Kamis 23 Mar 2023 09:00 WIB

Mobil Listrik: Rekomendasi, Kisaran Harga dan Tips Perawatannya

Mobil listrik menjadi salah satu tren di dunia otomotif selama bertahun-tahun belakangan ini. Yuk ketahui lebih banyak mengenai mobil listrik disini:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Mobil listrik menjadi salah satu tren di dunia otomotif selama bertahun-tahun belakangan ini. Minat masyarakat untuk bisa menggunakan mobil listrik murah terbilang begitu tinggi, sehingga sejumlah produsen juga secara intens mencoba untuk terus mengembangkan varian mobil yang satu ini. 

Perkembangan mobil listrik Indonesia juga terbilang pesat, meskipun pada kenyataannya harga mobil listrik di Indonesia masih terbilang tinggi. Hal ini tentu sangat masuk akal, sebab pabrikan mobil listrik di Indonesia memang cukup terbatas dan hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan otomotif besar saja. 

 

Sekarang Lebih Banyak Pilihan Mobil Listrik di Indonesia 

Mobil Listrik di Indonesia

Saat ini, harga mobil listrik di Indonesia sudah lebih terjangkau, sebab ada banyak perusahaan baru yang menyediakan produk yang satu ini. Sejumlah perusahaan mobil listrik di Indonesia bahkan begitu gencar melakukan kegiatan promosi untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan pada segmen yang satu ini. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan mobil listrik Indonesia dan kisaran harganya yang bisa dijadikan pertimbangan: 

1. Hyundai Ioniq EV

Mobil listrik ini menjadi salah satu yang paling populer dan sudah dilepas ke pasar sejak tahun 2021 lalu. Hyundai menghadirkan desain kekinian pada Ioniq EV, sehingga mobil ini cocok untuk semua usia. Menggunakan baterai 38,3 kWh, mobil keren ini bisa menempuh perjalanan sampai 373 KM. Pabrikan asal Korea ini juga mengklaim jika produk ini memiliki kemampuan untuk mengisi baterai dari 0 sampai 80% hanya dalam waktu kurang dari 1 jam saja. 

Harga mobil listrik Hyundai Ioniq EV: Rp 649 juta. 

2. Hyundai Kona Electric

Bersamaan dengan varian di atas, Hyundai juga merilis mobil listrik lainnya yang diberi nama Kona Electric. Tampilannya yang gagah membuat mobil SUV ini menjadi sangat menarik. Namun meski begitu, Kona Electric tetap terlihat elegan dan nyaman untuk dikendarai. Mobil ini menggunakan baterai dengan kapasitas 39,2 kWh, dan dapat digunakan untuk menempuh perjalanan sampai 305 KM. 

Harga mobil listrik Hyundai Kona Electric: Rp 697 juta.

3. The All New Nissan Leaf

Mobil listrik yang satu ini resmi diluncurkan ke pasaran di tahun 2021 lalu dan langsung mendapatkan atensi positif dari pecinta mobil listrik di Indonesia. The All New Nissan Leaf menggunakan baterai Lithium-ion 40 kWh yang memungkinkan mobil ini menempuh perjalanan sampai 311 KM untuk satu kali pengisian baterai. Tenaga maksimal yang bisa diberikan mobil listrik ini adalah 110 kW yang setara dengan 150 PS dan torsi maksimum 320 Nm.

Harga mobil listrik The All New Nissan Leaf: Rp 651 juta untuk varian one tone dan Rp 651 juta untuk varian dual tone. 

4. Nissan Kicks e-Power

Mobil listrik murah yang satu ini menjadi model pertama yang dilengkapi dengan fitur unik sistem e-Power. Fitur ini memungkinkan mobil tersebut tidak menggunakan charger eksternal, sebab roda-roda akan digerakkan menggunakan motor listrik, sedangkan mesin bensinnya hanya dipakai untuk mengisi baterai serta mengalirkan listriknya ke motor. 

Mobil listrik ini juga menggunakan One-Pedal Operation yang memungkinkan pengendara tidak perlu melakukan pemindahan kaki dari pedal gas ke pedal rem, karena sistem akselerasi serta deselerasinya telah disatukan pada satu pedal saja. Selain itu, Nissan Kick e-Power juga sudah dilengkapi berbagai fitur unggulan yang membuatnya lebih aman dan nyaman ketika digunakan. 

Harga mobil listrik Nissan Kick e-Power: Rp 471 juta.

5. DFSK Gelora E

DFSK merupakan salah satu pabrikan asal Tiongkok yang meluncurkan mobil listrik murah beberapa waktu lalu. Minivan ini memiliki ukuran kabin yang terbilang lega dan nyaman, sehingga bisa menjadi salah satu mobil listrik Indonesia yang banyak diminati. Untuk sekali pengisian baterai saja, mobil listrik ini sudah mampu menempuh perjalanan sampai 300 KM. Selain itu, mobil listrik murah ini juga hadir dalam model blind van yang ukurannya lebih panjang. 

Harga mobil listrik DFSK Gelora E: Rp 510-520 juta untuk varian minivan dan Rp 480-490 untuk varian blind van. 

6. MG 5 EV 

MG 5 Ev merupakan salah satu mobil listrik di Indonesia yang paling banyak ditunggu kehadirannya sejak dipamerkan pertama kali beberapa waktu lalu. Mobil ini menggunakan baterai dengan kapasitas 50,3 kWh dan sudah lulus uji sertifikasi IP67. Memiliki desain yang estetik, mobil ini dilengkapi dengan lampu-lampu yang unik dan canggih. Selain itu, kabinnya yang lega tentu menjadi salah satu incaran bagi pecinta otomotif tanah air. 

Harga mobil listrik di Indonesia: belum diketahui, sebab belum diluncurkan ke pasaran. 

7. Hyundai Ioniq 5

Satu lagi mobil listrik Indonesia yang masuk dalam kategori mobil mewah adalah Hyundai Ioniq 5. Desainnya yang futuristik merupakan salah satu yang paling keren di kelasnya. Bukan hanya itu saja, mobil listrik yang satu ini juga dibekali dengan berbagai fitur unggulan yang akan membuat aktivitas berkendara menjadi lebih aman dan nyaman. 

Harga mobil listrik Hyundai Ioniq 5: Rp 718-829 juta. 

8. Wuling Air ev

Mobil listrik murah keluaran Wuling Motors ini memiliki desain kompak yang cocok untuk konsumen mobil listrik di Indonesia. Melakukan kegiatan produksi di daerah Deltamas, Cikarang, pabrikan ini memang mendesain Wuling Air ev sebagai mobil listrik murah yang bisa menjangkau pasar yang lebih luas, jika dibandingkan dengan mobil listrik lainnya. Tidak tanggung-tanggung, mobil ini bahkan berhasil menjadi mobil listrik paling murah di tanah air. 

Harga mobil listrik di Indonesia Wuling Air ev: Rp 238 juta untuk varian Standar dan Rp 295 juta untuk varian Long Range. 

Baca Juga: Ngebet Punya Mobil Listrik? Perhatikan Dulu Kekurangannya agar Tak Menyesal

Tips Merawat Mobil Listrik 

tips merawat mobil listrik

Harga mobil listrik di Indonesia terbilang variatif, namun kebanyakan mobil listrik memang dibanderol dengan harga yang tinggi. Namun meski begitu, peminat mobil listrik Indonesia terbilang cukup tinggi. Penting untuk merawat mobil listrik dengan benar, agar kendaraan tersebut bisa awet dan nyaman digunakan dalam waktu yang panjang. 

Berikut ini adalah beberapa tips merawat mobil listrik yang bisa dilakukan dengan mudah: 

1. Jaga Kapasitas Baterai Minimal 40% 

Hindari kondisi kehabisan baterai pada mobil listrik, sebab hal ini sangat tidak disarankan. Idealnya, kapasitas baterai tidak kurang dari 40%, apalagi jika mobil listrik tidak digunakan dalam kurun waktu yang lama. Selain itu, lakukan pengisian baterai hingga 80-90% saja, sebab pengisian baterai penuh (100%) justru bisa berpengaruh pada degradasi mobil. 

2. Parkirlah di Tempat yang Sejuk 

Jika harus memarkirkan kendaraan dalam waktu yang lama, maka pilihlah lokasi yang teduh dan sejuk. Hindari lokasi parkir yang bersuhu tinggi, termasuk yang membuat mobil terpapar dengan sinar matahari secara langsung. Panas yang berasal dari sinar matahari akan memberi dampak pada kapasitas dan masa pakai baterai mobil. Jika harus parkir di area terbuka, selalu gunakan kain cover untuk menutupi mobil listrik. 

3. Lakukan Pengecekan Software Secara Berkala 

Mobil listrik yang menggunakan teknologi tinggi pada umumnya menggunakan software untuk sistem pengoperasiannya. Penting untuk memahami berbagai software dan mengeceknya secara berkala. Hal ini akan membantu untuk mengetahui apa saja yang mengalami gangguan dan bagian apa saja yang membutuhkan perawatan. Selain itu, kinerja software yang maksimal juga akan memungkinkan aktivitas berkendara tetap aman dan nyaman. 

4. Atur Jadwal dan Lakukan Pengisian Baterai dengan Tepat 

Penting untuk memahami kapasitas dan lama pengguna baterai pada mobil listrik, agar proses pengisian bisa dilakukan dengan tepat waktu. Lakukanlah pengisian baterai dengan tepat, di mana kapasitas baterai tersebut mencukupi untuk aktivitas berkendara yang akan dilakukan. Pertimbangkan juga untuk menggunakan mode slow charging saat mengisi baterai, agar baterai tersebut lebih awet. 

5. Lakukan Pengecekan Rutin 

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan rutin pada mobil listrik. Setidaknya ada 3 komponen yang perlu dicek, antara lain: radiator, filter AC, dan juga kampas rem mobil tersebut. Pastikan semua komponen tersebut masih layak dan bisa digunakan dengan baik. Jika perlu, lakukan penggantian secara berkala.

Baca Juga: Cara ‘Ngecas’ Mobil Listrik Pakai Aplikasi dan Peluang Bisnis SPKLU

Pilih Mobil Listrik yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan 

Menggunakan mobil listrik bisa menjadi pertimbangan bagi yang ingin membeli kendaraan roda 4 dalam waktu dekat. Selain ramah lingkungan, mobil listrik juga akan lebih hemat biaya penggunaannya. Pilih jenis mobil listrik yang tepat dan sesuai kebutuhan, agar kendaraan tersebut bisa digunakan secara maksimal.

Baca Juga: 5 Jenis Biaya Perawatan untuk Mobil, Yakin Masih Mau Beli?

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement