Selasa 14 Mar 2023 18:00 WIB

Cukup Menguras Kantong, Ini Kisaran Pajak Mobil Alphard yang Harus Dibayar Tiap Tahun

Ingin membeli Toyota Alphard? Simak dulu biaya pajak yang harus kamu bayar jika memiliki mobil Alphard!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Bukan hal yang mengherankan jika setiap pemilik kendaraan, baik itu mobil atau sepeda motor, diwajibkan untuk membayar tarif pajak kendaraannya setiap tahun. Nominalnya pun beragam dan tergantung dari jenis kendaraan yang dimiliki, nilai jual, pajak progresif, hingga SWDKLLJ. Hal ini berarti semakin mahal kendaraan yang dibeli, beban pajak kendaraan yang harus ditanggung akan menjadi lebih tinggi.

Hal ini berlaku pula pada para pemilik mobil mewah seperti Toyota Alphard. Dengan harga mobil yang bisa dibilang fantastis, pajak mobil Toyota Alphard tentu tidak boleh disepelekan dan harus dimasukkan pada rencana anggaran tahunan. Tergantung dari varian dan tahun produksinya, pajak mobil Alphard tentu berbeda-beda. 

Bagi yang memiliki rencana untuk membeli mobil tersebut, selain menyurvei harga belinya, kamu juga perlu memahami berapa kisaran pajak mobil Alphard terbaru. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan keuangan untuk menyiapkan anggaran khusus pembayaran pajak mobil Toyota Alphard tersebut setiap tahun.

Berikut adalah rincian besaran pajak mobil Toyota Alphard berdasarkan varian dan tahun produksinya. 

 

Kisaran Pajak Mobil Toyota Alphard 2023

Pajak Toyota Alphard

Di antara jenis mobil lainnya, Toyota Alphard memang tergolong sebagai mobil mewah yang memiliki harga selangit. Bisa dibilang, kendaraan jenis MPV tersebut ditujukan untuk konsumen dari kalangan kelas atas dan harganya bisa mencapai miliaran rupiah per unitnya. Dengan harga yang tinggi tersebut, tarif pajak mobil Alphard ini juga tak kalah besarnya.

Mengambil data dari berbagai sumber, berikut adalah kisaran besaran pajak mobil Toyota Alphard terbaru berdasarkan tahun produksi dan variannya. 

Tahun Produksi 2021

Varian 

Tarif Pajak per Tahun

Toyota Alphard AT 2.5 X

11.4 juta

Toyota Alphard AT 2.5 G

13.3 juta

Toyota Alphard AT 3,5 Q

21.5 juta

Tahun Produksi 2020

Varian 

Tarif Pajak per Tahun

Toyota Alphard AT 2.5 X

14.8 juta

Toyota Alphard AT 2.5 G

17.3 juta

Toyota Alphard AT 3,5 Q

28 juta

Tahun Produksi 2019

Varian 

Tarif Pajak per Tahun

Toyota Alphard AT 2.5 X

15.6 juta 

Toyota Alphard AT 2.5 G

18.2 juta

Toyota Alphard AT 3,5 Q

17.1 juta

Toyota Alphard 2.5 S

29.5 juta

Tahun Produksi 2018

Varian 

Tarif Pajak per Tahun

Toyota Alphard AT 2.5 X

15.07 juta

Toyota Alphard AT 2.5 G

17.4 juta

Toyota Alphard AT 3,5 Q

28.3 juta

Tahun Produksi 2017

Varian 

Tarif Pajak per Tahun

Toyota Alphard AT 2.5 X

14.2 juta

Toyota Alphard AT 2.5 G

16.6 juta

Toyota Alphard AT 3,5 Q

27.5 juta

  • Pajak mobil Toyota Alphard varian 2.4 tahun produksi 2016 adalah Rp10.8 juta
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian 2.4 tahun produksi 2014 adalah Rp8.92 juta
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian 2.4 tahun produksi 2013 adalah Rp8.41 juta
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian 2.4 tahun produksi 2012 adalah Rp7.91 juta
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian 2.4 tahun produksi 2011 adalah Rp7.26 juta
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian 2.4 tahun produksi 2010 adalah Rp6.59 juta
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian 2.4 tahun produksi 2009 adalah Rp5.93 juta
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian 2.4 tahun produksi 2008 adalah Rp5.53 juta
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian 2.4 tahun produksi 2007 adalah Rp5 juta
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian 2.4 tahun produksi 2006 adalah Rp4.9 juta
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian 2.4 tahun produksi 2005 adalah Rp4.5 juta 
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian V 3.0 tahun produksi 2004 adalah Rp4.1 juta
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian V 3.0 tahun produksi 2003 adalah Rp4 juta 
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian V 2WD 3.0 tahun produksi 2002 adalah Rp2.58 juta
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian V 4WD 3.0 tahun produksi 2002 adalah Rp2.7 juta
  • Pajak mobil Toyota Alphard varian 3.0 tahun produksi 2000 adalah Rp3.1 juta

Terkait pembayaran pajak mobil Alphard, khususnya yang mempunyai mobil dengan usia mencapai 5 tahun, selalu ingat untuk menyiapkan budget pembayaran pajak 5 tahunannya. Biasanya, beban pajak tersebut dibayarkan tiap usia mobil berada di kelipatan 5 tahun. 

Tentunya, biaya pajak 5 tahunan kendaraan dengan biaya pajak tahunan dan umumnya lebih mahal. Sebab, ada beberapa beban tagihan lain yang diberikan pada wajib pajak, beberapa di antaranya adalah biaya SWDKLLJ, BPKB, STNK, dan juga TNKB. 

Faktor yang Pengaruhi Tarif Pajak Kendaraan

Dengan tarif pajak yang bisa dibilang cukup tinggi tersebut, tentu persiapan anggaran untuk memenuhi tanggungan tersebut harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Sebab, jika sampai terlambat membayarnya, denda keterlambatan pajak kendaraan mewah bisa sangat tinggi dan membebani finansial.

Lantas, apa saja faktor yang membuat tarif pajak kendaraan bisa mahal atau terjangkau? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 3 faktor yang mempengaruhi besaran tarif pajak kendaraan: 

  1. NJKB atau Nilai Jual Kendaraan Bermotor

    Faktor pertama yang mempengaruhi pajak sebuah kendaraan, baik itu mobil atau sepeda motor adalah NJKB. Nilai jual dari kendaraan ini umumnya dirilis pihak agen pemegang merek atau APM. 

    Karena faktor ini, semakin mahal harga sebuah kendaraan, tarif pajak kendaraan yang harus dibayarkan oleh pemiliknya selaku wajib pajak juga kian tinggi. Oleh sebab itu, mobil Alphard yang memiliki harga cukup tinggi juga memiliki beban pajak kendaraan yang tak kalah besarnya. 

  2. Pajak Progresif Kendaraan

    Selain itu, pajak progresif juga menjadi salah satu faktor yang mampu mempengaruhi besaran pajak kendaraan. Secara umum, pajak progresif ini akan membebankan tarif pajak kendaraan lebih mahal tergantung dari jumlah kendaraan yang dimiliki oleh wajib pajak. Semakin banyak jumlah kendaraan yang dimilikinya, biaya pajak yang dibebankan akan menjadi lebih mahal. 

  3. Bobot Kendaraan 

    Faktor pengaruh besaran pajak sebuah kendaraan yang terakhir adalah bobot. Kendaraan dengan bobot yang besar umumnya akan dikenakan dengan tarif pajak yang lebih mahal. Alasannya karena bobot kendaraan tersebut mencerminkan tingkat pencemaran lingkungan dan kerusakan jalan yang mampu diakibatkan oleh penggunaan kendaraan tersebut. 

Ulasan Singkat Spesifikasi Mobil Toyota Alphard

Harga mobil Toyota Alphard yang bisa mencapai angka miliaran rupiah tentu memiliki beragam spesifikasi yang memiliki kualitas yang tak kalah menariknya. Pada mesinnya sendiri, mobil ini dibenamkan mesin jenis 2AR-FE yang memiliki kapasitas mendekati 2,5 ribu cc, DOHC, 4 silinder, dan Dual VVT-l pada varian X dan G.

Dengan penyematan mesin tersebut, tenaga yang dimiliki oleh mobil ini mencapai 177,5 tenaga kuda di putaran mesin 6 ribu rpm serta torsi maksimal 234,3 Nm di putaran mesin 4,1 ribu rpm. 

Pada Toyota Alphard varian Q yang terbaru, mesin yang terpasang di dalamnya merupakan 2GR-FKS dengan kapasitas 3,456 cc, DOHC, 6 silinder, dan Dual VVT-l, yang mana mampu mengeluarkan tenaga mencapai 295,8 tenaga kuda di putaran mesin 6.2 ribu rpm. Sementara untuk torsi maksimumnya adalah 360,8 Nm pada putaran mesin mencapai 4,7 ribu rpm. 

Ketika varian Toyota Alphard tersebut telah didukung 2 pilihan transmisi, yaitu CVT pada varian X dan G, serta 8 percepatan auto transmission pada varian Q. Selain itu, Toyota Alphard keluaran terbaru juga mempunyai tangki BBM dengan kapasitas mencapai 75 liter, serta sistem EFI yang mampu menjadikan konsumsi bensin lebih irit serta efisien. 

Tak berhenti sampai di situ, bagian body dan interior dari mobil ini juga terbilang mengesankan, terlihat eksklusif, walaupun tidak terlalu berlebihan. Fokus dari ruang kabin mobil ini adalah memberi kenyamanan secara maksimal untuk penumpang ataupun pengemudi, dengan berbagai fitur menarik yang fungsional. Dengan beragam keunggulannya tersebut, tak mengherankan jika mobil ini tetap laris manis walaupun memiliki harga yang terbilang fantastis. 

Dengan Tarif Tidak Sedikit, Siapkan Budget Pajak Kendaraan Sebelum Membelinya

Tarif pajak dari mobil mewah, seperti Toyota Alphard, memang terbilang tinggi. Jika tidak dipersiapkan dengan sebaik mungkin, bukan tidak mungkin keuangan akan kewalahan membayar beban pajak kendaraan tersebut dan berakhir membayar denda keterlambatan. Oleh karena itu, dengan tarif yang tak sedikit, pastikan keuangan siap menanggung pajak kendaraan sebelum membeli mobil yang diinginkan.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement