Selasa 10 Jan 2023 17:00 WIB

Reksadana Batavia, Ini Profil, Struktur Manajemen, Hingga Produk Investasi yang Ditawarkannya

Salah satu perusahaan manajer investasi reksadana adalah Batavia Prosperindo Aset Manajemen. Kenali apa saja produk reksadana Batavia berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Di tengah makin populernya instrumen investasi bernama reksadana, penyedia layanan investasi tersebut juga makin menjamur. Masing-masing penyedia layanan investasi reksadana pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri guna menarik minat dari para investor.

Salah satu contoh penyedia layanan investasi reksadana adalah Reksadana Batavia atau Batavia Prosperindo Aset Manajemen. Bisa juga disingkat sebagai BPAM, Reksadana Batavia menawarkan berbagai macam produk investasi reksadana terpercaya yang bisa dipilih oleh para investor.

Lalu, seperti apa sih profil dari Reksadana Batavia ini sebagai salah satu layanan investasi yang terpercaya di Indonesia? Selain itu, bagaimana struktur manajemen perusahaan tersebut, penghargaan yang pernah didapatkan, serta beragam produk yang disediakannya? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasan lengkap tentang Reksadana Batavia atau BPAM sebagai berikut.

Baca juga: Bunga Reksadana – Besaran, Cara Hitung, dan Daftar Reksadana Bunga Tertinggi

 

Sekilas Profil Reksadana Batavia

reksadana batavia

Reksadana Batavia (Sumber: permatabank.com)

Reksadana Batavia, atau bisa juga disebut sebagai Batavia Prosperindo Aset Manajemen adalah sebuah perusahaan yang didirikan sejak tahun 1996. Hal ini sesuai dengan izin usaha yang diberikan oleh Bapepam yang tertuang pada surat bernomor KEP-03/PM/MI/1996.

Batavia Prosperindo Aset Manajemen atau BPAM adalah salah satu perusahaan terdepan dari sekian banyak perusahaan manajer investasi yang ada di Indonesia. Semenjak pertama kali beroperasi, BPAM terus berkembang maju menjalankan bisnisnya melewati pasang surut industri reksadana dalam negeri hingga saat ini.

Untuk sekarang, BPAM mengelola portofolio dari berbagai jenis produk reksadana serta kontrak pengelolaan dana bilateral. Beragam jenis layanan tersebut dihadirkan untuk para investor atau nasabah individu via sejumlah rekanan agen penjual perbankan dalam negeri, baik itu bank domestik ataupun asing. Sedangkan nasabah institusi dari perusahaan ini mencakup yayasan, korporasi, perusahaan asuransi, dan juga dana pensiun.

Reksadana Batavia menawarkan banyak keunggulan yang berhasil membawanya menjadi salah satu perusahaan manajer investasi ternama di Indonesia. Salah satu contohnya adalah kualitas produk yang terjamin dan inovatif, serta mampu memberi imbal hasil optimal. Selain itu, pengelolaan investasinya juga dilakukan oleh sumber daya manusia berkualitas yang profesional dengan keahlian yang tak perlu diragukan lagi pada bidangnya.

Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan pelayanan nasabah yang mampu diakses dengan mudah oleh seluruh nasabah maupun mitra agen penjualnya. Tujuannya tidak lain untuk menampung segala masukan ataupun keluhan dari pihak nasabah sekaligus memastikan apa pun masalah yang dialami oleh nasabah bisa diselesaikan dengan baik.

Struktur Manajemen Reksadana Batavia

Memiliki komitmen untuk mengelola sejumlah produk reksadana serta kontrak pengelolaan dana bilateral secara optimal, struktur manajemen Reksadana Batavia terdiri dari individu berkualitas dengan pengalaman dan sikap kepemimpinan mumpuni. Berikut adalah struktur manajemen dari Reksadana Batavia.

Nama Jabatan Profil Singkat
M. Arie Armand, SH, LLM Komisaris Independen Arie merupakan lulusan Legum Magister atau LLM di Indiana University, Amerika Serikat. Ia memiliki pengalaman di bidang hukum selama 17 tahun lebih dan sekarang menjabat sebagai Managing Partner pada AYMP. Arie bergabung bersama BPAM sejak Mei 2018.
Irena Iskandar Komisaris Menyandang gelar Bachelor di bidang Business Administration di Pepperdine University, California, Irene merupakan Komisaris dari BPAM dan telah bergabung sejak tahun 1996.
Lilis Setiadi Presiden Direktur Mempunyai pengalaman selama 24 tahun lebih dalam industri finansial, Lilis memiliki kemampuan terkait perbankan serta pengelolaan investasi. Bergabung sejak Juli 2009 di BPAM, Lilis memiliki izin sebagai “Wakil Manajer Investasi” yang diberikan oleh Bapepam.
Yulius Manto Direktur Dengan pengalaman 22 tahun lebih di industri keuangan, Yulius memulai kariernya sebagai akuntan pada KAP Teguh Pribadi. Sebelum bergabung pada BPAM, ia juga telah memiliki pengalaman di sejumlah posisi pada perusahaan perbankan ternama di dalam negeri.
Prihatmo Hari Mulyanto Direktur Pengalaman yang dimiliki oleh Hari di industri keuangan telah mencapai 23 tahun lebih, khususnya pada produk reksadana. Bergabung semenjak Februari 2018 di BPAM, Hari mempunyai pengalaman kerja sebagai Vice President di 2 perusahaan sekuritas ternama Indonesia.
Rinaldi Lukita Handaya Direktur Rinaldi mempunyai pengalaman 13 tahun lebih di industri finansial, terutama mengenai penelitian serta manajemen portofolio. Ia mengantongi gelar FRM dan CFA yang didapatkan di tahun 2010. Rinaldi memulai kariernya di BPAM sejak Desember 2006.
Eri Kusnadi Direktur Pengalaman Eri di industri perbankan dan reksadana selama 14 tahun menjadi bekal utamanya untuk mampu berkontribusi di BPAM. Bergabung sejak April 2011, Eri merupakan lulusan Universitas Katolik Atma Jasa dan bergelar Sarjana Ekonomi. Eri juga mempunyai izin sebagai Wakil Manajer Investasi yang diberikan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Penghargaan yang Pernah Diterima Reksadana Batavia

Berikut adalah beberapa penghargaan utama yang pernah didapatkan oleh BPAM, antara lain:

  • Penghargaan pertama yang pernah didapatkan BPAM adalah di tahun 1997 yaitu sebagai Top Fund in Indonesia oleh AWS, dan Best Performance in Equity Funds Categori, oleh SWA pada produk Batavia Dana Saham.
  • Setahun berselang, produk serupa juga kembali mendapat penghargaan sebagai Rank 3 Equity oleh AWS dan Rank 1 pada Lipper Overseas Fund Table.
  • Di tahun 1999, produk Batavia Dana Saham juga memperoleh banyak penghargaan bergengsi, seperti Leading Performer ASEAN Single Country selama beberapa bulan mengalahkan banyak produk investasi lainnya.
  • Berlanjut ke tahun 2006, Batavia Prosperindo Aset Manajemen dinobatkan sebagai the Most Selected Fund on Bank Mandiri’s Reksadana Fair.
  • Di tahun yang sama pula Batavia Dana Saham kembali mendapatkan penghargaan, kali ini sebagai nominee of Best Mutual Funds, dan 3rd Best Performance of Stocks Mutual Fund.
  • Meluncurkan produk berbasis syariah, Batavia Dana Saham Syariah mendapatkan penghargaan sebagai the Best Islamic Equity Fund di tahun 2009.
  • Hingga yang terbaru, di tahun 2021 Batavia Dana Obligasi Ultima menjadi Silver Champion Best Fixed Income Products atas kinerja 5 tahun.

Ragam Produk yang Ditawarkan Reksadana Batavia

Ada banyak jenis instrumen investasi yang ditawarkan oleh Reksadana Batavia dengan ragam produk yang berbeda. Berikut penjelasan singkatnya.

  • Pasar Uang

    Untuk instrumen pasar uang, terdapat 2 produk yang bisa dipilih. Yang pertama adalah Batavia Dana Kas Maxima, dan yang kedua adalah Batavia Dana Likuid

  • Pendapatan Tetap

    Sementara untuk kategori pendapatan tetap, nasabah bisa memilih Batavia Dana Obligasi Ultima. Tujuan investasi dari produk ini sendiri adalah memperoleh tingkat pertumbuhan dana secara optimal dan tetap mempertahankan nilai modalnya di jangka waktu menengah via penempatan di instrumen efek utang dari pemerintah atau korporasi.

  • Campuran

    Lalu, untuk campuran, ada 2 pilihan produk yang tersedia, yaitu Batavia Dana Dinamis dan Batavia USD Balanced Asia. Produk ini ideal dipilih untuk investor yang memiliki tujuan investasi jangka waktu menengah atau panjang.

  • Saham

    Pada kategori saham, BPAM menawarkan 4 pilihan produk berbeda. Keempat pilihan produk tersebut adalah Batavia Dana Saham, Batavia Saham ESG Impact, Batavia Disruptive Equity, dan yang terakhir, Batavia Dana Saham Optimal.

  • Syariah

    Bagi yang ingin memilih instrumen investasi berbasis syariah, BPAM menyediakan 4 produk yang bisa dipilih, yaitu Batavia Dana Saham Syariah, Batavia Global ESG Sharia Equity USD, Batavia Dana Kas Syariah, dan terakhir Batavia Technology Sharia Equity USD.

  • Indeks

    Untuk kategori Indeks, BPAM hanya menyediakan 1 pilihan produk saja, yaitu Batavia LQ 45 Plus.

  • ETF

    Terakhir, pada kategori ETF, nasabah mempunyai 3 pilihan produk investasi, yaitu, Batavia Smart Liquid ETF, Batavia SRI-KEHATI ETF, dan Batavia IDX30 ETF.

Informasi Penting Seputar Reksadana Batavia

Jika tertarik untuk berinvestasi di Reksadana Batavia, tentu kamu harus mengetahui beberapa informasi penting seputar perusahaan tersebut. Beberapa di antaranya adalah alamat, nomor telepon, hingga e-mail resminya.

Untuk alamatnya sendiri, BPAM berlokasi di Gedung Chase Plaza lt. 12 Jalan Jenderal Sudirman Kaveling 21, Jakarta, Indonesia. Sementara untuk alamat e-mail pelayanan pelanggan adalah [email protected]. Lalu untuk nomor telepon BPAM adalah 021 520 8390, atau 021 520 8377.

Baca juga: Cara Menghitung Keuntungan Reksadana, Lengkap dengan Contoh

Waspadai Investasi Ilegal dengan Memilih Layanan yang Terbukti Legal dan Terpercaya

Itulah penjelasan lengkap tentang profil Reksadana Batavia atau BPAM, beserta segala hal penting seputarnya. Intinya, ketika hendak berinvestasi, pilih layanan yang telah terbukti legal dan terpercaya, seperti BPAM ini. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari risiko jebakan investasi ilegal yang mampu membuatmu menjadi korban penipuan dan membahayakan kondisi keuangan.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement