Kamis 02 Feb 2023 16:00 WIB

Waspada! 9 Hal Ini Dapat Menyebabkan Mobil Terbakar Di Jalan

Ketika sedang di jalan, rawan terjadi berbagai kejadian pada mobil, tak terkecuali kebakaran. Ketahui apa saja yang dapat membuat kebakaran pada kendaraan.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Insiden mobil terbakar di jalan raya bukanlah hal baru, dan peristiwa nahas itu pun masih sering terjadi. Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab mobil terbakar?

Sejatinya, kebakaran bisa menimpa mobil apapun. Terlepas dari mobil tersebut adalah mobil mewah atau mobil murah ramah lingkungan.

Kalau sudah terbakar di jalan raya, repot pastinya. Selain harus menyelamatkan diri, kamu juga harus segera menghubungi pihak pemadam kebakaran secepat mungkin. Belum lagi, pasti bakal panik. Ya iyalah, wong kap mesin berasap aja sudah dag-dig-dug, apalagi kebakar.

Kerugian materi yang kamu alami juga pasti gede banget. Kecuali kamu pakai asuransi mobil ya. Kalau begitu sih kerugian bakal ditanggung sama pihak asuransi.

Sebagai pemilik mobil, wajib untuk mengetahui penyebab mobil terbakar secara umum. Dengan begitu, ke depannya kita pun bisa melakukan antisipasi agar tidak mengalami musibah ini. Yuk, simak ulasannya lebih lanjut!

Baca juga: 6 Tips Merawat Mobil Matic Agar Performanya Selalu Prima

 

Penyebab Mobil Terbakar di Jalan

mobil terbakar

Mobil Terbakar

  1. Selang Bensin Bocor

    Penyakit ini seringkali menimpa mobil-mobil keluaran lawas. Makin tua mobil, makin tua juga komponennya, termasuk selang bensinnya. Bensin yang bocor tersebut bisa tersulut ketika mesin mobil sudah panas.

    Oleh karena itu, bila sering menemukan kebocoran bensin di bagian bawah mobil atau sering mencium bau bensin di dekat mobilmu, bisa jadi selangnya bermasalah. Segera ganti yang baru untuk menghindari kebakaran.

  2. Penggunaan Cairan Pendingin Radiator yang Salah

    Ada banyak merek cairan pendingin radiator aliascoolantyang dijual di pasaran. Tapi, bila kamu memutuskan membeli yang abal-abal, risikonya bisa membuat mobilmu terbakar, lho.

    Ramuan cairan pendingin radiator abal-abal itu umumnya tidak bisa mendinginkan radiator dengan maksimal. Kadang cairan tersebut justru membuat radiator jadioverheat, yang akhirnya memicu kebakaran. Masih berani pakai cairan pendingin yang tidak jelas?

  3. Knalpot Bocor

    Tidak hanya membuat mobil boros BBM, knalpot bocor juga bisa jadi salah satu penyebab mobil terbakar. Ketika tabung knalpot mengalami kebocoran, dan letaknya di dekat tangki bahan bakar, maka jangan heran kalau mobil terbakar.

    Pada dasarnya, panas mesin mobil bakal disalurkan ke beberapa titik. Nah, salah satunya ke knalpot itu sendiri.

  4. Oli Mesin Rembes

    Jangan salah, oli juga bisa jadi penyebab mobil terbakar, lho. Sebab, bahan dasar oli itu sendiri adalah minyak. Hal ini bisa terjadi ketika kamu kebanyakan menuang oli mesin saat ganti oli.

    Akibatnya, ada oli yang tersembur keluar. Saat mesin panas, maka oli tersebut jadi tersulut.

    Selain oli mesin, ternyata oli gardan juga bisa jadi penyebab mobil terbakar. Oli gardan yang sudah lama tidak diganti bakal membuat seal gardan jadi getas. Olinya pun merembes keluar, dan terbakar ketika menyentuh gardan panas.

  5. Korslet di Sektor Kelistrikan

    Jumlah kabel yang ada di dalam sebuah mobil tentu tidak sedikit, mulai dari bawah kap mesin, hingga ke bagian belakang untuk sektor lampu.

    Bila pemilik mobil cukup sering menambahkan aksesori yang berhubungan dengan sektor kelistrikan, maka pemasangannya tidak boleh sembarangan. Selain harus pilih kabel yang bagus, soketnya pun harus bagus.

    Ketika memilih kabel yang tidak berkualitas, maka tidak ada jaminan kabel itu bisa bertahan lama. Jika sudah terkelupas atau meleleh, alhasil bisa korslet.

  6. Tabrakan

    Meski mesin mobil dilengkapi oleh pengaman, tidak ada jaminan mesin aman kalau terlibat tabrakan yang cukup keras. Bisa jadi malah ada kebocoran cairan oli atau sejenisnya yang memicu kebakaran.

    Oleh karena itu, bila kamu terlibat dalam insiden seperti ini, segera keluarlah dari mobil dan cek apakah ada tetesan cairan yang muncul. Bila ada, segera menyingkirlah ke tempat yang aman.

  7. Mesin Terlalu Panas

    Jika mobil digunakan dalam jangka waktu yang lama, bisa jadi mobil kamu mengalami overheating. Sebab, selama pemakaian mobil akan mengalami peningkatan suhu. Jika makin lama penggunaannya, suhu pun akan makin panas.

    Ketika mesin mobil sudah terlalu panas, kerja mesin juga akan makin keras dan dapat berdampak pada bagian mobil lainnya. Misalnya, suhu panas mesin mobil dapat meningkatkan suhu oli dan dapat memicu kebocoran bahkan kebakaran.

  8. Mobil Tidak atau Jarang Dirawat

    Mobil yang tidak atau jarang dirawat juga dapat memicu terjadi kebakaran pada kendaraan. Sebab, bisa saja bagian-bagian pada mobil tersebut mengalami penurunan kualitas yang kemudian dapat memicu terjadinya kebakaran. Maka, sangatlah penting untuk tetap merawat kendaraan yang dimiliki.

  9. Modifikasi yang Tidak Proporsional

    Jika kamu memiliki hobi untuk memodifikasi mobil, pastikan untuk tidak asal dalam memodifikasinya. Kamu harus tahu persis kegunaan modifikasi tersebut dan apa dampaknya. Jangan sampai kamu tidak mengetahui apa yang dimodifikasi sehingga mobil pun rawan kebakaran.

    Modifikasi di sini tidak hanya bodi, ya, tetapi sering kali penggemar modifikasi mobil juga mengubah tatanan mesin mobil tersebut. Namun, pastikan bahwa bagian yang dimodifikasi sesuai dengan standar dan kinerja mobil. Perhatikan suplai daya yang di mobil tersebut. Jika watt terlalu besar, aki akan cepat kering dan memicu kebakaran.

Baca juga: Musim Hujan Mulai Tiba? Begini Tips Merawat Mobil Agar Tak Mudah Rusak

Gunakan Proteksi Untuk Meminimalisir Risiko Kendaraan Terbakar

Itulah beberapa hal yang dapat membuat mobilmu terbakar. Jika sudah memahaminya, ada baiknya kamu untuk mulai merawat dan melindungi kendaraan yang dimiliki. Salah satu caranya untuk memberikan perlindungan pada kendaraan adalah dengan menggunakan asuransi mobil.

Dengan menggunakan asuransi mobil, setidaknya kamu memiliki kepastian ketika harus menanggung risiko yang terjadi atas mobil. Tentunya, kamu akan lebih merawat mobilmu agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Baca juga: Kesalahan Sepele yang Umum Dilakukan Pengguna Mobil Manual

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement