Sindikasi Republika

Apresiasi Kerja Keras Diri dengan Self Reward, Ini Pengertian, Manfaat, dan Cara Hitung Budgetnya

Ahad , 25 Sep 2022, 07:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Kebanyakan dari kamu tentu tidak asing dengan yang namanya self reward. Sebagai salah satu cara mengapresiasi dan bukti kepedulian kepada diri sendiri, self reward sebaiknya dilakukan sekali setiap beberapa waktu. Selain itu, ada beragam manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan hal tersebut secara rutin. 

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan self reward ini? Di samping itu, apa saja manfaat dan contoh memberi hadiah pada diri sendiri, beserta tips mengatur keuangan agar pengeluaran tetap aman? Tak perlu bingung, Cermati.com telah merangkum jawaban dari pertanyaan seputar self reward tersebut pada pembahasan di bawah ini.

Baca Juga: Ini 7 Kebiasaan Spending Habits yang Bikin Keuanganmu Sehat

 

Apa Itu Arti Self Reward?

Arti Self Reward

Arti Self Reward

Self reward adalah sebuah istilah yang terdiri dari kata self atau diri sendiri, dan reward yang berarti apresiasi atau penghargaan. Dalam kata lain, istilah tersebut bisa diartikan sebagai bentuk aktivitas yang bertujuan menghargai atau mengapresiasi diri sendiri atas pencapaian yang sudah diperoleh. Arti self reward dapat dikatakan pula sebagai bentuk aktivitas untuk memanjakan diri dengan memberikan hal apa pun yang disukai atau diinginkan. 

Pada dasarnya, ketika memberi self reward, kamu tak harus menunggu berhasil mencapai keberhasilan tertentu. Melainkan, hadiah pada diri sendiri tersebut juga bisa diberikan ketika masih dalam proses mencapai suatu target atau tujuan tertentu.

Sebagai contoh, pada proses menuju keberhasilan, ada sedikit masalah atau tantangan yang membuat target tersebut tak tercapai atau tertunda. Kendati demikian, kamu tetap bisa memberi diri sendiri hadiah sebagai upaya mengapresiasi diri terhadap kerja keras dan upaya yang sudah ditempuh. Jadi, semangat dan motivasi untuk terus berusaha, serta sikap pantang menyerah akan muncul.

Manfaat Self Reward

Sebenarnya, ada banyak sekali manfaat dan dampak positif yang bisa didapatkan dari memberi self reward pada diri sendiri. Asal dilakukan dengan menyesuaikan budget dan kebutuhan, hadiah pada diri sendiri ini tentu dapat menjadi sumber kebahagiaan dan semangat untuk terus menjalani hidup. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sederet alasan mengapa self reward penting untuk diberikan pada diri sendiri secara rutin. 

  • Menjadi Bentuk Apresiasi dan Penghargaan pada Diri Sendiri

    Manfaat utama dan terpenting dari memberi self reward adalah menjadi suatu bentuk apresiasi dan penghargaan bagi diri sendiri. Tidak bisa dipungkiri jika setiap manusia membutuhkan suatu bentuk penghargaan atas setiap tindakan atau kerja keras yang telah dilakukannya.

    Akan tetapi, terkadang hal tersebut sulit atau jarang bisa didapatkan dari orang lain. Oleh karena itu, pemberian self reward ini penting untuk dilakukan sebagai bentuk apresiasi dari segala upaya dan perjuangan yang telah dilakukan selama ini. Tidak hanya itu, melalui bentuk apresiasi ini pula kamu bisa merasa lebih bahagia, juga bersemangat dalam menjalani hari ataupun mencapai target di waktu mendatang.

  • Menjadi Motivasi untuk Terus Berusaha dengan Lebih Baik

    Pemberian self reward juga bisa menjadi motivasi pada diri agar terus berusaha dengan lebih baik lagi. Seperti yang kita tahu, terkadang dalam proses mencapai sesuatu pasti terdapat halangan dan tantangan yang tak terduga. 

    Ketika sedang terhenti atau menghadapi kebuntuan, tidak ada salahnya untuk rehat sejenak sembari memberi hadiah pada diri sendiri. Dengan begitu, dorongan untuk kembali berproses dengan lebih semangat dan positif bakal terjadi. Masalah atau halangan yang awalnya dirasa mustahil untuk dilalui pun mampu diatasi dengan lebih mudah. 

  • Pelepas Penat dan Beban Pikiran

    Manfaat self reward selanjutnya adalah untuk melepaskan rasa penat dan beban pikiran yang telah menumpuk. Dalam menjalani hidup, pasti ada saja masalah dan hal yang mampu menjadi sumber tekanan dan stres. Melalui self reward, kamu mampu memanjakan diri dan bersenang-senang agar pikiran menjadi lebih fresh dan mampu melepas beban.

  • Memberikan Positive Reinforcement

    Yang dimaksud dengan positive reinforcement adalah sebuah perbuatan maupun cara pengulangan dari sebuah tindakan saat mendapatkan hadiah dari tindakan tersebut. Melalui positive reinforcement ini pula kepribadianmu bisa dipengaruhi secara positif. Pasalnya, sudah menjadi sifat natural manusia di mana semangat dan ambisi akan menjadi lebih tinggi saat mengetahui tindakannya akan membuahkan hasil yang sepadan.

  • Merupakan Bentuk Kecintaan Pada Diri Sendiri

    Terakhir, pentingnya melakukan self reward ditengarai pula bahwa hal tersebut menjadi bentuk kecintaan pada diri sendiri alias self love. Perlu dipahami jika tidak ada pihak lain yang bisa menghargai, mencintai, dan menyayangimu selain dirimu sendiri. Karenanya, jangan lupa untuk menjadikan diri sebagai sumber kebahagiaan melalui pemberian self reward ini sekali setiap beberapa waktu.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Self-Love dan Bagaimana Cara Menerapkannya

Contoh Self Reward

Tentunya, ada banyak sekali contoh self reward yang bisa kamu berikan untuk diri sendiri. Tidak harus mahal dan ribet, berikut adalah beberapa rekomendasi hadiah pada diri sendiri yang pas untuk dipilih. 

  • Lakukan Hobi

    Contoh self reward sederhana yang pertama adalah melakukan hobi. Dengan menjalani aktivitas yang disukai ini, tentu siapa saja bisa lebih mudah menghilangkan penat dan beban pikiran. Terlebih, saat mampu melakukan aktivitas yang selama ini dikesampingkan, kepuasan dan kebahagiaan diri pasti akan jauh lebih terasa.

  • Makan Makanan Favorit

    Hal simpel lainnya yang bisa dijadikan sebagai cara menghadiahi diri sendiri adalah dengan menikmati makanan atau minuman favorit. Sebagai contoh, coba mampir ke restoran favoritmu, ataupun melakukan pesanan take away pada makanan yang selama ini diinginkan. Yang terpenting, tetap perhatikan pengeluaran dan kondisi tubuh agar niat memberi hadiah pada diri ini tak menjadi sumber masalah ke depannya. 

  • Habiskan Waktu Bersama Orang Terdekat

    Selain itu, kamu juga bisa sekadar menghabiskan waktu bersama orang terdekat sebagai self reward. Orang terdekat ini bisa meliputi, keluarga, teman, sahabat, pasangan, maupun hewan peliharaan sekalipun. Intinya, habiskan waktu bersama orang yang kamu anggap berharga dan penting dalam hidup, seperti sekadar jalan bareng, nongkrong, ataupun hal seru lainnya. 

  • Menonton Film

    Mudah dan bisa dilakukan kapan saja, menonton film juga bisa dijadikan sebagai cara memberi self reward. Tidak harus ke bioskop, saat ini menonton film bisa dilakukan melalui layanan streaming, atau bahkan Youtube dengan beragam suguhan video menarik di dalamnya. Jadi, tanpa harus merogoh kocek cukup dalam, self reward tetap mampu dinikmati dan menjamin kepuasan diri.

  • Membeli Barang yang Disukai

    Selanjutnya, kamu juga bisa membeli barang yang disukai dan ingin didapatkan sejak lama. Misalnya, membeli novel terlaris, upgrade gadget untuk kebutuhan hiburan dan pekerjaan, sampai membeli produk fashion terbaru. 

  • Staycation

    Contoh self reward terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan staycation atau berlibur ke lokasi yang masih terjangkau dan tak terlalu jauh jaraknya dari rumah. Misalnya, habiskan waktu dengan staycation di hotel, penginapan, atau vila yang berlokasi di sekitar pegunungan, pantai, atau tempat wisata lainnya. Dengan begitu, rasa stres akan lebih cepat hilang dan penat tak lagi menghambat pikiran.

Tips Memberi Self Reward Tapi Keuangan Tetap Aman

Rentan buat pengeluaran membengkak, bagaimana cara memberi self reward tapi tabungan tetap aman? Mudah saja, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan. 

  1. Manfaatkan Promo Menarik Seoptimal Mungkin

    Saat melihat promo menarik pada barang atau jasa yang diinginkan, seperti, flash sale baju atau diskon paket liburan, jangan ragu untuk memanfaatkannya seoptimal mungkin. Dengan begitu, kamu bisa memangkas pengeluaran dan mengamankan kondisi keuangan, tapi tetap mampu memberi hadiah impian pada diri sendiri.

  2. Hindari “FOMO”

    FOMO adalah rasa takut ketinggalan terhadap suatu hal, baik itu pencapaian, barang, atau pengalaman yang telah didapatkan orang lain dan belum dirasakan oleh diri sendiri. 

    Sebagai contoh, kamu melihat postingan teman di media sosial yang tengah berlibur ke suatu tempat tertentu, atau memakai produk fashion dari brand terbaru dan ingin mengikutinya. Karena budget belum terkumpul dan melebihi alokasi yang telah ditentukan, keuangan pun berisiko berantakan karena sikap ini. 

  3. Langganan Platform Digital yang Disukai

    Hal lainnya yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran self reward adalah berlangganan pada platform digital yang disukai. Sebagai contoh, ajukan langganan pada aplikasi streaming musik, film, atau menjadi member brand makanan atau minuman favorit. Dengan memanfaatkan fasilitas langganan tersebut, tentu ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan, mulai dari, potongan harga, cashback, bahkan bebas menikmati akses layanannya. 

  4. Buat Budget Khusus untuk Self Reward

    Terakhir, khusus bagi kamu yang memiliki hobi dengan biaya cukup mahal, seperti travelling, ada baiknya menyiapkan budget tersendiri untuk memenuhinya. Sisihkan sebagian kecil penghasilan pada budget ini secara rutin. Dengan begitu, saat musim liburan tiba, atau ada waktu untuk berwisata, kamu tak lagi kebingungan mencari dana karena telah disiapkan melalui budget tersebut.

Cara Hitung Budget Self Reward yang Aman

Budget Self Reward

Budget Self Reward

Jika bertanya tentang budget self reward yang ideal, jawabannya tentu tidak ada. Alasannya karena setiap orang memiliki kebutuhan dan kemampuan finansial yang berbeda untuk memenuhinya. Akan tetapi, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui pengeluaran self reward agar tidak sampai mengacaukan kondisi keuangan. 

Ada 2, berikut adalah cara menghitung budget self reward yang aman bagi finansial.

  1. Gunakan Sisa Anggaran Pasca Seluruh Kebutuhan Wajib Terpenuhi

    Dengan cara ini, kamu perlu membuat daftar kebutuhan dan pengeluaran yang wajib dipenuhi selama sebulan. Catat pengeluaran untuk konsumsi, tagihan bulanan, transportasi, internet, pulsa, cicilan, investasi, dan segala hal lainnya yang harus diprioritaskan. 

    Setelah menghitung nominalnya, kamu mengetahui berapa dana yang tersisa untuk digunakan sebagai budget self reward. Jadi, risiko kebutuhan penting tak terpenuhi akan menjadi lebih kecil sehingga keuangan juga menjadi lebih aman.

  2. Susun Budget Sejak Awal

    Cara lainnya, budget self reward juga bisa dialokasikan sejak awal sesuai persentase yang telah ditentukan. Contohnya, sisihkan 10 persen penghasilan untuk kebutuhan ini. Tidak harus dihabiskan semuanya, anggaran tersebut bisa dibagi lagi masing-masing 5 persen untuk hadiah di bulan berjalan, dan tabungan liburan atau membeli barang yang diinginkan di waktu mendatang. Yang terpenting, pastikan pengeluaran untuk kebutuhan lain tetap mampu terpenuhi dan sesuaikan dengan budget yang tersedia. 

 

Meski Penting, Tetap Utamakan Kesehatan Finansial Ketika Menyiapkan Self Reward

Dengan berbagai manfaat dan tujuan yang diberikannya, self reward memang penting dan perlu dilakukan sekali setiap beberapa waktu. Namun, yang terpenting, tetap utamakan kondisi keuangan dan pastikan mengikuti alokasi budget yang telah ditentukan untuk memenuhi kebutuhan ini. Dengan begitu, risiko over budget hingga berisiko merusak perencanaan keuangan tidak sampai terjadi.

Beberapa rekomendasi instrumen untuk menyimpan dana self reward adalah tabungan, deposito, dan reksa dana pasar uang.

Baca Juga: Metode Self Healing untuk Menjaga Kesehatan Mental, Ini Caranya

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark