Sabtu 15 Jul 2023 09:00 WIB

Bikin Baper, Ini 5 Rekomendasi Novel Romantis di Wattpad

Membaca novel romantis bisa membuat hati baper atau berbunga-bunga. Biar makin terpikat, simak rekomendasi novel romantis Wattpad ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Kisah percintaan selalu menjadi topik yang seru untuk dibicarakan. Bukan hanya di dunia nyata, konflik percintaan juga seru jika dijadikan cerita yang diracik dengan ciamik dan seru oleh para penulis andal.

Dibumbui dengan permasalahan yang segar dan seru, seperti cinta segitiga, cinta dengan sahabat, hingga cinta dalam diam, novel romantis selalu menempati judul teratas dalam menu Editor's Pick di Wattpad.

Jika sedang mencari novel romantis dengan alur yang menarik dan karakter yang unik, kamu dapat membaca lima rekomendasi novel romantis di Wattpad berikut ini. Berikut ulasannya.

Baca juga: Mengenal Wattpad dan Tips Menggunakannya dengan Maksimal

 

Rekomendasi Novel Romantis Watpadd

  1. Hi-Fi

    hifi

    Hi-Fi (Sumber: wattpad.com)

    Soal sepele ternyata bisa mendatangkan jodoh. Itulah yang dialami oleh Dimas. Pertemuannya dengan Steffi menumbuhkan perasaan spesial kepada gadis itu.

    Awal kedekatan dengan Steffi bermula saat Dimas membagikan password mini wifi ke temannya. Saat disadari, ternyata ada satu perangkat yang “nyangkut” juga, yaitu milik Steffi.

    Sejak kejadian itu, Dimas tidak menyangka dirinya bisa berinteraksi dengan Steffi yang suka seenaknya sendiri, meski memang sebenarnya dia pintar dan jago ngomong. Justru karena insiden itu, Dimas makin dekat dengan Steffi dan mulai merajut kisah romantis.

    Bagaimana kedekatan Dimas dengan Steffi selanjutnya? Akankah Dimas dan Steffi berakhir bahagia tanpa kehadiran orang ketiga?

  2. IPA dan IPS

    ipa dan ips

    IPA dan IPS (Sumber: wattpad.com)

    Berkisah tentang Rifqi, seorang anak jurusan IPS di SMA, yang sering berkonflik dengan Aldino jurusan IPA. Konflik makin memanas karena Aldino tidak terima ketika Rifqi tunjunjuk sebagai ketua OSIS yang baru.

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa IPA dan IPS tidak akan pernah akur. Bentrok pun tidak bisa dihindari. Namun, di tengah situasi yang kacau itu, Rifqi dan Aldino justru dipertemukan dengan Michelle.

    Mulanya, Michelle tidak tahu menahu tentang konflik yang terjadi antara anak IPA dengan anak IPS. Apalagi perseteruan yang terjadi antara Rifqi dan Aldino. Siapa sangka, kehadiran Michelle justru menguak masa lalu antara Rifqi dan Aldino. Michelle bahkan jadi terjebak cinta segitiga dengan kedua lelaki itu!

  3. I Am In Danger

    i am in danger

    I am in Danger (Sumber: wattpad.com)

    Bercerita tentang Ocha, seorang gadis dengan latar belakang yang biasa saja. Ocha bahkan harus mendapatkan beasiswa jika ingin terus bersekolah. Beruntung berkat kecerdasannya, Ocha diterima di salah satu sekolah terelit di Jakarta.

    Berniat ingin menjalani kehidupan sebagai siswa dengan tenang, Ocha malah harus berurusan dengan Sean, salah satu orang “berbahaya” di sekolah. Belum lagi dirinya terpaksa berurusan dengan Axel yang merupakan ketua geng kelas IPS.

    Hari-hari di sekolah yang tenang yang didambakan Ocha pun gagal terwujud. Semua itu karena dirinya terlalu pintar dan bikin penasaran hingga menarik perhatian Sean dan Axel. Bahkan, Ocha jadi terjebak di antara jalinan hubungan yang rumit.

  4. Friendzone

    friendzone

    Friendzone (Sumber: wattpad.com)

    Abel adalah gadis baik hati yang senang berpenampilan tomboy. Namun, terlepas dari gaya berpakaiannya yang cuek, Abel sama seperti perempuan lain yang merasakan rasa suka terhadap laki-laki. Ia jatuh cinta pada sahabatnya sendiri, David.

    Namun, Abel menutup perasaannya rapat-rapat agar persahabatannya dengan David tidak rusak. David, yang memang populer di kalangan perempuan, menyukai Lunetta yang juga teman dekat Abel.

    Hubungan David dan Lunetta membuat Abel sedih. Namun, dirinya berjanji akan tetap menjadi sahabat David selamanya. Lantas, bisakah Abel menepati janjinya kepada David? Apakah perasan Abel akan tersampaikan?

  5. Asmaraloka

    asmaraloka

    Asmaraloka (Sumber: wattpad.com)

    Isa tidak pernah menyangka bahwa ia akan dipertemukan lagi dengan mantan pacarnya, Ethan. Namun, karena kini Isa dan Ethan menjalin hubungan antara karyawan dan atasan. Pertemuan dengan Ethan itu ternyata membawa kesengsaraan bagi Isa. Di kantor, Ethan suka menyuruh-nyuruh Isa hingga membuatnya jengkel. Belum lagi dengan kejadian-kejadian yang justru membuat mereka makin dekat.

    Lantas, bagaimana hubungan Ethan dan Isa selanjutnya? Apakah mereka dipertemukan lagi agar bisa bersatu kembali atau hanya sebatas rekan kerja? Itulah lima novel romantis yang bisa dibaca di Wattpad. Rasakan nuansa romansa dari kisah cinta yang penih lika-liku dari setiap novel di atas.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Teman Flightmu

Manfaat Membaca Novel Romantis Wattpad

Membaca novel romantis tidak hanya dilakukan untuk hobi semata. Selain untuk menghibur diri, ternyata membaca novel romantis juga bisa berdampak pada kesehatan hubungan dengan pasangan.Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Barnes and Nobles, membaca novel romantis bersama pasangan dapat memberikan upgrade dalam hubungan. Tak hanya itu, novel romantis juga membantu memperdalam hubungan kamu dengan pasangan.

Apa saja manfaat membaca novel romantis untuk hubungan? Berikut ulasannya.

  1. Belajar dari Karakter Novel

    Tidak semua kisah cinta dalam novel berjalan mulus. Banyak rintangan yang harus dihadapi oleh pasangan dalam cerita agar bisa bahagia bersama.

    Hal ini bisa dijadikan motivasi bersama pasangan dalam memelihara hubungan. Ketika menghadapi masalah dalam hubungan, selesaikan bersama dan komunikasikan dengan baik.

    Banyak hal yang bisa dipelajari dari karakter dalam novel. Misalnya, bagaimana menjaga ketulusan seseorang, menikmati masa-masa bersama, percaya pada pasangan, dan pengorbanan.

  2. Memahami Perasaan Pasangan

    Ketika membaca novel, kamu akan diajak untuk melihat sudut pandang karakter. Segala macam emosi akan ditemukan, mulai dari sedih, senang, terharu, hingga rasa rindu ketika memiliki hubungan.

    Sama seperti karakter pada novel, bisa jadi pasanganmu merasakan hal yang sama. Lagi pula, rasanya tidak mungkin perjalanan cinta dengan pasangan berjalan mulus tanpa ada konflik, bukan?

    Dengan memahami sudut pandang karakter, kamu akan lebih mudah memahami perasaan pasangan, apalagi jika masalah yang dihadapi mirip seperti cerita di novel. Kamu akan lebih bijak dalam memberikan respons dan mengambil keputusan.

  3. Membuka Perspektif Baru

    Melakukan aktivitas bersama pasangan akan selalu seru, tak kecuali membaca novel. Ajaklah pasangan untuk membaca buku bersama, bisa dengan judul yang sama dengan novel yang kamu baca atau judul yang berbeda.

    Sebagai informasi, membaca buku dapat membantu kamu dan pasangan merasa rileks dan mengurangi stres. Kamu juga bisa saling berdiskusi dengan pasangan dan bertukar pikiran tentang hubungan yang dibaca dari novel yang telah dibaca.

    Kegiatan membaca buku juga bisa dijadikan agenda rutin dengan pasangan. Lakukan kunjungan ke perpustakaan atau ke toko buku bersama untuk mencari novel baru untuk dibaca bersama.

Baca juga: 10 Toko Buku Murah di Jakarta ini Wajib Dikunjungi Para Pecinta Buku

Tips Membuat Kenangan dengan Pasangan

Perjalanan cinta dengan pasangan memang kadang mulus kadang digoyang konflik. Namun, jika serius dengan pasangan, cerita cinta ini akan jadi proses pendewasaan dan momen berharga dalam hidup.

Jangan biarkan momen itu berlalu begitu saja. Kamu bisa mengabadikan kejadian spesial dengan pasangan melalui berbagai cara. Tujuannya, agar ketika bertambah usia atau sedang bertengkar dengan pasangan, kenangan ini bisa dijadikan bahan refleksi dengan pasangan.

Berikut tiga hal yang bisa dilakukan untuk mengenang momen indah bersama pasangan.

  • Membuat Jurnal Bersama

    Salah satu cara untuk mengenang momen indah bersama pasangan adalah dengan membuat jurnal bersama. Tulis dan catat semua kegiatan yang memorable ke dalam jurnal. Kamu juga bisa menempelkan tiket nonton konser bersama pasangan, misalnya, ke dalam jurnal sebagai kenang-kenangan. Ajak pasanganmu untuk menulis resolusi yang ingin dicapai dalam beberapa tahun ke depan sebagai reminder.

    Dengan memiliki jurnal, kenangan bisa “dibekukan” untuk diingat di masa depan. Jika sudah menikah, jurnal dapat diceritakan kepada anak dan cucu. Treasure your moment!

  • Hias Album Foto Bersama

    Jangan ngeluh kalau pasanganmu suka foto-foto sebab kebiasaan ini sama seperti mengabadikan momen yang tidak akan pernah terulang. Namun, agar tidak sekadar foto-foto, kamu bisa mencetaknya ke album.

    Setelah dicetak, tempel foto dalam album dan hias agar lebih menarik. Sertakan tanggal, nama tempat, dan kejadian memorable yang membuat momen itu jadi istimewa.

    Sama seperti jurnal, album foto dalam dilihat kembali di masa depan. Foto-foto di dalamnya akan membawamu ke dalam kenangan manis bersama pasangan yang tidak bisa diulang.

  • Tulis Kisah Cinta Menjadi Novel

    Jika hobi menulis, kamu bisa mengabadikan kisah cinta dengan pasangan ke dalam sebuah novel. Rangkai kisah cinta dengan pasangan menjadi novel dengan menceritakan kejadian-kejadian yang memorable, misalnya saat kencan pertama, merayakan anniversary, termasuk ketika bertengkar.

    Dengan mengabadikan kisah cinta ke dalam novel, kamu dan pasangan bisa membacanya kembali. Kamu bisa menulis cerita cintamu di Wattpad.

    Selain untuk membaca, Wattpad juga dapat menjadi wadah untuk menulis cerita sendiri. Jika ceritamu disukai banyak orang dan mendapat review baik, artinya akan makin banyak orang yang menikmati perjalanan cinta kamu dengan pasangan. Mau coba?

Baca juga: Inilah Tips yang Bisa Diterapkan untuk Menghindari Stres Ketika Melakukan Perjalanan Panjang

Novel Romantis Wattpad Buat Hati Berbunga-Bunga

Itulah beberapa rekomendasi novel romantis Wattpad yang cocok untuk membuat hatimu berbunga-bunga. Dari novel romantis, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat. Sapa tahu bisa diimplementasikan juga ke dalam hubunganmu. Selamat mencoba!

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement