Senin 18 Sep 2023 15:00 WIB

Rekomendasi Cat Motor Terbaik, Jenis dan Tips Memilih

Mengubah tampilan warna motor biasanya menjadi hobi pecinta motor. Simak rekomendasi cat motor terbaik untuk modifikasi motormu berikut ini!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Cat motor yang tampak mengkilap tentu menjadi idaman semua pemilik kendaraan roda dua. Namun seiring dengan berlalunya waktu, biasanya cat motor asli akan memudar. Hal ini akan membuat tampilan motor menjadi kurang menarik, apalagi jika kondisi catnya sudah benar-benar tampak kusam.

Melakukan pengecatan ulang motor bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain mempercantik tampilan motor, cat body motor yang berkualitas baik juga bisa melindungi body motor dari kerusakan. Hal ini tentu hanya bisa didapatkan jika motor tersebut digunakan dan sekaligus dirawat dengan cara yang tepat.

Baca Juga: Modifikasi Motor: Tujuan, Biaya, dan Cara Mengatur Budgetnya

 

Pilih Cat Motor yang Tepat dan Berkualitas Baik 

Cat Motor

Cat Motor

Pada dasarnya, ada banyak merek cat motor yang tersedia di pasaran, bahkan harga yang ditawarkan juga sangat beragam. Namun untuk mendapatkan hasil terbaik, penting untuk memahami dengan baik jenis cat dan teknik penggunaannya terlebih dahulu. Jangan sampai cat body motor digunakan sebagai cat mesin motor, atau sebaliknya. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi merk cat yang dikelompokkan berdasarkan jenisnya: 

Cat Body Motor

  1. Nippon Paint Pylox

    Nippon Paint Pylox

    Ini merupakan salah satu cat body motor yang paling populer dan sejak lama banyak digunakan. Nippon paint pylox memiliki banyak sekali pilihan warna, sehingga akan memudahkan para pemilik motor untuk memilih warna yang paling tepat dan sesuai untuk kendaraan mereka. 

    Cat motor yang satu ini juga dikenal mudah untuk disemprotkan, bahkan dari jarak 5 cm sekalipun bisa menyebar hingga 90%. Bukan hanya itu saja, cat motor ini juga memiliki warna yang awet dan tidak mudah luntur, cepat kering, dan memiliki daya tahan yang baik terhadap bensin.

    Kisaran harga: Rp69.000,- untuk ukuran 1 liter.

  2. ACE Premium Enamel Spray Paint 

    Ace Premium

    Dikenal sebagai cat semprot yang mudah digunakan, ACE Premium memang dibekali dengan nozzle unik yang dapat diputar hingga 360 derajat dan membuat pengecatan menjadi lebih mudah. Penyemprotan bisa diatur dengan sedemikian rupa, sehingga proses pengecatan bisa berjalan dengan lebih cepat. 

    Kualitas ACE Premium tentu tidak perlu diragukan lagi, sebab cat ini bisa melapisi permukaan motor dengan sangat baik, dan ini akan sebanding dengan harganya yang cukup tinggi. Cat body motor yang satu ini juga bisa kering dalam waktu sekitar 10 menit saja. 

    Kisaran harga: Rp59.000,- untuk ukuran 430 ml.

  3. Sapporo Candy Tone 

    Sapporo Candy Tone

    Untuk pecinta warna-warna terang, cat body motor yang satu ini akan jadi pilihan yang tepat. Sapporo memiliki banyak koleksi warna yang cerah dan seringkali dijadikan pilihan oleh pecinta motor dengan nuansa colorfull. Bukan hanya untuk bagian body saja, Sapporo juga juga bisa digunakan pada bagian lain, seperti velg dan yang lainnya. 

    Kisaran harga: Rp21.000,- untuk 300 ml.

  4. Carlas Colorfull 

    Carlas Colorful Rubber

    Satu lagi cat body motor yang memiliki banyak pilihan warna adalah Carlas Colorfull. Carlas bisa diaplikasikan pada berbagai permukaan sekaligus, sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan motor. Selain itu, cat yang satu ini juga terbilang mudah untuk dikelupas ketika ingin mengganti warna cat dengan yang baru. Ini akan jadi pilihan yang tepat bagi pemotor yang suka gonta ganti warna cat motor. 

    Kisaran harga: Rp50.000,- untuk 300 ml

Cat Mesin Motor

  1. Samurai Hi Temp

    Samurai Paint Hi Temp

    Cat semprot yang satu ini tidak hanya untuk body motor saja, namun bisa juga dijadikan sebagai cat mesin motor. Formulanya yang unik membuat Samurai Hi Temp tahan terhadap bensin dan permukaannya tidak mudah retak. Selain untuk bagian mesin motor, cat ini juga kerap digunakan untuk mewarnai knalpot motor, sebab Samurai Hi Temp tahan terhadap panas, bahkan yang mencapai 600 derajat sekalipun. 

    Kisaran harga: Rp50.000,- untuk ukuran 300 ml. 

  2. HI-TEMP SPRAY PAINT MEGACOOL

    Megacool

    Selain memiliki koleksi warna yang cukup banyak, cat mesin motor ini juga cukup mudah ditemukan di pasaran. Hi-Temp Spray Paint Megacool mampu memberikan perlindungan maksimal pada bagian knalpot dan juga mesin, sebab cat ini bisa menahan panas sampai 650 derajat. Selain itu, cat motor ini juga awet dan tidak akan mudah mengelupas.

    Kisaran harga: Rp48.000,- untuk kemasan 300 ml.

  3. Rj hi-Temp

    Hi Temp Spray Megacool

    Ini merupakan salah satu cat mesin motor yang paling populer di pasaran. Meski hanya terdiri dari warna hitam dan silver saja, Rj hi-Temp cukup banyak digunakan, terutama untuk mengecat bagian knalpot motor. Selain harganya yang cukup terjangkau, cat motor yang satu ini juga tahan terhadap panas sampai mencapai 650 derajat. 

    Kisaran harga: Rp25.000,- untuk 150 ml. 

  4. AEROX Heat Resistant Paint

    Aerox Heat Resistant Paint

    AEROX merupakan cat mesin motor yang hadir dengan banyak pilihan warna berbeda, sehingga cocok untuk para pecinta modifikasi. Dilengkapi dengan nozzle kipas yang fleksibel untuk digunakan vertikal maupun horizontal, cat ini akan sangat mudah untuk digunakan. Selain itu, cat motor yang satu ini juga tahan terhadap panas hingga 650 derajat, sehingga bisa digunakan untuk mewarnai knalpot sekalipun. 

    Kisaran harga: Rp120.000,- untuk ukuran 400 ml. 

Cat Epoxy Motor 

  1. ACLOSE SUPER (DNT)

    Aclose Super

    ACLOSE merupakan cat epoxy motor yang dikenal memiliki daya tutup yang baik, sehingga bisa diandalkan sebagai cat dasar yang kuat. Memiliki daya rekat yang kuat, cat motor yang satu ini memang terbilang cepat kering dan mudah untuk diaplikasikan pada permukaan motor. Cat epoxy ini akan membuat cat motor lebih awet dan tidak mudah mengelupas.

    Kisaran harga: Rp67.000,- untuk ukuran 800 ml.

  2. Nippe 2000

    Nippe 2000

    Cat yang dikeluarkan oleh Nippon Paint ini juga bisa andalan bagi pemotor yang membutuhkan cat epoxy motor. Cat ini terbilang mudah larut dan bisa diaplikasikan dengan mudah. Selain itu, Nippe 2000 juga memiliki daya rekat yang kuat, sehingga bisa menutupi permukaan dengan baik. Cat yang satu ini juga cukup mudah ditemukan di pasaran. 

    Kisaran harga: Rp63.000,- untuk ukuran 800 ml. 

  3. Danagloss 

    Danagloss

    Cat epoxy motor yang satu ini juga termasuk salah satu yang terbaik di pasaran. Didesain dengan unik, Danagloss ini mampu menutupi permukaan motor dengan halus, sehingga memberikan hasil akhir yang bagus. Selain itu, cat ini juga memiliki daya tutup yang baik dan cukup mudah untuk diaplikasikan pada berbagai permukaan sekaligus. 

    Kisaran harga: Rp70.000,- untuk ukuran 800 ml. 

  4. Belkote PU 2K Surfacer

    Belkote

    Belkote merupakan cat epoxy motor terakhir yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Cat yang satu ini dikenal memiliki daya rekat yang kuat dan bisa menutupi permukaan dengan baik. Bukan hanya itu saja, Belkote juga menjadi salah satu cat epoxy yang terbilang cukup mudah kering, sehingga proses pengecatan akan bisa berjalan dengan lebih cepat tentunya. 

    Kisaran harga: Rp70.000,- untuk ukuran 800 ml.

    Baca Juga: Alasan Mesin Mobil Butuh Sistem Pendingin dan Cara Mendeteksi Kebocorannya

Tips Memilih Cat Motor yang Baik 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan saat memilih cat motor: 

  1. Pilih Cat Motor yang Tahan Bensin

    Saat akan mengganti cat motor, pastikan untuk memilih cat yang tahan bensin. Hal ini akan membuat cat lebih awet, sehingga bisa bertahan lama. Lakukan pengecekan cat saat akan membeli, agar cat yang digunakan pada motor benar-benar tahan bensin.

  2. Cek Durasi Pengeringan Cat 

    Jangan lupa untuk mencari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan cat motor untuk mengering. Hal ini penting, untuk memastikan proses pengeringan cat bisa berjalan dengan sempurna ketika digunakan. Cat yang mengering dengan baik juga akan membuat cat motor menjadi lebih awet. 

  3. Cek Daya Semprot Cat

    Jika menggunakan cat motor dalam bentuk spray, maka penting untuk memeriksa daya semprot cat tersebut dengan baik terlebih dahulu. daya semprot akan mempengaruhi proses penyemprotan dan juga hasil pengecatan itu sendiri. Masing-masing cat akan memiliki daya semprot yag berbeda-beda, sehingga penting untuk memilih yang paling tepat. 

  4. Lakukan Perbandingan Harga

    Ada banyak cat motor yang tersedia di pasaran, tentunya dengan kualitas yang berbeda-beda. Pastikan untuk melakukan perbandingan harga dan kualitas cat motor terlebih dahulu, sebelum akhirnya memilih salah satu di antaranya. 

Pilih dan Gunakan Cat Motor yang Tepat 

Melakukan pengecatan ulang pada motor merupakan hal yang biasa dilakukan oleh para pemilik kendaraan roda dua. Pilih jenis cat yang tepat sejak awal, agar hasil pengecatan juga bagus. Selain itu, lakukan proses pengecatan dengan cara yang tepat, sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan.

Baca Juga: Mengenal Coating Mobil dan Manfaatnya pada Kendaraan

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement