Kamis 25 Jan 2024 09:00 WIB

Feng Shui Rumah Hadap Selatan, Benarkah yang Paling Hoki?

Feng shui dalam pembangun rumah memberikan arti tertentu. Hoki terbaik dalam membangun rumah adalah ketika rumah dibangun menghadap ke arah selatan.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Dalam membangun rumah baru, ada banyak hal yang menjadi pertimbangan. Mulai dari luas bangunan, letak bangunan, atau bahkan akan menghadap ke arah mana rumah tersebut nantinya. Jika kamu mengalami kebingungan menentukan posisi rumah, ilmu feng shui mungkin bisa menjadi jawaban.

Bagi yang belum mengetahui, feng shui adalah sebuah sistem Cina kuno yang mengatur mengenai aliran energi untuk memuat pengaturan spasial, struktur atau tempat agar selaras dengan kekuatan rohani yang menghuni tempat tersebut.

Selain itu, menurut feng shui setiap arah mata angin memiliki elemennya tersendiri. Untuk arah selatan berkaitan erat dengan elemen api, musim panas, gairah, atau juga ketenaran. Oleh sebab itu, feng shui rumah menghadap selatan dianggap sangat menguntungkan.

Penasaran kan seperti apa pandangan feng shui terhadap arah rumah yang menghadap selatan? Berikut penjelasannya.

 

Rumah Hadap Selatan, Hoki Terbaik Menurut Feng Shui

Feng shui Rumah

Feng Shui Rumah Hadap Selatan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam feng shui terdapat keyakinan bahwa setiap arah mata angin memiliki energi tersendiri. Kali ini akan dibahas mengenai arah selatan yang dipercaya membawa keberuntungan yang besar. Hal ini juga berlaku saat hendak membangun rumah.

Feng shui menyebutkan bahwa arah selatan adalah yang paling tepat untuk membangun rumah. Pasalnya, energi yang didapatkan begitu kuat. Selain itu, rumah yang menghadap selatan akan mendapatkan sinar matahari lebih banyak sehingga rumah terasa lebih nyaman, hangat, dan asri.

Tak hanya itu, rumah yang menghadap selatan juga dialiri energi chi yang akan berpengaruh pada pertumbuhan karier, kesehatan, maupun reputasi pemiliknya. Dengan demikian, kondisi finansialnya pun terus mengalir dan tumbuh makin baik.

Ada cara khusus menentukan arah rumah menggunakan feng shui, yaitu dengan menggunakan kompas khusus feng shui. Luo pan berbeda dengan kompas pada umumnya. Jika jarum kompas biasanya menunjuk ke arah utara, sebaliknya jarum luo pan justru menunjuk ke arah selatan dan ini diyakini sebagai arah yang paling bagus.

Begitulah feng shui menjabarkan bagaimana arah selatan dianggap membawa keberuntungan. Jika kamu percaya dengan teori ini, tak ada salahnya untuk mencoba.

Cara Menghadirkan Energi di Rumah Hadap Selatan

Nah, jika rumah sudah menghadap selatan, apakah keberuntungan dan kebaikan itu bisa langsung datang? Tentu saja tidak. Kamu perlu melakukan beberapa cara yang bisa membantu menghadirkan energi positif serta menjadikan rumah lebih ‘bernyawa’. Di antara yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Penggunaan Warna Elemen Kayu dan Api

    Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan energi positif dalam rumah yang menghadap selatan adalah dengan menggunakan warna elemen kayu. Warna ini dianggap sangat cocok karena hangat dan dekat dengan ‘kehidupan’. Selebihnya, warna-warna ini juga dianggap membawa kemakmuran serta keberuntungan.

    Untuk elemen kayu, bisa digunakan warna hijau atau biru. Sedangkan untuk elemen api, menggunakan warna merah atau oranye. Warna-warna tersebut menceriminkan sifat dari masing-masing energi yang direpresentasikan. Untuk aplikasinya bisa pada kusen, jendela, pintu, atau bahkan dinding, baik di dalam maupun luar rumah.

  2. Feng Shui untuk Dekorasi Rumah

    Selain warna, mengaktifkan energi positif pada rumah juga bisa dilakukan dengan permainan dekorasi. Karena berhubungan dengan feng shui rumah hadap selatan, dekorasi yang direkomendasikan adalah yang mewakili kehadiran elemen api dan kayu.

    Dalam feng shui, elemen api identik dengan bentuk segitiga dan bentuk zig-zag, sedangkan kayu digambarkan seperti tanaman hias. Jadi kamu bisa mencari dekorasi rumah maupun perabotan yang ada hubungannya dengan kedua hal di atas.

    Contohnya dengan memasang lukisan bentuk segitiga atau zig-zag di ruang tamu. Bisa juga dengan membeli beberapa perabotan rumah, seperti meja atau hiasan yang berbentuk segitiga. Memperbanyak tanaman hias juga bisa memperkuat kehadiran elemen kayu di dalam rumah, lho.

  3. Kurangi Penggunaan Elemen Tanah, Air, dan Metal

    Tips selanjutnya untuk rumah hadap selatan adalah menghindari penggunaan elemen air, tanah, dan metal atau logam. Pasalnya, ketiga elemen tersebut diyakini bisa melemahkan bahkan menghancurkan peran elemen api maupun kayu. Akibatnya, energi yang membawa keberuntungan ke dalam rumah menjadi terhambat.

    Meskipun demikian, bukan berarti penggunaan elemen ini benar-benar dilarang, ya. Kamu tetap bisa menggunakannya asal keberadaannya tak mendominasi, khususnya pada elemen api dan kayu.

Feng Shui Hadap Selatan Tak Selalu dari Pintu Depan

Nah, perlu dipahami lebih lanjut lagi bahwa menurut feng shui, arah rumah tak melulu dilihat dari letak pintu depannya. Maksudnya, jika rumah memiliki jalan samping atau pintu belakang yang lebih dominan digunakan atau menjadi pusat aktivitas keluar-masuk, maka itulah arah menghadapnya. Jadi, penggunaan elemen api dan kayu harus diperkuat di area tersebut.

Hal ini berkaitan dengan kepercayaan adanya energi chi positif yang akan meningkatkan keharmonisan dan kemakmuran dalam rumah. Sehingga, rumah menjadi lebih hidup dan nyaman untuk ditinggali. Jadi, tertarik untuk membangun rumah hadap selatan?

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement