Kamis 02 Feb 2023 23:00 WIB

Reksa Dana Syailendra: Profil, Struktur Manajemen, Penghargaan, dan Ragam Produk yang Ditawarkannya

Reksa Dana Syailendra/Syailendra Capital adalah sebuah perusahaan manajer investasi ternama. Berikut profil hingga produk yang ditawarkannya.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Berbicara soal instrumen investasi, setiap investor pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya reksa dana. Sebagai produk yang menawarkan banyak keuntungan dan keunggulan, reksa dana mampu memudahkan aktivitas investasi sehingga lebih mudah dijangkau oleh masyarakat dari hampir semua kalangan. 

Selain jenis produknya yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi keuangan, penyedia layanan investasi reksa dana juga telah menjamur. Masing-masing perusahaan manajer investasi tersebut pun menawarkan kemudahan yang mampu menarik minat investor dalam menanamkan modalnya. 

Salah satu contohnya adalah perusahaan manajer investasi yang dikenal dengan nama Syailendra atau Reksa Dana Syailendra. Bagi investor yang telah cukup lama berkecimpung dalam dunia investasi reksa dana, nama Syailendra Capital ini pasti sudah tidak asing lagi terdengar.

Tapi, bagi investor pemula atau masyarakat awam, mungkin masih belum banyak yang mengetahui profil perusahaan manajer investasi tersebut. Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut sekilas profil, struktur manajemen, penghargaan, serta ragam produk Syailendra reksa dana, berikut telah Cermati.com rangkum ulasannya.

Baca Juga: Reksa Dana Danakita Investama: Profil, Struktur Manajemen, hingga Ragam Produk yang Ditawarkannya

 

Sekilas Tentang Reksa Dana Syailendra

Syailendra Reksa Dana

Syailendra Reksa Dana (Sumber: www.syailendracapital.com)

Reksa Dana Syailendra, atau bisa juga dikenal sebagai Syailendra Capital, merupakan sebuah perusahaan manajer investasi ternama dan banyak dikenal oleh investor dalam negeri. Sejak awal didirikannya, Syailendra selalu memegang kuat prinsip untuk menjadi sebuah perusahaan manajer investasi independen tanpa ada kepentingan dari grup usaha mana pun. 

Selama lebih dari 1 dekade menjalankan bisnisnya, perusahaan ini terus berpegang teguh agar tak memiliki ikatan terhadap afiliasi bisnis tertentu. Hal tersebut dilakukannya dengan tujuan untuk menghadirkan produk investasi yang terbaik bagi setiap partner ataupun kliennya. 

Perusahaan ini memiliki cara kerja dengan memaksimalkan pengalaman investasi dari para kliennya dengan memberi benefit tambahan selain dari pertumbuhan nilai investasinya. Di samping itu, Syailendra Capital juga mempunyai misi untuk memperluas pengetahuan investasi para nasabahnya melalui sejumlah pengenalan program serta produk, dan turut berpartisipasi pada pertumbuhan literasi keuangan di Indonesia. 

Guna menghadirkan pengalaman investasi yang maksimal, perusahaan ini menjalin mitra dengan sejumlah jenis partner, tidak hanya perbankan lokal, tapi juga internasional. Syailendra juga turut menggandeng jajaran sekuritas dan fintech ternama yang dekat dengan kalangan milenial sampai marketplace besar di Indonesia. Seluruh hal tersebut dilakukan demi memberi akses yang luas terhadap masyarakat dalam merealisasikan iklim ekonomi inklusif serta terjangkau segala kalangan.

Struktur Manajemen Syailendra Capital

Memiliki visi dan misi perusahaan yang begitu besar dan berdampak bagi industri investasi serta literasi finansial di Indonesia, Syailendra Capital sudah pasti memiliki struktur manajemen yang diisi oleh jajaran individu dengan kredensial yang tak perlu diragukan lagi. Berikut adalah deretan struktur manajemen dari Syailendra Capital. 

Nama

Jabatan 

Profil Singkat

Jos Parengkuan

Presiden Komisaris

Jos mendirikan Syailendra di tahun 2006 dan sejak itu memegang jabatan sebagai presiden direktur. Memiliki pengalaman selama lebih dari 32 tahun pada sektor pasar modal, termasuk penelitian ekuitas, pengelolaan dana, dan investasi perbankan, Jos saat ini menduduki posisi presiden komisaris Syailendra.

Roy Himawan

Komisaris

Dengan pengalaman 27 tahun lebih pada pasar modal, Roy adalah salah satu co-founder dari Syailendra. Memulai kariernya di tahun 1995, ia pernah memegang sejumlah jabatan penting di banyak perusahaan broker ternama Indonesia. 

David Tanuri

Komisaris Independen

David merupakan lulusan Teknik Sipil dengan pengalaman 32 tahun lebih pada pasar modal serta manajer investasi. Ia memulai kariernya di sebuah perusahaan sekuritas ternama sebelum bergabung bersama Syailendra Capital. 

Fajar R. Hidajat

CEO

Memegang jabatan sebagai CEO atau Chief Executive Officer sejak September tahun 2016 di Syailendra Capital, beliau mempunyai pengalaman di sektor pasar modal, utamanya pialang saham serta industri manajemen aset. Pengalamannya dalam bidang tersebut telah ditempa selama lebih dari 27 tahun hingga mendapatkan kepercayaan untuk memiliki jabatannya saat ini. 

Gunanta Afrima

COO

Bergabung bersama Syailendra Capital sejak Agustus 2016, Gunanta mempunyai 25 tahun lebih pengalaman pada pasar modal, terutama pada industri manajemen aset dan sektor pendapatan tetap. Berkat kemampuan dan pengalamannya tersebut Gunanta dipercayai untuk menjabat sebagai COO di Syailendra Capital.

Ahmad Solihin

CIO

Dipercaya sebagai CIO di Syailendra Capital sejak Agustus 2018, Ahmad Solikin telah berpengalaman selama 25 tahun lebih pada pasar modal. Beliau juga pernah mengisi beberapa jabatan penting di sejumlah perusahaan finansial besar dan menempa kemampuannya hingga saat ini. 

Harnugama

CMO

Harnugama memulai kariernya di Syailendra sejak tahun 2015 sebagai CMO atau Chief Marketing Officer. Sebelumnya, ia sempat menjabat sebagai Senior VP, dan beberapa posisi penting di sejumlah perusahaan keuangan dan perbankan ternama dalam negeri. 

Baca Juga: Reksa Dana Eastspring: Profil Perusahaan, Struktur Manajemen, hingga Ragam Produknya

Penghargaan yang Pernah Diterima Syailendra Capital

Memiliki fokus untuk menciptakan solusi terbaik atas masalah investasi para mitranya, kualitas kinerja Syailendra Capital telah dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang berhasil didapatkannya. Berikut beberapa di antaranya.

  • Digital Fund Manager of the Year pada Asset Asian Manager 2022.
  • The Best Fixed Income Fund 2022 pada produk Syailendra Pendapatan Tetap Premium.
  • Alpha Southeast Asia “13th Fund Management Award 2022” Best Asset Manager (Balanced Funds).
  • Reksa Dana Pasar Uang Terbaik Periode Lima Tahun pada produk Syailendra Dana Kas di tahun 2021 oleh Infovesta.
  • Best Independent Fund Management Company – Indonesia pada Southeast Asia Business Awards.

Selain yang telah disebutkan di atas, tentu masih ada banyak penghargaan yang berhasil didapatkan oleh Syailendra Capital. Informasi lengkapnya bisa dicermati pada situs resmi Syailendra Capital. 

Ragam Produk Reksa Dana Syailendra

Ragam produk reksa dana Syailendra Capital mencakup berbagai jenis, seperti reksa dana saham, campuran, indeks, pendapatan tetap, pasar uang, dan sebagainya. Berikut beberapa ulasan singkat dari produk Reksa Dana Syailendra Capital. 

  1. Syailendra Equity Opportunity Fund (SEOF) Kelas A

    Sebagai reksa dana jenis saham, produk ini mengalokasikan dana investasi di efek ekuitas maupun efek utang dengan rasio saham 80 sampai 98 persen, obligasi sebesar 0 sampai 20 persen, dan pasar uang sebesar 2 sampai 20 persen. Dengan tingkat risiko yang tinggi, produk ini cocok dipilih oleh investor jangka panjang. 

  2. Syailendra Balanced Opportunity Fund (SBOF) Kelas A

    Merupakan reksa dana campuran, produk ini berinvestasi di efek ekuitas maupun efek utang dengan rasio saham 10 sampai 75 persen, obligasi 10 sampai 75 persen, dan pasar uang sebesar 2 sampai 75 persen. Mampu memberi imbal hasil investasi optimal, produk ini ideal dipilih untuk investasi jangka menengah atau panjang karena risikonya relatif tinggi. 

  3. Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund (SMSCI) Kelas A

    Produk ini adalah jenis reksa dana indeks yang mengacu terhadap MSCI Indonesia Value Index. Index ini berisikan saham undervalued dan diyakini memiliki potensi menjadi rising stars pada jangka panjang. 

  4. Syailendra Fixed Income Fund

    Reksa dana pendapatan ini mengalokasikan mayoritas dana investasi di instrumen government bond. Tujuan investasi produk ini adalah mendapatkan imbal hasil investasi, khususnya dari efek bersifat utang dan secara selektif dipilih. 

  5. Syailendra Sharia Money Market Fund

    Reksa dana pasar uang dengan prinsip syariah ini memiliki sifat likuid serta mempunyai tingkat risiko rendah. Sehingga, produk ini cocok dipilih oleh investor konservatif dan tujuan investasi jangka pendek. 

  6. Jenis Reksa Dana Lain

    Selain beragam produk di atas, Syailendra Capital juga menawarkan jenis reksa dana terproteksi, penawaran terbatas, dan juga kontrak pengelolaan dana. Jenis produk tersebut bisa diajukan oleh investor dengan menyesuaikan kebutuhan dan tujuan investasinya.

Rekomendasi Reksa Dana Syailendra Terbaik

Rekomendasi Reksa Dana Syailendra Terbaik

Produk Reksa Dana Syailendra

Jenis Reksa Dana

Syailendra Dana Kas

Pasar Uang

Syailendra Fixed Income Fund

Pendapatan Tetap

Syailendra Balanced Opportunity Fund

Campuran

Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund Kelas A

Saham

Syailendra Equity Opportunity Fund

Saham

Informasi Penting Lain Seputar Syailendra Capital

Kantor Syailendra Capital beralamatkan di District 8 Treasury Tower, Lt. 39 Unit 39A, SCBD Lot 28, Jalan Jenderal Sudirman Kaveling 52-53, Jakarta, Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar layanan yang disediakan oleh perusahaan ini, kamu bisa menghubunginya via telepon di nomor 021 2793 9900, atau melalui layanan pelanggan di nomor 021 2793 9391.

Utamakan Keamanan dan Kenyamanan saat Berinvestasi

Itulah penjelasan tentang profil singkat Syailendra Capital, struktur manajemen, penghargaan, hingga ragam produknya. Yang utama, ketika berinvestasi, fokus pada keamanan dan kenyamanan layanan yang diberikan. Dengan begitu, aktivitas menanam modal tersebut mampu berjalan dengan optimal dan memberi imbal hasil sesuai keinginan. 

Baca Juga: Apa Itu Reksa Dana Setiabudi? Ini Profil, Struktur Manajemen, Penghargaan, dan Ragam Produk yang Ditawarkannya

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement