasien ingin melakukan tindakan operasi hidung dengan alasan klinis, seperti untuk penyakit sinusitis, asuransi kesehatan dan BPJS bisa menanggung biaya tindakannya. Akan tetapi, pasien tetap harus mempersiapkan biaya sekitar Rp300.000–Rp500.000 untuk biaya konsultasi.

Akan tetapi, apabila operasi hidung ditujukan untuk alasan kecantikan, asuransi kesehatan dan BPJS tidak bisa menanggung biayanya. Sebab, tidak ada unsur urgensi dan kebahayaan yang darurat pada tindakan tersebut.

Jika ingin mulai menabung untuk melakukan tindakan operasi hidung, kamu bisa memilih rumah sakit terlebih dahulu, berkonsultasi, dan menanyakan total harga tindakan, mulai dari praoperasi hingga pascaoperasi. Sebagai bentuk perkiraan aman, siapkanlah biaya termahal dari seluruh daftar biaya tindakan operasi hidung. Lalu, siapkan 20–30 persen tambahan dari biaya perkiraan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kekurangan biaya di tengah jalan.

Baca juga: Biaya Operasi Lasik Mata Tahun 2022 Terbaru

Biaya Operasi Hidung Tidaklah Murah, Gunakan Asuransi

Itulah uraian mengenai operasi hidung, langkah operasi hidung, dan biaya operasi hidung. Telah terangkum juga biaya operasi hidung di rumah sakit swasta dan biaya operasi hidung BPJS. kamu bisa memilih dengan bijak sebelum melakukan tindakan. 

Perlu diketahui, selain menyiapkan biaya yang besar, pastikan kamu mengetahui risiko yang dihasilkan dari operasi hidung. Pastikan juga kamu tidak akan merasakan efek samping. Dalam lingkup medis, pastikan juga operasi hidung yang dilakukan merupakan langkah terbaik sehingga bisa membebaskan kamu dari rasa sakit.

Apabila ingin melakukan operasi hidung, mulailah menabung sejak saat ini. Selalu sisihkan uang dengan baik agar operasi bisa dilakukan dengan segera. Namun, pertimbangkan juga aspek kesehatan mental sebelum menjalani operasi, ya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark