Rabu 19 Apr 2023 09:00 WIB

Mengenal Buah Kurma: Kandungan, Jenis-jenis, Manfaat, dan Cara Memilih Buah Kurma yang Baik

Buah kurma merupakan buah yang kaya akan kandungan serta manfaatnya bagi tubuh manusia. Ini dia penjelasan lebih lengkapnya mengenai manfaat buah kurma:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Kurma merupakan buah yang cukup terkenal di Indonesia dan sering dikonsumsi untuk berbuka puasa. Buah yang berasal dari negara Arab ini selalu menjadi pilihan orang-orang berbuka karena memiliki rasa yang manis serta mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Selain itu, buah ini memiliki kandungan yang sangat kaya akan manfaatnya sehingga sangat disukai oleh orang-orang.

Mengenal Buah Kurma

 buah kurma

Phoenix dactylifera atau biasa kita kenal dengan kurma merupakan buah yang bisa tumbuh dimanapun dan kapanpun sepanjang tahun yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang untuk menjaga kesehatan tubuh serta mencegah banyak penyakit.

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, buah kurma juga sering dijadikan menu dalam berbuka puasa karena rasanya yang manis akan menyegarkan orang yang mengkonsumsinya. Buah ini juga merupakan buah tertua di dunia dan terdapat banyak di Timur Tengah seperti Arab.

Baca Juga: Pengganti Gula, Ternyata Kayu Manis Juga Bisa Memberi Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Ini

Kandungan yang Ada Dalam Buah Kurma

Buah kurma merupakan buah yang kaya akan kandungan serta manfaatnya bagi tubuh manusia. Maka dari itu, kurma sangat digemari orang-orang untuk dikonsumsi. Dalam 100 gram buah kurma, terdapat berbagai kandungan dan nutrisi sebagai berikut, yaitu:

  1. 280 kalori
  2. 1 mg zat besi
  3. 65 gram gula
  4. 650 milligram kalium
  5. 65 milligram kalsium
  6. 2 - 2.5 gram protein
  7. 150 IU vitamin A
  8. 75 gram karbohidrat
  9. 0.5 milligram zinc
  10. Lainnya terdapat vitamin B, vitamin K, folat, lutein, antioksidan, flavonoid, mangan, dan lainnya.

Jenis-jenis Buah Kurma

Menurut Food and Agriculture Organization (FAO), terdapat 3.000 jenis kurma di dunia dan hanya 200-400 jenis buah kurma yang bisa dikonsumsi. Dengan banyaknya pilihan jenis buah kurma yang ada, terdapat beberapa jenis buah kurma yang bisa direkomendasikan. Berikut merupakan jenis-jenis buah kurma yang bisa kamu ketahui, yaitu:

No Jenis Kurma Penjelasan
1 Kurma Khalas Kurma Khalas merupakan buah kurma yang sangat lembut mempunyai kelengketan,  warna cenderung coklat kemerahan, dan tentu rasanya sangat manis. Manfaat kurma Khalas sangatlah banyak yaitu untuk kesehatan tubuh seperti pada pencernaan, punya antioksidan dan vitamin A, dan membantu darah rendah.
2 Kurma Ajwa

Kurma Ajwa merupakan kurma yang dikenal dengan kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW dan kurma pertama yang ditanam oleh Nabi Muhammad SAW. Kurma yang berada hampir di seluruh wilayah Arab ini memiliki bentuk yang bulat dan tekstur kulit yang halus serta mengerut. Rasa buah kurma Ajwa ini cenderung manis. Selain itu, kurma Ajwa bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak karena mempunyai kandungan gula bersifat monosakarida yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

3 Kurma Medjool Kurma Medjool merupakan kurma yang dikenal sebagai ‘Raja Kurma’ karena besarnya ukuran jenis buah satu ini dibanding kurma lainnya. Kurma yang berasal dari Maroko ini berwarna coklat gelap, memiliki daging tebal, rasa yang manis, dan aroma yang harum. Manfaat kurma Medjool untuk menj
4 Kurma Barhi Kurma Barhi merupakan buah yang memiliki rasa yang manis, lembut, renyah, dan berwarna coklat kekuningan. Manfaat kurma Barhi adalah mengurangi resiko alzheimer, resko diabetes, resiko kanker, dan mengontrol gula darah. Hal itu dikarenakan kurma Barhi memiliki kandungan serat, vitamin B, antioksidan, kalium, flavonoid, dan zat besi.
5 Kurma Bam Kurma Bam merupakan kurma yang dikenal dengan kurma anggur dan kurma madu. Kurma yang banyak berada di Iran ini memiliki tekstur yang lembut dan bentuk yang lebih besar dari kurma Ajwa. manfaat kurma Bam adalah mengurangi tekanan darah, mempunyai kandungan mineral dan lemak bagi tubuh, dan meningkatkan imunitas tubuh.
6 Kurma Sukkari Kurma Sukkari merupakan buah yang dikenal dengan ‘Ratu Kurma’ karena menjadi kurma dari keluarga kerajaan Arab Saudi. Buah yang memiliki warna paling terang diantara kurma lainnya ini memiliki rasa yang manis, legit, serta lembut. Manfaat kurma Sukkari adalah sebagai antioksidan, meningkatkan energi, dan menjaga imunitas tubuh. Kurma Sukkari juga memiliki kandungan gula alami, magnesium, asam amino, zat besi, dan klorida.
7 Kurma Safawi

Kurma Safawi adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan termasuk jenis kurma yang terbaik.kurma Safawi juga merupakan buah yang mudah ditemui karena pohonnya selalu berbuah. Buah ini memiliki tekstur kulit yang kering dan keriput, tetapi saat digigit kamu akan menemukan rasa legit, daging yang tebal, kenyal, dan manis.

Manfaat kurma Safawi untuk kesehatan tubuh seperti menambah energi tubuh, menjaga kesehatan mata, kesehatan rambut, kesehatan kulit, memiliki banyak vitamin, menjadi obat alami untuk yang cacingan, dan lainnya.

Baca Juga: Beragam Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Dari Buah Kurma

Karena buah kurma memiliki kandungan dan nutrisi yang banyak, tentu buah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bisa menjadi obat maupun pencegahan bagi tubuh manusia. Terdapat banyak manfaat buah kurma yang perlu kamu ketahui. Berikut merupakan beberapa manfaat dari buah kurma, yaitu:

  1. Manfaat kurma yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan mata dan kulit tetap halus karena adanya zat asam pantotenat. Tapi dianjurkan konsumsi juga buah kurma bersama dengan buah lainnya.
  2. Manfaat kurma kedua adalah dapat mencegah terjadinya anemia jika dikonsumsi secara rutin. Hal ini dikarenakan adanya zat besi yang bisa menambah produksi sel darah merah. Selain itu, konsumsi buah kurma juga bertujuan agar tubuh tidak mudah lelah dan pucat. 
  3. Manfaat kurma ketiga adalah baik untuk kesehatan tulang dari kandungan mineral dan bisa menurunkan resiko osteoporosis pada tubuh manusia. Selain mengkonsumsi buah kurma, ada baiknya kamu imbangkan dengan rutin olahraga, minum vitamin D, makan makanan bergizi, dan berjemur di bawah sinar matahari.
  4. Selanjutnya, manfaat kurma adalah bisa melancarkan proses persalinan normal bagi ibu hamil yang mengkonsumsi buah ini setiap harinya selama beberapa minggu terakhir menjelang lahiran. Efeknya adalah leher rahim melebar dan tidak perlu induksi lagi.
  5. Kurma dapat meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita karena kandungan asam amino dan juga seng. Selain itu terdapat fakta unik bahwa di Timur Tengah, serbuk sari kurma digunakan sebagai obat mengatasi infertilitas khususnya pada pria.
  6. Kurma juga dapat memelihara kesehatan jantung serta pembuluh darah dari kandungan mineral yang dimiliki. Jangan lupa kamu imbangi juga dengan olahraga dan menjaga pola makan agar tetap seimbang serta sehat.
  7. Manfaat kurma yang satu ini adalah mencukupi kebutuhan kalori apabila buah ini dikeringkan. Hal ini dikarenakan kadar kalori pada buah kurma akan lebih tinggi jika buah ini dikeringkan.
  8. Manfaat kurma adalah mencegah diabetes walaupun rasanya manis. Rasa manis yang dimiliki buah kurma adalah rasa manis alam yang tidak terlalu meningkatkan kadar gula dalam darah asal pola hidup juga tetap dijaga sehat.
  9. Menstabilkan gula darah dan pengganti gula yang lebih sehat merupakan manfaat kurma lainnya. Bahkan buah kurma bisa dijadikan sebagai pengganti gula putih.
  10. Manfaat kurma kesepuluh adalah kurma dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi karena kaya akan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, Kalium, Kalsium, Magnesium, dan zat besi.
  11. Kurma bisa menjadi pilihan menu tambahan untuk diet karena kalorinya cukup tinggi serta bisa dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya seperti oatmeal.
  12. Manfaat kurma adalah melindungi tubuh dari berbagai jenis radang karena kurma mempunyai kandungan polifenol yang lebih tinggi dari buah lainnya.
  13. Manfaat kurma berikutnya adalah kurma dapat menangkal radikal bebas karena kaya akan antioksidan. Jika radikal bebas bisa terlalu banyak di dalam tubuh makan bisa menimbulkan penyakit-penyakit lain.
  14. Manfaat kurma lainnya adalah kurma bisa mencegah konstipasi untuk melancarkan pencernaan dan gerakan usus besar jadi lebih teratur. Hal ini dikarenakan buah kurma memiliki 7 gram kandungan serta jika dalam poris 3.5 ons. 
  15. Manfaat kurma terakhir adalah kurma bisa mengganti elektrolit tubuh yang hilang, membuat otot-otot, dan menguatkan tubuh. Hal ini karena buah kurma memiliki salah satu elektrolit yang dibutuhkan tubuh.
 

Kenapa Kurma adalah Pilihan Menu Buka Puasa yang Tepat?

manfaat kurma

Terdapat beberapa alasan yang menjadikan kurma sebagai menu berbuka puasa, yaitu:

  1. Menambah energi saat menjalani puasa karena kandungan dari kalori dan fruktosa, serta kandungan serat yang bisa membantu memunculkan rasa kenyang.
  2. Mencegah sembelit saat menjalani puasa dikarenakan saat puasa kamu tidak bisa mengkonsumsi minum ataupun makan selama satu hari. Karena itu, kamu bisa dehidrasi hingga sembelit sehingga tubuh membutuhkan cairan lebih saat berbuka maupun sahur. Kurma merupakan pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.
  3. Berusaha untuk makan secukupnya saat berbuka puasa agar perut kamu tetap bisa nyaman dan tidak kembung. Kurma bisa menjadi pilihan untuk membuat rasa kenyang tanpa rasa berlebihan.
  4. Menjaga kadar gula darah saat berpuasa melalui kurma yang memiliki kandungan manis alami dan fruktosa. Hal ini dikarenakan tubuh akan memakai gula yang ada dalam hati dan otot untuk menghasilkan energi.
  5. Dapat menjaga kesehatan otak supaya bisa lebih fokus melalui buah kurma karena memiliki kandungan antioksidan. Kandungan tersebut akan memberikan perlindungan akan peradangan dan stress oksidatif di otak, serta membuat kamu tetap fokus saat beraktivitas dan ibadah puasa.

Cara Memilih Buah Kurma yang Baik

Berikut merupakan cara memilih buah kurma yang baik dan benar, yaitu:

  1. Lihat kondisi kurma dan jangan memilih yang banyak kerutan.
  2. Pastikan buah kurma mempunyai ukuran bentuk yang besar.
  3. Terakhir, pilihlah buah kurma yang warnanya merata seperti warna kecoklatan dan cenderung gelap.

Jangan Ragu Lagi Akan Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Ya!

Kurma merupakan buah yang kaya akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya saat berbuka puasa, kamu bisa mengkonsumsi buah kurma secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh ya!

Baca Juga: Kian Populer, Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement