Jumat 17 May 2024 15:00 WIB

Makanan Yang Baik untuk Jantung: Dari Sayuran Hijau hingga Cokelat Hitam

Dengan porsi yang tepat, makanan tersebut bisa mengurangi risiko penyakit jantung serta mencegah penyumbatan dan peradangan. Berikut tujuh makanan penting untuk kesehatan jantung.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Kesehatan tubuh sangat penting, karena satu bagian yang tidak sehat dapat memengaruhi kesehatan keseluruhan. Ini berlaku tidak hanya untuk kesehatan fisik luar, tetapi juga untuk organ dalam tubuh. Salah satu organ vital yang harus diperhatikan adalah jantung. Jika kesehatan jantung terganggu, fungsi pemompaan darahnya bisa terganggu dan menyebabkan berbagai masalah serius.

Jantung bertanggung jawab atas pengiriman oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Kesehatan tubuh secara keseluruhan sangat bergantung pada kinerja jantung yang baik. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan yang serius. Ini bisa dilakukan dengan rutin berolahraga seperti jalan kaki, yoga, atau bersepeda.

Selain itu, menjaga stres dan menjaga berat badan yang ideal juga penting. Makanan yang baik untuk jantung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Konsumsi makanan sehat juga membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko lain untuk penyakit jantung. Dengan mengonsumsi makanan sehat secara teratur, kesehatan jantung dapat ditingkatkan secara signifikan.

 

7 Makanan yang Sehat untuk Kesehatan Jantung

Shutterstock 1467396782

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Dengan porsi yang tepat, makanan ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah penyumbatan serta peradangan.

Berikut tujuh makanan yang bagus untuk jantung yang wajib dikonsumsi, terutama bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan jantung. Simak ulasannya.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung karena kaya akan vitamin. Bayam misalnya, yang kaya vitamin K, asam folat, dan magnesium untuk menjaga kesehatan jantung.

Ada juga kale yang mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan yang mampu melindungi jantung dari kerusakan. Selain itu, brokoli juga merupakan salah satu makanan sehat untuk jantung karena mengandung kalium yang dapat menjaga tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol.

Hampir semua sayuran hijau baik bagi kesehatan jantung, termasuk kangkung dan pakcoy, selada. Jadi, kamu dapat mulai rutin mengkonsumsi sayuran hijau untuk menjaga kesehatan jantung demi tubuh yang lebih sehat. 

2. Ikan

Ketimbang daging merah, ikan diklaim lebih baik untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa jenis ikan yang bagus untuk jantung adalah salmon dan tuna yang mengandung asam lemak omega-3, vitamin B12, serta sumber protein yang baik untuk jantung.

Ikan sarden dan makarel juga bisa dijadikan alternatif sebagai makanan yang sehat untuk jantung. Kedua jenis ikan ini mengandung selenium yang baik untuk melindungi jantung karena dapat menurunkan peradangan di tubuh yang menjadi sumber utama penyakit jantung.

Ada juga jenis ikan dengan harga yang lebih terjangkau, yaitu teri. Meskipun ukurannya jauh lebih kecil ketimbang ikan lainnya, teri kaya akan omega-3, kalsium, dan zat besi untuk meningkatkan fungsi jantung.

Kamu bisa memilih jenis ikan-ikan di atas sebagai makanan untuk menjaga kesehatan jantung. Para pakar kesehatan menyarankan agar mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan berlemak baik per minggu untuk memberikan dampak yang lebih baik terhadap kesehatan jantung. 

3. Oatmeal

Oatmeal kerap menjadi pilihan makanan sehat yang dikonsumsi untuk diet. Namun, tidak hanya untuk menjaga berat badan, oatmeal juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk jantung.

Oatmeal mengandung beta-glucan yang mampu menurunkan kadar LDL dalam tubuh untuk mencegah kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung. Rutin mengkonsumsi oatmeal juga membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain praktis, oatmeal juga dapat dikonsumsi bersama buah-buahan agar lebih nikmat. Kamu bisa mengkonsumsi oatmeal pagi dan malam hari untuk menjaga kesehatan jantung dan berat badan. 

4. Buah

Buah merupakan salah satu makanan yang paling disebut baik untuk kesehatan tubuh, termasuk jantung. Banyak jenis buah yang mengandung banyak vitamin yang memberikan perlindungan dan manfaat untuk kesehatan jantung.

Alpukat, misalnya, yang mengandung senyawa lipofilik, vitamin E, dan asam lemak tak jenuh yang disebut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh untuk mencegah penumpukan plak penyebab penyakit jantung. Sama halnya dengan apel dan beri yang mengandung antioksidan dengan manfaat serupa.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, dianjurkan mengonsumsi dua porsi buah setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung. Variasikan jenis buah agar tidak bosan dan mendapatkan manfaat yang lebih banyak. 

5. Kacang-kacangan

Dalam sebuah penelitian, kacang disebut dapat menurunkan tingkat kolesterol LDL yang dapat mengotori jantung dan menyumbat pembuluh darah. Hal ini dikarenakan kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan zat lain yang baik untuk jantung.

Jenis kacang yang bisa dipilih seperti almond yang banyak mengandung vitamin E sebagai sumber antioksidan. Selain itu, kandungan mineral dan magnesium pada kacang almond juga membantu melancarkan serta meningkatkan aliran darah yang membawa nutrisi ke seluruh tubuh.

Selain almond, kacang tanah juga membantu menurunkan kolesterol LDL berkat kandungan vitamin B, protein, dan zat aktif. Senyawa-senyawa ini mampu meningkatkan kinerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. 

6. Yoghurt

Yoghurt dikenal sebagai salah satu olahan susu yang baik untuk jantung. Kandungan kalsium, magnesium, dan kalium di dalamnya dapat menjaga tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi yoghurt secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, pastikan yoghurt yang dikonsumsi rendah lemak, tanpa gula tambahan, dan mengandung probiotik aktif yang mencegah peradangan.

Agar lebih enak disantap, kamu bisa mencampurkan yoghurt dengan buah atau dijadikan topping untuk salad. Setidaknya konsumsi yoghurt sehari sekali untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung. 

7. Coklat Hitam

Makanan terakhir yang bisa dijadikan opsi camilan sehat adalah dark chocolate atau coklat hitam. Dalam coklat hitam terdapat kandungan antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dalam sejumlah penelitian, dibuktikan bahwa coklat hitam membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Caranya dengan rutin mengkonsumsi coklat hitam tidak lebih dari 6 porsi dalam seminggu.

Namun, hati-hati dalam memilih coklat karena mungkin terdapat gula yang malah dapat menyebabkan kadar gula melonjak. Untuk itu, pastikan untuk memilih coklat hitam dengan kandungan kakao minimal 70 persen.

Itulah 7 jenis makanan yang baik untuk jantung. Setiap makanan dapat meningkatkan kinerja jantung dan menurunkan risiko penyakit akibat penyumbatan, pelemahan, atau peradangan.

Perhatikan batas konsumsi setiap makanan agar tidak berlebihan. Konsultasikan dengan dokter jika kamu memiliki penyakit jantung tentang porsi dan jenis makanan yang harus ditambah porsinya. 

Makanan yang Baik untuk Jaga Kinerja Jantung

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan menjaga makanan yang dikonsumsi setiap hari. Makanan seperti sayuran hijau, buah, dan ikan dapat dijadikan opsi untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

Barengi konsumsi makanan yang bagus untuk jantung dengan berolahraga secara rutin. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat menurunkan risiko penyakit jantung di masa depan. Yuk, mulai hidup sehat!

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement