Selasa 31 Oct 2023 15:00 WIB

Atasi Vertigo yang Mengganggu dengan 5 Jenis Terapi Ini di Rumah!

Vertigo kambuh? Pastinya mengganggu. Berikut beberapa terapi vertigo yang bisa dilakukan di rumah. Mulai dari, istirahat hingga melakukan gerakan manuver epley.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Sakit kepala yang berkepanjangan tentu akan membuat aktivitas terganggu, terlebih jika rasa sakit yang dirasakan kemudian menjadi vertigo. Vertigo merupakan salah satu kondisi yang mana pengidapnya mengalami pusing atau sakit kepala akibat merasakan gerakan yang tak semestinya. Umumnya sensasi gerakan yang dirasakan seperti melayang atau berputar, hal tersebut terjadi karena adanya gangguan di sistem vestibular.

Vertigo kerap ditandai dengan adanya sejumlah gejala, mulai dari, mual, muntah, hingga kesulitan dalam menjaga keseimbangan tubuh. Hal inilah yang menyebabkan banyak penderita vertigo mengalami kesulitan saat berdiri maupun berjalan. Bahkan, tak sedikit yang kemudian tak mampu melakukan aktivitas apapun.

Terapi Vertigo yang Bisa Dilakukan di Rumah

Terapi Vertigo

Terapi Vertigo

Vertigo sendiri sebenarnya bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal. Seperti, trauma kepala, infeksi telinga bagian dalam, migrain, stroke, hingga pengendapan kalsium. Langkah untuk menyembuhkan vertigo pun bisa dilakukan dengan berbagai upaya sesuai kondisi yang dialami. Mulai dari penangan mandiri, pemberian obat, hingga langkah medis di bawah pengawasan dokter.

Perlu diketahui bahwa di beberapa kasus, vertigo bisa sembuh tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan apapun. Jadi penanganan mandiri di rumah bisa diambil jika kondisi vertigo yang dialami belum terlalu parah, misalnya dengan melakukan terapi. Nah, berikut ini ada beberapa terapi vertigo yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

1. Istirahat dan Jangan Banyak Bergerak

Terapi pertama yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan istirahat, terutama pada saat serangan terjadi dan setelahnya.

Terlebih lagi saat merasa pusing, maka segeralah duduk atau baringkan tubuh secara perlahan. Kurangi gerakan yang tiba-tiba, sebab terkadang gerakan apapun justru dapat memperburuk kondisi vertigo yang dialami. Selain itu, hindari cahaya yang terlalu terang dan berlebihan, misalnya, cahaya dari televisi atau layar smartphone.

2. Mencukupi Kebutuhan Air dalam Tubuh

Ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan asupan air, ini bisa memicu munculnya vertigo. Hal ini terjadi karena tubuh yang kekurangan air akan mengurangi jumlah volume darah. Akibatnya jumlah pasokan oksigen ke jaringan otak juga ikut berkurang, sehingga menyebabkan seseorang mengalami pusing hingga vertigo.

Tubuh manusia setidaknya membutuhkan asupan cairan sekitar 2,2 sampai 3 liter setiap harinya. Jadi, penting untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup. Salah satu cairan terbaik untuk tubuh dan mudah diserap yakni air mineral.

3. Latihan Fisik

Selanjutnya, lakukan latihan fisik yang cenderung aman dan minim gerakan. Misalnya, dengan melakukan gerakan atau manuver tertentu sesuai letak rasa sakit kepala yang dirasakan.

Salah satu gerakan yang bisa dicoba adalah manuver foster atau half somersault, yakni dengan berlutut sembari melihat ke atas selama beberapa detik, dilanjutkan dengan posisi sujud dan menempelkan dahi di lantai. Tunggu sebentar hingga vertigo berhenti, kemudian putar kepala ke arah bagian yang sakit dan tunggu selama beberapa saat hingga vertigo benar-benar mereda.

Selain gerakan tersebut, beberapa posisi yoga juga dapat dilakukan untuk mencegah kambuhnya vertigo.

4. Gerakan Brandt Daroff

Untuk mencoba terapi ini, disarankan untuk mengambil posisi duduk tegak di tepi ranjang dan posisikan kedua kaki tetap menggantung. Biarkan kaki tetap diam, lalu pejamkan mata dan baringkan tubuh dengan gerakan cepat atau spontan ke samping kiri atau kanan lalu diam di posisi tersebut selama 30 detik.

Setelah itu duduk kembali ke posisi awal, dan berdiamlah sejenak untuk merelaksasi tubuh. Lalu ulangi gerakan sebelumnya dengan membaringkan tubuh ke sisi lainnya secara spontan.

Umumnya, latihan terapi ini dilakukan untuk penderita vertigo jenis Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). Di mana jenis vertigo ini membuat penderitanya mengalami pusing disertai sensasi berputar yang muncul tiba-tiba.

5. Gerakan Manuver Epley

Satu lagi latihan gerakan yang bisa digunakan untuk terapi vertigo di rumah yakni dengan latihan manuver epley. Latihan ini bisa dilakukan di rumah sendiri atau bersama tenaga profesional. Namun, lebih disarankan dengan terapis profesional agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

Berikut beberapa gerakan dalam manuver epley:

  • Ambil posisi duduk di sisi tempat tidur lalu putar kepala 45° ke arah kiri.
  • Lalu berbaringlah dengan tanpa mengubah posisi kepala, dan tahan selama beberapa detik. Jangan lupa untuk menempatkan bantal di bagian bahu, bukan di kepala. 
  • Selanjutnya, putar kepala 90° ke arah kanan dengan tanpa mengangkatnya dan tahan beberapa saat. 
  • Lanjut, putar tubuh dan kepala ke arah kanan sampai melihat lantai, tahan beberapa detik.
  • Kemudian kembali ke posisi duduk selama beberapa menit, dan jangan langsung beranjak pergi dari tempat tidur.

Lakukan Terapi Sembari Memperbaiki Gaya Hidup

Meskipun terapi tidak bisa menjamin kesembuhan, tapi setidaknya bisa mengurangi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Selain melakukan terapi, jangan lupa untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, supaya vertigo tak datang lagi menghampirimu. Semoga bermanfaat, ya!

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement