Jumat 26 Jan 2024 15:00 WIB

5 Tips Investasi Emas Online dengan Aman, Siap Dapat Cuan Melimpah?

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas secara online, yuk ketahui dulu tips investasi emas online berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Berkat perkembangan zaman yang begitu pesat, saat ini masyarakat dari semua kalangan mampu menjangkau teknologi dengan mudah. Hal ini membuat inovasi digital di segala sektor dan aktivitas bisa dirasakan oleh semua orang. Salah satu contohnya adalah investasi emas secara online yang dewasa ini kian diminati oleh banyak investor di dalam negeri. 

Dibanding investasi emas biasa, investasi emas online memiliki banyak keunggulan yang sangat menarik. Beberapa di antaranya adalah kemudahan dalam bertransaksi, penyimpanan emas dijamin penyedia layanan, dan modal investasi bisa sangat terjangkau bahkan mulai dari 10 ribuan saja. 

Tapi, sebelum memutuskan untuk investasi emas online, kamu perlu tahu dulu bagaimana tips aman dan nyaman melakukannya. Nah, agar mampu mendulang cuan secara optimal dan melimpah, simak tips investasi emas online yang telah Cermati.com rangkum berikut ini.

 

Tips Investasi Emas Online

Investasi Emas

Investasi Emas Online

1. Tentukan Tujuan dan Target saat Investasi Emas

Segala hal yang ingin kamu lakukan tentu perlu didasari dengan tujuan dan target yang jelas, apalagi jika ingin berinvestasi. Pasalnya, hal ini bisa menjadi acuan ke arah mana kamu akan melangkah dan menentukan setiap strategi yang sebaiknya diambil. Contoh tujuan investasi bisa berupa mengumpulkan modal bisnis, membeli properti, membeli kendaraan, hingga menyiapkan dana pensiun.

Tergantung dari tujuan dan target yang dimiliki tersebut, kamu bisa mempertimbangkan apakah investasi emas online merupakan cara efektif untuk mencapainya atau tidak. Seperti yang kita tahu, investasi emas idealnya dilakukan untuk jangka panjang, misalnya di atas 5 tahun. 

Sehingga, jika kamu mempunyai tujuan investasi jangka panjang, emas online ini bisa menjadi instrumen yang bijak untuk dipilih. Yang terpenting, apapun tujuan investasi yang ingin diraih, pastikan selalu membeli emas sesuai kemampuan finansial dan rencana. 

Jadi, jangan pernah terpikir untuk membeli emas yang memiliki ukuran gram terlampau besar hingga berisiko mengacaukan kondisi keuangan. Ingat jika ada kebutuhan primer lain yang harus lebih diprioritaskan dibanding investasi, misalkan dana darurat dan asuransi. Maka bilamana memang belum mampu membeli langsung emas dalam ukuran gram yang besar, tak ada salahnya investasi emas dengan ukuran gram kecil asalkan konsisten dan aman bagi kondisi finansialmu.

2. Rutin Cek Harga Emas di Pasaran

Tips investasi emas online lainnya adalah pastikan untuk memantau harga emas di pasaran. Meski menggunakan platform digital, tapi investasi emas online masih menjadikan harga emas batangan di pasaran sebagai patokannya. Jadi, mengecek harga emas ini bisa membantumu mengetahui waktu terbaik untuk membeli emas guna memaksimalkan potensi keuntungan. 

Sejatinya, memantau harga emas merupakan kunci penting agar transaksi emas yang dilakukan menguntungkan. Misalnya, jika melihat harga emas sedang turun atau melandai, tak ada salahnya untuk meningkatkan pembelian emas.

Sebaliknya, jika harga emas melonjak dengan menjanjikan, kondisi tersebut bisa menjadi momen yang tepat untuk menjual emas guna meraih cuan maksimal. Jadi, rutin mengecek kondisi harga emas di pasaran, menjadi salah satu tips investasi emas online yang tak boleh kamu lewatkan untuk meningkatkan potensi cuannya.

3. Pastikan Legalitas dan Kredibilitas Layanan

Saat ini, ada banyak layanan investasi emas digital yang beroperasi dan bisa dipilih oleh para investor di Indonesia. Hanya saja, pahami jika tidak semua layanan investasi emas online ini legal dan terpercaya. Mengetahui hal tersebut, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pastikan dulu kredibilitas layanan investasi emas online yang akan kamu pilih. Apakah berizin Bappebti atau bermitra dengan perusahaan yang memiliki izin dari Bappebti.

Terlebih, berinvestasi pada instrumen yang bernilai tinggi seperti emas ini mempunyai risiko sangat tinggi. Sebab, risiko penipuan dan tindak kriminal serupa tak bisa dihilangkan sepenuhnya dan siap mengintai di saat lengah. Untuk itu, agar masalah tersebut bisa diminimalkan, hindari berinvestasi pada layanan yang kurang terpercaya.

4. Pahami Tipe Investasi Emas Online Pilihan

Tahukah kamu jika investasi emas online bisa dilakukan dengan berbagai jenis? Jika emas fisik memiliki tipe emas batangan, emas koin, dan emas perhiasan, investasi emas online juga terdiri atas berbagai jenis. Beberapa di antaranya adalah tabungan emas, transaksi emas, dan konsinyasi emas. 

Masing-masing jenis investasi emas online tersebut tentu mempunyai karakteristik, keunggulan, dan kekurangannya tersendiri. Karenanya, ada baiknya untuk mempelajari setiap tipe investasi emas tersebut dan menyesuaikannya dengan kebutuhan serta tujuan investasi. Harga yang ditawarkan setara dengan emas kadar berapa.

5. Cek Kondisi Finansial Layanan Investasi Emas Online

Tips investasi emas online terakhir yang wajib kamu ketahui adalah mengecek kondisi finansial layanan atau perusahaannya. Mengenali tempat investasi ini sangat penting karena mampu menjamin keamanan, kenyamanan, dan kelancaran aktivitas investasimu nanti. 

Sebenarnya, jika dibandingkan dengan emas fisik, investasi emas online dianggap lebih aman karena penyimpanannya dilakukan oleh pihak penyedia layanan. Tapi, karena hal ini pula, kamu perlu memastikan kondisi finansial perusahaan penyedia layanannya prima.

Sebab, jika perusahaan yang bersangkutan ternyata harus gulung tikar, risikomu untuk kehilangan semua modal investasi emas digital di sana menjadi sangat tinggi. Walaupun masalah ini jarang sekali terjadi, tapi tak ada salahnya untuk berhati-hati agar tak menyesal di kemudian hari.

Jamin Potensi Keuntungan Investasi Emas Online dengan Pelajari Tips Menjalaninya

Pada dasarnya, kehadiran investasi emas online menjadi inovasi yang membuat aktivitas menanam modal di instrumen tersebut bisa dijangkau oleh lebih banyak orang. Tapi, tetap saja ada risiko pada layanan investasi ini, seperti, penipuan dan investasi bodong yang harus diantisipasi dengan cara yang tepat. Nah, agar risiko tersebut bisa dihindari, pastikan untuk mengikuti 5 tips investasi emas online yang telah dijelaskan di atas, ya!

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement