Sindikasi Republika

Daftar Saham Blue Chip 2022, Lebih Stabil dan Menjanjikan Cuan?

Rabu , 30 Nov 2022, 15:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Di antara kalangan investor, saham kerap dijadikan pilihan untuk menanam modal yang dianggap aman dan fluktuasinya cenderung stabil. Bahkan, bagi investor pemula yang ingin mencoba instrumen saham, saham blue chip biasanya dikoleksi dan dimasukkan pada portofolio investasinya. 

Bagi yang belum tahu, saham blue chip adalah kelompok saham perusahaan yang mempunyai ciri berupa valuasi harga yang tinggi. Selain itu, kelompok saham ini juga sering kali melakukan pembagian dividen secara konsisten. Karena alasan-alasan itulah mengapa jenis saham blue chip ini banyak dipilih oleh investor awam ataupun yang sudah berpengalaman sekalipun. 

Yang menjadi pertanyaan, apa saja emiten yang termasuk sebagai saham blue chip 2022 terbaru saat inI? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar saham blue chip 2022 beserta ulasan singkatnya.

Baca Juga: Saham Blue Chip: Pengertian, Ciri-ciri, dan Daftarnya

 

Daftar Saham Blue Chip 2022

Daftar Saham Blue Chip

Daftar Saham Blue Chip

  1. ADRO

    ADRO adalah kode saham dari Adaro Energy, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara. Per 29 November 2022, nilai dari saham ini adalah 3.880 Rupiah.

  2. AMRT

    Merupakan kode saham dari Alfamart yang bergerak dalam bisnis retail dengan jumlah minimarket sebanyak 15.400 unit, AMRT memiliki nilai saham sejumlah 2.840 Rupiah. 

  3. ANTM

    ANTM atau Aneka Tambang adalah anak perusahaan dari BUMN pertambangan Inalum. Berdiri sejak tahun 1968, nilai dari saham blue chip 2022 ini adalah 1.965 Rupiah.

  4. ASII

    ASII adalah kode saham dari Astra Motor yang bergerak di bidang operations produk sepeda motor dari merek Honda. Nilai saham dari perusahaan ini adalah 6.050 Rupiah. 

  5. BBCA

    BBCA merupakan kode saham Bank Central Asia atau Bank BCA yang digadang-gadang sebagai perusahaan terbesar di Indonesia. Nilai saham BBCA sendiri adalah 8.975 Rupiah.  

  6. BBNI

    Merupakan kode saham dan Bank Negara Indonesia atau Bank BNI, BBNI memiliki nilai saham sejumlah 9.375 Rupiah. 

  7. BBRI

    BBRI, kode saham dari Bank Rakyat Indonesia atau Bank BRI yang merupakan salah satu perbankan BUMN terbesar dan tertua di Indonesia ini memiliki nilai 4.850 Rupiah. 

  8. BBTN

    Masih seputar perusahaan perbankan, BBTN atau Bank Tabungan Negara alias Bank BTN memiliki nilai saham blue chip 2022 sebesar 1.525 Rupiah. 

  9. BFIN

    BFIN adalah kode saham dari BFI Finance, sebuah perusahaan pembiayaan yang berdiri sejak tahun 1982. Saham blue chip ini memiliki nilai saham 1.105 Rupiah.

  10. BMRI

    BMRI, kode saham dari Bank Mandiri memiliki nilai saham yang terbilang cukup tinggi, yaitu, 10.325 Rupiah. Nilai tersebut terus mengalami fluktuasi yang cenderung ke arah positif.

  11. BRPT

    Barito Pacific adalah perusahaan di sektor sumber daya alam dan memiliki kode saham BRPT. Nilai saham dari perusahaan ini di pasar modal adalah 810 Rupiah per lembarnya.  

  12. BUKA

    BUKA adalah kode saham dari PT Bukalapak.com, sebuah e-commerce yang berdiri sejak tahun 2010. Nilai saham dari BUKA ini sendiri adalah 276 Rupiah. 

  13. CPIN

    CPIN merupakan kode saham dari perusahaan Charoen Pokphand Indonesia yang menggeluti bidang pakan ternak. Nilai saham dari perusahaan ini adalah 5.825 Rupiah. 

  14. EMTK

    EMTK alias perusahaan Elang Mahkota Teknologi adalah perusahaan konglomerat yang berdiri sejak tahun 1983. Perusahaan ini mempunyai saham dengan nilai 1.385 Rupiah per 29 November 2022. 

  15. ERAA

    Merupakan kode saham dari Erajaya Swasembada, sebuah perusahaan ritel dan distribusi produk elektronik, ERAA memiliki harga di pasar saham sebesar 412 Rupiah per lembarnya. 

  16. EXCL

    EXCL adalah kode saham milik XL Axiata, perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Didirikan di tahun 1989, nilai saham EXCL adalah 2.200 Rupiah. 

  17. GGRM

    Gudang Garam yang memiliki kode saham GGRM ini adalah salah satu perusahaan produsen rokok terbesar di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1958, nilai saham GGRM adalah 21.450 Rupiah. 

  18. HMSP

    Sama halnya dengan GGRM, HMSP adalah kode saham dari perusahaan HM Sampoerna yang bergerak sebagai produsen rokok. Nilai saham dari HMSP sendiri adalah 985 Rupiah. 

  19. HRUM

    Harum Energy yang memiliki kode saham HRUM adalah perusahaan pertambangan yang berdiri sejak tahun 1995 dan memiliki harga saham per lembar sebesar 1.710 Rupiah 

  20. ICBP

    Indofood CBP Sukses Makmur adalah perusahaan dengan kode saham ICBP yang menggeluti bidang produsen barang konsumen. Nilai saham ICBP sendiri adalah 9.975 Rupiah. 

  21. INCO

    Lanjut ke saham INCO milik Vale Indonesia yang merupakan perusahaan tambang dan pengolahan nikel terintegrasi, serta memiliki nilai saham sebesar 7.300 Rupiah. 

  22. INDF

    INDF adalah kode saham dari perusahaan Indofood yang telah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Menggeluti bidang produsen makanan, nilai saham INDF adalah 6.325 Rupiah. 

  23. INKP

    Indah Kiat Pulp & Paper merupakan perusahaan produsen pulp, tisu, dan kertas yang berdiri sejak tahun 1976. Dengan kode INKP, nilai saham perusahaan ini adalah 9.750 Rupiah. 

  24. INTP

    Berlanjut ke Indocement Tunggal Prakarsa yang mempunyai kode saham INTP dan nilai 9.850. Perusahaan yang menjadi salah satu produsen semen terbesar di Indonesia ini didirikan di tahun 1975. 

  25. ITMG

    ITMG atau Indo Tambangraya Megah adalah sebuah perusahaan di bidang investasi. Perusahaan ini memiliki nilai saham sebesar 41.850 Rupiah. 

  26. JPFA

    Japfa Comfeed adalah perusahaan dengan kode saham JPFA dan bergerak di sektor pembibitan ternak, pengolah hasil ternak, dan produksi pakan. Nilai saham perusahaan ini mencapai 1.355 Rupiah. 

  27. KLBF

    Kalbe Farma atau KLBF adalah sebuah perusahaan farmasi yang cukup terkenal di Indonesia. Nilai saham KLBF sendiri adalah 2.100 Rupiah. 

  28. MDKA

    MDKA adalah kode saham milik perusahaan pertambangan, Merdeka Copper Gold, yang bernilai 4.110 Rupiah per lembarnya. 

  29. MEDC

    Menjadi kode saham dari Medco Energi Internasional, perusahaan ini bergerak di bidang energi dengan nilai saham sebesar 1.055 Rupiah. 

  30. MIKA

    Merupakan kode saham milik perusahaan Mitra Keluarga Karyasehat, MIKA bernilai 2.920. Saham ini termasuk sebagai salah satu saham defensif dari pandemi virus Corona lalu.

  31. MNCN

    MNCN adalah kode saham dari Media Nusantara Citra, sebuah perusahaan media dan memiliki nilai saham sebesar 800 Rupiah. 

  32. PGAS

    PGAS atau Pertamina Gas Negara adalah anak perusahaan dari PT Pertamina dan memiliki nilai saham sebesar 1.860 Rupiah. 

  33. PTBA

    Bukit Asam, perusahaan pertambangan dengan kode saham PTBA ini memiliki nilai saham sebesar 3.750 Rupiah. 

  34. PTPP

    PP Construction & Investment adalah perusahaan dengan kode saham PTPP yang memiliki nilai 900 Rupiah. Perusahaan ini merupakan BUMN di bidang konstruksi. 

  35. SMGR

    Ada pula saham blue chip 2022 yaitu SMGR yang merupakan kode saham milik Semen Indonesia. SMGR sendiri memiliki nilai 7.600 di bursa saham. 

  36. TBIG

    TBIG ialah kode saham dari perusahaan Tower Bersama Infrastructure yang merupakan penyedia infrastruktur telekomunikasi sejak tahun 2003. Nilai saham perusahaan ini adalah 2.300 Rupiah. 

  37. TINS

    Merupakan kode saham dari perusahaan Timah, TINS memiliki nilai saham 1.275 Rupiah. 

  38. TKIM

    TKIM adalah kode saham dari perusahaan Tjiwi Kimia yang bernilai 8.175 Rupiah per lembarnya. 

  39. TLKM

    Siapa yang tidak kenal dengan Telkom Indonesia? Perusahaan dengan kode saham TLKM ini memiliki nilai saham sebesar 3.980 yang terus berfluktuasi seiring berjalannya waktu. 

  40. TOWR

    TOWR adalah kode saham dari perusahaan Sarana Menara Nusantara. Perusahaan di bidang penyedia infrastruktur telekomunikasi ini memiliki nilai saham 1.145 Rupiah. 

  41. TPIA

    Adalah kode saham dari perusahaan Chandra Asri Petrochemical, nilai dari saham TPIA adalah 2.350 Rupiah.

  42. UNTR

    UNTR merupakan kode saham dari perusahaan United Tractors yang memiliki nilai saham sebesar 29.750 Rupiah.

  43. UNVR

    UNVR atau Unilever Indonesia adalah perusahaan ternama Indonesia di bidang manufaktur, distribusi, dan pemasaran barang dengan nilai saham sebesar 4.710 Rupiah.

  44. WIKA

    WIKA atau Wijaya Karya merupakan BUMN di bidang konstruksi. WIKA memiliki nilai saham sebesar 900 Rupiah.  

  45. WSKT

    Terakhir ada WSKT atau Waskita Raya yang bernilai 448 Rupiah per lembarnya. Perusahaan ini bergerak di bidang konstruksi.

Baca Juga: Berencana Terjun ke Dunia Saham? Kenali Dulu IPO Beserta Kaitannya dengan Investor

Tambahkan Saham Blue Chip 2022 untuk Memperkuat Geliat Portofolio Investasi

Itulah 45 saham blue chip 2022 yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi koleksi dalam portofolio investasimu. Dengan kinerja dan rekam jejak bisnis yang terjamin, tidak sedikit investor yang mempercayakan modalnya untuk ditanam pada saham blue chip. Nah, jika kamu sedang bingung emiten mana yang layak untuk dibeli, saham blue chip ini selalu layak untuk dijadikan pilihan. 

Baca Juga: Rekomendasi 30 Saham Murah Bagus untuk Investasi

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark