Sindikasi Republika

Jamin Keuntungannya, Ini Tips Investasi Apartemen Studio agar Cuan Maksimal

Jumat , 02 Dec 2022, 11:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Di antara beragam instrumen investasi, seperti reksadana, yang kerap dipilih oleh para investor, properti masih menjadi pilihan terbaik. Bahkan, dengan makin tingginya harga properti di sejumlah kota besar, makin banyak investor yang tertarik untuk membeli properti. Selain rumah, jenis properti yang kerap menarik perhatian para pemilik modal adalah apartemen studio.

Bagi yang belum tahu, apartemen studio adalah jenis properti yang mempunyai 1 kamar tidur dan dikombinasikan dengan ruang tamu, dapur, dan sebagainya pada ruangan yang sama. Karenanya, apartemen studio biasanya berukuran kecil, mulai 15 sampai 45 meter persegi saja. Walaupun begitu, desain apartemen satu kamar tidur ini tetap kompak dan masih mampu memenuhi segala kebutuhan dasar para penghuninya.

Lalu, apa sih yang membuat investasi apartemen studio ini menarik untuk dilakukan? Di samping itu, apa saja tips investasi apartemen studio, beserta beragam keunggulan dan kekurangannya? Nah, jika kamu ingin tahu jawabannya, simak penjelasan lengkap tentang investasi apartemen studio berikut ini.

Baca juga: 7 Panduan Dapatkan Harga Sewa Apartemen Murah

 

Alasan Investasi Apartemen Studio Menjanjikan

apartemen studio

Investasi Apartemen Studio

Jadi, apa sih yang membuat investasi apartemen studio menarik dan menjanjikan untuk diikuti? Sama halnya dengan jenis properti lainnya, harga dari apartemen seiring berjalannya waktu cenderung selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Alasannya karena jumlah peminat atas jenis aset tersebut terus bertambah, padahal jumlah properti yang tersedia kian terbatas.

Di sisi lain, ada beragam hal yang menjadikan apartemen studio ini lebih banyak dilirik ketimbang jenis properti lainnya, seperti rumah ataupun apartemen biasa.

  • Harga Lebih Terjangkau

    Alasan pertama mengapa apartemen studio laris manis adalah karena harganya yang memang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis properti lainnya. Dengan kata lain, modal untuk memulai investasi ini juga menjadi lebih rendah, tapi tetap menawarkan potensi imbal hasil investasi yang menjanjikan di masa mendatang.

    Mengacu informasi dari sebuah situs jual beli properti, apartemen studio yang berlokasi di sekitar Jakarta dibanderol dengan harga antara 400 juta sampai 1 miliar Rupiah. Sementara, untuk apartemen yang berlokasi di kota penyangga semisal Tangerang, harganya sekitar 200 juta hingga 700 juta Rupiah. Harga tersebut tentu lebih miring ketimbang membeli rumah dengan harga mencapai lebih dari 1 miliar.

  • Ramai Peminat untuk Sewa

    Dengan harga yang lebih terjangkau, tarif sewa dari apartemen studio tentu juga lebih murah. Hal ini membuat pangsa pasar dari investor properti ini lebih luas dan memiliki lebih banyak peminat yang bersedia menyewanya, khususnya jika berlokasi di area strategis seperti dekat kampus atau kawasan bisnis.

    Bahkan, tidak jarang pemilik apartemen jenis ini yang menyewakan propertinya via situs penginapan online. Nah, dengan jumlah peminat yang tak pernah sepi, peluang balik modal dari aktivitas investasi ini sudah pasti akan menjadi jauh lebih besar.

  • Biaya Perawatan Lebih Ringan

    Alasan lain mengapa investasi apartemen studio menjanjikan adalah biaya perawatan yang harus ditanggung investor lebih terjangkau. Dengan ukuran lebih kecil, maintenance dari jenis apartemen ini sudah pasti lebih ringan, termasuk dalam hal biaya ataupun waktu. Jadi, mengatur arus kas dari investasi ini pun lebih praktis dan mampu mengoptimalkan peluang keuntungan yang bisa didapatkan investor.

Baca juga: Yang Harus Kamu Pikirkan Bila Ingin Sewa Apartemen

Tips Memilih Unit Apartemen Studio Prospektif

apartemen studio

Apartemen Studio

Meski memiliki beragam alasan yang menjadikan apartemen studio bisa menjadi instrumen investasi yang menjanjikan, ada beberapa hal yang perlu dipahami agar tak sampai salah memilih unit untuk dibeli. Pasalnya, jika sembarangan dalam membeli properti ini, bukan tidak mungkin risiko kerugian yang dialami investor menjadi jauh lebih besar. Karena itu, cermati 4 hal ini agar mampu mendapatkan unit apartemen studio yang prospektif.

  1. Pastikan Lokasinya Strategis

    Selayaknya saat membeli jenis properti lainnya, kamu wajib memastikan lokasi dari apartemen studio yang akan dibeli strategis. Lokasi yang strategis ini secara garis besar amat berpengaruh terhadap daya tarik properti, minat pasar, dan peluang pertumbuhan nilai jualnya di waktu mendatang.

    Beberapa contoh lokasi strategis dari apartemen studio ini adalah di pusat kota, berdekatan dengan area kampus atau perkantoran, dan memiliki akses infrastruktur yang baik. Akan menjadi nilai plus apabila lokasi properti juga tidak jauh dari pusat perbelanjaan, mal, kafe, ataupun destinasi wisata tertentu.

  2. Sesuaikan dengan Target Penyewa

    Tips lainnya, hanya beli unit apartemen yang mampu memenuhi segala kebutuhan dari target penyewa atau konsumen. Sebagai contoh, jika menyasar penyewa dari kalangan mahasiswa, pastikan unit properti berlokasi di wilayah kampus dan menyediakan fasilitas Wi-Fi dan ruang khusus belajar yang nyaman.

    Di sisi lain, jika menyasar konsumen dari kalangan pekerja, menyiapkan apartemen dengan ruangan yang luas dan bisa dijadikan sebagai tempat kerja tentu layak untuk dipertimbangkan. Bila memungkinkan lakukan dekorasi secara khusus terhadap unit studio guna memikat minat sewa atau beli dari calon konsumen.

  3. Cek Kelengkapan Fasilitas Hunian

    Tak kalah pentingnya, cek apakah unit apartemen yang akan dibeli memiliki segala fasilitas yang dibutuhkan oleh target penyewa. Misalnya, pastikan setiap ruangan memiliki manfaat bagi calon konsumen, termasuk dalam hal peralatan dan perabotan yang tersedia. Juga, perhatikan kualitas pencahayaan dalam ruangan agar tak sampai mengganggu aktivitas harian penghuninya.

  4. Ketahui Budget dan Kondisi Keuangan

    Tips yang terakhir, sebelum membeli apartemen studio untuk dijual kembali atau disewakan, ketahui dulu berapa budget yang tersedia dan sesuaikan dengan kondisi keuangan. Perhitungkan dengan matang berapa modal yang dibutuhkan untuk investasi ini, lalu bandingkan dengan peluang keuntungan yang mungkin didapatkan.

    Jangan sampai rasio imbal hasil yang diberikan dari investasi ini terlampau kecil dan tak sebanding dengan modal pembelian properti. Ingat jika selama memiliki apartemen, ada beragam biaya perawatan yang harus rutin dibayarkan agar kondisi properti terjaga. Selain itu, cari tahu pula solusi dalam menangani penyewa ‘nakal’ yang mungkin menyebabkan kerugian pada aktivitas investasimu, seperti sering telat bayar tagihan dan semacamnya.

Keunggulan Investasi Apartemen Studio

Dibanding dengan jenis properti lainnya, harga apartemen studio terbilang lebih terjangkau dan memiliki imbal hasil dari sewa yang relatif tinggi. Pendapatan dari hasil sewa inilah yang bisa menjadi persentase keuntungan dari investasi apartemen studio. Perhitungan harga sewanya sendiri didasarkan dari persentase nilai total apartemen dan berarti makin mahal nilainya, makin besar pengembalian investasi.

Secara umum, hasil sewa apartemen studio ini adalah 6 persen dari nilainya dan bisa lebih tinggi dari itu. Selain itu, dari segi finansial, investasi pada properti ini juga lebih aman dan minim risiko karena biaya perawatannya yang lebih rendah.

Ditambah lagi, peluang pertumbuhan modal pada properti ini juga cukup menjanjikan dalam jangka panjang. Dengan minat konsumen yang seakan tak pernah ada habisnya, investasi apartemen studio ini juga tergolong mudah dijual, apalagi jika berlokasi di kawasan strategis. Jadi, jika memang sewaktu-waktu ingin dijual lagi, peluang investor mampu mencairkannya akan menjadi lebih besar.

Kelemahan Investasi Apartemen Studio

Sementara memiliki beragam keunggulan di atas, investasi apartemen studio juga memiliki beberapa kekurangan yang penting untuk diperhatikan oleh investor. Kekurangan yang pertama adalah pertumbuhan dari modal unit ini termasuk lebih lambat dibanding properti lain. Karena itu, investasi ini lebih cocok dilakukan dalam jangka panjang dengan menjaga pemasukan dari uang sewa.

Tapi, jika disewakan, likuiditas dari properti ini menjadi lebih kaku karena unit tidak bisa dijual ketika sedang dihuni oleh penyewa. Selain itu, dalam kondisi pasar yang tengah melambat, peluang menjual properti juga menjadi lebih rendah.

Bahkan, dalam kondisi tertentu, bukan tidak mungkin harga jual kembali dari apartemen akan menurun dan menyebabkan kerugian bagi investor. Untuk itu, diperlukan banyak pertimbangan yang matang agar investasi apartemen studio ini mampu berjalan dengan lancar dan memberi peluang keuntungan sesuai perkiraan.

Baca juga: Rumah Tapak vs Apartemen, Pertimbangkan Hal Ini

Perhitungkan Segala Kemungkinan Sebelum Investasi Apartemen Studio

Itulah penjelasan lengkap tentang alasan investasi apartemen studio menjanjikan, tips memilih unit, hingga sederet keunggulan dan kekurangannya. Perlu diingat jika investasi properti memiliki tingkat risiko yang terbilang tinggi. Karenanya, agar tak sampai menelan kerugian, tetap perhitungkan dengan matang segala kemungkinan sebelum memutuskan investasi jenis properti ini.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark