Setiap mengalami masalah terkait rekeningmu di suatu bank, tentunya kamu akan dengan sigap menghubungi call center bank terkait. Bahkan, ketika hanya ingin mencari tahu beberapa informasi terkait bank, kamu pasti akan menghubungi call center.
Keberadaan call center ini sangat memudahkan nasabah untuk menyelesaikan masalah perbankan mereka, tidak perlu lagi untuk mendatangi kantor cabang bank. Dengan begitu, waktu dan energi yang terbuang menjadi begitu minim.
Namun, di antara kenyamanan call center ini, kamu pun tetap harus berhati-hati dan waspada jika menemukan nomor telepon call center yang tertempel di ATM. Bisa saja, nomor tersebut ditempel oleh pihak tidak bertanggung jawab yang kemudian akan menguras habis rekeningmu.
Nah, agar tidak terkena tipu karena salah menelpon call center, ada baiknya mengecek langsung situs resmi bank. Kamu pun juga bisa menyimak daftar call center bank berikut ini.
Call Center Bank
Call center bank merupakan layanan yang disediakan oleh pihak perbankan sebagai pusat panggilan yang memberikan berbagai informasi terkait produk atau layanan pada nasabah. Call center bank dapat menjadi tempat “curhat” para nasabah.
Salah satu fungsi call center adalah menjawab semua pertanyaan nasabah. Jika nasabah memiliki pertanyaan dan keluhan, customer service di call center pun akan membantu menyelesaikannya.
Nah, agar dapat memberikan solusi yang tepat, para petugas call center ini perlu mendengarkan secara seksama masalah yang diutarakan oleh nasabah. Tidak hanya mendengarkan, tetapi cara menyampaikan solusinya pun juga harus sopan.
Tidak awam lagi bahwa seringkali petugas call center mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakkan dari nasabah. Meskipun demikian, petugas call center pun juga tetap harus sabar dan menjaga hubungannya dengan nasabah.
Kadang, nomor call center beberapa bank tidak dapat digunakan untuk panggilan internasional ini. Meskipun demikian, pihak bank tersebut menyediakan nomor yang dapat dihubungkan secara internasional. Nah, jika sedang liburan ke luar negeri dan ada masalah dengan produk perbankanmu, kamu bisa menggunakan nomor-nomor ini.
Misalnya, jika pergi ke ATM nomor call center palsu dapat terpampang pada mesin ATM. Sebaiknya, jangan langsung menelepon nomor tersebut, meskipun dalam keadaan panik. Langsung buka website resmi dari bank yang dituju agar lebih pasti.
Selain itu, kamu juga bisa melihat daftar nomor call center yang ada di mesin pencarian. Berikut ini daftar call center bank resmi yang ada di Indonesia berdasarkan jenis banknya.
Nama Bank
|
Call Center
|
Bank BRI
|
14017 atau 1500017
|
Bank Mandiri
|
14000
|
Bank BNI
|
1500046
|
Bank BTN
|
1500286
|
Nama Bank
|
Call Center
|
Bank Danamon
|
1500090
|
Bank Permata
|
1500111
|
Bank BCA
|
1500888
|
Bank Maybank
|
1500611
|
Bank Panin
|
1500678 atau 60678
|
Bank CIMB Niaga
|
14041
|
Bank UOB Indonesia
|
14008
|
Bank OCBC NISP
|
1500999
|
Bank Artha Graha Internasional
|
08001918880
|
Bank Bumi Arta
|
0212300 455 atau 0212300 893
|
Bank HSBC Indonesia
|
1500700
|
Bank JTrust Indonesia
|
1500615
|
Bank Mayapada Internasional
|
1500029
|
Bank of India Indonesia
|
0213500007
|
Bank Mualamat
|
02180668060
|
Bank Mestika Dharma
|
14083
|
Bank Shinhan Indonesia
|
1500881
|
Bank Sinarmas
|
1500153 atau 02150188888
|
Bank Maspion Indonesia
|
0315316999
|
Bank Ganesha
|
1500169
|
Bank ICBC Indonesia
|
1500198
|
Bank QNB Indonesia
|
02130055300
|
Bank Woori Saudara Indonesia
|
1500012
|
Bank Mega
|
08041500010
|
Bank KB Bukopin
|
14005
|
Bank Syariah Indonesia
|
14040
|
Bank KEB Hana Indonesia
|
1500021
|
Bank MNC Internasional
|
1500188
|
Bank Raya Indonesia
|
1500494
|
Bank SBI Indonesia
|
08001724636 atau 02139838747
|
Bank Mega Syariah
|
08041500010
|
Bank Index Selindo
|
1500670
|
Bank Mayora
|
0215696695
|
Bank China Construction Bank Indonesia
|
021566 3809 atau 021566 8292
|
Bank DBS Indonesia
|
1500327
|
Bank Resona Perdania
|
021570 1445
|
Bank Mizuho Indonesia
|
021392-5222
|
Bank Capital Indonesia
|
02127938883
|
Bank BNP Paribas Indonesia
|
02150814789
|
Bank ANZ Indonesia
|
08041000269 and 02180862030
|
Bank IBK Indonesia
|
1500978
|
Bank Aladin Syariah
|
02185500947
|
Bank CTBC Indonesia
|
02125578787
|
Bank Commonwealth
|
1500030 atau 02129352935
|
Bank BTPN
|
1500300 atau 02124505500
|
Bank Victoria Syariah
|
1500977
|
Bank Jabar Banten Syariah
|
1500727
|
Bank Jasa Jakarta
|
0216920888 atau 0216920999
|
Bank Neo Commerce
|
1500190
|
Bank Digital BCA
|
1500668
|
Bank National NOBU
|
1500278
|
Bank INA Perdana
|
1500738
|
Bank Panin Syariah
|
02156956100
|
Bank Prima Master
|
0313991488
|
Bank KB Bukopin Syariah
|
0212300912
|
Bank Sahabat Sampoerna
|
1500035
|
Bank Oke Indonesia
|
150112
|
Bank Amar Indonesia
|
02140005859
|
Bank Seabank Indonesia
|
1500130
|
Bank BCA Syariah
|
1500888
|
Bank JAGO
|
1500746 atau 02130000746
|
Bank BTPN Syariah
|
0211500300
|
Bank Multiarta Sentosa
|
02130002500
|
Bank Fama Internasional
|
1500333
|
Bank Mandiri Taspen
|
14024
|
Bank Victoria Internasional
|
0215228888
|
Bank Allo
|
08041104110
|
Nama Bank
|
Call Center
|
Bank Jawa Barat dan Banten
|
14049
|
Bank DKI
|
1500351
|
Bank Daerah Istimewa Yogyakarta
|
0274375127 atau 08112993666
|
Bank Jawa Tengah
|
14066
|
Bank Jawa Timur
|
14044
|
Bank Jambi
|
0741668612
|
Bank Aceh Syariah
|
1500845
|
Bank Sumatera Utara
|
14002
|
Bank Nagari
|
150234
|
Bank Riau Kepri Syariah
|
1500470
|
Bank Sumatera Selatan dan Bangka Belitung
|
1500711
|
Bank Lampung
|
1500575
|
Bank Kalimantan Selatan
|
08001122000
|
Bank Kalimantan Barat
|
08071888123
|
Bank Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara
|
1500124
|
Bank Kalimantan Tengah
|
1500526
|
Bank Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat
|
1500855
|
Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo
|
1500659
|
Bank NTB Syariah
|
1500667
|
Bank Bali
|
1500844
|
Bank Nusa Tenggara Timur
|
14013
|
Bank Maluku dan Maluku Utara
|
0911354214 atau 0911354217
|
Bank Papua
|
0967532011
|
Bank Bengkulu
|
1500133
|
Bank Sulawesi Tengah
|
0451457399
|
Bank Sulawesi Tenggara
|
1500683
|
Bank Banter
|
1500410
|
Nama Bank
|
Call Center
|
Bank Citibank
|
0212529999 atau 1500335
|
Bank JP Morgan Chase
|
02152918000
|
Bank of America
|
02129553748
|
Bank Bangkok Indonesia
|
0212311008
|
Bank MUFG
|
02125538300 atau 02130048200
|
Bank Standard Chartered
|
02157999988
|
Bank Deutsche AG
|
02129644401
|
Modus penipuan perbankan
Ada lebih dari satu modus penipuan mengatasnamakan bank konvensional dan syariah yang sering terjadi dan ini perlu diketahui masyarakat khususnya nasabah bank. Dengan begitu, kamu sebagai nasabah bank bisa mawas diri.
Penipuan yang menggunakan pesan teks atau e-email, umumnya akan mengirimkan tautan link yang mengarahkan korban untuk membuka situs pelaku, kemudian korban diminta untuk mengisi data-data yang berujung pebobolan rekening.
Misalnya saja, pelaku menawarkan nasabah untuk menaikkan limit kartu kredit atau mengikuti program tabungan terbaru. Jika korban berminat, maka pelaku akan mengarahkan korban untuk menginformasikan data bank nasabah.
Baca Juga: Sering Dapat SMS Penipuan, Ini Caranya Lapor ke OJK
Mulai dari tidak mudah percaya atau tertarik dengan penawaran dari orang yang tidak jelas melalui SMS atau telepon. Maka dari itu, penting untuk mencatat setiap nomor call center agar tidak menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan perbankan.
Jika kamu sudah terlanjur menjadi korban penipuan, segera buat laporan kepolisian melalui situ www.lapor.go.id. Berikut tahapannya: