Senin 12 Feb 2024 15:25 WIB

Tips Menghilangkan Goresan pada Mobil Kesayangan

Baret pada bodi mobil merupakan hal yang lumrah terjadi. Jangan khawatir, simak 9 tips menghilangkan goresan pada mobil berikut ini!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Mobil kesayangan tergores? Tenang saja karena kamu bukan satu-satunya orang yang mengalami masalah ini. Hampir semua pemilik kendaraan roda empat mengalami hal sama, tentu dengan berbagai penyebab yang berbeda.

Mobil yang tergores tentunya kurang sedap dipandang, bahkan dapat merusak keindahan mobil itu sendiri. Namun, beberapa tips menghilangkan goresan pada mobil berikut ini bisa diterapkan jika sewaktu-waktu mobil tergores. Simak selengkapnya!

 

Tips Menghilangkan Goresan pada Mobil

Baret Bodi Mobil

Berikut ini adalah 9 tips yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan goresan pada mobil.

  1. Ambil Air untuk Membersihkan Mobil

    Jika goresannya terbilang cukup ringan, tinggal ambil air lalu siramkan pada mobil. Atau bisa juga gunakan kain lap, lalu gosok bagian yang tergores dengan lembut untuk menghilangkan goresannya.

    Perhatikan tekstur kain yang digunakan untuk menggosok mobil. Pastikan bertekstur lembut, sehingga tidak semakin merusak bodi mobil yang sudah tergores. Alhasil, goresannya bisa hilang dan mobil kembali indah seperti sedia kala.

  2. Ambil Obat Nyamuk yang Cair

    Selain untuk mengusir nyamuk, obat nyamuk kini bisa digunakan untuk menghilangkan goresan pada mobil kesayangan. Caranya dengan menuangkan obat nyamuk ke mangkuk atau wadah khusus, ambil dan celupkan kain lap, lalu aplikasikan pada bagian yang tergores.

    Pastikan kain lap yang digunakan kering total, sehingga tidak menghilangkan fungsi dari obat nyamuk itu sendiri. Aplikasikan dengan gerakan memutar. Ulangi proses ini sampai goresan pada mobil benar-benar hilang.

  3. Gunakan Kompon

    Menghilangkan goresan mobil semakin cepat dengan bantuan kompon. Kompon dapat mengikis seluruh goresan sampai mobil benar-benar terlihat mengkilap seperti semula. Tapi sebelumnya, kamu perlu membersihkan mobil, lalu memastikan kondisinya sudah kering.

    Setelah itu, baru oleskan kompon ke seluruh permukaan mobil yang tergores. Aplikasikan berulang kali sesuai kebutuhan, tapi dengan cepat agar kompon tidak mongering duluan. Kompon bisa dibeli di toko aksesoris mobil favorit.

  4. Usapkan Pasta Gigi

    Tidak hanya membersihkan gigi dari sisa makanan, pasta gigi juga ampuh untuk menghilangkan goresan pada mobil. Silahkan tuangkan pasta gigi secukupnya pada kain yang sudah dibasahi dengan air. Setelah itu, gosok ke seluruh bodi mobil yang tergores dengan gerakan melingkar agar lebih merata.

    Atau bisa juga dengan langsung mengoleskan pasta gigi ke permukaan goresan. Jika goresan sudah hilang, lap mobil dengan kain kering untuk menghilangkan noda pasta gigi yang menempel pada mobil. Alhasil, mobil jadi lebih enak dipandang.

  5. Gunakan Minyak Rem

    Minyak yang terdapat pada bagian rem mobil dipercaya ampuh untuk menghilangkan goresan pada mobil juga, lho! Cara mengaplikasikannya mudah. Tinggal ambil kain lap kering atau kanebo, lalu tuangkan minyak rem secukupnya.

    Usap ke bagian yang tergores secara merata sampai goresan agak memudar. Lakukan hal yang sama beberapa kali sampai goresan tidak kelihatan lagi. Setelah itu, biarkan permukaan mobil kering sebelum akhirnya digunakan untuk bepergian.

  6. Gunakan Amplas

    Teknik amplas memang sering digunakan untuk memperbaiki permukaan yang rusak. Dan kali ini, amplas digunakan untuk menghilangkan goresan pada mobil. Pastikan agar punya alat yang sesuai, jadi bisa melakukannya sendiri di rumah.

    Proses mengamplas membutuhkan waktu yang lumayan lama, jadi kamu harus ekstra sabar melakukannya. Pengamplasan juga perlu dilakukan secara hati-hati karena kesalahan dalam mengamplas dapat membuat goresan mobil semakin parah. Kalau sudah begini, bawa mobil ke bengkel untuk mendapat perbaikan lebih lanjut.

  7. Menggunakan Cairan Amonia

    Cara menghilangkan goresan mobil yang tak kalah mudah adalah menggunakan cairan ammonia. Cairan ini memiliki bau yang tajam, jadi sebisa mungkin jangan terlalu dekat kalau tidak mau indera penciuman terganggu. 

    Tuangkan Cairan amonia secukupnya pada kain lap atau kanebo kering, lalu menggosoknya pada bodi mobil yang tergores. Biarkan cairan amonia menyerap terlebih dahulu sebelum mengulang langkah yang sama. Setelah itu, lap mobil dengan kain kering sehingga mobil tampak lebih mengkilap. 

  8. Gunakan Scratch Remover

    Dari namanya scratch remover, sudah pasti dapat digunakan untuk menghilangkan goresan pada mobil, tapi cuma diperuntukkan untuk goresan yang ringan saja, ya! Aplikasikan sebanyak lima kali pada masing-masing bagian yang tergores, lalu tunggu sampai beberapa menit hingga goresan hilang secara perlahan. 

    Gunakanlah sedikit tekanan saat mengaplikasikan scratch remover ini agar hasilnya menjadi maksimal. Cairan penghilang goresan ini dapat dibeli di toko aksesoris terdekat dengan harga yang cukup terjangkau. 

  9. Melakukan Pengecatan Ulang

    Jika goresan pada mobil cukup jalan, maka jalan terbaik adalah mengecat ulang permukaan mobil secara menyeluruh. Sebenarnya pengecatan bisa dilakukan sendiri di rumah, tapi untuk hasil maksimal sebaiknya dibawa langsung ke bengkel.

    Di sini, kamu bisa memutuskan apakah ingin mengecat dengan warna asli mobil atau dengan cat baru. Jika ingin mengganti warna cat, sebaiknya pilih warna yang mudah didapat agar pengerjaannya bisa segera dilakukan.

Jaga Keindahan Mobil Setiap Saat

merawat bodi mobil

Itu dia tips menghilangkan goresan pada mobil yang bisa dicoba. Pastikan agar selalu menjaga keindahan mobil agar tetap enak dilihat. Walaupun bisa dicoba sendiri, tetap berhati-hati saat mengaplikasikan tips-tips diatas.

Bila sembarangan, kamu bisa memperburuk kondisi goresan. Bila perlu, bawa mobil ke bengkel agar diperbaiki oleh profesional.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement