Kamis 29 Dec 2022 07:00 WIB

Reksadana IPOT: Layanan, Ragam Produk, Keunggulan, dan Cara Belinya

Terdapat banyak perusahaan reksadana, salah satunya Indo Premier Sekuritas. Salah satu produknya adalah reksadana IPOT. Simak penjelasan berikut.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini ada banyak sekali jenis instrumen investasi yang bisa dipilih oleh investor dengan menyesuaikan kebutuhan dan tujuannya. Namun, di antara sederet ragam instrumen investasi tersebut, reksadana sering kali dijadikan pilihan karena beragam keunggulan dan keunikannya.

Bayangkan saja, dengan memilih produk reksadana, kamu bisa berinvestasi dengan modal yang terjangkau dan pengelolaannya dilakukan langsung oleh MI atau Manajer Investasi. Di samping itu, jenis produk reksadana juga sangat beragam dengan keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Alhasil, investor reksadana bisa menentukan sendiri produk yang ingin dipilihnya sesuai keinginannya.

Ketika memutuskan untuk berinvestasi di instrumen ini, pastikan untuk memilih penyedia layanan reksadana yang legal, kredibel, dan terpercaya. Misalnya, Reksadana IPOT atau IPOTFUND, sebuah layanan yang disediakan oleh Indo Premier Sekuritas.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan Reksadana IPOT atau IPOTFUND itu? Nah, jika penasaran dan ingin mempelajari lebih lanjut seputarnya, simak penjelasan tentang layanan Reksadana IPOT, ragam produk, keunggulan, hingga cara berinvestasi di dalamnya berikut ini.

Baca juga: Investasi Reksadana: Jenis, Keuntungan dan Risikonya

 

Selengkapnya Tentang Reksadana IPOT

reksadana ipot

Reksadana IPOT

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Reksadana IPOT atau bisa juga dikenal sebagai IPOTFUND adalah layanan reksadana yang ditawarkan oleh Indo Premier Sekuritas. Bisa juga disebut sebagai IndoPremier, Indo Premier Sekuritas merupakan perusahaan penyedia layanan keuangan yang terintegrasi pada pasar modal. Pada bidang bisnisnya, IndoPremier bergerak pada sektor penjualan efek, manajemen aset, dan penjamin efek atau underwriting.

Sementara itu, untuk IPOTFUND sendiri adalah sebuah layanan dengan konsep menyerupai supermarket produk reksadana berbasis online yang pertama di Indonesia. Peluncuran layanan IPOTFUND sendiri sejalan dengan misi dari Indo Premier, yaitu meningkatkan kesempatan investasi pada masyarakat.

Selain itu, layanan tersebut juga berperan untuk melakukan pemerataan terhadap akses informasi kepada masyarakat agar lebih mampu dalam mengelola investasinya secara terjangkau dan online. Akses informasi dan layanan investasi secara online ini dipercayai oleh perusahaan tersebut sebagai solusi serta kesempatan agar mampu memeratakan aksesnya, sekaligus menekan beban biaya investasi yang dikenal tinggi.

Hingga saat ini, supermarket reksadana online yang tersedia dalam layanan IPOTFUND atau Reksadana IPOT termasuk yang terlengkap dan terbanyak di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, nasabah layanan tersebut bisa memilih di antara 43 MI atau Manajer Investasi dengan 280 produk reksadana yang berbeda-beda. Jadi, keleluasaan dalam berinvestasi menyesuaikan tujuan dan kebutuhan finansial lebih mudah untuk dilakukan.

Ragam Jenis Produk Reksadana IPOT

Secara umum, ragam produk yang tersedia dalam Reksadana IPOT terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu, reksadana umum, reksadana syariah, ETF umum, ETF syariah, balanced fund, dan equity fund. Berikut adalah penjelasan mengenai keempat jenis produk reksadana di IPOT tersebut.

  • Reksadana Umum

    Reksadana umum merupakan wadah untuk mengumpulkan atau menghimpun dana investasi dari masyarakat dan dikelola oleh suatu badan hukum, yaitu Manajer Investasi. Dana investasi tersebut kemudian dialokasikan pada sejumlah instrumen investasi dengan rasio dan persentase berbeda sesuai dengan jenis produk reksadananya, apakah itu reksadana saham, obligasi, pasar uang, ataukah pendapatan tetap. Tingkat risiko dan keuntungan dari reksadana ini tentu berkaitan erat dengan jenis produknya.

  • Reksadana Syariah

    Sementara itu, untuk reksadana syariah pada dasarnya tak jauh berbeda dengan reksadana umum. Bedanya hanyalah reksadana syariah menerapkan layanannya sesuai dengan basis syariah dan ketentuan yang berlaku dalam Islam terkait aktivitas investasinya. Tentunya, jenis reksadana ini tetap terikat dengan sejumlah batasan investasi sesuai ketentuan OJK.

  • Reksadana ETF Umum

    Jenis reksadana lain yang disediakan pada IPOTFUND adalah ETF umum. Exchange Traded Fund atau ETF merupakan reksadana dengan bentuk kontrak investasi kolektif dengan unit penyertaan yang diperdagangkan pada bursa efek. Berbeda dengan reksadana biasa, ETF diperdagangkan langsung pada bursa efek selayaknya saham dan dapat dibeli langsung via perusahaan efek atau broker.

  • Reksadana ETF Syariah

    ETF syariah adalah produk reksadana berbasis syariah dengan bentuk kontrak investasi kolektif selayaknya ETF umum. Namun, sesuai namanya, ETF syariah dalam cara kerjanya pasti mengikuti prinsip dan ketentuan syariah, serta utamanya ditujukan untuk investor yang berpegang teguh pada aturan agama Islam atau oleh investor muslim.

  • Balanced Fund

    Lanjut ke balanced fund merupakan salah satu jenis investasi reksadana. Jenis produk ini bisa juga disebut sebagai reksadana campuran karena dana investasi yang ditanam oleh pemilik modal bakal dialokasikan pada sejumlah instrumen, seperti, obligasi, pasar uang, hingga saham, dengan rasio atau persentase tertentu sesuai pertimbangan dan hasil analisis Manajer Investasi.

  • Equity Fund

    Equity fund atau reksadana saham merupakan jenis reksadana di mana modal investasi dari para investor yang dihimpun di dalamnya mayoritas dialokasikan pada saham. Biasanya, persentase atau rasio minimal modal yang diinvestasikan pada instrumen saham pada produk ini adalah 80 persen. Sisanya bisa dialokasikan ke instrumen lain yang lebih rendah risiko untuk menjaga nilai portofolio investasinya, sebagai contoh, pasar uang, obligasi, dan lainnya.

Baca juga: Cara Menghitung Keuntungan Reksadana, Lengkap dengan Contoh

Keunggulan Reksadana IPOT

Reksadana IPOT menjanjikan 4 keuntungan utama pada layanannya yang bisa dimanfaatkan oleh para kliennya. Berikut adalah 4 keunggulan dari Reksadana IPOT.

  1. Bebas Biaya Transaksi

    Tak peduli berapa banyak pengguna Reksadana IPOT melakukan transaksi penjualan atau pembelian produk, biaya transaksi tidak akan dibebankan sedikit pun. Hal ini tentu bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi pihak investor agar lebih mampu mengoptimalkan imbal hasil investasi yang telah didapatkannya.

  2. Fitur Analisis Performa

    Keunggulan lainnya, layanan ini juga menawarkan fitur analisis performa yang bisa digunakan untuk mengetahui performa dari seluruh jenis produk reksadana. Dengan begitu, pengguna bisa membandingkan produk reksadana mana yang paling tepat dan terbaik untuk dipilih.

  3. Layanan yang Terintegrasi

    Selain itu, pengguna IPOTFUND juga hanya perlu memiliki 1 akun saja untuk bisa memanfaatkan segala layanan dan fitur yang tersedia. Jadi, kamu tak perlu repot dan membuang banyak waktu serta tenaga untuk melakukan registrasi ketika ingin menikmati berbagai layanan yang ditawarkan oleh IndoPremier, termasuk untuk investasi ataupun penggunaan produk keuangan lainnya.

  4. Seluruh Transaksi reksadana Bersifat Real Online

    Keuntungan yang terakhir, semua transaksi reksadana yang dilakukan pada platform ini juga bersifat real online. Melalui beberapa klik dan langkah saja, transaksi pembelian ataupun penjualan reksadana bakal selesai dilakukan dan tak membutuhkan tanda tangan basah dari pihak nasabah.

Cara Berinvestasi di Reksadana IPOT

  1. Daftar dan Verifikasi Akun IPOTFUND

    Untuk bisa berinvestasi di Reksadana IPOT, kamu harus lebih dulu mengunduh dan memasang aplikasi IPOT pada smartphone. Aplikasi tersebut bisa didapatkan melalui Playstore ataupun AppStore. Kemudian, lakukan registrasi sesuai langkah yang ditunjukkan, sekaligus menyiapkan beberapa dokumen persyaratannya, seperti, KTP, akun bank atas nama pribadi, serta NPWP.

    Setelah itu, verifikasi informasi diri nasabah akan dilakukan dengan cara melakukan foto selfie dan memberikan tanda tangan. Jika seluruh proses tersebut selesai dilakukan, akun IPOTFUND milik nasabah telah siap untuk digunakan berinvestasi.

  2. Lakukan Transaksi Reksadana IPOT

    Nah, untuk bisa bertransaksi reksadana, kamu perlu mencari dulu produk reksadana apa yang ingin dibeli. Pilihan reksadana bisa dilihat pada daftar produk reksadana yang tersedia pada situs atau aplikasi resmi IPOTFUND. Kamu bisa memanfaatkan fitur filter untuk menyaring produk reksadana dengan kriteria tertentu sesuai keinginan.

    Kemudian, pilih opsi beli atau buy, dan masukkan jumlah lot serta harga produk yang ingin dibeli. Setelah itu, konfirmasi transaksi pembelian dan lakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera. Dengan begitu, proses transaksi akan selesai dilakukan dan pembelian langsung diproses.

Baca juga: Reksadana Terproteksi: Apa Itu, Keuntungan, Risiko, dan Simulasi Investasinya

Tentukan Tujuan Investasi Sebelum Memilih Reksadana IPOT

Itulah penjelasan mengenai salah satu rekomendasi layanan reksadana ternama dan terpercaya di Indonesia, Reksadana IPOT. Terlepas dari itu semua, kamu perlu menentukan dulu tujuan investasi sebelum memilih produk reksadana. Dengan begitu, aktivitas investasi dijamin mampu berjalan dengan lebih lancar dan mampu memberikan peluang keuntungan optimal.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement