Senin 14 Aug 2023 18:00 WIB

Michelin Star: Pengertian, Daftar Chef Pemegang, dan Rekomendasi Restorannya di Indonesia

Michelin star merupakan predikat tertinggi dalam dunia kuliner. Kenali selengkapnya tentang chef pemegangnya dan rekomendasi restoran michelin star di Indonesia berikut ini

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Perkembangan dunia kuliner yang semakin kreatif dan inovatif memang sangat menarik untuk diikuti. Tidak hanya soal hidangan saja, tetapi seluk beluk dan dedikasi orang-orang yang terlibat di dalamnya juga layak disimak. 

Mereka yang menggeluti dunia kuliner tidak hanya ingin dikenal, tetapi juga ingin diakui kemampuannya. Salah satu patokannya adalah berdasarkan penghargaan Michelin Star.

Michelin Star merupakan penghargaan yang diberikan dengan pertimbangan kualitas bahan, harmoni rasa, penguasaan teknik, dan kepribadian koki yang tergambarkan dari hidangan yang disajikan. Michelin Star diberikan setiap tahun kepada chef dan restoran yang masuk ke dalam kriteria penilaian. 

Mendapat gelar Michelin Star merupakan pencapaian luar biasa dalam bidang kuliner. Banyak chef yang bekerja sangat keras selama bertahun-tahun demi mendapat standar penilaian Michelin Star dan merasa pantas mendapatkannya.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Rumah Makan, Dijamin Sukses!

 

Chef dengan Pemegang Michelin Star 

Gelar Michelin Star memiliki tiga tingkatan berdasarkan penilaian yang berbeda-beda. Pada Michelin Star Satu, restoran dianggap menyajikan hidangan yang baik dan layak dikunjungi. 

Pada Michelin Star Dua menandakan bahwa restoran yang diberikan predikat memiliki standar kuliner yang tinggi dari sisi kualitas, kreativitas, dan inovasi. Sementara Michelin Star Ketiga diberikan kepada restoran yang menyajikan hidangan kelas dunia dengan cita rasa yang unik. 

Dengan adanya penghargaan ini, chef dunia pun berlomba-lomba menghadirkan hidangan yang istimewa di restoran yang mereka kelola. Berikut 10 chef terbaik dunia yang tercatat memiliki Michelin Star paling banyak saat ini. 

  1. Alain Ducasse

    Alain Ducasse (Sumber: The Times)

    Memiliki 21 Michelin Star, Ducasse disebut sebagai chef terbaik di dunia. Ia memiliki lebih dari 30 restoran yang berada di Monako, Prancis, dan Inggris. Restoran Ducasse menggabungkan konsep tradisional, seni, modernitas, serta rasa yang mewah untuk menghadirkan pengalaman dining yang berkelas.

    Ducasse sangat dihormati di dunia kuliner karena dedikasinya yang mampu mengangkat standar industri makanan secara internasional. Ia juga banyak berkolaborasi dengan berbagai proyek untuk meningkatkan mutu dan citra kuliner.

  2. Pierre Gagnaire

    Pierre Gagnaire (Sumber: Fine Dining Lovers)

    Lahir di keluarga koki, Gagnaire terkenal sebagai salah satu chef yang mengembangkan teknik fusion cuisine dengan kombinasi bahan dan tekstur yang unik. Saat ini, Gagnaire memiliki 12 Michelin Star dan sejumlah restoran di Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat.

    Gagnaire menjadi pioner dalam kuliner modern yang eksperimental. Dedikasinya untuk membuatnya sangat dihormati dan mampu menginspirasi banyak chef lainnya.

  3. Yannick Alleno

    Yannick Aleno (Sumber: Malay Mail)

    Alleno memulai karier saat masih sangat muda, yaitu usia 15 tahun. Sepanjang kariernya, ia bertekad ingin ahli di hidangan Prancis yang modern.

    Saat ini, Alleno memiliki 11 Michelin Star dan memiliki sejumlah restoran di berbagai negara, mulai dari Dubai, Taiwan, Hong Kong, dan Prancis. Ia sempat menjadi Executive Chef di Le Meurice, salah satu restoran terbaik di Prancis, dan meraih 3 Michelin Star.

  4. Martin Berasategui

    Martin Berasategui (Sumber: The Local Tongue)

    Salah satu Michelin Chef yang berasal dari Spanyol yang disebut memiliki pengaruh pada dunia kuliner internasional. Berasategui ahli dalam memasak dengan gaya Basque dengan sentuhan modern.

    Berasategui memiliki 8 Michelin Star dan mengelola sejumlah restoran terkenal di berbagai negara. Salah satu yang terkenal adalah Lasarte-Oria yang juga meraih 3 Michelin Star.

  5. Anne-Sophie Pic

    Anne-Sophie Pic (Sumber: Michelin Guide)

    Meski baru memutuskan menjadi chef saat berusia 23 tahun, karier Pic sebagai koki sangat gemilang. Ia bahkan mampu mengolah bahan yang sederhana, seperti kubis dan lobak, menjadi hidangan yang berkelas dengan cita rasa tinggi.

    Pic memiliki 8 Michelin Star dan mengelola restorannya sendiri yang berada di Prancis dan Inggris dengan nama La Dame de Pic. Pic menjadi satu-satunya chef Michelin Star yang masuk 10 besar. Tak heran jika Pic amat dihormati oleh chef wanita lainnya.

  6. Gordon Ramsay

    Gordon Ramsay (Sumber: Britannica)

    Salah satu chef yang nyentrik karena gaya bicaranya ini memiliki 7 Michelin Star. Sepanjang kariernya, Ramsay meraih total 22 bintang dari 16 restoran yang ia kelola

    Nama Ramsay dikenal setelah menjadi juri Masterchef selama beberapa musim. Meski gaya bicaranya terkesan arogan, Ramsey merupakan salah satu chef yang dihormati dan memberikan pengaruh besar untuk dunia kuliner internasional.

  7. Thomas Keller

    Thomas Keller (Sumber: The Gourmet Insider)

    Memiliki 7 Michelin Star, Keller dikenal sebagai chef yang memiliki kreativitas tinggi dalam menghidangkan makanannya. Ia menggabungkan hidangan Prancis yang klasik dengan twist gaya Amerika yang menjadi ciri khasnya.

    Ia memiliki dua restoran yang sangat terkenal bernama French Laundry dan Per Se yang selalu ramai oleh pengunjung. Dedikasi di dunia kuliner membuatnya membuat dirinya masuk ke dalam daftar The World’s Best Restaurant beberapa waktu lalu.

  8. Yoshihiro Murata

    Yoshihiro Murata (Sumber: Chef Connection)

    Koki asal Jepang yang memiliki ini memiliki 7 Michelin Star. Murata merupakan generasi ketiga dari restoran milik keluarganya, Kikunoi.

    Ciri khas Murata adalah hidangan kaiseki, yaitu hidangan Jepang lengkap yang disajikan sesuai dengan musimnya. Ia juga menjadi salah satu koki yang paling dihormati di Jepang dan merupakan anggota dewan dari Japanese Culinary Academy. 

  9. Seiji Yamamoto

    Seiji Yamamoto (Sumber: OChef)

    Yamamoto menggabungkan kaiseki dengan molekular gastronomi untuk menghadirkan hidangan yang unik dan berkelas. Tak heran jika restorannya, Nihonryori RyuGin menjadi tujuan kuliner utama oleh wisatawan yang berkunjung ke Jepang.

    Dalam setiap hidangannya, Yamato selalu mengutamakan kualitas dan inovasi. Saat ini, ia masuk ke dalam daftar Michelin Star chef dengan memiliki tujuh bintang.

  10. Andreas Caminada

    Andreas Caminada (Sumber: Michelin Guide)

    Caminada merupakan seorang koki asal Swis yang memiliki title Michelin Star dengan 7 bintang. Ciri khas Caminada adalah memasak dengan penggabungan cita rasa tradisional dengan teknik modern.

    Kemampuan Caminada membuatnya masuk ke dalam daftar The World’s 50 Best Restaurant. Sebagai salah satu chef terbaik di dunia, khususnya Swiss, Camanida berkontribusi pada perkembangan hidangan haute cuisine.

    Itulah 10 chef dengan predikat Michelin Star. Mereka semua memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan kuliner di dunia.

    Baca Juga: Menjajal Profesi Data Analyst, Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari Saat Ini

Restoran Michelin Star di Indonesia yang Wajib Dicoba

Tak hanya oleh restoran di luar negeri, Indonesia juga memiliki beberapa restoran dengan penghargaan Michelin Star. Restoran-restoran ini dianggap mampu menghadirkan cita rasa otentik dengan rasa yang lezat.

Berikut 7 restoran di Indonesia yang telah memiliki Michelin Star saat ini. Ada yang sudah pernah kamu datangi?

  1. Locavore, Bali

    Locavore Bali (Sumber: Trip Advisor)

    Restoran ini mengusung konsep eco-friendly dengan hidangan yang unik. Chef Eelke Plasmeijer dan Ray Adriansyah berkomitmen menggunakan bahan-bahan lokal yang diproduksi secara berkelanjutan.

    Menu di Locavore dapat berubah sesuai dengan musim dan ketersediaan bahan. Jika kamu tertarik mencoba hidangan di Locavore, sebaiknya lakukan reservasi sejak jauh-jauh hari.

  2. Merah Putih, Bali

    Merah Putih Bali (Sumber: Trip Advisor)

    Menyajikan hidangan khas Nusantara, Merah Putih merupakan restoran yang mendapat predikat Michelin Star. Berlokasi di Bali, kamu bisa menikmati cita rasa otentik dengan bahan-bahan loka dan bumbu tradisional yang kaya.

    Suasana yang dihadirkan juga nyaman dengan kesan elegan yang estetik. Kamu bisa memesan rawon, gado-gado, urap, hingga tahu gejrot di Merah Putih.

  3. Hakkasan, Jakarta

    Hakkasan (Sumber: Tao Group)

    Hakkasan menyuguhkan hidangan khas Cantonese yang sangat terkenal di Jakarta. Beberapa menu andalannya adalah dimsum dan seafood yang menggunakan bahan terbaik untuk menghadirkan cita rasa yang lezat. 

    Hakkasan Jakarta sendiri merupakan cabang restoran yang terdapat di sejumlah negara. Tak heran jika hidangan dan suasana Hakkasan juga sangat berkelas dan patut dicoba.

  4. Mozaic, Bali

    Mozaic (Sumber: The Yum List)

    Salah satu restoran mewah yang ada di Bali ini menawarkan pengalaman kuliner haute cuisine dengan rasa lokal. Bedanya, hidangan khas nusantara ini disajikan dengan gaya memasak a la Prancis yang khas sehingga menghadirkan rasa yang unik dan lezat. 

    Mozaic dikenal dengan menu degustasi, yaitu menyajikan hidangan kecil agar pelanggan dapat merasakan pengalaman kuliner yang lengkap. Suasana di restoran juga sangat nyaman yang kental dengan atmosfer lokal serta pemandangan yang indah.

  5. Tim Ho Wan, Jakarta

    Tim Ho Wan (Sumber: Anak Jajan)

    Tim Ho Wan merupakan salah satu restoran dimsum terbaik di dunia. Berbasis di Hong Kong, Tim Ho Wan Jakarta juga memiliki reputasi yang sama dan memiliki kualitas restoran Michelin Star.

    Kamu wajib mencoba dimsum, ayam saus soya, sop wonton, dan hidangan lainnya . Namun, kamu harus bersiap mengantre lama karena Tim Ho Wan selalu ramai, terutama ketika jam makan siang. 

  6. Teatro Gastroteque, Bali

    Teatro Gastroteque (Sumber: Bali Bible)

    Tak hanya menyuguhkan hidangan yang memanjakan lidah, semua sajian di Teatro Gastroteque adalah piece of art. Kamu bisa merasakan cita rasa khas Eropa dengan sentuhan lokal yang menghadirkan kombinasi yang menarik.

    Teatro Gastroteque selalu menyajikan menu yang berbeda-beda sehingga kamu bisa merasakan kreativitas dan ciri khas chef. Untuk bisa mencicipi keunikan hidangan di sini, sebaiknya kamu melakukan reservasi karena tempat duduk yang terbatas. 

  7. Metis Restaurant, Bali

    Metis Restaurant (Sumber: Bali Bible)

    Restoran ini sangat cocok untuk dijadikan tempat dinner bersama pasangan. Suasana yang dihadirkan terasa amat elegan dan romantis, sangat cocok dipadukan dengan hidangan Prancis-Mediterania yang lezat.

    Kamu bisa memilih berbagai hidangan, mulai dari cold atau hot appetizer, raw bar, soup, meat, hingga seafood. Dikarenakan hanya tersedia 350 tempat duduk, kamu harus memesan tempat dari jauh-jauh hari untuk bisa mencicipi hidangan di Metis Restaurant.

    Itulah 7 restoran yang telah memiliki Michelin Star yang ada di Indonesia. Jangan ragu dengan kualitas hidangan yang disuguhkan karena sudah pasti lezat dan berkelas. Restoran mana yang akan kamu coba dulu?

Kuliner Enak dan Berkelas di Restoran Michelin Star karya Chef Terhebat

Mendapatkan penghargaan di dunia yang digeluti tentu akan memberikan rasa bangga, termasuk chef-chef di dunia yang ingin hidangannya diberikan penilaian terbaik sesuai standar. Jadi, wajar jika predikat Michelin Star amat didambakan oleh para pegiat kuliner, baik dalam dan luar negeri.

Kepemilikan Michelin Star sangat penting bagi restoran sebagai pembuktian kualitas hidangan dan standar sesuai standar yang diakui secara internasional.

Baca Juga: Tertarik Kerja di Kapal Pesiar? Ini Cara dan Posisi yang Bisa Dilamar

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement