Selasa 25 Oct 2022 04:57 WIB

Mahasiswa Muhammadiyah Bisa Magang sekalian Umrah

Berbagai fakultas di UMY membuka banyak program magang internasional bagi mahasisa

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Mahasiswa Muhammadiyah Bisa Magang sekalian Umrah - Suara Muhammadiyah
Mahasiswa Muhammadiyah Bisa Magang sekalian Umrah - Suara Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) selalu mendorong mahasiswanya untuk menambah ilmu serta pengalaman dengan mengadakan program internasionalisasi, demi mewujudkan mahasiswa yang “muda mendunia”.

Selain dengan pertukaran mahasiswa, magang menjadi salah satu cara bagi mahasiswa untuk bisa pergi ke luar negeri. Berbagai fakultas di UMY pun membuka banyak program magang internasional bagi mahasiswa, salah satunya adalah Fakultas Agama Islam (FAI) yang kali ini mengajak mahasiswa FAI UMY untuk menjadi guru di Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah.

Dengan adanya program magang internasional ini, FAI UMY bersama Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah mengadakan sosialisasi bagi mahasiswa FAI pada Senin (24/10) di ruang sidang utama gedung AR. Fakhruddin A lantai 5 Kampus Terpadu UMY. Turut hadir dalam acara sosialisasi ini Sutikno, S.Pd. M.Pd. selaku kepala Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah. Ia menjelaskan terkait skema yang dapat diambil mahasiswa FAI UMY jika ingin melaksanakan magang di sekolah tersebut.

Sutikno menyampaikan jika mahasiswa bisa mendapatkan manfaat berlipat dari program magang ini, bukan hanya dari segi akademis dan pengalaman. Namun, mahasiswa juga sekaligus dapat melaksanakan ibadah umrah di sana.

“Dengan melakukan magang ke luar negeri, tentu saja kalian akan mendapatkan pengalaman yang tidak bisa kalian dapatkan di Indonesia. Selain itu, tentu saja karena kalian akan magang di Arab Saudi, kalian dapat belajar bahasa Arab yang memang digunakan sehari-hari oleh masyarakat di sana. Selain itu, mahasiswa juga bisa sekaligus melaksanakan ibadah umrah, bahkan hingga berkali-kali,” jelas Sutikno.

Kesempatan untuk magang di Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah itu sangat terbuka, jika memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan yang ada di Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah. “Terdapat berbagai jenjang pendidikan di Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah. Ada TK, SD, SMP hingga SMA dalam satu gedung yang sama. Jadi memang menggunakan konsep sekolah satu atap,” ungkap Sutikno lagi.

Acara sosialisasi yang diadakan di Gedung A.R. Fachrudin A ini berjalan interaktif, mahasiswa pun terlihat antusias dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Sebagai bentuk peresmian dari kerjasama yang dilakukan antara FAI UMY dan Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah ini, dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement atau MoA yang ditandatangani langsung oleh Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Syakir Jamaludin, S.Ag., M.A. dan Sutikno, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah.

Wakil Dekan I Bagian Akademik dan Kemahasiswaan FAI, Twediana B. Hapsari, Ph.D. mengungkapkan bahwa FAI sudah merencanakan cukup lama agar para mahasiswa dapat melaksanakan program magang internasional di Arab Saudi. “Semoga dengan adanya kerjasama dengan Sekolah Indonesia Makkah dan Jeddah dapat menjadi solusi bagi mahasiswa untuk bisa magang di Arab Saudi,” pungkasnya. (ID/Riz)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement