Sindikasi Republika

Mengintip Profil Choi Sooyoung SNSD

Sabtu , 26 Nov 2022, 07:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Choi Soo-young adalah salah satu anggota SNSD (GG), girlband K-Pop legendaris generasi kedua dari Korea Selatan yang baru kembali dari jedanya. Meniti karier sejak tahun 2002 lalu, Sooyoung populer sebagai penyanyi, penulis lagu, aktris, model, dan juga pembawa acara. 

Sebagai penyanyi solo, ia dikenal dengan salah satu lagunya, Winter Breath (2018). Sooyoung juga menjadi satu-satunya perempuan Asia yang tampil dalam Complex’s Hottest ‘90s Babies. Di tahun 2017, ia menjadi presenter untuk acara televisi Saturday Night Live Korea: Season 9 yang tayang di tvN.

Kepiawaiannya berakting dapat dinikmati di film Silmido (2003), Girl Cops (2019), New Year Blues (2021), dan serial drama My Spring Days (2014), If You Wish Upon Me (2022). Karena aktingnya yang memukau, ia sukses meraih Discovery of the Year Award dari Jecheon International Music & Film Festival 2019.

Hingga kini, harta kekayaan Sooyoung SNSD ditaksir berada di angka 10 juta Dollar AS, jumlah tersebut setara dengan Rp149 miliar. Allkpop menyebutkan Sooyoung SNSD mempunyai lahan tanah di Gangnam serta menghuni vila mewah senilai 2,6 juta Dollar AS di Nonhyeon-dong.

Baca Juga: Simak Profil Yuri SNSD, Si Cantik yang juga Andal dalam Seni Peran

Biodata Sooyoung SNSD

Lahir di Cheongdam-dong, Seoul, 10 Februari 1990 (usia 32 tahun), Sooyoung adalah putri dari pasangan Choi Jungnam dan Moon Sohee. Dan ia memiliki seorang saudara kandung yang juga berprofesi sebagai musical actress, bernama Choi Soo Jin.

Sejak masih berusia belasan tahun, ia sudah memantapkan hati untuk terjun ke industri entertainment. Terbukti ia mengikuti audisi untuk menjadi idol.

Namun tak banyak yang tahu bahwa SNSD/GG bukanlah girlband pertama Sooyoung. Kilas balik, ia pertama kali diperkenalkan ke publik melalui SM Open Audition 2000 yang digelar SM Entertainment. Ia lantas menjadi juara pertama dalam audisi Korea-Japan Ultra Idol Duo 2002.

Lalu Sooyoung terbang ke Jepang dan melakukan debut bersama Marina Takahashi dalam formasi duo band bernama Route O. Kala itu, Sooyoung baru menginjak usia 12 tahun.

Bersama Route O, ia merilis sejumlah single seperti Start, Waku! Waku! It’s Love, Painting dan masih banyak lagi. Namun Route O kemudian dibubarkan di tahun 2003.

Karier Bersama Sonyeo Shidae/Girls’ Generation (SNSD/GG)

Sebelum debut di tahun 2007, Sooyoung harus rela dibentuk sebagai trainee selama lebih dari enam tahun lamanya. Ia pun menjalani training di bawah naungan SM Entertainment untuk persiapan debut.

Adapun di SNSD (GG), Sooyoung mengisi posisi rapper utama, penari utama, serta sub-vokalis. Sementara itu, rentang suaranya berada di kisaran E3-A5 yang menempatkannya pada tipe suara Light Lyric Soprano.

Berkat kesuksesannya yang spektakuler bersama SNSD (GG), wanita bertinggi badan mencapai 174 cm ini mendulang respek dan kekaguman dari banyak orang di seluruh dunia.

Sukses Berkiprah Sebagai Penyanyi Solo

Selain sukses dengan girlband besar tersebut, Choi Sooyoung SNSD juga meniti karier secara individual. Ia terus berjaya selama lebih dari 15 tahun dan terbukti sanggup bertahan di industri yang terkenal ketat kompetisinya itu.

Pada tahun 2005, lagu I Am (versi Korean) dikeluarkan dan menjadi soundtrack dari Inuyasha. Memasuki tahun 2008, ia bersama Yuri Kwon merilis Kkok yang menjadi OST. Working Mom. 

Pada tahun 2009, ia mengeluarkan Feeling Only You, hasil kolaborasinya dengan The Blue dan Tiffany. Adapun di tahun 2014, ia juga menyanyikan original soundtrack dari My Spring Days yang dibintanginya, yakni Wind Flower

Winter Breath menjadi single non album yang rilis di tahun 2018. Di tahun itu, ia juga berkolaborasi dengan James Lee untuk lagu Let’s Get Away. Kemudian, lagunya yang berjudul Be Yourself rilis di tahun 2020 dan merupakan hasil kerja sama dengan Hong Hyun-hee. 

Konsisten Menyelami Seni Peran

Selain meniti kariernya di dunia musik, Sooyoung juga terjun ke ranah akting. Beberapa judul film dan juga serial drama telah ia bintangi selama ini. Salah satunya seperti Silmido (2003), Hello, Schoolgirl (2008), I AM (2012), dan film dokumenter SMTown: The Stage (2015).

Kemudian di tahun 2019, ia muncul dalam film Memories of a Dead End, Girl Cops, A Little Princess, serta The Poem, My Old Mother. Film berikutnya yang dilakoninya ialah New Year Blues (2021) yang menghadirkannya sebagai bintang utama bernama Oh Wol.

Sementara itu, untuk web drama, SNSD Sooyoung pernah bermain dalam Someone You Might Know (2017), Move to Heaven, serta So I Married an Anti-fan di tahun 2021.

Baca Juga: Cerita Perjuangan Yoona SNSD Sebelum Sukses, Pernah Gagal Casting Lebih dari 100 Kali!

Bintangnya Beragam Serial Drama

Sejumlah serial drama telah dilakoni Sooyoung sebagai aktris. Selain muncul dalam Unstoppable Marriage (2008) dan Oh! My Lady (2010), ia pun bermain di Paradise Ranch (2011).

Beranjak ke 2012, ia membintangi The Third Hospital serta A Gentleman’s Dignity. Menyusul kemudian ia hadir dalam Dating Agency: Cyrano (2013), My Spring Days (2014), serta Perfect Sense dan Squad 38 di tahun 2016.

Serial drama berikutnya yang ia lakoni ialah Man in the Kitchen (2017-2018), Tell Me What You Saw (2020), hingga Run On (2020-2021). Selanjutnya ia tampil dengan apik dalam If You Wish Upon Me serta Uncle di tahun 2022. 

Sering Didapuk Sebagai Presenter

Kilas balik ke tahun 2010, ia menjadi MC dalam Haha Mong Show: Pilot. Ia kemudian menjadi Host untuk TV Entertainment Tonight (2012-2014). Di tahun 2017, Sooyoung membawakan acara Saturday Night Live Korea (Season 9). 

Sooyoung pernah menjadi pembawa acara dalam web show bertajuk Born 1990 Choi Sooyoung (2018), Seoul Music Awards 2021 bersama Kim Hee-chul dan Shin Dong-yup. Di tahun 2022 ini, ia kembali hadir dalam Household Mate dan Soshi TamTam (bersama anggota SNSD/GG). 

Kantongi Sejumlah Penghargaan Keren

Berkiprah sebagai entertainer membuat Sooyoung Choi meraih prestasi dan diapresiasi. Namanya pun sering menjadi nominator berbagai penghargaan bergengsi. Di antaranya, ia masuk nominasi Best Female Group Member versi KBS Music Awards 2012 dan Best 20’s Style dalam Mnet 20’s Choice Awards 2012. 

Selain itu, ia juga masuk nominasi Best New Actress Korea Drama Awards 2013 dan Best Couple Award MBC Drama Awards 2014. Selanjutnya nama Sooyoung kembali dinominasikan sebagai Excellence Award Actress MBC Drama Awards 2017 serta Best New Actress dalam Blue Dragon Film Awards 2019.

Sementara itu, ia berhasil memenangkan sejumlah penghargaan. Di antaranya ialah Best K-Style Award dari Style Icon Awards dan New Rookie Award (MC Category) dari SBS Entertainment Awards di tahun 2013. Kemudian ia mendapatkan Excellence Award Actress in a Miniseries dari MBC Drama Awards 2014.

Adapun dalam gelaran Korea Drama Awards 2015, Sooyoung mengantongi dua buah penghargaan. Selain meraih Excellence Award Actress, ia juga memboyong Best New Actress di tahun itu. Hingga pada tahun 2019, ia menerima penghargaan Discovery of the Year Award dari Jecheon International Music & Film Festival.

Mahir Bicara dengan Tiga Bahasa

Pada tahun 2009 lalu, Sooyoung menyelesaikan pendidikannya dari Sekolah Menengah Wanita JeongShin. Ia lantas lanjut mengambil jurusan Studi Film di Universitas Chung-Ang. Yuri Kwon, anggota SNSD (GG) lainnya juga kuliah di kampus yang sama. Sooyoung lulus pada tahun 2016 dan menerima penghargaan Lifetime Achievement.

Penyayang binatang, Sooyoung memiliki empat ekor anjing yang diberi nama Bori, Suri, Cherry, dan Mori. Uniknya, ia terkenal dengan julukan Shikskin (dewi makanan) karena doyan menyantap makanan dan kulineran. Fakta menarik lainnya adalah Sooyoung mahir berbicara dalam tiga bahasa, yakni Bahasa Korea, Inggris, dan juga Jepang.

Pacar Sooyoung SNSD

Terlepas dari kehidupan hingar bingarnya sebagai entertainer, kehidupan personal Sooyoung SNSD juga kerap jadi sorotan penggemarnya. Salah satunya, ia kerap mengadakan acara amal yang dinamakan Beaming Effect itu dihelat sejak tahun 2015 lalu. 

Acara itu dimaksudkan untuk mengumpulkan dana guna menemukan obat retinitis pigmentosa. Seperti diketahui, ayahnya menderita penyakit tersebut.

Dalam urusan percintaan, publik mengetahui bahwa Sooyoung berpacaran dengan aktor tampan Jung Kyung-ho. Mereka sudah saling mencintai selama hampir sepuluh tahun lamanya. 

Kendati begitu, pasangan yang telah bersama sejak 2013 itu tak pernah sekalipun menunjukkan kemesraan di media sosial. Selama ini, foto kebersamaan mereka hanya diketahui melalui pihak ketiga, seperti dari jepretan amatir dari fans/netizen yang tak sengaja bertemu, atau lewat media paparazzi Dispatch

Kabarnya, Choi Sooyoung dan Jung Kyung-ho menyikapi hubungan cinta mereka dengan serius. Keduanya memang berencana untuk menikah di waktu yang tepat. Kita doakan saja agar semoga segera terwujud ya!

Baca Juga: Begini Perjalanan Karier Seohyun SNSD yang Sukses di Dunia Akting

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark