Jumat 19 May 2023 15:57 WIB

18 Cara Cerdas Menabung untuk Beli Rumah

Setiap orang pasti memiliki keinginan memiliki rumah impian. Terlebih bagi yang baru berkeluarga, hunian itu jadi salah satu tujuan. Mau tahu caranya? Baca selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Selalu menunda dan memiliki berbagai alasan untuk tidak segera melakukan investasi dan menabung adalah hal yang sering dilakukan banyak orang. Padahal, kita tahu bahwa investasi dan menabung memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita di masa yang akan datang.

Tak jarang, sebagian besar dari kita akan memilih untuk langsung membelanjakan uang yang dimiliki guna memenuhi berbagai kebutuhan hidup dan gaya hidup. Bisa jadi, kita juga sering berbelanja dan membeli barang-barang yang mungkin saja tidak begitu penting tanpa kita sadari.

Semua kebiasaan keuangan yang kurang baik antara lain menghiraukan pentingnya investasi dan menabung, tidak mengelola keuangan dengan baik, belanja sesuka hati tanpa mempertimbangan fungsi dan kepentingannya, semua kebiasaan tersebut bila terus dilakukan tentu bisa menjadi kebiasaan buruk keuangan.

Jangan biarkan keuanganmu menjadi tidak sehat. Sadari mulai hari ini juga bahwa kamu memiliki kendali dalam mengatur keauangan kamu untuk saat ini dan masa depan.

Jadi, apabila kondisi keuangan sudah mengarah ke kondisi tidak sehat, seperti tak punya tabungan darurat, investasi, dan tabungan, segera benahi keuangan supaya terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, terlebih jika bercita-cita untuk punya rumah sendiri. Tahu kan, beli rumah itu tidak murah dan membutuh banyak uang. Bisa dibilang, sekarang ini, rumah menjadi salah satu bentuk kebutuhan yang sangat penting di dalam kehidupan semua orang.

Namun, pada kenyataannya, sebagian besar dari kita justru lebih memilih untuk selalu menunda dalam memiliki aset yang satu ini. Tentunya, dengan berbagai alasan yang sebenarnya tidak begitu penting.

Jika terus berlanjut, besar kemungkinan kamu tidak akan memiliki rumah hingga bertahun-tahun ke depan atau bahkan seumur hidup nanti. Bukankah ini adalah hal yang sama sekali tidak diinginkan?

Baca juga: Tips Beli Rumah Tanpa Harus KPR, Yakin Nolak?

 

Tips Mengelola Keuangan Agar Cepat Membeli Rumah

Tak ada gunanya untuk selalu menunda beli rumah, terutama saat usia kamu masih sangat muda dan belum menikah.

Memiliki rumah dari sekarang, why not! Jangan hanya dijadikan sebagai impian semata. Ingat ya, makin lama menunda beli rumah, maka harga rumah juga akan makin mahal.

Rumah adalah salah satu investasi yang secara positif akan mengalami pertambahan nilai. Makin lama tentu harganya akan makin tinggi. Artinya, makin lama menunda untuk memiliki aset yang satu ini, maka akan makin mahal dan mungkin saja makin sulit kamu untuk memilikinya.

Siap atau tidak siap, ada baiknya kamu melakukan pembenahan keuangan terlebih dahulu.Khususnya, untuk menyiapkan kebutuhan yang satu ini.

Pahami bahwa membeli rumah tentu bukan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Mengingat harga rumah belakangan ini terbilang cukup tinggi. Namun, jika memiliki kemauan untuk mengatasi hal tersebut, menabung bisa menjadi solusinya.

Nabung untuk membeli sebuah rumah tentu bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Karena itu, sangat penting untuk memiliki komitmen yang tinggi sejak awal.

Berikut cara cerdas mengelola keuangan agar bisa menabung yang bisa dipraktekkan untuk mewujudkan impian memiliki rumah idaman.

  1. Miliki Tujuan yang Jelas

    Tetapkan Tujuan yang Jelas

    Ini akan menjadi poin yang sangat penting bagi yang ingin memulai untuk menabung. Tentukan dan milikilah tujuan yang jelas dalam menabung. Misalnya, nabung dengan tujuan untuk mengumpulkan uang DP rumah, nabung untuk beli tanah dan lain sebagainya.

    Tujuan menabung harus jelas dan jangan asal-asalan. Dengan tujuan nabung yang jelas, kamu akan tetap fokus dan selalu berupaya dengan sungguh-sungguh ke arah tersebut. Cara ini juga akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan menabung tanpa tujuan ataupun keinginan yang kuat dari diri sendiri.

    Sebaiknya jangan cuma sekadar hanya menetapkan tujuan saja pada awal-awal semangat lalu tidak ada aksi nyata untuk mewujudkan mulai nabung, dan akhirnya nabung pun dilupakan begitu saja.

    Tidak ada salahnya untuk menuliskan tujuan menabung, tempelkan tujuan tersebut di tempat-tempat yang mudah terlihat. Dengan begitu, kamu termotivasi dan selalu ingat dan fokus pada tujuan tersebut.

  2. Tentukan Jumlah Uang yang Ditabung 

    Setelah tujuan, besaran atau jumlah tabungan adalah salah satu hal lainnya yang harus dimiliki dengan jelas sejak awal. Hal ini akan membantumu untuk bisa memiliki gambaran yang paling tepat mengenai kapan dan bagaimana tabungan tersebut dapat membantumu dalam memiliki rumah impian.

    Lakukan perhitungan keuangan dengan baik, termasuk menentukan rasio tabungan yang bisa dilakukan di dalam pendapatan tetap bulanan yang kamu terima.

    Hindari menentukan nominal yang tidak masuk akal di dalam rencana keuangan yang dibuat. Sebab, hal ini hanya akan membuat kegiatan menabung menjadi sebuah beban.

    Bukan hanya itu saja, jumlah tabungan yang terlalu besar dan tidak proporsional ini hanya akan mengganggu berbagai pos-pos lainnya di dalam keuangan kamu.

    Miliki jumlah yang tepat dan segera sisihkan sejumlah uang sesuai dengan jumlah tersebut diawal pas gajian. Tabungan harus menjadi komponen tetap di dalam keuangan. Bukan sebuah pos yang kadang ada dan kadang hilang.

    Misalnya, tetapkan dengan tegas dan pasti setiap awal bulan kamu akan menyisihkan uang gaji sebesar Rp500.000 atau Rp1.000.000 untuk tabungan  DP rumah idaman.

  3. Cek Kondisi Keuangan dan Susun Anggarannya

    Tidak hanya menentukan tujuan dan nominal yang ingin ditabung, tetapi mengecek kondisi keuangan secara keseluruhan menjadi penting. Sebab, hal tersebut akan berpengaruh dengan rumah yang dipilih, lama menabung, dan lainnya.

    Ada beberapa poin penting yang harus dilihat. Misalnya, jumlah penghasilan kamu dan pasangan, besaran tabungan yang dimiliki, dan jumlah hutang (cicilan). Berdasarkan poin-poin tersebut, maka kamu akan bisa melihat kemampuan keuanganmu untuk membeli rumah, termasuk menanggung sejumlah cicilan rutinnya ke depannya.

    Setelah mengetahui kondisi keuangan, mulailah mencari tahu tantang tipe dan harga rumah yang diinginkan. Pastikan harganya sesuai dengan kemampuan keuangan sejak awal. Hal ini penting, untuk memastikan bahwa pembelian ini tidak akan menimbulkan masalah di dalam keuangan. Jika sudah memilih dan mengambil keputusan, susun anggaran pembayaran yang bisa dilakukan di dalam keuangan Anda.

  4. Alokasikan Jumlah Tabungan yang Lebih Besar

    Cobalah untuk mengalokasikan jumlah tabungan yang lebih besar untuk kebutuhan pembelian rumah ini. Jika selama ini hanya menabung sekitar 10% saja, tidak ada salahnya untuk mulai menabungkan 30% dari penghasilan. Kamu bisa menggunakan 70% sisanya untuk memenuhi kebutuhan rutin bulanan.

  5. Target Tabungan yang Tepat

    Tetapkan Target dalam Menabung 

    Kegiatan menabung yang dilakukan akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan jika dilakukan secara tersistem. Terapkan sejumlah aturan dalam pengelolaan keuangan dengan memiliki sejumlah target secara berkala. Misalnya, target mingguan, target harian, dan yang lainnya.

    Hal ini akan membuat kamu memiliki kontrol yang baik dalam mengelola keuangan. Terlebih menerapkan sejumlah sanksi bagi diri sendiri jika sewaktu-waktu tidak bisa mencapai target tersebut dengan baik dan tepat. Tidak perlu menetapkan sejumlah target yang terlalu besar yang justru akan membuatmu malas untuk menjalankannya.

  6. Lunasi Semua Utang

    Jika ternyata memiliki utang, akan sangat baik apabila utang tersebut segera dibayarkan. Ketika tidak lagi memiliki beban utang, proses menabung akan jauh lebih mudah dan menyenangkan.

    Kamu bisa fokus pada kegiatan menabung ketika tidak ada beban cicilan atau utang. Utang juga akan menjadi beban pikiran yang mungkin saja akan membuat tertekan. Karena itu, akan sangat lebih nyaman jika tidak memiliki beban tersebut.

  7. Tabungan dalam Bentuk Emas

    Menabung Emas 

    Ini akan sangat tepat kalau kamu memiliki keinginan untuk menabung dalam jangka waktu yang cukup panjang. Emas adalah bentuk investasi atau tabungan yang tidak terpengaruh oleh kenaikan inflasi sehingga nilainya akan cenderung stabil.

    Menabung dalam bentuk emas dapat dijadikan pertimbangan, terutama jika membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mengumpulkan sejumlah dana untuk membeli rumah. Namun, jangan lupa untuk selalu mempelajari dan mengetahui dengan jelas mengenai seluk-beluk investasi emas itu secara detail terlebih dahulu.

  8. Lakukan Investasi

    Selain emas, kamu juga bisa melakukan investasi di instrumen lainya, seperti reksa dana, deposito, saham, dan sebagainya. Dengan investasi, kamu bisa mendapatkan dana lebih cepat. Sebab, dana yang diinvestasikan akan dikelola dan menghasilkan sejumlah keuntungan.

  9. Tabungkan ke Rekening Khusus dan Manfaatkan Autodebet

    Selain menabung dalam emas, kamu juga bisa memisahkannya dengan menggunakan rekening khusus menabung rumah. Jangan menggabungkan dana tabungan rumah dengan dana lainnya. Bukalah rekening khusus dan pisahkan dana tabungan ini, agar tidak tercampur dan terpakai untuk kebutuhan lainnya.

    Pilih rekening khusus yang memungkinkan kamu menggunakan layanan autodebet dari rekening utama. Hal ini akan membuatmu tidak lupa atau bahkan mengabaikan dana tabungan pembelian rumah. Tabungan ini akan disetorkan langsung sesaat setelah menerima gaji setiap bulannya.

  10. Kelola Pengeluaran dengan Ketat

    Terkadang, kamu begitu mudah mengeluarkan sejumlah uang, bahkan tanpa perhitungan yang baik. Hal ini sangat buruk, terutama jika begitu sering melakukannya dan menjadikannya sebagai kebiasaan di dalam kehidupan.

    Segera hentikan dan mulailah membiasakan diri untuk selalu mempertimbangkan serta memperhitungkan setiap sen yang dikeluarkan dari dompet. Sebab, hal itu adalah uang yang dihasilkan dengan kerja keras, bukan?

  11. Hidup Sederhana dan Hemat

    Gaya Hidup Hemat

    Menjalani pola hidup hemat adalah hal yang terbilang cukup sulit untuk dilakukan, terutama apabila selama ini terbiasa membelanjakan uang tanpa perhitungan yang jelas.

    Jangan menyepelekan hal ini sebab hidup hemat dapat membuatmu bebas dari sejumlah masalah keuangan pada masa yang akan datang. Biasakan untuk selalu menjalankan pola hidup hemat agar sejumlah uang yang ada bisa dialokasikan ke dalam tabungan.

  12. Kumpulkan Nominal Tertentu

    Kita juga bisa menabung lebih mudah dengan cara mengumpulkan uang pecahan dalam nominal tertentu, misalnya pecahan sepuluh ribu, dua puluh ribu, atau yang lainnya.

    Ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan karena setiap kali memiliki uang dalam pecahan tersebut, beberapa akan disisihkan dan kumpulkan dalam wadah tertentu. Pada akhir bulan, kamu bisa menabungkannya ke rekening khusus dan menyimpannya dengan aman di sana.

  13. Siapkan Uang Muka

    Uang muka pembelian rumah tidak bisa dianggap enteng, kamu akan membutuhkan sekitar 5%-25% dari harga rumah yang akan dibeli. Mulailah menabung uang muka ini dari sekarang, mengingat jumlahnya terbilang besar. Tabungkan dana uang muka ini secara konsisten, agar jumlahnya segera terpenuhi

  14. Beli Rumah yang Harganya di Bawah Budget

    Makin murah harga yang didapatkan untuk rumah idaman, maka akan makin baik untuk keuangan. Jika memungkinkan, belilah rumah yang harganya di bawah budget. Rajin-rajinlah mencari informasi tentang harga rumah terkini, termasuk penawaran diskon dan yang lainnya. Hal ini akan memungkinkan kamu menghemat biaya pembelian, meskipun mendapatkan rumah yang sesuai dengan anggaran yang sudah disiapkan.

  15. Belanja dengan Cerdas

    Belanja Cerdas

    Kegiatan belanja adalah salah satu pos pengeluaran terbesar di dalam pengelolaan keuangan. Karena itu, sangat penting untuk mengelola dan melakukan ini dengan cara yang cerdas.

    Catat dan susun daftar belanja dengan tepat. Selalu patuhi catatan tersebut saat berbelanja, baik pas belanja online maupun belanja offline sehingga pengeluaran tetap terkontrol dengan baik.

  16. Cari Penghasilan Tambahan

    Jangan lupa untuk mencari penghasilan tambahan, agar tabungan rumah lebih mudah tercapai. Manfaatkan skill yang dimiliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan ini. Misalnya, bekerja paruh waktu di akhir pekan, menjadi freelancer, dan yang lainnya.

  17. Menabung dalam Bentuk “Rumah”

    Ini bisa membuat kamu lebih bersemangat dan terpacu untuk menabung. Sebab uang yang kamu terima bisa dijadikan sebagai cicilan untuk membangun rumah. Misalnya, menabung dan membayangkan jika kamu sedang mencicil bagian atapnya hari ini. Besok untuk dindingnya dan bagian yang lainnya.

  18. Libatkan Anggota Keluarga yang Lain

    Keluarga

    Tidak ada salahnya mengutarakan niat untuk membeli rumah kepada anggota keluarga yang lain. Kamu juga bisa mengajak mereka untuk turut serta menabung bersama. Mereka akan senang dan merasa diikutsertakan untuk kegiatan yang penting dalam keluarga.

Baca Juga: Cara Cerdas Kelola Keuangan saat Penghasilan Minim setelah Dirumahkan

Jalankan dengan Disiplin dan Komitmen yang Kuat

Menabung untuk membeli rumah tentu bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Mengingat harga sebuah rumah cukup tinggi di pasaran. Karena itu, bisa dipastikan jika kegiatan ini akan membutuhkan waktu yang panjang.

Jika tidak dilakukan sejak sekarang, bisa jadi tidak akan pernah membeli dan memiliki rumah. Mulailah sejak hari ini dan lakukan kegiatan ini dengan disiplin sehingga niat untuk memiliki sebuah rumah bisa tercapai pada masa yang akan datang. Yuk, semangat menabung mulai dari hari ini juga!

Baca Juga: Investasi Saham Online, Pakai 5 Cara Ini Biar Cuan Terus

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement