Sindikasi Republika

Menapaki Karier Musik Kaleb Jonath, Pelantun Lagu It’s Only Me yang Ngehits

Sabtu , 13 Aug 2022, 07:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Salah satu penyanyi muda yang tengah naik daun saat ini ialah Kaleb Jonath. Berada di bawah spotlight, penyanyi dan pencipta lagu berdarah Batak ini bernama lengkap Herrel Kaleb Jonathaniel Sihombing. Namanya kian melambung setelah sukses masuk tim Isyana Sarasvati dan merupakan Top 6 dalam The Voice Indonesia 2019.

Pria kelahiran Jakarta, 16 Desember 2000 ini sukses mengusung musik dengan paduan Soul serta R&B. Sejak kiprahnya di tahun 2018, beragam single Kaleb telah menjadi viral, seperti It’s Only Me (2020) hingga Now I Know (2021). Penuturan kisah di dalam liriknya ternyata sukses menyentuh hati banyak orang sehingga laris manis di pasaran.

Pada tahun 2022 ini, Kaleb kembali menyita perhatian publik dengan menyabet penghargaan Viral Song of the Year dari TikTok Awards Indonesia. Di bawah naungan label Passion Vibe sejak tahun 2020 lalu, pelantun lagu Kebutuhan Hati (2021) ini pun diserbu oleh apresiasi dan atensi yang intens dari para penggemarnya.

Baca Juga: Berkenalan dengan Niki Zefanya, Penyanyi Muda Indonesia yang Sukses Berkarier di Amerika

Menyukai Musik Sedari Kecil

View this post on Instagram

A post shared by Kaleb J (@kalebjonath)

Sejak masih kecil, minat dan bakat Kaleb terhadap musik sudah tampak jelas. Ia senang jika keluarganya memperdengarkan petikan gitar kepadanya. Melihat bakat putranya, sang ibu pun mengasah kemampuan olah vokal Kaleb J.

Tumbuh remaja, Kaleb semakin tertarik pada musik R&B. Salah satu musisi yang memberi influence besar padanya adalah Brian McKnight dan Boyz II Men, yang kini terdengar jelas dalam komposisi musik gubahannya. Selain itu, Kaleb juga menyebutkan bahwa Hoody; musisi R&B asal Korea Selatan juga menjadi salah satu favoritnya.

Rajin Ikuti Ajang Pencarian Bakat

Ajang pencarian bakat perdana yang diikuti Kaleb ialah Starvoices Indonesia Season 6. Dalam ajang tersebut, Kaleb unjuk gigi menunjukkan kualitasnya yang memukau hingga babak 34 besar. 

Tak hanya mengikuti ajang itu saja. Rupanya Kaleb juga pernah mengikuti reality show I Can See Your Voice Indonesia Season 3. Dalam ajang itu, Kaleb berduet dengan Maria Simorangkir hingga sukses mencuri perhatian masyarakat.

Setelahnya, Kaleb melanjutkan perjalanan kariernya dengan mengikuti The Voice Indonesia Season 4. Suara emas yang khas membuat Kaleb banjir pujian. 

Salah satunya dari solois, Vidi Aldiano, yang saat itu bertindak sebagai dewan juri. Bahkan, Vidi Aldiano telah memprediksikan bahwa Kaleb kelak akan menjadi penyanyi keren Tanah Air.

Luncurkan Beragam Karya Menarik

View this post on Instagram

A post shared by Kaleb J (@kalebjonath)

Kaleb memang identik dengan genre musik R&B dengan tempo slow serta nuansa galau yang mudah diterima oleh para penikmat musik Indonesia. Tak hanya andal dalam mengolah vokal, Kaleb pun diketahui mahir bermain gitar dan juga keyboard

Sejak berkecimpung di panggung hiburan Nusantara, Kaleb telah mempopulerkan lantunan karya ciamik yang digandrungi generasi muda. Ia menggandeng Axl Giovanno dan meluncurkan single bertajuk Feels So Damn Fine (2020) yang terdengar catchy. 

Selain itu, ia juga merilis It’s Only Me yang tembus ke pasaran. Lagu tersebut berhasil mencapai belasan juta streaming di Spotify. It’s Only Me juga menduduki 50 lagu teratas yang kerap diputar di platform musik tersebut.

Baca Juga: Mengenal Warren Hue, Rapper Keren Asal Jakarta yang Kini Sukses di Amerika

Salah Satu Solois Muda Berbakat

Beranjak ke akhir tahun 2021, Kaleb semakin dikenal sebagai penyanyi muda nan berbakat. Ia merilis mini album Melancholy dengan sejumlah lagu seperti Now I Know, Tak Mau Sendiri, Sementara, hingga It’s Only Me

Kiprah Kaleb pun terus menanjak dan menuai sukses besar. Berbagai single besutannya selalu mendapat sambutan hangat dari khalayak banyak. Termasuk juga lagu Tak Mau Sendiri yang digarapnya bersama Abraham Edo serta Belanegara Abe. 

Menyusul kemudian, Kaleb menghadirkan lagu Kebutuhan Hati serta Berakhir Sama. Lagu Berakhir Sama yang dilantunkannya bersama Eclat diketahui terdapat dalam kompilasi Musikini Super Hits 3. Album kompilasi ini turut menampilkan berbagai solois muda Tanah Air berbakat lainnya seperti Mahalini, Chintya Gabriella, Nuca, Novia Bachmid, dan lainnya.

Beralih ke tahun 2022, Kaleb diketahui berkolaborasi dengan PJ Morton untuk lagu Please Don’t Walk Away (remix). Menggandeng Rayi Putra dan Belanegara Abe, Kaleb juga terlibat dalam lagu Sumthin Bout Love dan memperlihatkan teknik vokalnya yang kian matang.

Sedangkan sebagai anggota dari Wave of Wonders, Kaleb bersama Samantha Pangkey menelurkan lagu bertajuk Rancangan Mulia

Makin Eksis Melalui TikTok

View this post on Instagram

A post shared by Kaleb J (@kalebjonath)

Melalui media sosial TikTok, Kaleb meraih popularitas yang kian menanjak. Beberapa cover lagu yang dilantunkannya berhasil mencuri perhatian banyak umat, seperti It’s You, Heaven, dan juga To The Bone

Tak hanya kerap membuat konten cover lagu yang hits. Karya-karya musik Kaleb J lainnya pun mendapat tempat di hati masyarakat. 

Terinspirasi dari cerita nyata yang ia alami, lagu It’s Only Me pun ia ciptakan di tahun 2019. It’s Only Me yang ditelurkan pada tahun 2020 itu belakangan laku keras dan disukai anak muda Tanah Air.

Demikian pula dengan Now I Know yang tak kalah menariknya. Lagu yang bernuansa galau ini pun kembali menjadi viral di TikTok. Alhasil, nama Kaleb J semakin besar dengan karier bermusik yang kian gemilang.

Masuk Nominasi dan Sabet Penghargaan Bergengsi

Kesungguhan Kaleb menjajal musik tak hanya membuat namanya harum dan naik daun. Ia juga mendapat apresiasi dan masuk sejumlah nominasi dalam penghargaan bergengsi. 

Pada tahun 2021, nama Kaleb J masuk nominasi Pendatang Baru Terbaik dalam Anugerah Musik Indonesia. Selain itu, ia menjadi nominator Artis Solo R&B Terbaik di ajang tersebut.

Masih di tahun yang sama, Kaleb kembali masuk nominasi New Artist of the Year versi Indonesian Music Awards 2021. Semua itu berhasil ia raih berkat lagu andalannya, It’s Only Me yang booming dan dicintai oleh para penikmat musik Indonesia.

Barulah di tahun 2022, Kaleb menyabet kemenangannya dengan memboyong predikat Viral Song of the Year dari TikTok Awards Indonesia. 

Demi Membantu Keuangan Keluarga

View this post on Instagram

A post shared by Kaleb J (@kalebjonath)

Berbagi kisah kepada rekan media, Kaleb menuturkan bahwa bermusik bukan hanya sekadar hobi dan kegemaran semata. Lewat berkarya di panggung musik Tanah Air, ternyata Kaleb ikut membantu keuangan keluarganya yang tercinta. 

Demi mengejar kariernya, ia tercatat sempat menunda kelanjutan pendidikannya. Sebelumnya, Kaleb pernah tercatat sebagai mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Bakrie sejak tahun 2018. 

Ia lantas non aktif di tahun 2019. Sekarang, Kaleb melanjutkan pendidikannya sebagai mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi dari Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR.

Hasilkan Karya Apik Berkat Patah Hati

Bisa dibilang, Kaleb meraih sukses berkat patah hatinya. Lagu It’s Only Me yang ditulis Kaleb mengisahkan tentang patah hati lantaran cinta bertepuk sebelah tangan yang pernah ia alami. Lagu tersebut dianggap related dengan pengalaman banyak orang dalam percintaan.

Menariknya lagi, It’s Only Me dan gubahan Kaleb lainnya diciptakan dengan pemaparan dalam dua bahasa. Ini dikarenakan Kaleb ingin menjadi solois multibahasa yang karyanya bisa go international.

Terkait lagu It’s Only Me, Now I Know, serta keseluruhan album Melancholy yang terkesan galau, Kaleb pun bercerita. Ia menyampaikan, mini album tersebut memang merupakan rangkuman dari perjalanannya di dunia percintaan. 

Seringnya, ia mengalami ketidakberuntungan seperti terluka, kecewa, bahkan hingga menyesal karena terlambat menyadari ketulusan cinta yang pernah menghampirinya. Meski sempat rehat sejenak dan menyembuhkan hatinya, Kaleb bisa bangkit dan menyikapi kegagalannya dengan sikap yang positif.

Menurutnya, setiap patah hati dan cerita asmara yang kandas itu telah mengubah pribadinya. Patah hati ialah blessing in disguise yang bisa membuat seseorang dapat bertransformasi dan mengubah keseluruhan hidupnya untuk menjadi sosok yang lebih baik lagi. 

Tak disangka, patah hati Kaleb pun berujung manis dan menghadiahkannya kesuksesan sebagai solois. Makin sukses ya, untuk Kaleb Jonath dalam industri musik Indonesia!

Baca Juga: Sukses Berkiprah di Industri Musik, Afgan Juga Kelola Berbagai Bisnis yang Menjanjikan

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark