Jumat 03 Feb 2023 18:00 WIB

Daftar Nomor Call Center Resmi Bank di Indonesia

Selain mengenail modus penipuan yang marak terjadi, kamu sebagai nasabah juga perlu mencatat daftar nomor call center bank resmi yang ada di Indonesia!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Setiap mengalami masalah terkait rekeningmu di suatu bank, tentunya kamu akan dengan sigap menghubungi call center bank terkait. Bahkan, ketika hanya ingin mencari tahu beberapa informasi terkait bank, kamu pasti akan menghubungi call center.

Keberadaan call center ini sangat memudahkan nasabah untuk menyelesaikan masalah perbankan mereka, tidak perlu lagi untuk mendatangi kantor cabang bank. Dengan begitu, waktu dan energi yang terbuang menjadi begitu minim. 

Namun, di antara kenyamanan call center ini, kamu pun tetap harus berhati-hati dan waspada jika menemukan nomor telepon call center yang tertempel di ATM. Bisa saja, nomor tersebut ditempel oleh pihak tidak bertanggung jawab yang kemudian akan menguras habis rekeningmu.

Nah, agar tidak terkena tipu karena salah menelpon call center, ada baiknya mengecek langsung situs resmi bank. Kamu pun juga bisa menyimak daftar call center bank berikut ini.

 

Sekilas Tentang Call Center Bank

call center bank

Call Center Bank

Call center bank merupakan layanan yang disediakan oleh pihak perbankan sebagai pusat panggilan yang memberikan berbagai informasi terkait produk atau layanan pada nasabah. Call center bank dapat menjadi tempat “curhat” para nasabah.

Salah satu fungsi call center adalah menjawab semua pertanyaan nasabah. Jika nasabah memiliki pertanyaan dan keluhan, customer service di call center pun akan membantu menyelesaikannya.

Tugas dan Tanggung Jawab Call Center Bank

  1. Memberikan Informasi Produk atau Jasa

    Sebagai garda terdepan dari layanan perbankan, tentunya seorang yang bekerja di call center bank harus memahami secara tepat segala informasi terkait produk dan jasa yang diberikan bank. Tidak hanya informasi dasar tentang produk, tetapi informasi yang tidak diketahui oleh khalayak umum.

  2. Memberikan Solusi untuk Nasabah

    Ketika nasabah menggunakan layanan call center, tentunya ada hal yang mengusik mereka, baik itu ada masalah maupun kebingungan. Segala pertanyaan yang diutarakan oleh nasabah akan dijawab oleh petugas call center.

    Nah, agar dapat memberikan solusi yang tepat, para petugas call center ini perlu mendengarkan secara seksama masalah yang diutarakan oleh nasabah. Tidak hanya mendengarkan, tetapi cara menyampaikan solusinya pun juga harus sopan.

  3. Menjaga Hubungan dengan Nasabah

    Jika melihat posisi nasabah yang kebingungan terhadap suatu masalah, tentunya ia akan merasa panik dan tidak nyaman dengan kondisi tersebut. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, salah satu tugasnya adalah mendengarkan secara seksama dan memberikan tanggapan secara sopan.

    Tidak awam lagi bahwa seringkali petugas call center mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakkan dari nasabah. Meskipun demikian, petugas call center pun juga tetap harus sabar dan menjaga hubungannya dengan nasabah.

  4. Melakukan Penjualan

    Tak bisa dipungkiri lagi bahwa panggilan masuk ke klien atau nasabah dari bank merupakan tawaran produk atau jasa perbankan. Itulah salah satu tugas dari petugas call center bank, untuk melakukan penjualan. Mereka akan menelepon nasabah dan menawarkan berbagai produk hingga akhirnya nasabah pun menggunakan produknya.

Layanan Call Center

Adapun berbagai layanan call center bank sebagai berikut.

  1. Layanan Panggilan Masuk (Inbound Call)

    Seperti namanya, jenis layanan ini merupakan panggilan yang masuk ke perusahaan. Jenis layanan inilah yang umumnya terjadi. Jika nasabah ingin mencari informasi, layanan inilah yang digunakannya.

  2. Pusat Panggilan Keluar (Outbound Call)

    Berbeda dengan layanan sebelumnya, layanan ini merupakan panggilan yang keluar dari perusahaan alias perusahaan yang melakukan panggilan ke nasabah atau klien. Jangan heran jika kamu mendapatkan telepon dari pihak bank. Sebab, salah satu layanan call center bank adalah melakukan panggilan keluar.

  3. Pusat Panggilan Domestik

    Panggilan domestik ini merupakan bentuk layanan yang dilakukan secara domestik atau hanya di dalam negeri saja. Biasanya, setiap bank memiliki nomor call center masing-masing yang dapat dihubungi dari seluruh Indonesia. Jadi, jika sedang berada di wilayah Indonesia, di mana pun itu, kamu dapat mengeluhkan masalahmu pada petugas call center bank.

  4. Pusat Panggilan Internasional

    Jenis panggilan ini dilakukan secara internasional atau antarnegara. Jika kamu melakukan panggilan ke call center dari luar negeri, panggilan tersebut merupakan panggilan internasional.

    Kadang, nomor call center beberapa bank tidak dapat digunakan untuk panggilan internasional ini. Meskipun demikian, pihak bank tersebut menyediakan nomor yang dapat dihubungkan secara internasional. Nah, jika sedang liburan ke luar negeri dan ada masalah dengan produk perbankanmu, kamu bisa menggunakan nomor-nomor ini.

Daftar Call Center Bank di Indonesia

Penting sekali bagi kamu untuk mengetahui nomor call center bank. Sebab, penipuan bisa saja terjadi menggunakan nomor-nomor call center ini.

Misalnya, jika pergi ke ATM nomor call center palsu dapat terpampang pada mesin ATM. Sebaiknya, jangan langsung menelepon nomor tersebut, meskipun dalam keadaan panik. Langsung buka website resmi dari bank yang dituju agar lebih pasti.

Selain itu, kamu juga bisa melihat daftar nomor call center yang ada di mesin pencarian. Berikut ini daftar call center bank resmi yang ada di Indonesia berdasarkan jenis banknya.

  1. Call Center Bank Umum Persero

    Nama Bank

    Call Center

    Bank BRI

    14017 atau 1500017

    Bank Mandiri

    14000

    Bank BNI

    1500046

    Bank BTN

    1500286

  2. Call Center Bank Swasta Nasional

    Nama Bank

    Call Center

    Bank Danamon

    1500090

    Bank Permata

    1500111

    Bank BCA

    1500888

    Bank Maybank

    1500611

    Bank Panin

    1500678 atau 60678

    Bank CIMB Niaga

    14041

    Bank UOB Indonesia

    14008

    Bank OCBC NISP

    1500999

    Bank Artha Graha Internasional


    08001918880

    Bank Bumi Arta

    0212300 455 atau 0212300 893

    Bank HSBC Indonesia

    1500700

    Bank JTrust Indonesia

    1500615

    Bank Mayapada Internasional

    1500029

    Bank of India Indonesia

    0213500007

    Bank Mualamat

    02180668060

    Bank Mestika Dharma

    14083

    Bank Shinhan Indonesia

    1500881

    Bank Sinarmas

    1500153 atau 02150188888

    Bank Maspion Indonesia

    0315316999

    Bank Ganesha

    1500169

    Bank ICBC Indonesia

    1500198

    Bank QNB Indonesia

    02130055300

    Bank Woori Saudara Indonesia

    1500012

    Bank Mega

    08041500010

    Bank KB Bukopin

    14005

    Bank Syariah Indonesia

    14040

    Bank KEB Hana Indonesia

    1500021

    Bank MNC Internasional

    1500188

    Bank Raya Indonesia

    1500494

    Bank SBI Indonesia

    08001724636 atau 02139838747 

    Bank Mega Syariah

    08041500010

    Bank Index Selindo

    1500670

    Bank Mayora

    0215696695

    Bank China Construction Bank Indonesia

    021566 3809 atau 021566 8292

    Bank DBS Indonesia

    1500327

    Bank Resona Perdania

    021570 1445

    Bank Mizuho Indonesia

    021392-5222

    Bank Capital Indonesia

    02127938883

    Bank BNP Paribas Indonesia

    02150814789

    Bank ANZ Indonesia

    08041000269 and 02180862030

    Bank IBK Indonesia

    1500978

    Bank Aladin Syariah

    02185500947

    Bank CTBC Indonesia

    02125578787

    Bank Commonwealth

    1500030 atau 02129352935

    Bank BTPN

    1500300 atau 02124505500

    Bank Victoria Syariah

    1500977

    Bank Jabar Banten Syariah

    1500727

    Bank Jasa Jakarta

    0216920888 atau 0216920999

    Bank Neo Commerce

    1500190

    Bank Digital BCA

    1500668

    Bank National NOBU

    1500278

    Bank INA Perdana

    1500738

    Bank Panin Syariah

    02156956100

    Bank Prima Master

    0313991488

    Bank KB Bukopin Syariah

    0212300912

    Bank Sahabat Sampoerna

    1500035

    Bank Oke Indonesia

    150112

    Bank Amar Indonesia

    02140005859

    Bank Seabank Indonesia

    1500130

    Bank BCA Syariah

    1500888

    Bank JAGO

    1500746 atau 02130000746

    Bank BTPN Syariah

    0211500300

    Bank Multiarta Sentosa

    02130002500

    Bank Fama Internasional

    1500333

    Bank Mandiri Taspen

    14024

    Bank Victoria Internasional

    0215228888

    Bank Allo

    08041104110

  3. Bank Pembangunan Daerah

    Nama Bank

    Call Center

    Bank Jawa Barat dan Banten

    14049

    Bank DKI

    1500351

    Bank Daerah Istimewa Yogyakarta

    0274375127 atau 08112993666

    Bank Jawa Tengah

    14066

    Bank Jawa Timur

    14044

    Bank Jambi

    0741668612

    Bank Aceh Syariah

    1500845

    Bank Sumatera Utara

    14002

    Bank Nagari

    150234

    Bank Riau Kepri Syariah

    1500470

    Bank Sumatera Selatan dan Bangka Belitung

    1500711

    Bank Lampung

    1500575

    Bank Kalimantan Selatan

    08001122000

    Bank Kalimantan Barat

    08071888123

    Bank Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara

    1500124

    Bank Kalimantan Tengah

    1500526

    Bank Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat

    1500855

    Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo

    1500659

    Bank NTB Syariah

    1500667

    Bank Bali

    1500844

    Bank Nusa Tenggara Timur

    14013

    Bank Maluku dan Maluku Utara

    0911354214 atau 0911354217

    Bank Papua

    0967532011

    Bank Bengkulu

    1500133

    Bank Sulawesi Tengah

    0451457399

    Bank Sulawesi Tenggara

    1500683

    Bank Banter

    1500410

  4. Call Center Bank yang Berkedudukan di Luar Negeri

    Nama Bank

    Call Center

    Bank Citibank

    0212529999 atau 1500335

    Bank JP Morgan Chase

    02152918000

    Bank of America

    02129553748

    Bank Bangkok Indonesia

    0212311008

    Bank MUFG

    02125538300 atau 02130048200

    Bank Standard Chartered

    02157999988

    Bank Deutsche AG

    02129644401


Baca Juga: Waspadai Modus Penipuan Mengatasnamakan Bank dan Tips Menghindarinya

Modus Penipuan Perbankan yang Marak Terjadi

modus penipuan
Modus penipuan perbankan

Ada lebih dari satu modus penipuan mengatasnamakan bank konvensional dan syariah yang sering terjadi dan ini perlu diketahui masyarakat khususnya nasabah bank. Dengan begitu, kamu sebagai nasabah bank bisa mawas diri.

  1. Phishing

    Phising merupakan modus penipuan yang dilakukan melakukan e-mail, pesan teks atau juga telepon. Pelaku akan menggunakan nama bank untuk memperoleh informasi nasabah seperti data sensitive mulai dari nama lengkap, password, informasi kartu debit atau kartu kredit.

    Penipuan yang menggunakan pesan teks atau e-email, umumnya akan mengirimkan tautan link yang mengarahkan korban untuk membuka situs pelaku, kemudian korban diminta untuk mengisi data-data yang berujung pebobolan rekening.

  2. Impersonation

    Modus penipuan impersonation ini, biasanya pelaku akan berpura-pura sebagai pihak bank, kemudian menawarkan layanan atau produk bank yang terbaru dan menguntungkan.

    Misalnya saja, pelaku menawarkan nasabah untuk menaikkan limit kartu kredit atau mengikuti program tabungan terbaru. Jika korban berminat, maka pelaku akan mengarahkan korban untuk menginformasikan data bank nasabah.

  3. Vishing

    Penipuan menggunakan modus vishing (voice phishing) ini, pelaku menggunakan telepon untuk mengelabui korban seakan-akan korban mendapatkan hadiah karena sudah menjadi nasabah setia. Jika korban sudah masuk perangkap pelaku, tugas selanjutnya pelaku hanya meminta korban untuk memberikan data bank.

  4. Smishing

    Modus penipuan juga ada yang melalui pesan teks atau SMS. Biasasnya pelaku akan mengirimkan SMS yang mengatasnamakan bank, kemudian isinya berupa informasi mendapat hadiah tunai, mobil dan lainnya. Agar hadiah tersebut bisa diklaim, wajib klik link yang telah tertaut situs pelaku.

Catatan: Penipuan bisa melakukan media dan cara apa saja. Ada yang dengan iming-iming mendapat hadiah dari bank, bonus uang tunai yang berujung pembobolan rekening atau kartu kredit. Bahkan, ada pula penipuan yang meminta korban untuk melakukan transfer karena ada anggota keluarga korban yang mengalami kecelakaan di jalan dan sebagainya. 

Baca Juga: Sering Dapat SMS Penipuan, Ini Caranya Lapor ke OJK

Jadilah Nasabah yang Cerdas

Meski hukum berjalan, tapi tetap saja penipuan marak terjadi hanya demi meraup keuntungan semata. Untuk itu, kamu sebagai masyarakat atau nasabah perlu cerdas dalam menyikapi penipuan ini.

Mulai dari tidak mudah percaya atau tertarik dengan penawaran dari orang yang tidak jelas melalui SMS atau telepon. Maka dari itu, penting untuk mencatat setiap nomor call center agar tidak menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan perbankan.

Jika kamu sudah terlanjur menjadi korban penipuan, segera buat laporan kepolisian melalui situ www.lapor.go.id. Berikut tahapannya:

  1. Pilih kategori pelaporan, yakni “Pengaduan”
  2. Tulis judul pelaporan
  3. Tuliskan detil kejadian penipuan, meliputi nama akun penipu, jumlah kerugian, dan keterangan lainnya secara lengkap
  4. Pilih tanggal kejadian
  5. Pilih lokasi kejadian
  6. Pilih instansi (kementrian atau Pemprov) tujuan yang berkaitan dengan laporanmu
  7. Pilih kategori “Tindak Pidana” pada kategori “Situasi Khusus”
  8. Upload lampiran (jika ada) dengan ukuran maksimal 2 MB.
  9. Pilih kategori pengadu
  10. Klik LAPOR!
  11. Isi data diri, setujui syarat dan ketentuan layanan, lalu laporanmu selesai diajukan

Baca Juga: Waspada, Penipuan Perumahan Berkedok Syariah Lagi Marak

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement