Kamis 03 Aug 2023 00:00 WIB

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Manado, Unik dan Menarik untuk Dicoba!

Liburan ke Manado tak lengkap jika tak membawa pulang oleh-oleh. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Manado yang telah Cermati.com rangkum.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Liburan tentu tak lengkap jika tak bawa oleh-oleh atau buah tangan untuk orang-orang tercinta. Apalagi saat liburan ke Manado.

Ya, Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki banyak makanan khas yang unik dan lezat. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Manado yang wajib kamu bawa pulang.

Baca Juga: Daftar Oleh-oleh dari Bogor yang Khas dan Hits Saat Ini

 

Rekomendasi Oleh-oleh Manado

1. Klappertaart

Klappertaart

Klappertaart adalah kue yang terbuat dari kelapa parut, telur, gula, susu, dan tepung terigu. Klappertaart memiliki rasa yang manis dan lembut dengan tekstur yang empuk karena adanya potongan kelapa parut di dalamnya.

Sebenarnya panganan ini juga bisa ditemukan di daerah lainnya, tapi cita rasanya pasti berbeda. Oleh karena itu, pastikan kamu memanfaatkan kesempatan ini untuk mencicipi klappertaart asli Manado yang lezat ya.

Penting untuk diingat bahwa kue yang satu ini cepat basi. Jadi, pastikan kamu segera membawanya pulang ke rumah sehabis liburan.

2. Panada

Panada

Sumber: cookpad.com

Panada adalah kue pastel yang terbuat dari adonan tepung terigu dan isian daging sapi atau ikan. Kue pastel ini dibumbui dengan campuran bawang merah, bawang putih, dan cabai.

Umumnya panada disajikan dalam keadaan panas, namun kamu juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh. Terlebih jika bepergian menggunakan pesawat yang jarak tempuhnya lebih singkat, supaya tidak keburu basi.

3. Sambal Dabu-dabu

Sambal Dabu-dabu

Sumber: www.sajianlezat.com

Sambal dabu-dabu adalah sambal khas Manado yang terbuat dari bahan-bahan segar seperti cabai rawit, tomat, bawang, dan jeruk nipis. Sambal dabu-dabu memiliki rasa yang pedas dan asam sehingga cocok disajikan sebagai pelengkap makanan, terutama hidangan ikan atau daging panggang.

Sambal dabu-dabu menjadi oleh-oleh yang cocok untuk para pecinta makanan pedas yang bisa dijumpai dengan mudah di toko oleh-oleh khas Manado.

4. Sambal Roa

Sambal Roa

Sumber: www.merdeka.com

Selain sambal dabu-dabu, di Manado juga ada sambal roa. Sambal ini terbuat dari cabai rawit, bawang merah, dan bumbu-bumbu lainnya, serta suwiran daging ikan roa. Buat pecinta makanan pedas, coba rasakan sensasi nikmat dan pedasnya sambal khas Manado yang satu ini.

5. Kacang Goyang

Kacang Goyang

Sumber: indonesiakaya.com

Selanjutnya ada kacang goyang. Penganan ini terbuat dari bahan kacang tanah yang disangrai, kemudian dilumuri oleh lelehan gula sehingga memiliki cita rasa yang manis dan gurih. 

Camilan ini juga tahan lama, jadi bisa dibeli dalam jumlah banyak sekaligus.

6. Halua Kenari

Halua Kenari

Sumber:indonesiakaya.com

Kalau sudah mencoba kacang goyang, coba juga alternatif camilan kacang-kacangan lainnya yakni halua kenari. Bedanya, halua kenari diproses menggunakan biji kacang kenari.

Kenari yang sudah disangrai ini akan dihancurkan terlebih dahulu, kemudian direkatkan kembali menggunakan lelehan gula. Rasanya tentu manis, gurih, dan nikmat, cocok untuk camilan ketika bersantai saat di perjalanan.

7. Bobengka

Bobengka

Sumber: cookpad.com

Bobengka adalah kue khas Manado yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung ketan, kelapa parut, dan gula merah. Bobengka memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, serta biasanya disajikan dalam bentuk bulat atau persegi panjang.

8. Dodol Amurang

Dodol Amurang

Sumber: ksmtour.com

Manado juga memiliki dodol khasnya sendiri yang dinamakan dodol amurang. Dodol unik satu ini dibuat dari tepung beras ketan dan gula merah layaknya dodol pada umumnya. Bedanya, dodol amurang ini akan ditaburi biji kacang kenari yang sudah dihaluskan.

Uniknya lagi, dodol khas Manado ini juga dibungkus dengan daun kelapa, lho.

9. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu

Sumber: www.tokomesin.com

Pulang liburan dari Manado tak lengkap rasanya jika belum beli cakalang fufu, ikan cakalang asap yang bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Ikan asap ini juga cukup awet, jadi kamu tak perlu khawatir selama di perjalanan.

10. Pala Manis

Pala Manis

Sumber: shopee.co.id

Oleh-oleh Manado satu ini cocok untuk para pecinta makanan atau camilan manis. 

Ya, makanan satu ini terbuat dari manisan pala yang memiliki rasa asam manis dan tekstur yang kenyal. Selain cocok untuk camilan, ternyata manisan pala ini juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan jantung.

11. Kue Lampu-lampu

Kue Lampu-lampu

Sumber: www.topwisata.info

Kue khas Sulawesi Utara satu ini terbuat dari tepung beras, santan, dan campuran bahan lainnya. Uniknya, kue ini disajikan dengan wadah daun pandan sehingga aromanya lebih wangi dan legit. Kue tradisional ini bisa jadi salah satu referensi oleh-oleh khas Manado yang bisa kamu bawa pulang.

12. Batik Manado

Batik Manado

Sumber: blog.tribunjualbeli.com

Rekomendasi oleh-oleh yang terakhir ini bukan makanan ya, melainkan kain batik. Tentunya tak lengkap jika kamu hanya bawa makanan saja, kan? Lengkapi oleh-olehmu dengan koleksi kain batik khas Manado yang punya warna dan motif yang cantik.

Baca Juga: 15 Oleh-oleh dari Kota Palembang yang Khas dan Wajib Dibawa Pulang!

Liburan Ke Manado, Jangan Lupa Bawa Pulang Oleh-olehnya yang Khas

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh Manado yang khas dan menarik untuk dicoba. Mulai dari kue tradisional, manisan, ikan, sambal, hingga batik. 

Selagi liburan ke Manado, jangan sampai melewatkan kesempatan belanja buah tangan khas Manado ya. Dijamin bisa melepas kangen terhadap kota cantik yang satu ini!

Baca Juga: 12 Rekomendasi Oleh-oleh Asli Khas Malaysia

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement