Setiap mengalami masalah terkait rekeningmu di suatu bank, tentunya kamu akan dengan sigap menghubungi call center bank terkait. Bahkan, ketika hanya ingin mencari tahu beberapa informasi terkait bank, kamu pasti akan menghubungi call center.
Keberadaan call center ini sangat memudahkan nasabah untuk menyelesaikan masalah perbankan mereka, tidak perlu lagi untuk mendatangi kantor cabang bank. Dengan begitu, waktu dan energi yang terbuang menjadi begitu minim.
Namun, di antara kenyamanan call center ini, kamu pun tetap harus berhati-hati dan waspada jika menemukan nomor telepon call center yang tertempel di ATM. Bisa saja, nomor tersebut ditempel oleh pihak tidak bertanggung jawab yang kemudian akan menguras habis rekeningmu.
Nah, agar tidak terkena tipu karena salah menelpon call center, ada baiknya mengecek langsung situs resmi bank. Kamu pun juga bisa menyimak daftar call center bank berikut ini.
Sekilas Tentang Call Center Bank
Call Center Bank
Call center bank merupakan layanan yang disediakan oleh pihak perbankan sebagai pusat panggilan yang memberikan berbagai informasi terkait produk atau layanan pada nasabah. Call center bank dapat menjadi tempat “curhat” para nasabah.
Salah satu fungsi call center adalah menjawab semua pertanyaan nasabah. Jika nasabah memiliki pertanyaan dan keluhan, customer service di call center pun akan membantu menyelesaikannya.
Tugas dan Tanggung Jawab Call Center Bank
-
Memberikan Informasi Produk atau Jasa
Sebagai garda terdepan dari layanan perbankan, tentunya seorang yang bekerja di call center bank harus memahami secara tepat segala informasi terkait produk dan jasa yang diberikan bank. Tidak hanya informasi dasar tentang produk, tetapi informasi yang tidak diketahui oleh khalayak umum.
-
Memberikan Solusi untuk Nasabah
Ketika nasabah menggunakan layanan call center, tentunya ada hal yang mengusik mereka, baik itu ada masalah maupun kebingungan. Segala pertanyaan yang diutarakan oleh nasabah akan dijawab oleh petugas call center.
Nah, agar dapat memberikan solusi yang tepat, para petugas call center ini perlu mendengarkan secara seksama masalah yang diutarakan oleh nasabah. Tidak hanya mendengarkan, tetapi cara menyampaikan solusinya pun juga harus sopan.
-
Menjaga Hubungan dengan Nasabah
Jika melihat posisi nasabah yang kebingungan terhadap suatu masalah, tentunya ia akan merasa panik dan tidak nyaman dengan kondisi tersebut. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, salah satu tugasnya adalah mendengarkan secara seksama dan memberikan tanggapan secara sopan.
Tidak awam lagi bahwa seringkali petugas call center mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakkan dari nasabah. Meskipun demikian, petugas call center pun juga tetap harus sabar dan menjaga hubungannya dengan nasabah.
-
Melakukan Penjualan
Tak bisa dipungkiri lagi bahwa panggilan masuk ke klien atau nasabah dari bank merupakan tawaran produk atau jasa perbankan. Itulah salah satu tugas dari petugas call center bank, untuk melakukan penjualan. Mereka akan menelepon nasabah dan menawarkan berbagai produk hingga akhirnya nasabah pun menggunakan produknya.
Layanan Call Center
Adapun berbagai layanan call center bank sebagai berikut.
-
Layanan Panggilan Masuk (Inbound Call)
Seperti namanya, jenis layanan ini merupakan panggilan yang masuk ke perusahaan. Jenis layanan inilah yang umumnya terjadi. Jika nasabah ingin mencari informasi, layanan inilah yang digunakannya.
-
Pusat Panggilan Keluar (Outbound Call)
Berbeda dengan layanan sebelumnya, layanan ini merupakan panggilan yang keluar dari perusahaan alias perusahaan yang melakukan panggilan ke nasabah atau klien. Jangan heran jika kamu mendapatkan telepon dari pihak bank. Sebab, salah satu layanan call center bank adalah melakukan panggilan keluar.
-
Pusat Panggilan Domestik
Panggilan domestik ini merupakan bentuk layanan yang dilakukan secara domestik atau hanya di dalam negeri saja. Biasanya, setiap bank memiliki nomor call center masing-masing yang dapat dihubungi dari seluruh Indonesia. Jadi, jika sedang berada di wilayah Indonesia, di mana pun itu, kamu dapat mengeluhkan masalahmu pada petugas call center bank.
-
Pusat Panggilan Internasional
Jenis panggilan ini dilakukan secara internasional atau antarnegara. Jika kamu melakukan panggilan ke call center dari luar negeri, panggilan tersebut merupakan panggilan internasional.
Kadang, nomor call center beberapa bank tidak dapat digunakan untuk panggilan internasional ini. Meskipun demikian, pihak bank tersebut menyediakan nomor yang dapat dihubungkan secara internasional. Nah, jika sedang liburan ke luar negeri dan ada masalah dengan produk perbankanmu, kamu bisa menggunakan nomor-nomor ini.
Daftar Call Center Bank di Indonesia
Penting sekali bagi kamu untuk mengetahui nomor call center bank. Sebab, penipuan bisa saja terjadi menggunakan nomor-nomor call center ini.
Misalnya, jika pergi ke ATM nomor call center palsu dapat terpampang pada mesin ATM. Sebaiknya, jangan langsung menelepon nomor tersebut, meskipun dalam keadaan panik. Langsung buka website resmi dari bank yang dituju agar lebih pasti.
Selain itu, kamu juga bisa melihat daftar nomor call center yang ada di mesin pencarian. Berikut ini daftar call center bank resmi yang ada di Indonesia berdasarkan jenis banknya.
-
Call Center Bank Umum Persero
Nama Bank
Call Center
Bank BRI
14017 atau 1500017
Bank Mandiri
14000
Bank BNI
1500046
Bank BTN
1500286
-
Call Center Bank Swasta Nasional
Nama Bank
Call Center
Bank Danamon
1500090
Bank Permata
1500111
Bank BCA
1500888
Bank Maybank
1500611
Bank Panin
1500678 atau 60678
Bank CIMB Niaga
14041
Bank UOB Indonesia
14008
Bank OCBC NISP
1500999
Bank Artha Graha Internasional
08001918880
Bank Bumi Arta
0212300 455 atau 0212300 893
Bank HSBC Indonesia
1500700
Bank JTrust Indonesia
1500615
Bank Mayapada Internasional
1500029
Bank of India Indonesia
0213500007
Bank Mualamat
02180668060
Bank Mestika Dharma
14083
Bank Shinhan Indonesia
1500881
Bank Sinarmas
1500153 atau 02150188888
Bank Maspion Indonesia
0315316999
Bank Ganesha
1500169
Bank ICBC Indonesia
1500198
Bank QNB Indonesia
02130055300
Bank Woori Saudara Indonesia
1500012
Bank Mega
08041500010
Bank KB Bukopin
14005
Bank Syariah Indonesia
14040
Bank KEB Hana Indonesia
1500021
Bank MNC Internasional
1500188
Bank Raya Indonesia
1500494
Bank SBI Indonesia
08001724636 atau 02139838747
Bank Mega Syariah
08041500010
Bank Index Selindo
1500670
Bank Mayora
0215696695
Bank China Construction Bank Indonesia
021566 3809 atau 021566 8292
Bank DBS Indonesia
1500327
Bank Resona Perdania
021570 1445
Bank Mizuho Indonesia
021392-5222
Bank Capital Indonesia
02127938883
Bank BNP Paribas Indonesia
02150814789
Bank ANZ Indonesia
08041000269 and 02180862030
Bank IBK Indonesia
1500978
Bank Aladin Syariah
02185500947
Bank CTBC Indonesia
02125578787
Bank Commonwealth
1500030 atau 02129352935
Bank BTPN
1500300 atau 02124505500
Bank Victoria Syariah
1500977
Bank Jabar Banten Syariah
1500727
Bank Jasa Jakarta
0216920888 atau 0216920999
Bank Neo Commerce
1500190
Bank Digital BCA
1500668
Bank National NOBU
1500278
Bank INA Perdana
1500738
Bank Panin Syariah
02156956100
Bank Prima Master
0313991488
Bank KB Bukopin Syariah
0212300912
Bank Sahabat Sampoerna
1500035
Bank Oke Indonesia
150112
Bank Amar Indonesia
02140005859
Bank Seabank Indonesia
1500130
Bank BCA Syariah
1500888
Bank JAGO
1500746 atau 02130000746
Bank BTPN Syariah
0211500300
Bank Multiarta Sentosa
02130002500
Bank Fama Internasional
1500333
Bank Mandiri Taspen
14024
Bank Victoria Internasional
0215228888
Bank Allo
08041104110
-
Bank Pembangunan Daerah
Nama Bank
Call Center
Bank Jawa Barat dan Banten
14049
Bank DKI
1500351
Bank Daerah Istimewa Yogyakarta
0274375127 atau 08112993666
Bank Jawa Tengah
14066
Bank Jawa Timur
14044
Bank Jambi
0741668612
Bank Aceh Syariah
1500845
Bank Sumatera Utara
14002
Bank Nagari
150234
Bank Riau Kepri Syariah
1500470
Bank Sumatera Selatan dan Bangka Belitung
1500711
Bank Lampung
1500575
Bank Kalimantan Selatan
08001122000
Bank Kalimantan Barat
08071888123
Bank Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara
1500124
Bank Kalimantan Tengah
1500526
Bank Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat
1500855
Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo
1500659
Bank NTB Syariah
1500667
Bank Bali
1500844
Bank Nusa Tenggara Timur
14013
Bank Maluku dan Maluku Utara
0911354214 atau 0911354217
Bank Papua
0967532011
Bank Bengkulu
1500133
Bank Sulawesi Tengah
0451457399
Bank Sulawesi Tenggara
1500683
Bank Banter
1500410
-
Call Center Bank yang Berkedudukan di Luar Negeri
Nama Bank
Call Center
Bank Citibank
0212529999 atau 1500335
Bank JP Morgan Chase
02152918000
Bank of America
02129553748
Bank Bangkok Indonesia
0212311008
Bank MUFG
02125538300 atau 02130048200
Bank Standard Chartered
02157999988
Bank Deutsche AG
02129644401
Baca Juga: Waspadai Modus Penipuan Mengatasnamakan Bank dan Tips Menghindarinya
Modus Penipuan Perbankan yang Marak Terjadi
Modus penipuan perbankan
Ada lebih dari satu modus penipuan mengatasnamakan bank konvensional dan syariah yang sering terjadi dan ini perlu diketahui masyarakat khususnya nasabah bank. Dengan begitu, kamu sebagai nasabah bank bisa mawas diri.
-
Phishing
Phising merupakan modus penipuan yang dilakukan melakukan e-mail, pesan teks atau juga telepon. Pelaku akan menggunakan nama bank untuk memperoleh informasi nasabah seperti data sensitive mulai dari nama lengkap, password, informasi kartu debit atau kartu kredit.
Penipuan yang menggunakan pesan teks atau e-email, umumnya akan mengirimkan tautan link yang mengarahkan korban untuk membuka situs pelaku, kemudian korban diminta untuk mengisi data-data yang berujung pebobolan rekening.
-
Impersonation
Modus penipuan impersonation ini, biasanya pelaku akan berpura-pura sebagai pihak bank, kemudian menawarkan layanan atau produk bank yang terbaru dan menguntungkan.
Misalnya saja, pelaku menawarkan nasabah untuk menaikkan limit kartu kredit atau mengikuti program tabungan terbaru. Jika korban berminat, maka pelaku akan mengarahkan korban untuk menginformasikan data bank nasabah.
-
Vishing
Penipuan menggunakan modus vishing (voice phishing) ini, pelaku menggunakan telepon untuk mengelabui korban seakan-akan korban mendapatkan hadiah karena sudah menjadi nasabah setia. Jika korban sudah masuk perangkap pelaku, tugas selanjutnya pelaku hanya meminta korban untuk memberikan data bank.
-
Smishing
Modus penipuan juga ada yang melalui pesan teks atau SMS. Biasasnya pelaku akan mengirimkan SMS yang mengatasnamakan bank, kemudian isinya berupa informasi mendapat hadiah tunai, mobil dan lainnya. Agar hadiah tersebut bisa diklaim, wajib klik link yang telah tertaut situs pelaku.
Catatan: Penipuan bisa melakukan media dan cara apa saja. Ada yang dengan iming-iming mendapat hadiah dari bank, bonus uang tunai yang berujung pembobolan rekening atau kartu kredit. Bahkan, ada pula penipuan yang meminta korban untuk melakukan transfer karena ada anggota keluarga korban yang mengalami kecelakaan di jalan dan sebagainya.
Baca Juga: Sering Dapat SMS Penipuan, Ini Caranya Lapor ke OJK
Jadilah Nasabah yang Cerdas
Meski hukum berjalan, tapi tetap saja penipuan marak terjadi hanya demi meraup keuntungan semata. Untuk itu, kamu sebagai masyarakat atau nasabah perlu cerdas dalam menyikapi penipuan ini.
Mulai dari tidak mudah percaya atau tertarik dengan penawaran dari orang yang tidak jelas melalui SMS atau telepon. Maka dari itu, penting untuk mencatat setiap nomor call center agar tidak menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan perbankan.
Jika kamu sudah terlanjur menjadi korban penipuan, segera buat laporan kepolisian melalui situ www.lapor.go.id. Berikut tahapannya:
- Pilih kategori pelaporan, yakni “Pengaduan”
- Tulis judul pelaporan
- Tuliskan detil kejadian penipuan, meliputi nama akun penipu, jumlah kerugian, dan keterangan lainnya secara lengkap
- Pilih tanggal kejadian
- Pilih lokasi kejadian
- Pilih instansi (kementrian atau Pemprov) tujuan yang berkaitan dengan laporanmu
- Pilih kategori “Tindak Pidana” pada kategori “Situasi Khusus”
- Upload lampiran (jika ada) dengan ukuran maksimal 2 MB.
- Pilih kategori pengadu
- Klik LAPOR!
- Isi data diri, setujui syarat dan ketentuan layanan, lalu laporanmu selesai diajukan
Baca Juga: Waspada, Penipuan Perumahan Berkedok Syariah Lagi Marak