Jumat 07 Oct 2022 19:00 WIB

Mengenal PayPal, Fungsi dan Cara Daftarnya

Paypal merupakan salah satu alternatif pembayaran online yang digunakan untuk melakukan transaksi online seperti belanja online atau melakukan pembayaran.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Saat ini berbelanja secara online bukan lagi sebuah hal yang sulit dilakukan, sebab ada banyak situs belanja online yang bisa dimanfaatkan untuk hal tersebut. Hal ini bisa terjadi karena adanya dukungan yang maksimal dari berbagai kemajuan teknologi di dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang keuangan.

Ketika berbicara mengenai kegiatan belanja online, maka tidak akan bisa melupakan tentang kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan di dalamnya. Beragam fasilitas keuangan akan sangat membantu terjadinya berbagai macam transaksi online, salah satu yang kerap digunakan adalah PayPal dan kartu kredit, sebab kedua fasilitas ini memungkinkan untuk digunakan dalam berbagai transaksi online di seluruh dunia.

 

Apa itu PayPal?

apa itu paypal

PayPal merupakan rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan juga pembayaran secara online. PayPal memiliki jaringan yang kuat dan melayani berbagai transaksi keuangan antar negara, di mana semua hal tersebut telah dilakukan dengan menggunakan surat elektronik secara online.

Metode yang digunakan PayPal sangat berbeda dengan metode sebelumnya, di mana pengiriman uang masih dilakukan dengan menggunakan kertas berupa cek dan wesel pos, yang pada umumnya akan membutuhkan sejumlah waktu yang terbilang cukup lama dalam pelaksanaannya.

Hingga saat ini PayPal menjadi salah satu alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh para marketer online, sebab transaksi menggunakan PayPal memiliki tingkat keamanan yang terbilang cukup baik dan terjamin jika dibandingkan dengan berbagai fasilitas serupa.

Berbeda dengan transaksi online banking lainnya yang hanya terbatas pada transaksi satu negara saja, PayPal memiliki jaringan luas dan bisa dilakukan antar negara sekalipun.

Hal ini menjadi alasan mengapa banyak orang yang menggunakan PayPal di dalam bisnis online yang mereka kelola, sebab PayPal memudahkan pengiriman uang dan juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pebisnis online di mana saja berada. Transaksi menggunakan PayPal akan berjalan dengan mudah dan sangat lancar, selama pengguna memiliki rekening PayPal yang terhubung dengan bisnis yang mereka jalankan.

Apa Fungsi PayPal?

paypal

Di dalam penggunaannya, PayPal menjadi salah satu alat transaksi online yang paling banyak dipilih dan digunakan secara global. Melalui PayPal, dengan mudah bisa mengirimkan sejumlah dana kepada orang lain yang juga memiliki rekening PayPal.

Selain mengirimkan dana, kamu juga bisa menerima sejumlah transfer dari seseorang yang memiliki rekening PayPal. Semua kemudahan ini tentu akan sangat berdampak positif bagi bisnis dan juga beragam urusan keuangan yang dijalankan, di mana PayPal memang memiliki jangkauan yang luas dan bisa diakses di berbagai negara di dunia.

PayPal membuat berbagai transaksi keuangan secara online menjadi lebih mudah dan cepat, semua orang bisa berkirim uang dan menerima uang dengan mudah melalui rekening PayPal yang mereka miliki.

Dengan begitu, beragam transaksi jual beli bisa dilakukan dengan mudah dan praktis, karena semua orang dapat membeli dan menjual berbagai barang kebutuhan mereka melalui situs online yang menjangkau hampir seluruh belahan bumi ini. PayPal membuat berbagai transaksi keuangan menjadi lebih mudah, itulah mengapa banyak situs online yang menggunakannya menjadi salah satu alat pembayaran di dalam toko mereka.

PayPal juga dapat membantu menjaga kerahasiaan data diri ketika melakukan berbagai kegiatan belanja online, di mana pembayaran melalui PayPal bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengirimkan atau memberi tahu berbagai informasi perbankan yang biasanya akan tersimpan di dalam kartu kredit atau rekening pribadi yang lainnya.

Transaksi belanja dapat berjalan dengan sangat lancar, dan tetap bisa menjaga kerahasiaan informasi perbankanyang lainnya dengan aman, sebab menggunakan kartu kredit untuk belanja online tentu akan sangat riskan dan berisiko terhadap berbagai tindak kejahatan online yang belakangan ini marak terjadi.

Jika melihat angka penggunanya, maka PayPal menjadi salah satu alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hal ini membuktikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk ini begitu tinggi dan cukup besar. PayPal banyak digunakan sebagai sumber dana dalam melakukan berbagai transaksi online, baik itu pembayaran maupun penerimaan dana yang terjadi di dalam bisnis online.

Baca Juga : Malas Macet-Macetan Untuk Belanja Kebutuhan, Ini Solusinya

PayPal dan Kartu Kredit

paypal dan kartu kredit

Untuk dapat menggunakan PayPal dalam berbagai transaksi keuangan, kamu tentu wajib membuka dan memiliki akun PayPal tersebut secara pribadi, memiliki sejumlah dana di dalamnya untuk berbagai keperluan transaksi yang akan dilakukan.

Sebelumnya di Indonesia sendiri, PayPal sedikit sulit untuk dimiliki, sebab salah satu syarat untuk membuka akun ini adalah calon nasabah sudah harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu sebelumnya.

Itu karena akun PayPal harus di verifikasi dengan menggunakan akun kartu kredit. Kepemilikan kartu kredit sendiri terbilang masih sulit, sebab bank menerapkan sejumlah kebijakan untuk dapat mengakses uang plastik tersebut. Hal ini menjadi salah satu kendala dalam memiliki akun PayPal bagi sebagian besar orang.

Penggunaan kartu kredit dalam akun PayPal memang sangat dibutuhkan, sebab untuk semua bank lokal di Indonesia, tidak ada yang memberikan layanan penyetoran / penambahan dana ke dalam akun PayPal, sehingga dana tersebut bisa diambil dari kartu kredit yang dimiliki dan digunakan sewaktu melakukan verifikasi pada akun PayPal milik kamu tersebut.

Artinya, jika menginginkan sejumlah dana di dalam akun PayPal yang dimiliki atau jika sewaktu-waktu kamu kekurangan sejumlah dana di dalam akun PayPal yang digunakan, maka secara otomatis dana tersebut akan diambil dari akun kartu kredit yang dimiliki. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa akun PayPal membutuhkan kartu kredit dalam proses verifikasinya.

Tapi sekarang, akun PayPal sudah bisa diakses dan digunakan walau hanya dihubungkan ke kartu debit atau rekening bank.

Baca Juga : Belanja Online Jadi Hemat dengan Kartu Kredit dengan 8 Cara Ini

Bagaimana Membuat Akun PayPal?

paypal

Membuat akun PayPal tidak akan membutuhkan waktu yang lama, terutama jika memang telah memiliki kartu kredit sebelumnya. Pastikan memiliki email yang valid dan usia wajib di atas 18 tahun.

Setelah memenuhi persyaratan di atas, maka lakukan beberapa langkah berikut ini untuk membuat akun PayPal dengan mudah:

  1. Cari dan buka website resmi paypal.com
  2. Perhatikan bagian atas website tersebut dan pilih apakah kamu menginginkan sebuah akun PayPal pribadi atau akun PayPal untuk bisnis. Setelah menentukan pilihan, klik tombol “Daftar” yang terdapat pada bagian atas kanan halaman tersebut.
  3. Kamu akan diarahkan ke halaman yang baru. Pilih jenis akun yang diinginkan, misalnya akun “Primer” yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi belanja online dan juga menerima pengiriman uang secara online.
  4. Isikan data pribadi pada kolom-kolom yang telah tersedia di sana, pastikan mengisi semua data dengan benar. Lalu klik tombol “Setuju dan Buat Rekening” yang terdapat di bagian bawah.
  5. Setelah langkah tersebut, maka akan muncul halaman verifikasi yang akan memintamu untuk memasukkan kode ke dalam kolom yang tersedia di sana. Klik tombol “Lanjutkan” yang terdapat di sana, lalu klik tombol “Masuk ke Rekening Saya”.
  6. Kamu menemukan halaman akun PayPal setelah langkah di atas. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi  melalui email.
  7. Cek email dan temukan email yang dikirim oleh PayPal. Klik link yang terdapat dalam email PayPal tersebut, sehingga bisa melakukan konfirmasi ke website PayPal secara otomatis.
  8. Kamu akan dihadapkan langsung pada halaman baru pada website PayPal, di mana kamu akan diminta untuk login dan memasukkan email serta password yang telah didaftarkan sebelumnya.  
  9. Setelah login, maka kamu akan diarahkan ke halaman mengenai pertanyaan keamanan. Isi kolom tersebut dengan pertanyaan yang mudah diingat, lalu klik tombol “Kirimkan” yang terdapat pada bagian bawah.
  10. Akun PayPal sudah selesai dibuat. Namun untuk bisa menggunakan akun ini dalam berbagai transaksi online, termasuk pembelian dan penarikan dana, maka harus melakukan verifikasi kartu kredit terlebih dahulu. Jadi, disinilah kartu kredit akan sangat dibutuhkan untuk membuat akun PayPal.

Sekarang, membuat akun PayPal juga bisa melalui smartphone. Dengan mendownload aplikasinya di Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS. Langkah-langkahnya sama dengan mendaftar melalui website resmi PayPal. 

Selain itu, sekarang untuk mendaftar PayPal tidak harus melakukan verifikasi kartu kredit yang artinya siapapun yang ingin mendaftar akun PayPal tidak diwajibkan untuk memiliki kartu kredit. PayPal saat ini sudah bisa terhubung untuk rekening tabungan biasa dan digital juga kartu debit.

Kekurangan dari PayPal

Meskipun memiliki banyak manfaat, tapi bukan berarti tidak ada risiko yang bisa didapatkan dengan menggunakan PayPal apalagi jika penggunaanya dilakukan secara asal-asalan dan kurang bijak. Agar bisa memanfaatkan akun PayPal mu secara maksimal ketahui dulu berbagai kekurangan dari PayPal agar bisa meminimalisir risiko penggunaannya:

  1. Tingkat keamanannya yang bisa dibilang masih lemah
  2. Akses yang terbatas
  3. PayPal mudah memblokir penggunanya
  4. Akses langsung diblokir ketika ditemukan IP berbeda
  5. Banyak menyalahgunakan PayPal
  6. Pembatasan akun PayPal
  7. Harus memiliki kartu kredit
  8. Memiliki banyak kasus penipuan
  9. Penipuan refund PayPal
  10. Add fung yang cukup sulit
  11. Proses withdraw yang cukup lama
  12. Fee PayPal yang cukup besar

Buat dan Dapatkan Kemudahan Transaksi Online

PayPal telah menjadi salah satu fasilitas keuangan online yang banyak digunakan dalam berbagai macam transaksi online, baik itu untuk belanja atau sekedar berkirim uang. Namun di dalam pembuatannya, PayPal membutuhkan kartu kredit sebagai syarat dalam verifikasi akun tersebut, karena itu wajib untuk memiliki kartu kredit sebelumnya. Persyaratan tersebut tentu sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan dari PayPal yang dimiliki nantinya.

Baca Juga : Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement