Sindikasi Republika

Jadi Sumber Utama Pemasukan Negara, Yuk Kenali Apa Saja Komoditas Ekspor Unggulan dari Indonesia

Rabu , 24 May 2023, 18:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Sejak masa sekolah semua orang diajarkan jika Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam yang tak tertandingi. Bahkan, ada lagu lama yang menyebutkan jika tanah Indonesia bisa diumpamakan sebagai tanah surga karena memang hampir semua jenis tanaman dapat tumbuh subur menjadi bahan pangan. 

Bahkan, dengan lautan yang begitu luas, Indonesia juga diberkati dengan hasil laut yang seakan tak ada batasnya. Hal tersebut secara tidak langsung membuat Tanah Air menjadi salah satu produsen terbesar terhadap beberapa jenis komoditas. Bahkan, komoditas tersebut tidak hanya digunakan untuk kebutuhan masyarakat di dalam  negeri, tapi juga bisa dijual ke luar negeri sebagai hasil ekspor dan menambah pemasukan negara.  

Ya, hasil ekspor dari sejumlah jenis komoditas tersebut menjadi salah satu sumber pemasukan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Karenanya, pemerintah dan masyarakat perlu bekerja sama untuk menjaga kelestarian berbagai jenis komoditas ekspor Indonesia agar kondisinya tetap prima dan mampu dijadikan sebagai sumber daya jangka panjang. Yang menjadi pertanyaan, apa saja jenis komoditas ekspor yang didominasi oleh Indonesia dan unggulan di pangsa pasar dunia? 

Baca Juga: Inflasi: Pengertian, Penyebab, Rumus Menghitung, dan Dampaknya ke Ekonomi RI

 

10 Komoditas Ekspor Indonesia yang Mendominasi Pasar Dunia

Ekspor Indonesia

Mengacu dari penjelasan Kementerian Perdagangan, berikut adalah 10 jenis komoditas ekspor Indonesia yang mendominasi pasar dunia dan menjadi produk unggulannya. Apa saja?

  1. Tekstil serta Produk Tekstil

    Tekstil dan produk tekstil, atau bisa juga disingkat sebagai TPT adalah jenis komoditas yang diproduksi oleh industri tekstil di Indonesia. Seperti yang kita tahu, industri tersebut bisa dibilang berkembang dengan cukup pesat. Bahkan, kualitas komoditas yang diproduksi oleh industri tekstil di dalam negeri tidak kalah dengan beberapa negara lainnya. 

    Karena memiliki produk tekstil unggulan dan berkualitas, maka tak mengherankan jika komoditas tersebut diekspor ke beberapa negara lain. Tujuannya tentu tidak lain untuk memenuhi kebutuhan akan bahan baku tersebut mengikuti dengan perkembangan dunia yang juga tak kalah pesatnya. 

    Beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor komoditas ini adalah Amerika Serikat, Inggris, Italia, Kanada, Jerman, Panama, dan Meksiko. Selain itu, Belanda, Spanyol, Korea Selatan, Sri Lanka, dan Arab Saudi juga menjadi negara tujuan ekspor tekstil asal Indonesia. 

  2. Udang

    Dengan kondisi maritim yang begitu melimpah ruah, tidak mengherankan jika Indonesia juga menjadi salah satu ekspor utama hasil laut ke luar negeri. Di antara beragam jenis produk laut yang kerap dijual ke luar negeri, udang menjadi salah satu yang mampu memberi penghasilan paling besar bagi keuangan Indonesia.

    Mengacu data dari BPS atau Badan Pusat Statistik, nilai ekspor dari komoditas ini termasuk perikanan di tahun 2020 meraih nilai fantastis, yaitu sekitar 3,51 miliar dolar Amerika Serikat. Komoditas tersebut memang menjadi salah satu produk yang masih terus mengalami surplus walaupun terhantam masalah akibat pandemi kala itu.

    Beberapa negara tujuan ekspor dari komoditas ini adalah Jepang, Tiongkok, Hong Kong, Singapura, Australia, dan Malaysia. Selain itu, Taiwan, Thailand, Vietnam, Korea Selatan, Belgia, Inggris, dan Amerika Serikat juga sering kali menjadi pelanggan dari komoditas udang ini dari Indonesia. 

  3. Kopi

    Indonesia yang memiliki iklim tropis membuatnya menjadi negara yang mampu memproduksi kopi berkualitas. Bahkan, Indonesia juga sering kali dianggap sebagai salah satu produsen kopi yang terbaik saat ini. Beragam jenis komoditas kopi yang diekspor dari Indonesia adalah arabika dan robusta. 

    Selain itu, kopi luwak yang menjadi ciri khas dalam negeri juga menjadi bahan olahan kopi yang digemari oleh masyarakat dunia. Alhasil, negara seperti Brasil, Italia, Spanyol, Turki, Argentina, dan Amerika Serikat kerap menjadi tujuan ekspor kopi asal Indonesia. Hal serupa juga berlaku pada negara seperti India, Thailand, Tiongkok, Jepang, Pakistan, Malaysia, Vietnam, dan Hong Kong.

  4. Minyak Kelapa Sawit

    Selain itu, Indonesia juga dikenal sebagai produsen minyak kelapa sawit paling besar di dunia, tepatnya kedua setelah Malaysia. Karenanya, tak mengherankan jika komoditas tersebut merupakan produk ekspor utama ke luar negeri, dan di tahun 2020 minyak nabati asal Indonesia berada di peringkat 1 dengan nilai ekspor mencapai 20,7 miliar USD.

    Kini, perusahaan yang bergerak di perkebunan kelapa sawit juga banyak yang menjadi perusahaan terbuka dan menawarkan sahamnya pada publik. Terkait negara tujuan dari ekspor komoditas ini sendiri, antara lain, India, Malaysia, Pakistan, Tiongkok, Singapura, Vietnam, Italia, Rusia, Amerika Serikat, hingga Mesir dan Iran. 

  5. Kakao

    Mirip dengan kopi, kakao juga menjadi tanaman yang mampu tumbuh subuh di Tanah Air. Merupakan bahan dasar pembuatan coklat, kakao juga kerap diekspor ke sejumlah negara di dunia, khususnya di benua Eropa. Beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor kakao asal Indonesia adalah Malaysia, Thailand, Tiongkok, India, Filipina, Jepang, Inggris, Kanada, Amerika Serikat, Jerman, Swiss, Rusia, dan Belanda. 

  6. Karet serta Produk Karet

    Jenis komoditas lainnya yang menjadi produk ekspor unggulan dalam negeri adalah karet serta produk karet. Sama halnya dengan kelapa sawit, perkebunan karet juga terbilang sangat luas di Indonesia. Pada sektor perkebunan tersebut, komoditas ini menyumbang devisa paling besar kedua di bawah kelapa sawit. 

    Untuk negara tujuan ekspornya sendiri meliputi Jepang, Malaysia, Australia, Filipina, Singapura, Taiwan, Hong Kong, Sri Lanka, Amerika Serikat, Korea Selatan, Inggris, Belgia, Italia, Jerman, Belanda, Kanada, Mesir, hingga Arab Saudi.  

  7. Furnitur serta Produk Mebel

    Salah satu sumber daya alam yang juga melimpah dan mudah ditemukan di Indonesia adalah kayu serta hasil hutan. Hal tersebut secara tidak langsung membuat produsen mebel dan furnitur di dalam negeri juga merekah dengan kualitas produk yang tak perlu lagi diragukan. Bahkan, beberapa pihak menganggap jika pengekspor produk furnitur dan mebel dari Indonesia sebagai yang paling unggul dan terbaik di dunia. 

    Anggapan tersebut dibuktikan dengan banyaknya negara yang menjadi tujuan ekspor dari komoditas ini. Beberapa di antaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Perancis, Belgia, Jepang, Spanyol, Malaysia, Australia, Korea Selatan, Singapura, Taiwan Tiongkok, dan Afrika Selatan. 

  8. Alas Kaki

    Mungkin dianggap sepele oleh sebagian orang, tapi alas kaki juga termasuk ke dalam salah satu komoditas asal Indonesia yang kerap dijadikan sebagai produk ekspor. Mengutip dari laman resmi Kementerian Perindustrian, produsen alas kaki Indonesia merupakan yang terbesar keempat di dunia pada tahun 2019. Berdasarkan data tersebut, dalam setahun, kapasitas produksi dari alas kaki oleh produsen Indonesia mencapai lebih dari 1.200 juta pasang alas kaki. 

    Karenanya, tak mengherankan jika negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, dan Spanyol menjadi konsumen setia dari komoditas asal Indonesia ini. Juga, beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Thailand, Australia, Korea Selatan, Jepang, hingga Hong Kong dan Tiongkok kerap menjadi tujuan ekspor produk ini. 

  9. Produk Elektronika

    Walaupun masih tak sebesar Jepang atau Tiongkok, Indonesia juga cukup unggul terkait produksi barang elektronik. Di tahun 2020, nilai ekspor atas produk mesin serta perlengkapan elektrik mencapai nominal 9,2 miliar USD. Beberapa negara yang dituju untuk ekspor komoditas ini adalah Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Malaysia, Thailand, Australia, Singapura, Amerika Serikat, dan lain sebagainya. 

  10. Komponen Otomotif atau Kendaraan Bermotor

    Komoditas terakhir yang juga menjadi produk unggulan dan sering diekspor dari Indonesia adalah komponen otomotif atau kendaraan bermotor. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pabrik otomotif yang telah dibangun dan beroperasi di Indonesia. Kebanyakan pabrik tersebut pun dimiliki oleh perusahaan otomotif ternama dan terbesar dengan pangsa pasar hampir seluruh negara di dunia. 

    Produksi komponen otomotif dari Indonesia tersebut pun diekspor ke sejumlah negara besar. Beberapa contohnya adalah Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman, Australia, Jepang, Singapura, Tiongkok, hingga Kanada dan India. 

Baca Juga: Mengenal Pengertian Indeks Harga Konsumen atau IHK dan Hubungannya dengan Inflasi

Menjadi Sumber Pemasukan Negara, Ekspor Komoditas Unggulan Perlu Dilestarikan Seoptimal Mungkin

Itulah 10 jenis komoditas unggulan Indonesia yang kerap dijadikan sebagai produk ekspor ke sejumlah negara. Sebagai sumber pemasukan negara, ekspor komoditas unggulan tersebut tentu perlu dilestarikan dan dikelola dengan seoptimal mungkin. Dengan begitu, kebutuhan dalam negeri dan juga luar negeri terhadap produk tersebut bisa terpenuhi secara maksimal. 

Baca Juga: Moodboard: Pengertian, Manfaat, Cara dan Tips Membuatnya

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark