Sindikasi Republika

Jenis Investasi yang Cocok untuk Pelajar SMA

Jumat , 09 Dec 2022, 08:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Investasi bukan hanya bisa dilakukan orang dewasa saja, lho. Anak-anak pelajar SMA pun juga bisa mulai belajar mengelola keuangannya dan berinvestasi dengan uang jajan yang dimilikinya. Ini bertujuan untuk mengajarkan seorang anak tentang bagaimana pengelolaan keuangan yang baik.

Apalagi, saat ini ada banyak jenis investasi yang bisa dimulai dengan nominal yang kecil. Maka, siapapun termasuk pelajar SMA bisa mulai menginvestasikan uangnya. Makin dini mulai berinvestasi, makin maksimal pula hasil yang didapatkan.

Untuk itu, pastikan untuk memilih jenis investasi yang sesuai. Berikut ini beberapa jenis investasi yang cocok dilakukan oleh para pelajar SMA atau pemula lainnya.

Baca juga: Jangan Barbar, Begini Cara Tepat Memilih Reksadana Terbaik

 

Jenis-jenis Investasi yang Cocok untuk Pelajar SMA

investasi untuk anak sma

Investasi untuk Anak SMA

  1. Reksa Dana

    Reksa dana menempati posisi pertama sebagai instrumen investasi yang cocok untuk para pelajar SMA maupun pemula lainnya. Alasannya, karena jenis investasi ini cukup mudah dilakukan tanpa menyita waktu maupun kemampuan dalam pengelolaan investasi.

    Pasalnya, dana yang diinvestasikan ke instrumen reksa dana akan dikelola secara profesional oleh seorang manajer investasi. Manajer investasi tersebut nantinya yang akan melakukan berbagai hal demi mendapatkan keuntungan dalam proses investasinya, mulai dari melakukan analisis hingga memilih instrumen investasi yang menguntungkan. 

    Jadi, pemilik dana cukup duduk manis dan memantau perkembangan investasi yang nantinya akan dilaporkan manajer investasi. Ditambah lagi, tingkat pengembalian (return) yang diperoleh juga cukup besar hingga 20%.

    Selain itu, jenis investasi ini juga dianggap cukup murah, hanya dengan nominal Rp10 ribuan sudah bisa mulai berinvestasi. Jadi, dengan menyisihkan uang saku per bulan minimal Rp10 ribu, pelajar SMA sudah bisa mulai berinvestasi di reksa dana. Itulah mengapa, penting memilih manajer investasi terpercaya dan kredibel untuk mengelola dana investasi milikmu. 

    Perlu diketahui, bahwa investasi ini terdiri dari empat jenis instrumen yang dibedakan sesuai profil risiko yang dimiliki masing-masing. Reksa dana dengan risiko relatif rendah ada Reksa Dana Pasar Uang, dengan risiko menengah ada Reksa Dana Pendapatan Tetap. Sementara itu, Reksa Dana Campuran dan Saham, keduanya memiliki risiko yang relatif besar.

    Bagi pemula, seperti pelajar SMA sebaiknya memilih reksa dana dengan risiko yang rendah untuk meminimalkan potensi kerugian yang mungkin terjadi di masa mendatang. Selain itu, investasi ini juga secara administrasi persyaratannya cukup mudah. Hanya dengan kartu identitas diri seperti e-KTP sudah bisa mendaftarkan diri. Pelajar SMA pun sudah bisa mulai belajar berinvestasi.

    Baca juga: Pilihan Reksadana yang Bagus untuk Pemula beserta Tips Memulainya

  2. Emas

    Sebagai salah satu logam mulia dengan nilai tinggi, emas juga menjadi salah satu pilihan investasi yang cocok untuk para pelajar SMA. Terutama emas batangan, yang bisa jadi pilihan investasi yang aman. Ini karena nilainya yang cenderung naik dari tahun ke tahun.

    Misalnya, harga emas di tahun 2016 silam sekitar Rp500 ribuan, di tahun 2018 sudah melonjak hingga Rp600 ribuan. Tak menutup kemungkinan jika dua hingga tiga tahun mendatang, harganya bisa jadi Rp900 ribuan.

    Mungkin untuk pelajar SMA agak kesusahan untuk menyisihkan uang jajannya untuk langsung membeli emas batangan dengan nilai yang tak sedikit. Tapi, kini ada produk tabungan emas dari Pegadaian, nasabah bisa menabung emas mulai dari 0,01 gr atau senilai Rp50 ribuan.

    Ini artinya, pelajar SMA pun bisa mulai belajar investasi dengan tabungan emas tersebut. Apalagi, investasi ini juga mudah dicairkan sewaktu-waktu, sehingga lebih fleksibel.

    Baca juga: Investasi Emas: Pilih Emas Perhiasan atau Batangan

  3. Saham

    Investasi lainnya yang juga cocok untuk pelajar SMA adalah saham. Terlebih, saat ini banyak orang tua yang mulai mengajarkan anak-anaknya untuk belajar berinvestasi saham. Ditambah lagi, jenis investasi ini juga memberikan imbal hasil yang jauh lebih menguntungkan dibandingkan jenis investasi lainnya.

    Meski demikian, jenis investasi ini juga sangat berisiko tinggi. Untuk itu, pastikan untuk mulai belajar bagaimana caranya berinvestasi dengan baik di ranah saham. Agar hasil yang diinginkan sesuai dengan apa yang diharapkan.

  4. Deposito Berjangka

    Masih takut untuk berinvestasi karena ragu apakah benar-benar bisa untung, atau justru nilai uang yang diinvestasikan justru menyusut? Maka, investasi dalam berbentuk deposito berjangka bisa jadi pilihan yang tepat untuk dicoba para pelajar SMA.

    Dalam investasi ini, nilai pokok dari uang yang disetorkan akan tetap terjaga, sebab dijamin oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Ini artinya, nilai pokok dari uang tersebut akan tetap sama dan tidak akan berkurang.

    Lantas, bagaimana caranya berinvestasi pada deposito berjangka? Tidak sulit, cukup dengan menyimpan sejumlah dana dalam jangka waktu atau tenor tertentu, dari mulai 1 bulan sampai 24 bulan.

    Selanjutnya, dari dana simpanan tersebut kamu akan memperoleh bunga. Gampang sekali, bukan? Hanya saja, perlu diingat bahwa investasi deposito berjangka terikat dengan jangka waktu. Sehingga, nasabah tidak dapat mengambil dana miliknya sebelum tenor penyimpanan selesai. 

    Jika harus mencairkan simpanan dana dalam deposito sebelum tenor yang ditentukan, nasabah akan dikenakan penalti. Dana yang disimpan dalam deposito berjangka juga cukup terjangkau mulai dari Rp1 jutaan.

Baca juga: Instrumen Investasi – Jenis dan Tips Investasi

Investasi Terbaik untuk Pelajar SMA adalah Pendidikan

Selain semua jenis investasi yang sudah dijabarkan diatas, ada satu hal lagi investasi terbaik bagi semua pelajar, yakni pendidikan. Masa muda merupakan masa terbaik untuk menambah ilmu dan keahlian agar bisa menggapai semua yang dicita-citakan di masa mendatang.

Termasuk belajar berinvestasi juga perlu diasah sejak usia muda. Karena di masa ini, kamu akan diajak untuk lebih aware dengan pentingnya pengelolaan keuangan pribadi. Sehingga nantinya, bisa lebih paham seluk-beluk investasi yang lebih detail. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Investasi Saham bagi Pemula yang Ingin Berinvestasi Saham Online

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark