Selasa 10 Jan 2023 18:00 WIB

Reksa Dana Ciptadana: Profil Perusahaan, Struktur Manajemen, hingga Ragam Produknya

Simak berikut ini untuk mengetahui berbagai produk Reksa dana Ciptadana, salah satu perusahaan manajer investas yang mengelola dana investasi reksadana.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Sebagai salah satu instrumen investasi yang menawarkan kemudahan dan kepraktisan pada para penggunanya, tidak mengherankan jika reksa dana banyak dilirik oleh para investor. Khususnya yang masih awam, reksa dana dianggap sebagai instrumen investasi yang ideal untuk dipilih karena pengelolaannya dilakukan oleh manajer investasi dengan pengalaman yang tak perlu diragukan lagi.

Selain itu, modal investasi di produk reksa dana juga sangat terjangkau dan lebih minim risiko. Alhasil, investor dari hampir semua kalangan sering kali menjadikan instrumen investasi tersebut sebagai primadona dan menjadi salah satu produk yang wajib ada dalam portofolionya.

Di sisi lain, penyedia layanan investasi reksa dana pun cukup beragam dengan keunggulan dan daya tariknya tersendiri. Salah satu contohnya adalah Ciptadana Asset Management atau bisa juga disebut Reksa Dana Ciptadana.

Tentunya, jika tertarik untuk menggunakan layanan reksa dana tersebut, kamu wajib mempelajari segala hal penting seputarnya terlebih dulu, Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut seputar Reksa Dana Ciptadana, berikut profil perusahaan, struktur manajemen, penghargaan yang pernah diraih, serta ragam produknya.

Baca juga: Investasi Reksadana: Jenis, Keuntungan dan Risikonya

 

Sekilas Tentang Reksa Dana Ciptadana

reksadana ciptadana

Reksadana Ciptadana

Ciptadana Asset Management atau Reksa Dana Ciptadana merupakan perusahaan yang menawarkan jasa pengelolaan dana guna membantu kliennya membangun bisnis, meningkatkan kekayaan, ataupun melindungi aset miliknya. Didirikan di tahun 1990 oleh Catherine Gina Hambali dan Irene Maya Hambali, Ciptadana sudah berkarya selama lebih dari 30 tahun.

Pengalaman yang panjang tersebut menunjukkan kualitas dan kredibilitas Ciptadana dalam mengelola beragam reksa dana yang diinvestasikan di sejumlah saham, pendapatan tetap, ataupun instrumen pasar uang dalam negeri. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga menjajakan jasa pengelolaan aset secara terstruktur dan dibuat secara eksklusif menyesuaikan kondisi dan keinginan klien, tidak hanya individu, tapi juga investor konstitusional.

Dalam pengelolaan portofolionya, Ciptadana menggunakan pendekatan dengan tujuan meraih apresiasi modal berjangka panjang via proses investasi konsisten dan disiplin. Metode pengambilan keputusan investasinya pun mengombinasikan 2 gaya investasi tradisional, yaitu dari sudut pandang ekonomi dan keamanan individual.

Guna menjadi solusi yang secara khusus dibuat, strategi investasinya juga dirancang untuk menggambarkan aset finansial, obligasi, serta tingkat risiko setiap klien. Tujuannya tidak lain agar mampu meraih target investasi yang telah ditentukannya.

Visi dari Reksa Dana Ciptadana sendiri adalah menjadi pengelola dana terpercaya untuk para kliennya yang membutuhkan bantuan dalam menjaga, membangun, ataupun meningkatkan portofolio investasi serta kekayaan finansialnya. Sementara misi yang ingin dicapainya adalah memosisikan keinginan kliennya sebagai prioritas utama serta memberi bantuan untuk meraih kesuksesan finansial melalui penggabungan segala kompetensi utama yang dimilikinya.

Struktur Manajemen di Reksa Dana Ciptadana

Sebagai salah satu perusahaan reksa dana terdepan yang ada di Indonesia, struktur manajemen Ciptadana Asset Management diisi oleh individu-individu terbaik dengan pengalaman dan keahlian dalam dunia finansial serta investasi. Berikut adalah struktur manajemen di Reksa Dana Ciptadana.

Nama Jabatan Profil Singkat
Rianti Komarudin Direktur Utama Rianti telah tergabung bersama Ciptadana semenjak tahun 2011 dengan tugas mengatur beragam aktivitas pada bidang pemasaran, operasional, dan penjualan. Beliau juga sudah mengantongi izin menjadi Wakil Manajer Investasi oleh Bapepam semenjak tahun 2018.
Herdianto Budiarto Direktur Herdianto bergabung ke Ciptadana sejak tahun 2020 dan telah efektif menjadi anggota direksi. Peran Herdianto adalah memimpin tim pengelolaan investasi dalam mengelola Reksa Dana Ciptadana Asset Management. Selayaknya Rianti, Herdianto juga telah mendapatkan izin menjadi Wakil Manajer Investasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan sejak tahun 2021.
Charisma Siasi Direktur Bergabung sejak tahun 2018, Charisma efektif menjadi Direksi di Ciptadana dari April 2022. Memimpin divisi marketing, beliau memiliki segudang pengalaman dalam sektor industri keuangan dan pasar modal.
Thong Sennelius Komisaris Thong telah tergabung di Ciptadana sejak 2005 dan saat ini menjabat sebagai Komisaris. Dengan pengalaman di beberapa posisi eksekutif serta pengawas sejumlah perusahaan publik dan swasta, beliau dipercaya menjadi salah satu pemilik kepentingan di Ciptadana.
Tjokro Gunawan Komisaris Independen Aktif menjadi Dewan Komisaris Ciptadana sejak 2019, Tjokro mempunyai segudang pengalaman sebagai manajer di sejumlah perusahaan besar di Indonesia sejak tahun 1979.

Penghargaan yang Pernah Diraih Reksa Dana Ciptadana

Melalui pengetahuan dan pengalaman yang mendalam, ditambah dengan riset menyeluruh, Reksa Dana Ciptadana mampu mengambil keputusan investasi yang akurat. Hal tersebut menjadi salah satu faktor penting terkait kesuksesan perusahaan tersebut dalam mewujudkan tujuan investasi para kliennya. Selain itu, kesuksesan perusahaan ini juga terbukti melalui beragam penghargaan yang pernah diraihnya selama ini, antara lain:

  • Cipta Syariah Equity sebagai Best Fund Over 2 Years Lipper Fund Awards 2015
  • Cipta Syariah Equity sebagai Reksa Dana Terbaik 2016 pada Best Syariah 2016
  • Rencana Cerdas sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 pada Best Mutual Fund Awards 2017
  • Rencana Cerdas sebagai Reksa Dana Saham Terbaik pada Best Mutual Fund Awards 2018
  • Reksa Dana Terbaik 2022 pada Best Mutual Fund Awards
  • Silver Champion dan Gold Champion untuk produk Cipta Dinamika pada 2017 Fund Awards

Tentu ada lebih banyak penghargaan bergengsi yang telah didapatkan oleh Reksa Dana Ciptadana ini berkat kualitas layanan dan kesuksesannya dalam menyediakan produk reksa dana pada para kliennya selama ini. Seluruh penghargaan tersebut bisa dilihat di situs resminya secara langsung.

Baca juga: Cara Menghitung Keuntungan Reksadana, Lengkap dengan Contoh

Ragam Produk di Reksa Dana Ciptadana

Secara umum, terdapat 3 produk atau jasa utama yang ditawarkan oleh Ciptadana Asset Management, yaitu, reksa dana, DIRE, dan pengelolaan portofolio efek secara individu. Berikut adalah ulasan singkat dari masing-masing produk tersebut.

  1. Reksa Dana

    Pada layanan reksa dananya, Ciptadana menawarkan 5 jenis produk berbeda, yaitu, saham, campuran, pendapatan tetap, pasar uang, dan terproteksi. Pada produk saham, Ciptadana menempatkan setidaknya 80 persen dari seluruh modal investasi pada instrumen saham terdaftar serta dikelola dengan menyesuaikan siklus ekonomi apa pun sehingga nilainya tetap terjaga. Beberapa contoh produk reksa dana saham dari Ciptadana adalah Rencana Cerdas, Cipta Syariah Equity, dan Cipta Prima.

    Untuk jenis campuran, penempatan investasi dilakukan pada gabungan obligasi, efek ekuitas, dan beragam surat berharga lain dengan tujuan memberi pertumbuhan nilai yang stabil untuk pemodal. Contoh produk reksa dana campuran dari layanan ini adalah Cipta Syariah Balance, Cipta Dinamika, Cipta Balance, dan Cipta Kasih Berimbang.

    Lalu, reksa dana pendapatan tetap menempatkan setidaknya 80 persen modal investasi pada efek bersifat utang, baik terbitan pemerintah, korporasi, ataupun agen pemerintah, serta bertujuan memberi laju investasi stabil bagi investor. Beberapa contoh produknya adalah Cipta Bond, Cipta Dana Obligasi, dan sebagainya.

    Sementara itu, untuk jenis pasar uang, modal yang terkumpul akan ditempatkan pada efek utang  jangka pendek dan memiliki waktu jatuh tempo di bawah setahun. Contoh produk reksa dana jenis ini adalah Cipta Dana Cash, Cipta Dana Kas Syariah, dan Cipta Likuid Fund.

    Terakhir, reksa dana terproteksi adalah produk dengan waktu pengembalian sesuai ketentuan manajer investasi dan penjualannya hanya bisa dilakukan pasca kurun waktu tertentu. Beberapa produk reksa dana terproteksi adalah Cipta Proteksi Dinamis l, Cipta Proteksi Vll, dan sebagainya.

  2. DIRE

    DIRE merupakan singkatan dari Dana Investasi Real Estat. Sesuai namanya, produk ini mengumpulkan dana dari pemodal untuk diinvestasikan pada aset properti melalui pembelian properti secara langsung ataupun via saham atau obligasi terbitan perusahaan properti. Terdapat 2 produk DIRE yang bisa dipilih, yaitu Ciptadana Properti Ritel Indonesia dan Ciptadana Properti Perhotelan Padjajaran.

  3. Pengelolaan Portofolio Efek secara Individu

    Bisa disebut juga sebagai discretionary funds, produk ini dirancang untuk mengelola aset klien dengan semudah serta seefisien mungkin, dan membebaskan klien dari keterlibatan sehari-hari. Tujuan dari pengelolaan aset tersebut tentu untuk mencapai target yang telah dibuat melalui riset menyeluruh agar bisa mendapatkan strategi investasi yang terbaik.

Rekomendasi Reksa Dana Ciptadana Terbaik

Ingin tahu apa saja produk reksa dana Ciptadana terbaik? Berikut ini merupakan rekomendasi reksa dana Ciptadana.

Rekomendasi Reksa Dana Ciptadana Terbaik
Produk Reksa Dana Ciptadana Jenis Reksa Dana
Cipta Dana Cash Pasar Uang
Cipta Dana Kas Syariah Pasar Uang
Cipta Saham Unggulan Saham
Cipta Saham Unggulan Syariah Saham
Cipta Sakura Equity Saham
Cipta Bond Pendapatan Tetap

Informasi Penting Seputar Perusahaan Ciptadana Asset Management

Ciptadana Asset Management berlokasi di Plaza ASIA, Office Park Unit 2, Jalan Jenderal Sudirman Kaveling 59, Jakarta. Reksa Dana Ciptadana bisa dihubungi via nomor telepon 021 2557 4883 atau 021 2557 4893, maupun via Whatsapp di nomor 0818 09083778.

Baca juga: Jenis Reksadana Paling Aman dan Cara Investasinya

Aman dan Nyaman Berinvestasi Reksa Dana di Layanan yang Tepat

Itulah ulasan Reksa Dana Ciptadana atau Ciptadana Asset Management yang penting untuk diketahui. Secara umum, hanya pilih layanan reksa dana yang telah terbukti legal, kredibel, dan terpercaya. Dengan begitu, kamu bisa memastikan aktivitas investasi bisa berjalan aman dan nyaman, serta mampu meraih tujuan finansial sesuai rencana.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement