Jumat 17 Feb 2023 18:00 WIB

Glints, Situs Pencari Kerja Buat Fresh Graduate

Mencari peluang karir kini bisa melalui berbagai macam media, salah satunya adalah Glints. Kenali apa itu Glints beserta proses rekruitmennya.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Para fresh graduate atau pencari kerja pasti sudah tidak asing lagi dengan situs Glints, kan? Glints adalah salah satu situs pencari kerja apik yang ada di Indonesia. Glints akan menjadi jembatan penghubung antara pencari kerja dan perusahaan.

Glints menyediakan situs yang user friendly, jadi mudah dipahami para jobseeker. Sudah pernah coba melamar kerja melalui Glints belum? Agar makin mantap cobain Glints, yuk kenal Glints lebih dekat lewat informasi berikut!

Baca juga: Tips Sukses Mengaplikasikan Hustle Culture secara Positif untuk Tingkatkan Karir dan Keuangan

 

Sekilas Tentang Glints Indonesia

glints

Glints

Glints adalah startup yang bergerak di bidang jasa pengembangan karir. Perusahaan ini berasal dari Singapura yang membantu para fresh graduate untuk mencari pekerjaan sesuai skill dan passion yang dimiliki. Alhasil, fresh graduate bisa segera menemukan pekerjaan impiannya.

Glints pertama kali didirikan pada Bulan Agustus 2013 silam oleh tiga orang anak muda. Ada Oswald Yeo, Looi Qin En, dan Seah Ying Cong. Tiga tahun kemudian, ketiganya melakukan ekspansi ke Indonesia, tepatnya pada tahun 2016.

Glints hadir sebagai platform untuk mengembangkan karir. Platform ini membantu fresh graduate maupun yang berpengalaman untuk menemukan passion sekaligus mengembangkan karir. Setidaknya ada sekitar 2.000 perusahaan yang bergabung di Glints, baik startup maupun perusahaan multinasional.

Bergabung di Glints tidak dipungut biaya apapun. Maka, pendiri Glints menargetkan bisa memiliki 1 juta pengguna pada tahun pertama. Dengan harapan jumlah pengguna bertambah banyak seiring berjalannya waktu.

Tidak hanya di Jakarta, Glints berharap dapat melakukan ekspansi ke beberapa kota besar di Indonesia, agar makin banyak anak muda yang dimudahkan saat mencari kerja. Dengan demikian, gap year antara tanggal kelulusan dan bekerja tidak terlalu lama.

Manfaat Melamar Pekerjaan di Glints

Glints hadir menawarkan segudang manfaat bagi para pelamar kerja. Adapun manfaat tersebut, di antaranya:

  • Menyediakan lowongan pekerjaan dari ribuan perusahaan yang ada di Indonesia, baik perusahaan startup maupun multinasional.
  • Menyediakan ruang untuk bertanya dan berdiskusi agar pelamar kerja makin mantap saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan.
  • Pengguna dapat belajar skill di bidang tertentu, seperti marketing , desain, coding, data, dan sebagainya langsung dari para ahli.
  • Fiturnya user friendly.
  • Dapat pemberitahuan melalui email tentang proses lamaran kerja sehingga pelamar kerja mendapat kejelasan saat melamar.

Baca juga: Kenali Tugas, Tantangan dan Peluang Karir Jadi Talent Acquisition

Fitur yang Disediakan Glints

Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf di atas, Glints memiliki beberapa fitur untuk memanjakan para pengguna. Kira-kira apa saja fitur di dalamnya?

  1. Live Career Consultations

    Melalui fitur ini, pelamar kerja dapat bertanya, berdiskusi, dan berkonsultasi seputar lowongan kerja. Misalnya, cara membuat CV yang menarik, pertanyaan yang ditanyakan saat wawancara kerja berlangsung, dan sebagainya. Informasi yang didapatkan menjadi bekal bagi para pelamar saat melamar kerja.

    Selain itu, Glints juga memberikan kesempatan bagi pelamar untuk magang maupun bekerja paruh waktu. Keduanya bisa didapatkan melalui fitur ini. Tentunya, setelah kamu punya akun di Glints, ya!

  2. Community

    Salah satu fitur terbaru di Glints adalah Community. Fitur ini menyediakan ruang bagi para pelamar untuk tanya jawab seputar pekerjaan. Bisa juga dijadikan ruang untuk berbagi pengalaman selama terjun ke dunia kerja.

    Melalui fitur ini, kamu yang belum punya pengalaman kerja mendapat gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya. Kamu bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum masuk ke dunia kerja. Ketika diterima di salah satu perusahaan nanti, kamu bisa cepat beradaptasi.

  3. Dynamic Career and Skills Path Explorer

    Untuk memudahkan pencarian kerja, pelamar harus mempunyai skills yang dibutuhkan oleh perusahaan. Melalui fitur ini, kamu akan mendapat insight tentang keahlian yang perusahaan butuhkan. Jadi, tidak asal-asal melamar kerja saja.

    Jika keahlian tersebut tidak ada dalam dirimu, kamu bisa mencari lowongan kerja lain yang lebih sesuai. Sesuaikan juga dengan minat dalam berkarir. Ketika semuanya sesuai, kamu akan makin enjoy menjalani pekerjaan nantinya.

  4. GlintsAcademy

    Glints Academy merupakan fitur untuk belajar keahlian programming selama 9 minggu berturut-turut. Program pembelajaran yang ditawarkan, seperti CSS, HTML, SQL, JavaScript, dan Node.JS. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan, ya!

    Melalui program ini juga, kemampuan Bahasa Inggris akan diasah. Tujuannya agar kamu dapat bersaing, baik di kancah nasional maupun internasional. Kesempatan bekerja terbuka lebar untukmu.

Keunggulan Glints Dibandingkan Portal Pekerjaan Lain

Meskipun masih tergolong baru, platform Glints terus bertumbuh setiap tahun. Glints bahkan menjadi portal yang diminati para fresh graduates dan perusahaan. Hal ini tidak lepas dari keuntungan yang bisa didapatkan dibandingkan portal lain, di antaranya.

  • Proses Cepat

    Glints menawarkan proses pendaftaran yang mudah dan cepat. Cukup dengan registrasi menggunakan akun Google, Facebook, LinkedIn, atau email. Setelah itu, tinggal cari pekerjaan yang cocok untukmu.

    Proses rekruitmen pun terbilang cepat. Perusahaan yang dilamar akan memberitahukan hasil screening kurang dari 2 minggu. Jadi, kamu tahu seperti apa status lamaranmu.

    Jika ternyata tidak lolos, kamu tinggal tunggu hasil screening dari perusahaan lainnya. Bisa juga dengan melamar di perusahaan lain, jadi kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk melempar lamaran sebanyak mungkin. Waktumu tidak habis untuk menunggu.

  • Ada fitur Glints TalentHunt

    Tidak hanya bagi pelamar kerja, Glints juga hadir untuk memudahkan perusahaan menemukan kandidat terbaik bagi perusahaan. Melalui fitur Glints TalentHunt, perusahaan dapat mendiskusikan kriteria yang dibutuhkan saat ini. Nanti, Glints akan bantu temukan kandidat dengan bakat terbaik.

    Glints TalentHunt memberikan perusahaan akses untuk masuk ke database talenta terbaik. Didukung dengan teknologi canggih dengan basis AI, mesin pembelajaran, dan data. Tujuannya untuk memudahkan dan mempercepat proses pencarian kandidat terbaik.

    Fitur Glints TalentHunt ini berbayar. Perusahaan harus membayar tarif yang ditentukan apabila kandidat terpilih menandatangani kontrak kerja. Faktur atau invoice akan diterbitkan dan dapat dibayarkan secara kredit selama 30 hari.

Baca juga: Kenali Manfaat dan Tips Membangun Team Building Agar Karir Melesat

Proses Rekruitmen di Glints

Tertarik melamar pekerjaan di Glints? Berikut ini proses rekruitmen di Glints yang perlu diketahui olehmu.

  1. Lamaran dalam Review

    Setelah punya akun di Glints, kamu bisa mencari lowongan yang sesuai dan melamarnya. Lamaran otomatis berubah menjadi “dalam review” yang artinya perusahaan sedang melakukan review pada CV yang kamu kirimkan. Tunggu beberapa hari ke depan dan jangan lupa cek email untuk mendapatkan informasi terbaru.

  2. Lamaran Cocok

    Jika CV yang dikirimkan sesuai, lamaran akan berubah menjadi “cocok” atau “masuk dalam daftar terpilih”. Pemberitahuan akan dikirimkan melalui email. Dalam hal ini, kamu dipersilakan untuk mengikuti tahap rekruitmen selanjutnya.

  3. Proses Wawancara

    Merupakan salah satu proses dalam rekruitmen yang agak mendebarkan, karena menentukan nasibmu ke depannya. Di sini, perusahaan akan melakukan penilaian internal kepada kandidat yang terpilih untuk mengikuti “wawancara”, mulai dari wawancara HRD hingga user.

  4. Proses Offering

    Setelah proses “wawancara” selesai, tahap selanjutnya adalah offering. Tahap ini dilakukan apabila kandidat diterima atau lolos wawancara. Email tentang penawaran pun akan dikirimkan melalui email dan status lamaran berubah menjadi “offered”.

    Jika kandidat tidak lolos wawancara, perusahaan akan memberitahukan hal ini melalui email. Jika tidak ada email selama 2 minggu setelah wawancara dilakukan, itu artinya kamu tidak lolos. Kamu bisa juga cek di status lamaran yang akan berubah menjadi “unsuitable”.

  5. Kandidat Dipekerjakan

    Jika offering perusahaan diterima, status lamaran berubah menjadi “hired”. Kamu tinggal menunggu pemberitahuan selanjutnya tentang waktu penandatanganan kontrak, aturan berpakaian saat ke perusahaan, dan sebagainya. Hal ini akan disampaikan melalui email resmi perusahaan.

  6. Lowongan Ditutup

    Setelah perusahaan menemukan kandidat terbaik, maka lowongan pekerjaan akan ditutup. Kandidat manapun tidak diperbolehkan untuk melamar pada posisi tersebut. Kandidat hanya boleh melamar pada posisi yang masih dibuka oleh perusahaan yang bersangkutan.

Baca juga: Agar Karir Sukses, Simak Cara Menerapkan 5 Etos Kerja Ala Jepang Barikut

Tunjukkan Kemampuan Terbaik Saat Melamar Kerja

Melamar pekerjaan tidaklah mudah, karena butuh proses yang lumayan panjang. Selain itu, ada banyak pesaing yang melamar pada posisi sama. Hal ini otomatis mengurangi peluang untuk diterima oleh perusahaan yang diinginkan.

Tapi, kamu tidak perlu berkecil hati apalagi menyerah sebelum mencoba. Peluang akan bertambah apabila kamu menunjukkan kemampuan terbaik selama proses rekruitmen berlangsung. Persiapkan diri sebaik mungkin agar kamu dilirik perusahaan. Semangat!

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement