Selasa 02 May 2023 00:00 WIB

Cara Mudah Mendapatkan Modal untuk Membangun Bisnis

Jangan putus asa kalau kamu belum memiliki modal untuk membangun rencana bisnismu yang menarik itu, berikut beberapa "sumber modal" yang dapat kamu pilih.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Memulai sebuah bisnis baru mungkin saja sudah terlintas di benakmu sejak lama, namun sayangnya masih terganjal dengan modal. Kondisi seperti ini sering kali menjadi alasan banyak orang untuk menunda bisnis mereka, meskipun sebenarnya sudah memiliki rencana yang matang. Sementara di lain sisi, jika kamu menunda untuk memulai bisnis ini, maka kamu tentu akan menunda kesuksesan itu datang.

Modal memang menjadi salah satu komponen penting dalam membangun bisnis, apalagi jika ini baru akan menjadi bisnis pertama. Namun jangan jadikan hal ini sebagai hambatan untuk segera memulai bisnis yang sudah kamu rencanakan. Kamu tetap bisa mengupayakannya dengan banyak cara.

Baca Juga: Dropshipper: Kisaran Modal, Cara Menjalankan, dan Tips Suksesnya

 

5 Cara Mendapatkan Modal untuk Membangun Bisnis

Mencari Modal untuk Bisnis

Mencari Modal untuk Membangun Bisnis

1. Gunakan Dana Jaminan Hari Tua (JHT) 

Cara pertama ini akan cocok untuk kamu yang pernah bekerja atau masih aktif bekerja hingga saat ini. Sebagai pekerja, kamu tentu menjadi peserta program JHT yang diberikan oleh pemerintah. Di dalam layanan ini, kamu telah menabungkan sejumlah dana sebagai persiapan masa pensiun nanti. Iuran JHT pada umumnya dipungut oleh perusahaan secara rutin.

Jumlah saldo JHT tentu akan sangat tergantung pada masa kerja yang sudah kamu habiskan di perusahaan. Jika saat ini masih aktif bekerja, maka kamu bisa mencairkan 10% atau 30% dari saldo JHT tersebut (sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku). Namun jika saat ini sudah tidak bekerja, maka kamu bisa mencairkan seluruh saldo JHTmu. Cairkan saldo JHT dan manfaatkan sebagai modal untuk membangun bisnis.

2. Meminjam Modal dari Orang-orang Terdekat 

Cara yang satu ini juga bisa kamu jadikan pertimbangan untuk mendapatkan modal bisnis. Cobalah pinjam modal dari orang-orang terdekatmu, seperti, keluarga, sahabat, atau bahkan rekan kerja. Sampaikan tujuanmu dengan jelas kepada mereka, sehingga kamu bisa mendapatkan modal bisnis yang diperlukan.

Selain meminjam, kamu juga bisa mengajak mereka untuk ikut bergabung dalam bisnismu. Sistemnya bisa dengan cara menanamkan modal dan kelak akan ada bagi hasil setelah bisnis tersebut berjalan lancar. Jangan lupa untuk mengatur perjanjian pembagian hasil dan yang lainnya, agar kelak tidak sampai mengalami masalah karena hal-hal seperti ini. 

3. Mengajukan Pinjaman ke Bank 

Jika kamu sudah benar-benar yakin dengan rencana bisnis tersebut dan belum juga mendapatkan modal, maka cara ini bisa menjadi pilihan. Tidak ada salahnya mengajukan pinjaman modal ke bank. Ada beberapa produk pinjaman yang bisa kamu jadikan pertimbangan, seperti, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan juga Kredit Multi Guna (KMG)

Pinjaman ini akan membebankan sejumlah cicilan setiap bulannya, sehingga harus kamu rencanakan dengan baik sejak awal. Ambil pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Hal ini penting dan akan menghindarkanmu dari kesulitan membayar dan melunasinya di masa yang akan datang.

 

4. Coba Ikut Kompetisi Bisnis

Cara yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki ide bisnis unik dan tidak biasa. Kamu bisa mengikuti kompetisi bisnis yang belakangan ini cukup banyak diadakan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta. Di sana kamu bisa menjabarkan ide bisnis dan apa saja yang akan kamu lakukan untuk membuatnya maju. Jika menang, maka kamu bisa mendapatkan cukup banyak uang, bahkan mungkin saja dimodali pihak penyelenggara untuk memulai bisnis tersebut.

5. Dapatkan Penghasilan Tambahan

Jika semua cara di atas kurang cocok untuk kamu, maka coba yang terakhir ini. Kamu bisa mendapatkan modal bisnis dengan cara mencari penghasilan tambahan. Pilih pekerjaan sampingan yang memungkinkanmu mendapatkan uang, seperti menjadi freelancer atau yang lainnya. Kumpulkan penghasilan tambahan ini hingga jumlahnya memadai dan kamu bisa membangun bisnis impian dengan segera. Cara ini akan memungkinkanmu membangun bisnis dengan modal sendiri.

Baca Juga: Affiliate Marketing: Pengertian, Manfaat, Tips dan Peluang Karirnya

Dapatkan Modal dan Bangun Bisnis Secepatnya

Bagi yang berencana membangun bisnis, kamu tentu harus menyiapkan modal terlebih dahulu. Pastikan untuk menyiapkan modal bisnis dalam jumlah yang tepat, sehingga kelak bisnis ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga: 15 Jenis Usaha Makanan yang Laku Setiap Hari dan Kisaran Modalnya

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement