Sabtu 01 Apr 2023 09:00 WIB

Ingin Tampil Stylish Saat Idul Fitri dengan Pakaian Pre-Loved? Perhatikan Tips-Tips Berikut Ini

Lebaran makin hari makin dekat, waktunya memikirkan outfit paling trendy. Namun, outfit stylish tidak perlu baju baru, bisa juga baju preloved.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Idul fitri biasanya identik dengan hal-hal yang serba baru, terutama pakaian. Mulai dari ujung kepala hingga kaki. Apalagi jika didukung dengan perkembangan tren fashion yang sangat pesat dan keinginan untuk selalu tampil stylish.

Padahal yang sebenarnya, pakaian serba baru bukanlah esensi dari perayaan hari raya Idul Fitri. Ditambah lagi untuk tampil stylish tidak melulu harus dari pakaian-pakaian yang baru. Alih-alih ingin selalu tampil stylish, tapi malah membuat dompet jadi kritis. Wah jangan sampai ya.

Lalu, bagaimana caranya agar tetap bisa tampil stylish, tapi dompet jauh dari kritis?

Kamu bisa memanfaatkan barang-barang preloved agar tetap bisa tampil stylish. Sudah tidak asing kan dengan istilah “preloved”? Yap, barang-barang bekas yang masih layak pakai dan saat ini menjadi tren fashion bagi sebagian orang.

Sudah disebutkan di awal jika tampil stylish itu tidak harus membeli baju baru, tapi kamu juga bisa membeli baju-baju preloved dan memadu padankan dengan cara yang sekreatif mungkin.

Olivia Lautner, Associate Country Manager, Carousell Indonesia, mengatakan bahwa membeli dan memakai barang-barang preloved memiliki banyak keuntungan. Salah satunya kamu masih bisa tetap tampil stylish dengan budget yang minimalis.

Secara tidak langsung, kamu bisa menghemat anggaran belanja untuk keperluan fashion. Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan sisa anggaran belanja untuk hal-hal yang bermanfaat lainnya, misalnya untuk berdonasi atau investasi.

Keuntungan lainnya, kamu juga dapat menggunakan uang tersebut untuk membeli hadiah dan memberikannya pada orang-orang tersayang di sekitarmu.

Kemampuan mix and match dalam berpakaian tentu sangat dibutuhkan agar kamu bisa mendapatkan beragam gaya fashion yang unik, menarik dan trendi.

Berikut ini tips-tips yang bisa disimak agar tetap stylish dengan barang-barang preloved yang sudah dimiliki.

Baca juga: Jangan Dibuang, Begini 8 Tips Jual Baju yang Sudah Tak Terpakai

 

Tips Tampil Stylish saat Lebaran dengan Baju Preloved

outfit lebaran stylish

Outfit Lebaran Stylish

  1. Jika Ingin Tampil Stylish, Kamu Harus Berpikir Out Of The Box

    Mindset, menjadi hal yang paling penting dalam diri manusia. Merubah mindset tentang Idul Fitri dan fashion adalah hal pertama yang harus dilakukan.

    Pertama, kamu sudah harus merubah pola pikir tentang Idul Fitri. Idul Fitri tidak harus memakai baju baru, dan bukan pula ajang untuk saling pamer baju. Ingat kalau momen tersebut bukan ajang untuk fashion show.

    Kedua, kamu juga harus mengubah pola pikir terlebih dahulu tentang penampilan stylish, yaitu tidak harus memakai pernak-pernik fashion yang baru. Tampil stylish artinya kamu bisa berpenampilan di luar kebiasaan yang sudah ada.

    Misalnya, kamu ingin memakai rok. Kebanyakan orang akan menggunakan rok tersebut sebagai bawahan, karena yang dipahami bahwa rok memang untuk bawahan.

    Sayangnya tidak demikian, kamu bisa menggunakan rok pendek tersebut sebagai atasan. Tak hanya itu, jika kamu memiliki rok yang terlalu panjang, kamu bisa memakainya sebagai longdress model kemben baik itu untuk sehari-hari ataupun saat mengunjungi acara-acara resmi.

    Tapi, di momen Idul Fitri rasanya ada yang kurang pas ya jika hanya memakai longdress model kemben karena tidak sesuai dengan tema dan suasananya. Jangan khawatir, kamu bisa menyiasatinya dengan menambahkan kardigan lengan panjang serta kerudung yang sesuai.

    Kamu pun juga bisa mendobel rok tersebut dengan kemeja tangan panjang yang dijadikan sebagai dalaman. Jadi, kamu bisa menggunakan kemeja seperti biasa lalu di luar kemeja tersebut merupakan roknya. Dengan begitu, tidak hanya cara berpakaianmu unik, kmu pun tetap memiliki outfit yang trendy dan stylish.

  2. Pemikiran yang Kreatif Dimiliki, Fashion itu Dunia Kreativitas

    Memilih ukuran adalah tantangan terbesar dalam berbelanja di setiap marketplace, tak hanya berbelanja baju baru, belanja fashion preloved pun juga demikian. Jarang sekali kita bisa menemukan ukuran yang pas dan sesuai dengan postur tubuh, apalagi jika memiliki postur tubuh terlalu mugil atau sebaliknya.

    Tapi, tantangan tersebut bukanlah suatu hal yang menjadi masalah besar. Malah sebaliknya, bagi orang-orang yang kreatif tantangan tersebut makin memberikan dorongan untuk melakukan eksperimen mix and match pakaian. Justru hal tersebut menjadi ajang untuk menguji seberapa besar kemampuannya untuk berkreasi dalam dunia fashion.

    Misalnya, ketika kamu membeli pakaian yang oversize, dan terlalu panjang jika dikenakan. Nggak perlu khawatir, kamu bisa menjadikannya sebagai tunik dengan celana atau rok sebagai bawahannya, jangan lupa juga untuk mengenakan jilbab agar auratmu tertutup sempurna.

    Style seperti itu akan sangat pas digunakan saat berkumpul santai bersama keluarga di hari raya yang fitri.

  3. Beragam Acara yang Dimiliki, Preloved Fashion Menjadi Solusi

    Fashion adalah dunia kreativitas, hal ini tidak bisa dipungkiri lagi. Kreativitas yang dimiliki bisa menjadikan preloved fashion sebagai solusi dalam beragam acara. Mulai dari acara formal, saat bekerja ataupun saat santai, tak akan menjadi masalah jika sudah memahami kunci untuk mengombinasikan warna, corak, serta jenis pakaiannya.

    Contohnya, preloved kemeja untuk bekerja dapat menjadi lebih kasual apabila dipadukan dengan celana panjang denim. Bisa juga terlihat lebih islami jika dikombinasikan dengan rok dan juga jilbab. Dengan mix and match yang tepat, kita bisa mendapatkan berbagai gaya hanya dengan menggunakan satu pakaian dasar.

Baca juga: Pengertian Thrift, Manfaat dan Tipsnya

Kreativitas Kunci untuk Tampil Stylish Meski dengan Preloved Fashion

Tak harus menghabiskan banyak uang untuk membeli printilan fashion yang baru jika tujuannya hanya ingin tampil stylish, karena dengan sedikit membeli preloved fashion dan segudang kreativitas semua itu bisa saja dengan mudah kamu wujudkan. Tentu lebih hemat, bukan?

Apalagi di momen Idul Fitri, momen yang sangat sakral bagi umat Islam. Bukan penampilan luarlah yang utama, tapi ketulusan hati untuk saling memaafkan dan bersama-sama untuk meraih jiwa yang suci kembali.

Baca juga: Ingin Belanja Baju Online? Ini 15 Jenis Bahan yang Perlu Diketahui

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement