Senin 04 Dec 2023 12:56 WIB

Ini Cara Cek Tagihan Listrik dan Pilihan Metode Pembayaran PLN Bandung

Bagi warga Bandung, sudah tahu belum berbagai cara untuk mengecek dan membayar tagihan PLN pascabayar di rumah? Simak penjelasan berikut.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Meski PLN terus menyosialisasikan pelanggan untuk menggunakan meteran listrik prabayar, tak sedikit masyarakat yang masih memilih bertahan pada penggunaan listrik pascabayar. Dengan demikian, PLN masih terus memberikan layanan cek serta pembayaran tagihan, termasuk pada PLN Bandung, Jawa Barat.

Jika dulu pelanggan PLN pascabayar direpotkan dengan pembayaran di kantor maupun agen PLN. Kini, sudah banyak kemudahan untuk pengguna PLN pascabayar dalam melakukan pembayaran di beberapa gerai yang bekerja sama hingga secara online.

Adapun sebelum melakukan pembayaran, pelanggan PLN juga tidak perlu lagi menduga-duga besaran biaya pemakaian listriknya. Pasalnya, kini pelanggan bisa mengecek tagihan dengan mudah secara online. Untuk pelanggan pascabayar PLN Bandung, yuk simak informasi lengkapnya!

 

Cara Cek Tagihan Listrik untuk Pelanggan PLN Bandung

PLN

Listrik PLN Bandung

Penggunaan listrik pascabayar memang lebih praktis tanpa harus bolak-balik isi token. Pengguna hanya cukup melakukan pembayaran satu kali setiap bulan pada tanggal yang ditentukan. Akan tetapi, jenis listrik ini masih memiliki kekurangan, yaitu pada jumlah biaya pembayaran yang sulit diperkirakan.

Bila pelanggan menggunakan listrik secara berlebihanbisa saja tiba-tiba jumlah tagihan akan membengkak dari biasanya. Oleh sebab itu, untuk memperhatikan pemakaian, kamu bisa cek tagihan listrik pascabayar ini melalui beberapa cara online yang bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Berikut adalah informasi untuk pelanggan PLN Bandung seputar cara cek tagihan listrik pascabayar.

  • Cek Tagihan Listrik Melalui Website

    PLN memiliki laman atau website resmi untuk memberikan informasi serta layanan online kepada pelanggan. Melalui website ini, kamu bisa mengecek jumlah tagihan. Berikut cara cek tagihan listrik pascabayar melalui website PLN.

    1. Buka laman https://web.pln.co.id/.
    2. Kemudian, pilih menu “Pelanggan”.
    3. Lalu, pada bagian layanan online pilih “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.
  • Cek Tagihan Listrik Melalui Cermati.com

    Selain melalui website resmi PLN, kamu juga bisa mengecek tagihan listrik pascabayar melalui beberapa situs lain. Contohnya, Cermati.com. Berikut cara cek tagihan PLN Bandung melalui website atau aplikasi Cermati.com.

    1. Kunjungi website atau aplikasi Cermati.com.
    2. Cari produk “Listrik PLN” pada bagian daftar produk.
    3. Isi nomor ID pelanggan dan klik “Lanjutkan”.
    4. Tunggu informasi tagihan listrik yang harus dibayar muncul.
  • Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile

    Pelanggan PLN Bandung juga bisa melakukan layanan cek tagihan listrik pascabayar melalui aplikasi PLN Mobile. Kamu bisa dengan mudah mengecek melalui smartphone di mana saja dan kapan saja. Aplikasi ini diluncurkan PT PLN dengan berbagai kemudahannya untuk melayani pelanggan secara online.

    Dengan begitu, pelanggan tidak perlu lagi repot datang ke kantor PLN untuk mendapatkan layanan maupun melaporkan berbagai keluhan. Simak cara cek tagihan listrik yang wajib dipahami pelanggan PLN Bandung melalui aplikasi PLN Mobile!

    1. Unduh aplikasi PLN Mobile di smartphone kamu melalui Play Store maupun App Store.
    2. Isi data yang diminta untuk melakukan pendaftar.
    3. Periksa kembali data yang dimasukkan dan klik “Simpan” jika sudah benar.
    4. Kembali ke halaman awal dan lakukan login.
    5. Kemudian, pilih menu “Kelistrikan”.
    6. Jika ID pelanggan pascabayar sudah terdaftarkan di aplikasi, pilih menu “Pemberitahuan”.
    7. Layar akan menampilkan rincian jumlah tagihan listrik.
  • Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Call Center

    Selain cara-cara online, pelanggan PLN Bandung juga masih bisa melakukan pengecekan dengan cara lain. Misalnya, menghubungi call center PLN 123 dan mendatangi langsung loket maupun kantor PLN terdekat. Berikut cara cek tagihan listrik pascabayar melalui call center.

    1. Hubungi call center PLN di nomor 123.
    2. Jika menggunakan ponsel, tambahkan kode area sebelum nomor 123.
    3. Ikuti instruksi penerima otomatis untuk mengecek tagihan.
    4. Jika butuh bantuan operator, tekan nomor layanan operator dan kamu akan terhubung langsung.

    Perlu diketahui, layanan tersebut tidak bebas biaya. Oleh karena itu, sediakan pulsa dengan jumlah cukup untuk melakukan panggilan dengan ponsel.

  • Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Loket dan Kantor PLN

    Bagi sebagian orang, cara online maupun telepon masih terlalu rumit. Nah, bagi pelanggan PLN Bandung yang memang kesulitan dengan cara-cara di atas sebelumnya. Kamu dapat melakukan pengecekan tagihan listrik di kantor dan loket PLN terdekat.

    Di sana, kamu bisa menemui petugas PLN dan menyampaikan tujuan pengecekan tagihan listrik pascabayar. Petugas akan membantu dengan meminta kamu menyebutkan nomor ID pelanggan. Kemudian, petugas akan menyebutkan jumlah tagihan listrik kamu yang sebaiknya dicatat agar tidak lupa.

Cara Bayar Tagihan Listrik PLN Bandung

Sebagai informasi, pelanggan PLN Bandung dengan listrik pascabayar bisa melakukan pembayaran tagihan dengan cara offline maupun online. Berikut cara bayar tagihan listrik pascabayar PLN Bandung.

  • Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Offline

    • Kantor Pos

      PT PLN masih terus bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dalam menyediakan layanan pembayaran listrik. Oleh karena itu, pelanggan PLN Bandung bisa membayarkan tagihan listrik pascabayar melalui kantor pos terdekat. Berikut langkah membayar tagihan listrik di kantor pos.

      1. Datang ke kantor pos terdekat dan antre di depan loket.
      2. Jika giliran kamu tiba, sampaikan tujuan pembayaran listrik kepada petugas.
      3. Sebutkan ID pelanggan PLN dan petugas akan menyebutkan nominal tagihan kamu.
      4. Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan dan biaya administrasi mulai dari Rp2.500.
      5. Tunggu petugas memberikan bukti pembayaran.
    • Loket PPOB

      Selain kantor pos, pembayaran tagihan listrik pascabayar juga bisa dilakukan melalui Payment Point Online Bank (PPOB) atau loket layanan pembayaran tagihan. Tidak hanya tagihan listrik, PPOB juga melayani pembayaran internet, air, telepon, dan sebagainya. Berikut cara bayar listrik pascabayar lewat PPOB.

      1. Datangi loket PPOB terdekat.
      2. Sampaikan tujuan pembayaran listrik kepada petugas.
      3. Sebutkan ID pelanggan PLN.
      4. Setelah petugas menyebutkan jumlah tagihan, bayar sesuai jumlah yang ditentukan.
      5. Kemudian, tunggu hingga petugas memberikan bukti pembayaran.
    • Minimarket

      Berbagai minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart juga sudah bekerja sama dengan PLN dalam menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik. Pelanggan PLN Bandung bisa mendatangi berbagai gerai minimarket terdekat yang sudah banyak tersedia. Berikut langkah pembayaran listrik pascabayar melalui minimarket.

      1. Datangi minimarket terdekat dan sampaikan tujuan pembayaran listrik kepada kasir.
      2. Berikan ID pelanggan PLN kepada kasir.
      3. Kasir akan menyebutkan nama pelanggan dan jumlah tagihan.
      4. Jika sudah benar, lakukan pembayaran.
      5. Tunggu sampai kasir memberikan struk atau bukti pembayaran listrik.
  • Cara Bayar Listrik Pascabayar Online

    Untuk lebih mudah, kamu kini bisa melakukan pembayaran listrik pascabayar secara online. Ada beberapa pilihan cara yang memudahkan, cukup menggunakan smartphone. Simak beberapa cara pembayaran tagihan listrik online.

    • PLN Mobile

      PLN Mobile memang menjadi solusi layanan kelistrikan yang memudahkan pelanggan PLN, termasuk PLN Bandung. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa melakukan pembayaran tagihan listrik. Berikut langkah-langkah membayar tagihan listrik pascabayar melalui PLN Mobile.

      1. Unduh aplikasi PLN Mobile melalui Play Store maupun App Store.
      2. Lakukan pendaftaran dan login.
      3. Pilih menu “Token dan Pembayaran”.
      4. Masukkan nomor ID pelanggan PLN.
      5. Lalu, akan tampil tagihan dan klik “Pilih Tagihan”.
      6. Kemudian, muncul detail tagihan dan klik “Lanjutkan Pembayaran”.
      7. Setelah muncul halaman pembayaran, pelanggan dapat memilih metode pembayaran.
      8. Lanjutkan dengan klik “Bayar”.
      9. Selesaikan pembayaran dengan metode yang dipilih sebelum batas waktu pembayaran habis.
      10. Setelah selesai membayar, klik “Lihat Transaksi Saya”.
      11. Pelanggan juga akan mendapatkan notifikasi jika transaksi telah berhasil.
    • Mobile dan Internet Banking

      Pada pembayaran online, kamu juga bisa memanfaatkan mobile maupun internet banking. Berbagai perbankan kini telah menyediakan layanan pembayaran listrik melalui aplikasi mobile dan internet banking.

    • Marketplace

      Para millennials pasti sangat lekat dengan aplikasi marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Nah, pelanggan PLN Bandung kini bisa menggunakan aplikasi ini untuk membayar tagihan listrik, lho!

    • Aplikasi Dompet Digital

      Selain marketplace, kamu juga membayar tagihan listrik melalui aplikasi dompet digital, seperti OVO, Flip, LinkAja, dan Dana.

Cek dan Bayar Listrik PLN Bandung Kini Makin Mudah dengan Digital

Demikianlah informasi yang diberikan pada artikel ini seputar cara cek dan pembayaran listrik pascabayar untuk pelanggan PLN Bandung. Dapat disimpulkan, pelanggan PLN kini semakin mudah melakukan layanan kelistrikan berkat digitalisasi.

Pelanggan PLN Bandung yang masih menggunakan listrik pascabayar kini tidak hanya bisa mengecek dan membayar secara offline, tetapi juga online. Cukup dengan smartphone semua layanan tersedia dan bisa dilakukan kapan saja.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement