Sindikasi Republika

Intip Profil Teuku Rassya, Aktor dan Penyanyi Ganteng yang Sedang Sibuk Geluti Bisnis Barunya

Sabtu , 20 Aug 2022, 07:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Nama Teuku Rassya Islamay Pasya alias Teuku Rassya tak hanya dikenal sebagai aktor dan penyanyi. Bintang muda berparas tampan ini juga nyatanya aktif sebagai pengusaha. Teuku Rassya ialah putra tunggal dari aktris lawas Tamara Bleszynski dan Teuku Rafly Passya.

Rassya lahir di Jakarta pada tanggal 4 Februari 1999 dan kini berusia 23 tahun. Sejak tahun 2014, ia telah aktif terjun ke industri hiburan Indonesia.

Baca Juga: Menapaki Karier Musik Kaleb Jonath, Pelantun Lagu It’s Only Me yang Ngehits

Biodata Teuku Rassya

Rassya memang merupakan putra tunggal dari kedua orang tuanya. Meski begitu ia mempunyai beberapa saudara sambung yang sangat disayanginya. 

Ia bahkan dikenal sangat dekat dengan keluarga besarnya. Tak jarang, para penggemar kerap menjadikan Rassya dan keluarga sebagai teladan sibling goals dan family goals mereka.

Sebelumnya, ayah ibu dari Rassya, Teuku Rafly Passya dan Tamara Bleszynski, telah bercerai di tahun 2007. Belakangan, ayahnya menikah lagi dengan Nurah Sheivirah. 

Dari pernikahan tersebut, Rassya mempunyai tiga orang adik sambung. Mereka adalah Cut Nausyali Saira Pasya, Cut Nazli Sairish Pasya, dan Teuku Muhammad Razeen Pasya. 

Kemudian ibunya, Tamara Bleszynski kembali menikah dengan aktor Mike Lewis (2010-2012). Dari pernikahan tersebut, Rassya mendapatkan satu adik sambung laki-laki yang bernama Kenzou Leon Bleszynski Lewis.

Mewarisi Darah Blasteran Polandia

Rassya mewarisi darah Aceh dari garis keturunan ayahnya. Namun ia juga memiliki darah Polandia dan Sunda dari sang ibu. Itulah sebabnya Rassya memiliki paras tampan yang kebarat-baratan.

Adapun mendiang kakeknya yang bernama Zbigniew Bleszynski ialah pria keturunan Polandia dan Rassya merupakan cucu kesayangan. 

Jago Akting di Film Layar Lebar

Kombinasi wajah ganteng yang berpadu dengan bakat akting andalnya membuat Teuku Rassya sanggup memikat hati masyarakat. Alhasil, film dan sinetron yang menampilkannya pun kerap dinantikan oleh banyak pihak.

Rassya telah bermain di sejumlah judul film layar lebar Tanah Air. Di tahun 2015, Rassya melakoni film Cerita Cinta yang diproduksi Buana Lestari Entertainment

Selain itu, ia juga sukses berperan sebagai William dalam 7 Hari Menembus Waktu di tahun yang sama. Film tersebut diangkat dari novel yang judulnya sama dan ditulis oleh Charon. Dalam film itu, Anjani Dina menjadi lawan mainnya.

Memasuki tahun 2018, Rassya kembali tampil dalam film Asal Kau Bahagia garapan Falcon Pictures. Selanjutnya, ia pun bermain dalam film Ranah 3 Warna (2021) bersama sejumlah bintang kawakan Indonesia.

Dalam film yang disutradari oleh Guntur Soeharjanto ini, Rassya berperan sebagai pemuda bernama Randai. Film ini merupakan adaptasi dari novel besutan Ahmad Fuadi dengan judul yang sama. Film ini juga menampilkan Amanda Rawles, Arbani Yasiz, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, hingga Asri Welas.

Eksis Bermain FTV dan Web Series

Selain eksis di layar lebar, Rassya pun tercatat pernah melakoni sejumlah judul film televisi. Dengan kemampuan aktingnya yang tak perlu diragukan lagi, ia lantas hadir dan bermain dalam FTV seperti I Love You My Driver di tahun 2017. 

Penampilannya yang memikat banyak Kaum Hawa membuat Rassya mendulang banyak penggemar. Ia pun didapuk untuk membintangi Dear Mantan serta Kupanjat Pinang Demi Cinta di tahun yang sama.

Di tahun 2021, Rassya kemudian berperan sebagai Yudha dalam serial web berjudul Little Mom. Pada kesempatan ini, ia beradu akting dengan aktris muda Natasha Wilona dan juga Al Ghazali. 

Little Mom nyatanya sukses besar dan berakhir dengan adegan pernikahan antara tokoh yang diperankan oleh Rassya dan Natasha Wilona. Banyak fans yang menggandrungi serial web ini tentunya membuat nama Rassya kian harum di kalangan anak muda. 

Adapun web series dengan total 18 episode tersebut digarap oleh Hitmaker Studios dan ditayangkan di iflix serta WeTV.

Baca Juga: Pernah Dibully dan Ditolak Saat Casting, Kini Amanda Rawles Sukses di Film Layar Lebar

Ikut Berkiprah di Ranah Musik

Rassya sempat merilis dua buah single yang berjudul Kamu dan Cinta Surga di tahun 2014. Lagu Kamu adalah OST. Cerita Cinta yang sempat dilakoninya. 

Adapun untuk lagu Cinta Surga, Rassya menggandeng Aurel Hermansyah dalam membawakannya. Lagu tersebut kembali populer dan menjadi viral di TikTok

Karier musik Rassya terus menanjak. Karya darinya selalu menjadi hits dan disukai banyak penggemar. Di tahun 2015, Teuku Rassya pernah membintangi video klip Aliando Syarief untuk lagu Pergi Dari Hatiku

Tak hanya itu saja, Rassya juga mengeluarkan karya musik lainnya. Single berjudul Ku Kan Menunggumu berhasil dirilisnya dengan apik. 

Ia juga bekerja sama dengan Aliando Syarief dalam lagu bertajuk Cinta Sejati Hanya Sekali. Selain itu, ia pun kembali menjadi model untuk video klip Nikita Willy, Andai Kau Bisa Mengerti (2016).

Di tahun 2016, Rassya diketahui menelurkan karya musik The Freaks dalam sebuah album kompilasi. Album tersebut merupakan kolaborasi dari tiga label rekaman, yakni Glow Music, Target Pop, serta Jagonya Musik & Sport Indonesia. 

Sempat Vakum Demi Menimba Ilmu

Rassya sempat vakum selama beberapa tahun dari kesibukannya syuting film dan dunia akting. Hal itu dikarenakan ia memilih fokus menyelesaikan pendidikannya di London, Inggris.

Seperti diketahui, Rassya menempuh pendidikan tingginya di Converty University. Ia berhasil lulus dan menyandang gelar Bachelor of Arts Global Business Management sewaktu menginjak umur 20 tahun. 

Setelah itu, bintang muda yang hobi fotografi ini pun kembali ke Tanah Air dan melanjutkan kiprahnya di dunia entertainment.

Merintis Bisnis Kulinernya Sendiri

Mengikuti jejak kedua orang tuanya yang juga berbisnis, Teuku Rassya juga merintis usahanya sendiri. Diketahui, ibu kandungnya memiliki usaha tempat makan Teh Manis Bali di Pulau Bali.

Sama-sama bergerak di bidang kuliner, Rassya pun membuka restoran mewah bernama Papeda. Restoran yang menyajikan beragam makanan Nusantara ini telah dibuka pada tahun 2019 dan berlokasi di Alam Sutera, Tangerang. 

Uniknya lagi, restoran Papeda kental dengan nuansa serta sejumlah ornamen unik yang khas Papua. Tameng dan berbagai patung tradisional yang dekoratif menambah semarak tempat makan yang satu ini. Selain itu, letaknya yang berada di lantai 36 rooftop Prominance Tower Alam Sutera menambah marak suasana sky dining yang nyaman. 

Founder dari Aplikasi Budaya

Berbekal dari income sebagai aktor, Rassya kini dikabarkan tengah sibuk menggeluti bisnis barunya. Bersama sejumlah rekan, ia sedang merintis aplikasi yang berfokus pada keragaman budaya Indonesia. 

Menurutnya, Rassya merasa terpanggil untuk terjun langsung dan mengambil langkah nyata dalam pelestarian budaya Indonesia. Apalagi bila mengingat bahwa neneknya ialah seorang sejarawan.

Adapun aplikasi yang diberi nama Budaya tersebut mengusung slogan, “Karena Budaya Kita Kaya”. Melalui aplikasi Budaya yang dirintisnya, Rassya ingin memperkenalkan budaya Nusantara sebagai identitas, citra, dan karakter Indonesia ke kancah internasional. 

Budaya beroperasi dengan visi untuk membuka peluang serta memberikan exposure yang semestinya didapatkan oleh budaya Indonesia dan mereka yang melestarikannya. 

Sementara itu, misi dari terciptanya aplikasi ini ialah membangun sebuah wadah yang dapat memfasilitasi kontribusi terhadap pelestarian dan pengembangan sektor budaya dari beragam stakeholder

Kisah Cinta Jadi Sorotan

Berduet dengan Aurel Hermansyah membuat Rassya pernah diisukan menjalin kasih dengannya di tahun 2014 silam. Keduanya mengakui kedekatan tersebut. Namun mereka membantah bila disebut berpacaran.

Selang beberapa tahun kemudian, sosok yang memiliki tinggi badan 172cm ini kembali jadi sorotan. Kedekatannya dengan Nazla Alifa sempat mencuri perhatian publik. Apalagi mereka berdua masih sama-sama kuliah di Inggris ketika itu. 

Baik Rassya maupun Nazla kerap membagikan momen mereka yang sedang bersama. Namun status hubungan Rassya dan Nazla tak pernah dibuka ke ranah publik. 

Hingga di akhir tahun 2020 lalu, publik kembali dikejutkan sewaktu Rassya mengunggah foto bersama seorang perempuan cantik. Perempuan yang bernama Cleantha Islan tersebut telah menjadi kekasih Rassya hingga sekarang.

Kendati tak memasang target kapan menikah, namun Rassya mengakui dirinya kini sedang mempersiapkan mental dan keuangan untuk mengakhiri masa lajangnya. Sukses terus untuk Teuku Rassya!

Baca Juga: Dari Pemain Band hingga Jadi Aktor dan DJ, Begini Cara Al Ghazali Meraih Sukses di Usia Muda

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark