Sabtu 04 Feb 2023 13:00 WIB

Mengenal Google Adwords: Keunggulan dan Cara Menggunakannya

Dalam sebuah bisnis, tentunya ada pemasangan iklan secara online, salah satunya melalui Google. Alat pemasangan iklan tersebut disebut Google Adwords.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Google Adwords merupakan salah satu fitur Google yang dapat menampilkan berbagai iklan berbayar pada hasil pencarian Google itu sendiri. Ini akan berkaitan dengan kata kunci tertentu, yang biasanya digunakan atau diketikkan untuk mencari sesuatu pada halaman Google.

Adwords Google ini biasanya banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online. Sebab, layanan ini kerap digunakan untuk mempromosikan bisnis sehingga lebih banyak orang yang bisa menemukan bisnis produk yang mereka tawarkan secara online.

Baca juga: 10 Tips Membuat Iklan Properti yang Menarik

Apa itu Google Adwords?

google adwords

Google Adwords

Era digital merupakan masa ketika aktivitas bisnis mengalami banyak sekali perubahan, termasuk dalam sistem pemasaran dan juga promosinya. Jika dulu berbagai produk dijual secara offline, dalam perkembangan internet, berbagai produk ini kini bisa dipasarkan secara online.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendukung sistem pemasaran dan promosi tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan layanan Google Adword. Ini merupakan solusi yang diberikan Google untuk para pebisnis dengan fitur yang satu ini dapat diandalkan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

Google Adword adalah satu dari sejumlah fitur Google yang bisa dimanfaatkan untuk mengiklankan produk atau bisnis pada halaman pencarian Google. Hal ini dilakukan dengan menerapkan keyword tertentu yang relevan dengan bisnis itu sendiri.

Fitur unggulan yang satu ini bisa menjadi solusi pemasaran yang tepat, terutama bagi pebisnis yang berfokus pada aktivitas bisnis online. Jika diterapkan dengan langkah yang benar, layanan Google Adwords Indonesia ini bisa memberikan banyak keuntungan dan kemudahan dalam pemasaran bisnis.

Pada akhir bulan Juli 2018 lalu, secara resmi nama Google Adword diubah menjadi Google Ads. Meski namanya berbeda, pihak Google sendiri mengklaim bahwa layanan yang satu ini tidak mengalami perubahan dan tetap menggunakan sistem dan fitur yang sama dengan sebelumnya.

Baca juga: Ingin Cepat Laku? Ini Rekomendasi Tempat Pasang Iklan Rumah Beserta Tipsnya

Keunggulan Layanan Google Adwords

Google Adwords Indonesia akan membantu pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya dengan lebih pesat. Inilah alasan banyak orang untuk selalu konsisten menggunakan layanan yang satu ini di dalam bisnis yang mereka jalankan.

Iklan merupakan kebutuhan tersendiri dalam bisnis, terutama bisnis online. Target yang akan disasar dalam iklan ini akan menjadi lebih mudah untuk dicapai, jika pebisnis menggunakan Google Adwords Indonesia dengan cara yang tepat sejak awal.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh layanan Adwords Google.

  1. Google adalah Penguasa Pasar Online

    Google merupakan layanan pencarian yang paling banyak digunakan hingga saat ini, bahkan menguasai sebagian besar kebutuhan pencarian mesin pencari di seluruh dunia. Hingga saat ini, layanan yang satu ini menguasai hampir seluruhnya pangsa pasar untuk mesin pencari, yakni sekitar 92% secara global.

    Sedangkan untuk Indonesia, Google bahkan menguasai pangsa pasar ini hingga mencapai 97%. Kenyataan ini sekaligus membuat peluang positif yang bisa didapatkan dari penggunaan Google Adword juga menjadi sangat besar sehingga fitur ini bisa memberikan dampak positif dalam pertumbuhan bisnis online.

  2. Memiliki Target Pasar yang Spesifik

    Saat menggunakan layanan Google Adwords Indonesia, pebisnis bisa menentukan sendiri siapa saja target pasar yang akan ditujunya. Google Adword memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk memperluas target pasar atau bahkan membatasinya hanya dalam wilayah tertentu saja.

    Selain itu, pengguna Google Adword adalah pihak yang akan diberikan kebebasan untuk mengatur iklan yang mereka pasang sehingga peluang untuk memasang iklan yang relevan dengan bisnis menjadi begitu besar. Hal ini tentu membuka peluang kesuksesan iklan tersebut menjadi lebih tinggi.

    Pengguna Google Adwords bisa menentukan sendiri pada perangkat apa saja iklan mereka akan muncul. Bukan hanya itu saja, pengguna layanan ini juga bisa mengatur jadwal tayang iklan tersebut, apakah sepanjang hari atau mungkin hanya dalam waktu-waktu tertentu saja.

    Semua kemudahan yang diberikan Google Adword adalah sesuatu yang sangat positif dan bisa membantu pengguna layanan ini untuk memilih target pasar yang lebih spesifik. Hal ini juga akan sekaligus membuat iklan menjadi tepat sasaran dan bisa mencapai target dengan baik.

  3. Menawarkan Biaya yang Hemat

    Google Adword adalah layanan iklan yang ramah di kantong sehingga tidak akan membuat biaya pemasaran bisnis menjadi membengkak. Iklan dengan menggunakan Adwords Google bahkan bisa dimulai dengan budget yang kecil, yakni mulai dari Rp50 ribu saja.

    Jika menginginkan layanan iklan yang lebih terjangkau, pengguna Adwords Google bisa memanfaatkan layanan Pay Per Click (PPC) yang menggunakan tarif lebih murah. Artinya, biaya bukanlah alasan untuk tidak menggunakan layanan yang satu ini, bukan?

Baca jug: Inilah Cara Membuat Iklan Produk yang Efektif pada Media Online

Cara Menggunakan Google Adwords

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menggunakan layanan Google Adwords Indonesia.

  1. Buat Akun Google

    Jika sudah memiliki akun Gmail, langkah yang satu ini tidak perlu dilakukan. Namun, jika tidak ingin menerima email dari layanan yang satu ini, tidak ada salahnya untuk membuat akun Google yang baru khusus untuk keperluan Adwords Google ini.

  2. Tentukan Goal

    Jika sudah login ke layanan Google Adword, temukan halaman utama yang memuat “pick a goal for your ads“. Terdapat 3 goal pada bagian ini, yakni:

    • Call your business.
    • Visit your storefront.
    • Take an action on your website.

    Baca dan pahami dengan baik ketiga goal tersebut dengan baik terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan meng-klik menu “Pick goal” yang terdapat pada sisi kanan bawah.

  3. Pilih Target Lokasi

    Langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk menggunakan Google Adword adalah dengan menentukan target lokasi. Pada dasarnya, Google memberikan kebebasan pada pengguna untuk memperluas atau bahkan mempersempit target lokasi yang akan mereka jangkau.

    Pilihlah target lokasi yang tepat sehingga iklan yang akan dipasang bisa tepat sasaran dan memberikan dampak positif bagi bisnis tersebut. Misalnya, memilih target di sekitar Jakarta saja, memilih target di seluruh Indonesia, dan yang lainnya.

  4. Pilih Kategori

    Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah memilih kategori bisnis yang akan ditawarkan. Misalnya, jika menjalankan bisnis fashion, pilih kategori tersebut untuk melanjutkan proses berikutnya.

    Pemilihan kategori ini dibutuhkan untuk menentukan pasar yang akan dituju dengan baik sehingga target tersebut dapat dicapai. Sebaliknya, jika kategori yang dipilih salah, sudah tentu iklan ini akan menyasar target yang tidak sesuai sehingga peluang kesuksesannya menjadi lebih kecil.

  5. Buat Copy Iklan

    Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat copy iklan yang akan digunakan untuk bisnis ini. Pahami dengan baik apa saja aturan yang diterapkan Google Adwords terkait dengan hal yang satu ini terlebih dahulu, agar iklan yang dihasilkan juga bisa tayang.

    Biasanya, headline iklan dibatasi hingga 30 kata saja, sedangkan iklan itu sendiri bisa dibuat sampai 80 kata. Selain itu, deskripsikanlah bisnis dengan cara yang tepat dan jelas, sehingga iklan mudah untuk dipahami dengan baik oleh target.

  6. Tentukan Biaya

    Tentukan biaya yang akan digunakan untuk iklan di Google Adword ini. Tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan iklan dengan biaya mahal, sebab Google sendiri memberikan kebebasan bagi pengguna Adwords Google untuk menentukan biaya ini.

    Jika baru menggunakan layanan ini untuk pertama kalinya, tidak ada salahnya untuk memilih iklan dengan biaya paling rendah dulu. Atau, jika budget iklan yang dimiliki terbatas, maka menggunakan layanan PPC tentu bisa menjadi pertimbangan.

  7. Tentukan Metode Pembayaran

    Google Adwords Indonesia menyediakan banyak akses pembayaran bagi para penggunanya, mulai dari kartu kredit hingga layanan transfer bank. Pilih metode pembayaran yang paling tepat sehingga transaksi ini bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: Dijamin Berhasil! Ini Kiat Sukses Membuat Facebook Ads

Memanfaatkan Google Adwords untuk Mengembangkan Bisnis

Google Adword adalah salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh Google, di mana terdapat banyak fitur pendukung di dalamnya. Layanan yang satu ini memungkinkan para pebisnis untuk memasarkan bisnis mereka dengan lebih mudah dan luas. Memahami dan memanfaatkan layanan Google Adword dengan cara yang tepat, sehingga layanan ini bisa membantu bisnis berkembang dengan pesat kedepannya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement