Google Adwords merupakan salah satu fitur Google yang dapat menampilkan berbagai iklan berbayar pada hasil pencarian Google itu sendiri. Ini akan berkaitan dengan kata kunci tertentu, yang biasanya digunakan atau diketikkan untuk mencari sesuatu pada halaman Google.
Adwords Google ini biasanya banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online. Sebab, layanan ini kerap digunakan untuk mempromosikan bisnis sehingga lebih banyak orang yang bisa menemukan bisnis produk yang mereka tawarkan secara online.
Baca juga: 10 Tips Membuat Iklan Properti yang Menarik
Google Adwords
Era digital merupakan masa ketika aktivitas bisnis mengalami banyak sekali perubahan, termasuk dalam sistem pemasaran dan juga promosinya. Jika dulu berbagai produk dijual secara offline, dalam perkembangan internet, berbagai produk ini kini bisa dipasarkan secara online.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendukung sistem pemasaran dan promosi tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan layanan Google Adword. Ini merupakan solusi yang diberikan Google untuk para pebisnis dengan fitur yang satu ini dapat diandalkan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.
Google Adword adalah satu dari sejumlah fitur Google yang bisa dimanfaatkan untuk mengiklankan produk atau bisnis pada halaman pencarian Google. Hal ini dilakukan dengan menerapkan keyword tertentu yang relevan dengan bisnis itu sendiri.
Fitur unggulan yang satu ini bisa menjadi solusi pemasaran yang tepat, terutama bagi pebisnis yang berfokus pada aktivitas bisnis online. Jika diterapkan dengan langkah yang benar, layanan Google Adwords Indonesia ini bisa memberikan banyak keuntungan dan kemudahan dalam pemasaran bisnis.
Pada akhir bulan Juli 2018 lalu, secara resmi nama Google Adword diubah menjadi Google Ads. Meski namanya berbeda, pihak Google sendiri mengklaim bahwa layanan yang satu ini tidak mengalami perubahan dan tetap menggunakan sistem dan fitur yang sama dengan sebelumnya.
Baca juga: Ingin Cepat Laku? Ini Rekomendasi Tempat Pasang Iklan Rumah Beserta Tipsnya
Iklan merupakan kebutuhan tersendiri dalam bisnis, terutama bisnis online. Target yang akan disasar dalam iklan ini akan menjadi lebih mudah untuk dicapai, jika pebisnis menggunakan Google Adwords Indonesia dengan cara yang tepat sejak awal.
Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh layanan Adwords Google.
Sedangkan untuk Indonesia, Google bahkan menguasai pangsa pasar ini hingga mencapai 97%. Kenyataan ini sekaligus membuat peluang positif yang bisa didapatkan dari penggunaan Google Adword juga menjadi sangat besar sehingga fitur ini bisa memberikan dampak positif dalam pertumbuhan bisnis online.
Selain itu, pengguna Google Adword adalah pihak yang akan diberikan kebebasan untuk mengatur iklan yang mereka pasang sehingga peluang untuk memasang iklan yang relevan dengan bisnis menjadi begitu besar. Hal ini tentu membuka peluang kesuksesan iklan tersebut menjadi lebih tinggi.
Pengguna Google Adwords bisa menentukan sendiri pada perangkat apa saja iklan mereka akan muncul. Bukan hanya itu saja, pengguna layanan ini juga bisa mengatur jadwal tayang iklan tersebut, apakah sepanjang hari atau mungkin hanya dalam waktu-waktu tertentu saja.
Semua kemudahan yang diberikan Google Adword adalah sesuatu yang sangat positif dan bisa membantu pengguna layanan ini untuk memilih target pasar yang lebih spesifik. Hal ini juga akan sekaligus membuat iklan menjadi tepat sasaran dan bisa mencapai target dengan baik.
Jika menginginkan layanan iklan yang lebih terjangkau, pengguna Adwords Google bisa memanfaatkan layanan Pay Per Click (PPC) yang menggunakan tarif lebih murah. Artinya, biaya bukanlah alasan untuk tidak menggunakan layanan yang satu ini, bukan?
Pilihlah target lokasi yang tepat sehingga iklan yang akan dipasang bisa tepat sasaran dan memberikan dampak positif bagi bisnis tersebut. Misalnya, memilih target di sekitar Jakarta saja, memilih target di seluruh Indonesia, dan yang lainnya.
Pemilihan kategori ini dibutuhkan untuk menentukan pasar yang akan dituju dengan baik sehingga target tersebut dapat dicapai. Sebaliknya, jika kategori yang dipilih salah, sudah tentu iklan ini akan menyasar target yang tidak sesuai sehingga peluang kesuksesannya menjadi lebih kecil.
Biasanya, headline iklan dibatasi hingga 30 kata saja, sedangkan iklan itu sendiri bisa dibuat sampai 80 kata. Selain itu, deskripsikanlah bisnis dengan cara yang tepat dan jelas, sehingga iklan mudah untuk dipahami dengan baik oleh target.
Jika baru menggunakan layanan ini untuk pertama kalinya, tidak ada salahnya untuk memilih iklan dengan biaya paling rendah dulu. Atau, jika budget iklan yang dimiliki terbatas, maka menggunakan layanan PPC tentu bisa menjadi pertimbangan.